April 17, 2013

# Lomba Menulis # SrikandiBlogger 2013

SrikandiBlogger 2013, Hadiah Terindah Untuk Kartini


Habis gelap
Terbitlah terang

Itulah penggalan kata-kata Ibu kita Kartini yang selalu ada di hati.
Kata-kata ajaib yang mampu merubah paradigma para perempuan masa ibu kartini.
Berabad berlalu, kata-kata ini seolah menjadi kekuatan “mantra” yang abadi.
Merasuki setiap relung  jiwa para perempuan untuk melakukan perubahan hakiki.
Kini,
Perempuan tak hanya menjadi istri,
Atau pun prasasti para lelaki.
Perempuan menjadi seorang  mandiri yang terkendali.
Mandiri yang syar’I,
Adalah sebuah ajang uji prestasi,
Digagas Emak-emak Blogger sejati,
Temanya SrikandiBlogger 2013 ini,
Mencari seorang Emak Blogger penuh dedikasi,
Bagi bangsa dan negeri ini.

Ahai, ternyata saya bisa buat puisi juga ternyata, Alhamdulillah. Saking bingung mencurahkan pikiran untuk membuat sebuah opini yang bagus untuk dipersembahkan pada para juri dan Emak-emakblogger tercinta. Jadilah puisi yang sederhana ini. Semoga layak untuk dinikmati.

Ajang Pemilihan Srikandi Blogger 2013?



Menurut saya, ajang ini ajang yang luar biasa keren, melebihi kerennya pemilihan Miss Universe. Kenapa? Karena ajang ini adalah ajang Dari Emak Untuk Emak Emak. Seru kan? Terharu sekali dengan antusiasme Emak-emak Blogger seluruh Indonesia dan seluruh dunia untuk menyukseskan acara ini.

Bukti dukungan saya untuk acara ini adalah turut berpartisipasi mengikuti ajang pemilihan ini. Kalah menang adalah biasa dan itu bukan satu-satunya tujuan. Niat saya ingin memanjangkan tali silaturahim dengan seluruh Emak Blogger.

Bagi saya, Emak-emak Blogger adalah Srikandi-srikandi di era digital. Saya yakin sekali, setiap postingan dalam blog emak-emak bukan sekadar menuangkan pikiran dan unek-unek, tetapi juga ditulis dengan mencari data dan fakta terlebih dahulu. Di tengah kerepotan mengurus rumah, mengasuh anak, menjadi sekretaris pribadi suami, emak masih bisa membagikan inspirasi di blog mereka.
Hasilnya tulisan-tulisan bernas menyangkut kehidupan sehari-hari dan keluarga yang disajikan dengan sederhana mampu membuat pembacanya terinspirasi dan termotivasi untuk berbuat yang sama.

Saya kini mengikuti jejak Emak-emak Blogger yang tergabung dalam Kumpulan Emak Blogger. Malu membaca tulisan sendiri yang kurang memadai, tapi belajar harus terus berlanjut! Tidak ada kata terlambat untuk membuat perubahan pada diri dan masyarakat. Era digital membutuhkan lebih banyak lagi Srikandi Blogger. Mampu tidak mampu, pede tidak pede, bismillah, saya mengikuti ajang ini.

Srikandi Blogger memberikan suntikan semangat yang positif pada diri saya. Yaitu keberanian untuk mengikuti kontes ini. Kepercayaan diri tumbuh dan saya merasa, saya sudah menjadi bagian dari komunitas ini. Saya sangat bahagia sekali.

Seperti keindahan ukhuwwah yang diajarkan oleh  Rasulullah SAW, yaitu membina hubungan kasih sayang, menguatkan kerjasama, mengentalkan persaudaraan dan mencairkan kebekuan.

Harapan Saya

Dunia seujung jari, lewat ajang ini semoga perempuan Indonesia bersatu mengubah dunia. Dari kegelapan menuju cahaya terang benderang. Lewat tulisan-tulisan yang inspiratif, tulisan yang penuh motivasi, tulisan yang penuh spirit, insyaAllah perempuan, BISA!

