September 30, 2016

# MamyPoko Love Touch # Review Event

MamyPoko: Berbagi Sentuhan Cinta Lembut Bagi Bayi Indonesia

Siang menjelang petang itu menjadi tidak biasa di Atrium Laguna Mall Central Park. Nuansa biru berpadu putih, dengan sentuhan pencahayaan yang sedemikian rupa membuat suasana menjadi teduh dan penuh kelembutan. Membuat lupa, bahwa sebelum masuk ke dalam mall sempat berpanas-panasan di luar. Di depan pintu gerbang tertulis dengan besar "Pokojang Land" dengan dua penjaga yang tersenyum ramah mempersilakan masuk. Ah, ternyata sangat mudah menemukan lokasi acara Blogger Gathering bersama MamyPoko pada siang 22 September 2016 itu.


MamyPoko Love Touch panggung utama


Yah, pada hari itu saya berkesempatan hadir dalam acara MamyPoko Love Touch, di Mall Central Park. MamyPoko, adalah produk popok sekali pakai dari Unicharm Jepang yang memiliki filosofi: "Necessity of life with Activities and Dream of Live with Activities."

Saya dan seorang teman tanpa kesulitan sampai di tempat acara 30 menit lebih cepat dari perkiraan. Panggung bernuansa biru masih lengang. Nampak panitia berseragam biru sedang sibuk mempersiapkan acara siang itu.  Di sisi lain awak media terlihat sedang mewawancarai seorang ibu muda, yang belakangan baru saya ketahui bernama Laura Basuki, seorang artis dan ibu inspiratif.

Masuk ke dalam area Pokojang Land, sebuah boneka Pokojang Hug Meter raksasa berdiri tegak menunggu pelukan dari pengunjung.  Gelak tawa ayah bunda dan balita mencuri perhatian saya. Saya pun masuk ke dalam Pokojang Land dan menemukan keseruan di sana. Seorang nenek duduk di tepi kolam busa lembut dan seorang balita sedang bermain di dalamnya. Tergambar keceriaan di wajah keduanya.


nenek dan cucu bermain di Pokojang land

Di area bermain itu ada perosotan dari balon plastik lembut, sehingga ramah anak, ada jembatan musik dan booth cotton candy yang lembut serta booth foto gratis di depan pohon kapas yang lembut. Semua serba lembut, menjadi kode bahwa hari itu adalah hari penuh kelembutan.

Jembatan Pokojang musik

Pokojang Hug Meter


area bermain Pokojang Land


Tak lama kemudian, acara pun di mulai. Narasumber pun dipanggil untuk duduk di panggung yang telah disediakan.

Di dalam acara Mamypokolovetouch ini diadakan talkshow yang menghadirkan narasumber yang membuka wawasan saya mengenai betapa pentingnya sentuhan dan pelukan bagi si kecil. Narasumber tersebut di antaranya: Ibu Irma Dwi Oktaviani, Senior Brand Manager Pt Unicharm Indonesia, Ibu dr. Titi Lestari Sugito Sp.KK (k) penasihat Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia (Perdoksi), Laura Basuki, seorang ibu muda inspiratif dan juga aktris dan model, Ibu Tjondrowati Subiyanto, KetuaYayasan Sayap Ibu dan Grace Fransiska Juniva Silalahi, Assistent Brand Manager PT Unicharm Indonesia.


Talkshow MamyPoko Love Touch


MamyPoko: Sentuhan Cinta Lembut MamyPoko Bagi Bayi Indonesia

Tema besar talkshow yang diangkat oleh MamyPoko pada kesempatan siang itu adalah "Mamypoko Berbagi Pelukan Cinta Untuk Kulit Lembut Balita Indonesia." Tujuan acara ini adalah MamyPoko ingin mengajak keluarga Indonesia untuk berbagi pelukan dengan si kecil setiap saat.

Talkshow dibuka oleh Ibu Irma Dwi Oktaviani. Beliau mengangkat tema "Sentuhan Cinta Lembut MamyPoko Bagi Bayi Indonesia." Ibu Irma memaparkan betapa pentingnya pelukan dan sentuhan bagi si kecil.


pemaparan dari ibu Irma

Pelukan adalah bahasa universal bentuk sentuhan cinta, demikian yang disampaikan oleh Ibu Irma. Beliau pun memaparkan hasil penelitian Unicharm Jepang, bahwa sentuhan dan pelukan berdampak signifikan terhadap ibu dan si kecil.

1. Menurunkan frekuensi denyut jantung sehingga meningkatkan rasa tenang 3x lebih besar bagi ibu dan si kecil.
2. Meningkatkan produksi hormon yang menimbulkan rasa nyaman dan bahagia bagi ibu dan si kecil.

Inilah sebuah fakta berdasarkan study penelitian dari Unicharm Jepang berkolaborasi dengan Profesor Hideki Ohira dari Nagoya University Jepang terhadap ibu dan bayi usia tiga hingga lima bulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sentuhan dan pelukan orang tua kepada anaknya akan berefek luar biasa kepada anaknya. Anak menjadi nyaman dan lebih tenang. Ini juga akan berdampak kepada kecerdasan intelektual dan emosionalnya kelak di waktu dia besar nanti.


