Februari 20, 2012

# FLP

Dakwah Bil Qolam, IKMI Johor Melahirkan FLP wilayah Johor

“Nun. Demi Pena dan apa yang mereka tuliskan”. Telah dilaksanakan Training Penulis Cerdas pada hari Ahad (27/03/2011) di Dewan Masjid Taman Universiti Johor. Acara diselenggarakan atas kerjasama Bidang media Ikatan Keluarga Muslim Indonesia (IKMI) dan Forum Lingkar Pena (FLP) wilayah Malaysia. Hadir dalam training ini 100 orang peserta yang sebagian besarnya adalah Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Tujuan dilaksanakan acara ini adalah untuk mengasah kemampuan peserta agar bisa menjadi penulis yang dapat mendakwahkan Islam lewat qolam (pena). Ketua IKMI, Dedi Triawan Suprayogi mengatakan,    bahwa munculnya acara ini karena terilhami oleh suksesnya TKI di Hongkong dalam bidang Jurnalistik dan meyakini TKI di Johor Malaysia juga bisa melakukan hal yang sama.


Training sehari penuh (One Day Training) tersebut menghadirkan narasumber dari FLP wilayah Malaysia,   Alwi Alatas. Sebagai narasumber tunggal, Alwi Alatas memotivasi peserta bahwa menulis sudah mulai dilakukan orang sejak zaman purbakala, menurutnya jika ada orang yang mengaku tidak bisa menulis berarti bisa dikategorikan orang purbakala.
Menurut beliau ada 4 syarat bagi penulis pemula yaitu : pertama yakin semua orang bisa menulis, kedua banyak membaca, ketiga terus belajar dari penulis dan karya-karya besar yang ada, keempat mulai menulis apa saja yang ingin ditulis.

Peserta terlihat antusias mengikuti penjelasan dari pemateri. Pada sesi terakhir seluruh peserta diminta untuk membuat tulisan. Mendadak ruangan menjadi hening karena semua peserta tenggelam dengan pikiran masing-masing untuk menghasilkan tulisan mereka yang terbaik. Semangat mereka luar biasa sekali, walaupun sebagian besar peserta adalah peserta yang awam dengan dunia kepenulisan. Selain TKI, acara ini juga diikuti oleh beberapa ibu rumah tangga dan mahasiswa.


Acara ini juga membidani lahirnya FLP wilayah Johor dengan ketua terpilih Sri Widiyastuti. Beliau berharap FLP wilayah Johor  bisa berpartisipasi dalam perubahan umat lewat dakwah bil qolam dan menghasilkan karya-karya terbaik untuk ummat. (©Bid. media IKMI Johor Malaysia).
*Sumber Islamedia, ditayangkan tanggal 29/3/2011 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @ceritaummi

Follow Us @tutiarien