Dimulai dari diri pribadi, keluarga, masyarakat kemudian bangsa dan negara. Seperti sabda Rasulullah SAW, kekuatan sebuah negara ada di tangan perempuan.

"Perempuan adalah tiang negara, jika baik perempuan di sesuatu negara itu, maka baiklah negara itu, begitulah sebaliknya."

Begitulah peran besar perempuan. Di era digital, diharapkan perempuan bisa berkiprah lebih besar lagi dalam memberikan paradigma baru untuk kemajuan bangsa dan negara. Misalnya lewat tulisan-tulisan yang inspiratif, informatif dan bermuatan pendidikan.
Harapan saya untuk memuluskan perjuangan para Srikandi Blogger 2013, pemerintah mensupport dengan memberikan kemudahan atau fasilitas yang bisa diakses oleh seluruh emak-emak di seluruh Indonesia. Misalnya layanan internet yang mudah, murah dan lancar koneksinya meskipun di pelosok desa sekalipun.

Impian Saya

Impian saya, ajang Srikandi Blogger2013, mendapatkan apresiasi positif dari pihak-pihak berwenang, misalnya pemerintah. Sebagai ajang untuk mengganti ajang miss universe yang belum ketahuan manfaatnya untuk keluarga Indonesia dan kemajuan bangsa serta negara.

Saya yakin sekali, Srikandi Blogger 2013 diadakan bukan semata-mata untuk membesarkan sebuah komunitas emak-emak blogger, tetapi untuk memberikan apresiasi pada kiprah emak-emak rempong blogger yang bermimpi memberikan pencerahan untuk kemajuan bangsa dan negara.

Langkah Ke Depan

Jika saya terpilih menjadi Srikandi Blogger 2013 (sambil menelan ludah nulisnya nih J ), insyaAllah saya ingin sekali memajukan/meningkatkan:

1. Pendidikan perempuan, baik formal maupun informal. Misalnya dengan mengadakan pelatihan-pelatihan keterampilan by online maupun offline.
2.  Kesejahteraan Keluarga Indonesia, spiritual dan financial (alasan, kemiskinan dekat dengan kekufuran).
3.  Membuat program advokasi pada kekerasan rumah tangga dan anak-anak.
4. Kesadaran keluarga pada pola makan sehat, halalan thoyiban.
5.  Proaktif propaganda  Indonesia bebas korupsi, narkoba, pornografi dan pornoaksi lewat media online, media offline, dan blog.

Sebagai seorang muslimah dan blogger pula, harapan saya, saya bisa memaksimalkan diri dalam dakwah bil qolam. Memberikan pencerahan tanpa menggurui, mendekati tanpa menyakiti dan berbuat tanpa memusingkan hasilnya, karena semua itu saya serahkan kepada Allah.

Sebenarnya, saya merasa belum pantas untuk menjadi seorang Srikandi Blogger 2013. Meski demikian, saya bersyukur bisa mengikuti kontes ini. Saya bangga dan bahagia bisa berada di antara 50 nominasi Srikandi Blogger 2013. Semoga ajang ini akan terus berlanjut di tahun-tahun yang akan datang dengan para Srikandi-srikandi tangguh meski tanpa panah dan busur.

Srikandi Blogger 2013 adalah hadiah terindah untuk Kartini. Ya, untuk kita para kartini Indonesia di era digital. Tahniah untuk semua!



30 komentar:

  1. maaak... aku suka sekali dengan tulisan ini. semoga lolos 10 besar, dan jadi pemenang ya... *menelan ludah, ngiler liat hadiah ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, mak Waya gerilya menjelang mitnait heuheu, makasih mak, amin ya rabbal alamin *meski engga pede seneng didukung mak Waya :-)

      Hapus
  2. Masih sempat nulis jg pas pulkam nih oma tuti? :)