Saya jadi teringat, saat saya usai melahirkan bayi saya, bidan dengan sigap meletakan bayi saya ke dada dan saya memeluk dan mengusap badan bayi saya skin to skin, merasakan kelembutan bayi saya dari ujung rambut hingga ujung kaki. Bayi pun mencari putting susu, sebagai salah satu cara mengetahui bayi saya normal dalam proses IMD ini. Saat itu saya merasa nyaman sekali, rasa sakit dan lelah selepas melahirkan hilang begitu saja. Yang ada hanya  rasa syukur saat melihat bayi saya lahir dalam keadaan normal dan kemampuan fitrah yang luar biasa yaitu mengisap putting susu untuk pertama kalinya. Sampai saat ini juga anak-anak saya mudah sekali memeluk saya dan saya mudah memeluk mereka. Karena kami merasakan kenyamanan yang sama.

Ibu Irma juga menyampaikan bahwa MamyPoko memahami betul kesibukan seorang ibu baik di rumah maupun ibu bekerja. Kesibukan yang menyita waktu terkadang membuat waktu untuk melakukan interaksi skin to skin dnegan si kecil menjadi berkurang. Oleh karena itulah, MamyPoko menggelar acara MamyPoko Love Touch untuk mengingatkan betapa penting pelukan dan sentuhan. Sehingga MamyPoko menggelar acara MamyPoko Love Touch baik online maupun offline sebagai bentuk perayaan dan ungkapan cinta untuk bayi Indonesia.

Melalui acara MamyPoko Love Touch ini Ibu Irma berharap keluarga Indonesia terinspirasi untuk mengoptimalkan kualitas hidup keluarga dengan berbagi pelukan dan sentuhan cinta kepada anak anak terutama balitanya. "MamyPoko sangat memahami sekali betapa pentingnya pelukan lembut untk si kecil. Dengan bahan yang lembut selembut kapas, MamyPoko memberikan sentuhan cinta sekaligus memeluk lembut si kecil," demikian pungkasnya. 

Sesi berikutnya dr.Titi Lestari menyampaikan pentingnya pelukan skin to skin. Pelukan adalah ekspresi cinta penuh kekuatan yang mampu memberikan kebahagiaan untuk semua yang mendapatkannya. "Tak hanya memberikan kebahagiaan, tetapi juga berdampak pada kondisi kulit yang sehat," tegas dr Titi Lestari Sp.KK (K), Penasihat Kelompok STudi Dermatologi Anak Indonesia. "Kulit adalah cerminan dari semua respons dari dalam tubuh. Respon psikis akan tercermin di kulit. Jika psikis sehat, kulit pun sehat," 

Menurut dr.Titi, pada kulit terdapat banyak syaraf sensorik. Melalui sentuhan dan pelukan anak akan merasa disayang, nyaman dan aman. Bayi yang nyaman dan aman, disayang tampak melalui kulitnya yang sehat. Tanda kulit bayi yang sehat adalah berseri, cerah, tidak kusam, tidak pucat lembut, kenyal, halus dan tidak bersisik.

Selain melalui pelukan dan sentuhan, kulit yang sehat bisa didapatkan dengan perawatan kulit bayi yang tepat. Oleh karena itu menjadi sangat penting untuk menjadi kulit sekitar daerah sensitif bayi agar bayi terjaga kesehatannya. Misalnya dengan memberikan popok sekali pakai dengan daya serap yang tinggi, lembut dan perlindungan ekstra (anti bocor). Kemudian ketika mengganti popok, kebersihan kulit bayi perlu diperhatikan dengan baik.

Dalam sesi ini dilakukan uji lab penyerapan popok MamyPoko yang terbukti penyerapannya sangat tinggi, lembut dan tidak bocor yang dipandu oleh Ibu Grace. Menurut bu Grace ciri-ciri popok berkualitas tinggi adalah memiliki tekstur yang lembut, daya serapnya tinggi, kering dan memiliki perlindungan ekstra (anti bocor). MamyPoko diproses dengan teknologi tinggi dan dilakukan dengan uji kelayakan produk, memiliki ciri-ciri tersebut. Mamypoko dibuat untuk kenyaman dan menjaga kesehatan bayi sejak dini. MamyPoko dibuat untuk membantu ibu dalam pengasuhan anak. Bayi akan bebas bergerak di siang hari dan dapat tertidur nyenyak di malam hari, sehingga membantu ibu dalam beristirahat. Dan pada akhirnya, ibu dan si kecil akan merasa bergembira sepanjang hari.

Tes lab di tempat


Takahashi, Presiden Director Unicharm menambahkan penjelasan ibu dr. Titi dalam rilisnya, beliau menyatakan bahwa sentuhan dan pelukan cinta ini juga dapat dirasakan oleh bayi pada lapisan atas bagian popok MamyPoko yang diakui kering dan tidak bocor. Sebagai tanda cinta pada bumi, MamyPoko dengan teknologi green, dibuat dengan  mengurangi komposisi bahan yang tidak mudah diurai. Jadi insyaAllah MamyPoko adalah popok sekali pakai yang sayang bumi.

