Mengenal Shahabiyah Lewat AL Quran For Woman

Mengenal Shahabiyah Lewat AL Quran For Woman

1 comment
Ini adalah Al Quran For Woman saya. Versi lama dan versi baru.


Al Quran For Woman Syaamil (koleksi pribadi)

Spesifikasi Al Quran Syaamil For Woman
Ukuran: 10x15 cm
Harga: Rp,48.000 dan Rp, 98.000 (Madina)

Saya suka kedua Al Quran ini. Saya mememilikinya sejak tahun 2010. Saat saya baru saja tinggal di Johor. Sekarang anak saya yang membaca Al Quran yang cokelat, karena al Quran dengan pita itu hilang entah mungkin ketinggalan di sekolah atau di masjid. InsyaAllah ridlo. Karena insyaAllah Al Quran tersebut akan berguna bagi orang yang menemukannya.

Al Quran ini mudah dibawa ke mana saja karena ukurannya yang segenggaman tangan. Al Quran ini juga cantik. Terutama Al Quran Syaamil yang sudah mengalami transformasi ini, Al Quran for woman yang di distribusikan oleh Madina. Al Quran ini didisain  begitu "wanita" banget. Dengan warna cover soft, seperti kuning, purple, pink, merah, hijau dan lain-lain.

Al Quran ini dipersembahkan khusus untuk wanita. Covernya eksklusif, dipersembahkan untuk wanita eksklusif. Al Quran ini memiliki ciri dan indeks khusus pada ayat-ayat tentang wanita dan keluarga.

Dilengkapi pula dengan kisah Sahabiyah, kisah wanita-wanita yang diabadikan Al-Qur’an dan 3 pita pembatas 3 warna (merah, kuning dan biru), 3 lembar pembatas multiguna, suplemen doa. 

Perbedaan Al Quran versi baru dan versi lama hanya terletak pada cover yang semakin manis, dan pembatas buku yang semakin cantik, karena berwarna pelangi. 

Al Quran for woman dengan pembatas pelangi dan kertas yang dibuat berwarna warni ini meminjam dari keindahan pelangi. Agar para putri sholihat, istri sholihat, wanita shalihat lebih dekat kepada Al Quran. Agar Al Quran hanya menjadi satu-satunya pedoman hidup. Sehingga para wanita menjadi istimewa setiap perannya dan menjadi bidadari di Surga.

Wanita-wanita abadi yang diceritakan di dalam Al Qur'an. Seperti Aisyah binti Abu BAkar, yang diceritakan di dalam Al Quran di surat An Nur 11 - 17. Fathimah az Zahra ra. yang diceritakan di dalam Al Quran surat Al Ahzab ayat 33, dan 5 shahabiyah lainnya.

Dan di akhir halaman, ada catatan tentang adab dalam membaca Al Quran. Ini penting sekali untuk mengetahui adab-adab terhadap Al Quran, sehingga membaca Al Quran lebih khusyu dan lebih ihtimam kepada Al Quran. 





Kelengkapan Al-Qur’an For Woman yang lain adalah sebagai berikut:6


1. Khat Vector Tajwid  Rasm Usmani

Menggunakan khat yang tipis dan lancip sehingga nyaman ketika membacanya. Dengan penulisan yang stabil dan jelas, sehingga tidak akan melelahkan mata.


2. Standard Pewarnaan Terbaru Kementerian Agama RI

Mushaf yang mengacu kepada standar penulisan Kementerian Agama RI dan pewarnaannya


3. Tashih Kementerian Agama RI

Produk ini telah diperiksa dengan teliti oleh pihak lajnah pentashihan Mushaf Al Quran Kementerian Agama RI, dengan mengeluarkan surat tashih sesuai peruntukannya.


4. Ayat Pojok

Mushaf dengan 15 baris dengan penggalan akhir ayat yang setiap halamannya diakhiri ayat-ayat pojok, yang biasa digunakan sebagai standard untuk menghafal Al Quran.


5. Asbabun Nuzul

Penyusunan Asbabunnuzul ini mencakup hal-hal berikut.

  1. Penyusunan pada ayat-ayat yang memiliki sebab turun ayat yang telah disepakati oleh para ulama.
  2. Mengutamakan periwayatan sahih dan dengan memperhatikan matan dari kandungan riwayat-riwayat tersebut.
  3. Sumber rujukan utama penyusunan Asbabunnuzul ini adalah kitab Lubabun­nuqul Fi Asbabinnuzul karya Jalaluddin As-Suyuthi dan Kitab Asbabunnuzul karya Imam Al Wahidi. Dilengkapi pula dengan rujukan Asbabunnuzul (Studi Pendalaman Al Quran karya A Mujab Mahali.

6. Fadhilah Ayat

Keutamaan Amal Berdasar Referensi Sahih, dengan cara mengutip dari penggalan ayat yang menjadi pokok kaitan produk, kemudian ditopang dengan kaitan hadis tentang akhlak mulia tersebut.


Adapun isi ayat fadhilah mencakup beberapa pokok tinjauan berikut:


1. Keutamaan amal keseharian berdasar referensi yang sahih.

2. At-Targhib; Motivasi yang disampaikan Rasulullah saw. jika seorang hamba mengamalkan amalan terpuji yang mengakibatkannya dijanjikan masuk surga dan segala kebaikan di dalamnya.

3. At-Tarhib; Ancaman yang disampaikan Rasulullah saw. jika seorang hamba mengamalkan amalan jelek yang mengakibatkannya mendapat ancaman masuk neraka dan segala siksa di dalamnya.

4. Keutamaan surah; Mushaf ini juga menyampaikan keutamaan surah yang bisa diamalkan dan dibumikan di keseharian kita, dan tentunya berdasar kepada referensi yang bisa dipertanggung-jawabkan’

7. Penekanan pada ayat tentang keluarga. Di dalam Al Quran ini, setiap sampai kepada ayat tentang keluarga, ayat tersebut di highlight, sehingga memudahkan dalam mencari ayat tentang keluarga.

Misalnya di surat Ali Imran ayat 14, tentang dijadikannya terasa indah dalam pandangan manusia, cinta kepada apa yang diinginkannya, seperti cinta kepada perempuan, kepada anak, kepada harta benda.

Itulah sekelumit review Al Quran for women. Semoga bermanfaat. 
Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

1 comment

Post a Comment

iframe komentar