    Smg dimudahkan sampai ke 10 besar yaaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya uni,alhamdulillah masih terkejar sampai menit penghabisan. ini juga pake ajian "dipaksakeun" :-D tadinya udah mau nyerah aja karena badan udah remuk redam *halah* karena siangnya momotoran, belum anak-anak yang kurang perhatian karena emak babehnya ngurus segala macem :-p jadi sore sampai malem giliran mereka, malemnya tepar :-p

      senang bisa menyelesaikan sampai akhir :-) *lega

      Hapus
  3. salam kenaal maaakk, kita sukseskan srikandi blogger 2013 ini yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kembali mak Maya, insyaAllah ... yuk kita sukseskan! SrikandiBlogger Dari emak, untuk emak! Hidup ... *heboh deh heuheu

      Hapus
  4. Engkau selalu menginspirasi mak..semoga lolos 10 besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak ety juga, emak luar biasa, inspiratif banget! senang bisa masuk dalam 50 nominasi ini bareng-bareng dirimu mak Ety :-) moga kita lolos bersama-sama ya :-)

      Hapus
  5. Bagus mak puisinyaa ^^
    Sukses yaa makk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mak Shinta, alhamdulillah, puisi dadakan nih heuheu ...

      Hapus
  6. Puisi dan tulisan yang menyentuh setiap hati perempuan, khususnya para emak blogger, ikut bangga saya Mak. Semoga lolos 10 besar ya Mak, kalo menang, jangan lupakan saya yaa ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiihhi malu saya, bingung mau nulis udah mefet DL, prolog ... oh prolog ... bikin mules tadi malem, alhamdulillah jadi puisi deh :-D

      Makasih doanya mak Helda, aku padamu dah <3

      Hapus
  7. kereen, mantap mak.. sukses dan terus maju ke 10 besar ya mak... Aamiin :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak Nunung terima kasih, amin ya rabbal alamin ^-^

      Hapus
  8. Kok tidak ada hari khusus untuk bapak-bapak kayak ane ya... ihiks, keren mbakyu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Sinyo hehhe, nanti mas Sinyo yang buat ya, insyaAllah aku dukung deh ^_^ makasih supportnya mas ^_^

      Hapus
  9. Siapa yang belom Pantas jadi Srikandi Blogger Maak?
    Kita semua pantas kok..
    Udah masuk 50 besar aja, itu udah jadi Srikandi Blogger Kan.!

    Tetep Smangaattt !!
    Puisinya aku suka deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak Nchi Hanie, *tutup muka* iya mak, syukur alhamdulillah dah masuk nominasi 50 besar. Mudah-mudahan srikandi blogger bisa diadakan tiap tahun dan tiap tahunnya banyak mimpi bertebaran yang terealisasi ^_^

      cemungudhh ^_^ makasih sudah suka puisiku mak ^_^

      Hapus
  10. Keyen....... Mba, semoga menang ya !

    Sukses selalu
    Salam WIsata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas Ejawantah, makasih doa dan dukungannya ^_^

      Hapus
  11. perempuan yang mandiri itu keren banget, mbak sri. apalagi kalo tetap bisa jadi ibu rumah tangga yang ngurus segala kebutuhan anak dan suami ya. semoga masuk 10 besar, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Dek Ila. InsyaAllah pada saatnya tiba, Ila juga bisa seperti itu. Tetap semangat!

      Hapus
  12. Afifatun Nisa18 April 2013 23.34

    Subhanallah, Luar biasa ibu kita yg satu ini...Smg niatnya dimudahkan Allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jazakillah Ustadzah Afifatun Nisa, amin ya rabbal alamin :-)

      Hapus
  13. Tulisannya keren, Mbak. Semoga terpilih jadi pemenang ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih doanya mbak Liez, amin ya rabbal alamin :-)

      Hapus
  14. Waah mantap mbak.
    Iya benar, mending ajang ini yang diberi perhatian lebih daripada ajang pemilihan wajah cantik dan tubuh molek ya.

    Moga sukses menujuu 10 besar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. asyik ada pendukung, semoga dibaca sama pihak berwenang hehhe , makasih doanya ya mbak :-)

      Hapus
  15. Keren tulisannya! Moga menang ya, Oma Okti... Semangat! :)

    BalasHapus

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @ceritaummi

Follow Us @tutiarien