Oktober 27, 2012

# aktivitas anak-anak # curhat bunda

123 tobemashita

Anak-anak hari ini mulai ke hoikuen lagi. Umi??? beres-bers kah? eh..ternyata gak...hehehe...lagi seneng mampir di MP nih..walaopun dengan wireless punya tetangga Alhamdulillah masih bisa konek, walopun mati idup....gimana angin katanya...:-D

Inget pengalaman Kakak salma sebelum sakit influenza yang lalu. Sebenernya dah mo di posting di MP cuman karena keburu sakit, umi juga gak sempet ngetik-ngetik.

Dalam catatan otayorinya kakak ada sebuah catatan dari Hasegawa sensei, sensei favoritenya Kakak nih.

"kyou wa naganawatobi ga 123 kai wo tobemashita. Totemo gambarimashita"

ooohh..senengnya si Kakak, sepulang dari sekolah mulai cerita sama umi pengalaman main talinya. Memang anak-anak jepang dari kecil sudah diajarkan permainan ini. Kalo di Indonesia, anak-anak semua bakat alam yah. Gak diajarkan di sekolah kok, belajarnya dari alam. Dan semua bisa, sampai merdeka sekalipun bisa lompat kan.....gak ada duanya deh...

Begini nih ceritanya kakak..


"Abi, kakak tadi di sekolah main nawatobi, 123 kali.." katanya semangat
"sugoi ne kakak, tsukareta? otsukaresama deshita ne"
"Tsukareta kedo, tanoshi yoo"
Dan bla..bla...lupa euy redaksinya. Pokoknya Kakak cerita semangat banget dan peenuh percaya diri bahwa dia bisa main nawatobi. Dia juga cerita tentang kesuksesan teman-temannya main nawatobi. Disini memang anak-anak di contohkan untuk bermain bersama. Dan kesuksesan kelas adalah kesuksesan bersama. Shibarashiii...

Keinget waktu zaman anak-anak dulu. Umi juga jagoan main karet. Kami punya grup waktu itu. Namanya Lima Sekawan (Grup gang Ardio..:-D) nge-gank banget deh. Dan kami sangat bangga waktu itu karena selalu menang main karet. yang paling mendebarkan adalah saat-saat harus main karet merdeka.....benar-benar jago-jago deh. Selain kelenturan tubuh juga strategi harus dipakai untuk bisa lompat jauh. 
Kalo sekarang diadu mai karet, masih bisa gak yah....?????

Kalau Salma liat cara anak-anak Indonesia main karet mungkin tercengang-cengang kali yah. cuman masalahnya, saat ini masih adakah yang bisa main karet seperti itu?
Padahal main karet, menurut penelitian, bagus loh untuk perkembangan dan pertumbuhan anak. 

Kalo udah hampir punah, mungkin harus di mulai dari anak-anak veteran jagoan main karet kali yah.....ada yang sharing pengalaman juga?

Salma chan dan Shafa chan..gambatte ne.....naganawatobi ishouni yarimashyoooo.....


Utsunomiya, 5 Maret 2007

Ket :
nawatobi : Main tali
naga : dari nagai : artinya panjang
otayoricho : buku harian dari sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @ceritaummi

Follow Us @tutiarien