February 20, 2012

# FLP

Isi Liburan Sekolah, FLP Johor Gelar ‘Fun and Creative Writing Kids 2011’

Republika Online - Liburan tanpa kegiatan yang berarti bagi anak-anak adalah kebosanan. Liburan sekolah di Johor, Malaysia, telah dimulai sejak pertengahan bulan November sampai tanggal 1 Januari. Hal ini mengikuti alur kegiatan belajar-mengajar yang berawal dari bulan Januari sampai bulan November.

Untuk mengisi kegiatan liburan anak-anak, FLP (Forum Lingkar Pena) Johor mengadakan sebuah acara menarik, yaitu “Fun and Creative Writing Kids 2011”. Hadir dalam acara ini 32 orang anak Indonesia terdiri dari 2 katagori. Katagori A usia 7 tahun sampai 13 tahun dan katagori B usia 3,5 tahun sampai 6 tahun.

Tujuan dari kegiatan ini adalah menggali dan mengembangkan potensi dasar kreatifitas menulis dan menggambar secara menarik dan menyenangkan. Acara berlangsung pada hari Sabtu, 24 Desember 2011, bertempat di Masjid Jamek Tan Sri Ainuddin Wahid, Johor.



Hadir sebagai pembicara, Kak Maslina Ngadiman, seorang penulis asal Malaysia berketurunan Jawa. Beliau adalah seorang penulis dan editor di sebuah penerbitan di Johor dan Kak Sri Widiyastuti, ketua FLP Johor dan  penulis lepas.


Dalam kegiatan menulis dan menggambar ini, masing-masing katagori mendapatkan kegiatan menulis  dan menggambar yang berbeda. Kategori A, diberikan motivasi menulis dan latihan menulis dengan kata kunci yang menarik. Masing-masing peserta menuliskan kembali ide yang sama dengan pemaparan yang berbeda.

Ada tiga peserta yang mendapatkan hadiah buku dari Kak Maslina karena menulis cerita yang tidak biasa dengan pemilihan kata yang kaya. Selesai menulis, mereka belajar mewarnai dengan teknik motif dan rintik.

Kemudian untuk kategori B, anak-anak belajar mewarnai dengan cat air. Mereka membuat gambar dengan cetakan dari sayur-sayuran, seperti bintang dari kentang dan bulatan dari wortel. Setelah selesai menggambar dengan cetakan sayuran, mereka mewarnai gambar yang telah disediakan.



*Sumber Republika Online, ditayangkan pada hari Jumat, 30 Desember 2011 06:00 WIB

No comments:

Post a Comment

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @ceritaummi

Follow Us @tutiarien