August 27, 2014

# #PameranBukuBdg2014 # Lomba NgeBlog

Buku Anak Yang Menarik : Membentuk Karakter Anak Berbudi Pekerti

Menurut saya,  buku anak pada saat ini sudah mengalami gairah yang luar biasa. Ini terlihat sejak tahun 2012 sampai tahun 2014, peningkatan penjualan buku anak sangat  pesat. Pada tahun 2012, di pesta buku Islamic Book Fair 2012,  stand buku anak diserbu pengunjung. Dan ini berimbas pada omset penerbit yang mengalami peningkatan yang signifikan. Menyusul IBF tahun 2014, angka penjualan buku anak kembali menggelembung mengalahkan penjualan jenis buku yang lainnya.

Buku anak juga menyumbangkan kontribusi terbesar pada peningkatan angka penjualan di Indonesia. Hal ini bisa dilihat di informasi industri buku yang ditulis oleh IKAPI.

Ada 33.199.557 eksemplar buku terjual di Indonesia sepanjang tahun 2013. Dan yang menyumbangkan angka penjualan terbesar adalah buku anak, yaitu sebesar 23%.

http://ikapi.org/news/detail/industry-info/24/informasi-industri-buku-indonesia.html 

Sungguh menggembirakan dengan animo masyarakat mulai bergairahnya masyarakat, terutama keluarga yang mulai melek baca, sehingga menjadikan buku sebagai salah satu dari kebutuhan yang diperhitungkan pengeluaran belanjanya setiap bulan.

Buku Anak Bagimana yang Menarik?

Pada tahun 2014, pemenang Islamic Book Award 2014, Kategori Buku Fiksi Anak, adalah Anak Muslim Cerdas. Petualangan Seru Memecahkan 30 Teka Teki. Menurut dewan juri, buku ini sesuai dengan tema yang diusung oleh IBF pada tahun itu, yaitu Saatnya Umat Berkarakter Qur'ani, selain penilaian yang lainnya, terkait content.

Pemenang IBF 2014 Kategori Fiksi Anak (foto pribadi)
  Buku ini memang unik, karena berisi 30 cerita fiksi petualang khas anak-anak, yang mengarahkan anak-anak memecahkan teka-tekinya itu dengan cara membuka Al Qur'an. Buku ini menggiring anak-anak untuk menjadikan Al Qur'an sebagai solusi pada masalah yang dihadapi mereka. Misalnya diceritakan di dalam buku itu kisah tiga orang Pramuka Siaga yang tersesat di dalam hutan. Salah satu anak membawa Al Qur'an dan teringat apa yang disampaikan oleh kakak pembinanya Bahwa Allah menciptakan kompas alam berupa bintang. Segera dia membuka Al Qur'an dan mengingat surat dan ayat yang disampaikan oleh kakak pembinanya itu. Dan, alhamdulillah mereka akhirnya bisa keluar dari hutan berpedoman pada kompas bintang yang Allah ciptakan di langit.

buku pemenang IBF Award 2014


Buku  ini selain mengajak anak-anak untuk mencintai Al Qur'an juga sangat menginspirasi untuk berbuat baik.

Buku-buku yang menarik lainnya adalah buku yang memberikan pengetahuan anak-anak tentang aqidah, sirah nabawiyyah, pengetahuan umum dan buku yang berkaitan dengan pelajaran di sekolah. Hal ini sangat meringankan tugas orang tua, terutama buku-buku yang menumbuhkan karakter buliding pada anak-anak. Tantangan global di masa kini menjadi salah satu alasan mengapa orang tua lebih tertarik pada buku-buku yang bernafaskan Islam dan pengetahuan dasar anak-anak.

Buku yang menarik juga buku yang tak hanya bagus di cover tetapi juga berbobot isinya, dan dengan ilustrasi yang menarik. Oiya, satu lagi, buku yang menarik adalah buku yang ramah anak dan tentunya ramah dompet juga :-)

Tulisan ini diikutkan dalam lomba Parade Blog #PameranBukuBdg2014



2 comments:

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @ceritaummi

Follow Us @tutiarien