October 27, 2012

# curhat bunda # once upon in japan

Imunisasi II

Alhamdulillah jawaban tentang "misteri imunisasi bayar" terjawab sudah. Hari Rabu yang lalu, akhirnya saya mendapatkan jawaban dari kedua sensei nihonggo saya di Kokusai Ryukaikan Utsunomiya. Jawaban Yamane sensei dan Miyamoto sensei tentang imunisasi sama dengan dugaan saya sebelumnya. Mungkin untuk orang-orang dewasa yang kebetulan belum mendapatkan imunisasi tersebut. Yah..jawaban merekapun seperti itu.

Jadi daftar harga imunisasi yang tertera di papan pengumuman itu adalah diperuntukan untuk orang-orang yang belum pernah mendapatkan imunisasi (orang dewasa). Karena di Jepang, imunisasi untuk bayi dan balita gratis. Kalaupun bayar, kemungkinan besar adalah rumah sakit yang tidak menjadi rujukan pemerintah. Pemerintah biasanya menyertakan daftar rumah sakit/klinik yang bisa didatangi untuk imunisasi dalam amplop besar.

Selain daftar rumah sakit, juga disertakan kartu hijau ber ID anak, form isian untuk imunisasi BCG dan polio, penjelasan tentang BCG dan polio dll. Kartu hijau ini senantiasa harus dibawa ketika anak di imunisasi, biasanya IDnya akan ditanyakan dalam mengisi form isian tersebut.

Ketika anak akan diimunisasi, perlengkapan yang harus dibawa:
1. Boshitecho
2. Hokensho
3. Kartu hijau
4. form isian (kalau sudah diisi dirumah, kalaupun belum biasanya di klinik atau tempat imunisasi/kokumin senta/hoken senta disediakan)


Utsunomiya, 22 Januari 2007
*Ini akibat ngerti kanji sepotong-sepotong nih...:D ALhamdulillah ada yang bersedia jadi transleter tiap kali ada surat-surat**



dianadji wrote on Jan 22, '07
Bagus deh kalau gitu. Lumayan kan belajar lagi tulisan Kanjinya.
ummusalma wrote on Jan 22, '07
dianadji said
Bagus deh kalau gitu. Lumayan kan belajar lagi tulisan Kanjinya. 
waduh...kanji = susyah mbak Dian....sementara udah dulu ah....mo pulang bentar lagi...:D
4adnan wrote on Jan 22, '07
jadi ngga bayarkan?
Semua imunisasi utk batita yg diwajibkan yg saya alami gratis kecuali utk imunisasi influensa & mizuboso
ummusalma wrote on Jan 22, '07
4adnan said
jadi ngga bayarkan?
Semua imunisasi utk batita yg diwajibkan yg saya alami gratis kecuali utk imunisasi influensa & mizuboso
 
iya mbak....Alhamdulillah...
azikra wrote on Jan 22, '07
he..he.. akhirnya terjawab sudah
di saya ngga ada kartu hijau tuh mba..
ummusalma wrote on Jan 22, '07
azikra said
he..he.. akhirnya terjawab sudah
di saya ngga ada kartu hijau tuh mba..
 
Disini gak cuman ada kartu hijau mbak..kartu merah/pink juga ada loh...^_^ kartu pink itu untuk menunjukan anak kita termasuk balita dibawah usia 3 tahun. Semua kartu ini berhubungan dengan hoken/asuransi.......

komakai desukedo...manfaatnya besar....^_^
azikra wrote on Jan 22, '07
kayak main bola...hehe...
anibowo wrote on Jan 22, '07
ummusalma said
Ini akibat ngerti kanji sepotong-sepotong nih...: 
hehehe.....sama neeeh
buta huruf (sebagian) kanji
tp saya mah, sebagian besar yg buta hurufnya :D
ummusalma wrote on Jan 22, '07
anibowo said
hehehe.....sama neeeh
buta huruf (sebagian) kanji
tp saya mah, sebagian besar yg buta hurufnya :D
 
Teh Ani bisa aja nih....^_^

kalo disini gak perlu malu katanya jika dibilang buta huruf kanji.....karena orang jepang juga kadang gak semua hurup kanji tau..katanya loh....:)
haloazka wrote on Jan 24, '07
alhamdulillah ya mba Tuti.. :D
slamat imunisasi ya Syauqi-chan :D

No comments:

Post a Comment

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @ceritaummi

Follow Us @tutiarien