Sebagai tanda sayang dan bentuk cinta kasih kepada anak-anak Indonesia yang kurang beruntung, MamyPoko mengajak keluarga Indonesia untuk berdonasi lewat pelukan. "Melalui donasi pelukan dan donasi popok MamyPoko ini balita yang kurang beruntung dapat merasakan sentuhan cinta dari keluarga Indonesia." ungkap Masaki Takahashi.

Hal ini mendapat apresiasi positif dari Laura Basuki, Menurut Ibu dari Owen Gani (8 bulan) ini berbagi pelukan bersama Pokojang Land MamyPoko merupakan aksi sederhana yang sangat berarti untuk orang lain.

"Sebenarnya memeluk adalah hal yang lumrah, ibu biasa memeluk anak, namun jika dengan memeluk kita bisa memberikan satu popok untuk balita yatim piatu, hal kecil ini sangat berarti untuk orang lain. Barangkali hal biasa untuk kita, tapi bagi orang lain yang membutuhkan perhatian kita ini akan sangat berarti sekali," tuturnya.

 Kegiatan MamyPoko Love Touch ini juga kegiatan yang ramah anak sekali. terbukti dengan disediakannya tempat parkir stroller bayi dan tempat ganti popok.




Yayasan Sayap Ibu

Yayasan yang akan mendapatkan donasi popok sekali pakai MamyPoko adalah yayasan Sayap Ibu. Yayasan yang berdiri sejak tahun 1955 ini penggagasnya adalah Ibu Sulistina Sutomo, istri pahlawan nasional Bung Tomo. Sayap Ibu memiliki tiga panti yang tersebar di jalan Barito, Jakarta Selatan. Sejak tahun 1969 Yayasan Sayap Ibu menjadi mitra resmi pemerintah untuk proses adopsi legal bayi dan anak yang tidak mampu, termasuk untuk adopsi lintas negara. Lebih dari 1000 anak Sayap Ibu telah diadopsi. Saat ini Sayap Ibu dipimpin oleh Ibu Tjondrowati Subiyanto (Ibu Atie).

Tentang Unicharm

Unicharm Indonesia berdiri pada tahun 1997, dimulai dari bisnis feminine care, lalu berkembang menjadi tiga fokus, yaitu feminine care, baby care dan health care. 

Unicharm mempunyai harapan, "Ingin mengabulkan impian semua orang per orang dengan mempersembahkan produk yang mendukung jiwa dan raga dengan lembut dan pelanggan bebas dari berbagai beban, dimlai dari bayi hingga manula."

Filosofi Unicharm adalah, Necessity oh Life with Activities and Dream of Live with Activities. Keterangan lebih lanjut bisa melayari situs MamyPoko

MamyPoko berbagi pelukan cinta untuk kulit lembut balita Indonesia ini menggelar aktivitas MamyPoko Love Touch di Atrium Laguna Mall Central Park, dari tanggal 22 September 2016 hingga tanggal 25 September 2016 dengan berbagai aktivitas menarik bagi keluarga. Salah satunya adalah mengajarkan si kecil mendonasikan pelukan untuk diganti menjadi sebuah popok sekali pakai MamyPoko untuk temannya bayi kecil yatim piatu. Peluk Pokojang Hug Me, dan terdonasikan sebuah MamyPoko. Seru!

1 pelukan = 1 popok bagi bayi yatim


Nah, Ayah Bunda ... Sudahkah memeluk anak-anak hari ini? 

saya dan dua malaikat kecil




20 komentar:

  1. Wah, jadi haru bacanya, sudahkah memeluk? Sudaaaah hehehe... tapi yang sulung udah susah dipeluk lama. Kalau dicium malah dihapus hihi tapi kalau mala malah nyari dekat Ummi, hadeeeh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ... Iya aku juga meluk anak yang kecil kecil aja. Yang gede mah dah malu dipelukin
      Untung masih ada tiga krucil yang mudah diusel usel dipeluk peluk dicium cium hehhe yang gadis mah jengah digituin hahaha

      Hapus
  2. Iyaa pelukan itu emang bikin nyaman banget, apalagi dipeluk sama Mamah hihi
    Semoga donasi popoknya bermanfaat dan acara kaya gini terus berlanjut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Tia. Makanya mumpung masih ada ortu dan masih deket satu rumah. Jangan lupa untuk memeluk mama setiap saat :)
      Aamiinn .. Semoga demikian ya ..

      Hapus
  3. Ini merek kesukaan aku waktu anakku masih pada batita..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, selain itu popoknya ada yang buat toilet training juga. mudah memakaikannya kepada si kecil yang mulai lasak hehhe

      Hapus
  4. Peluk anak puas-puas ketika mereka masih kecil. Kalo mereka dah abg mereka nolak dipeluk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak ... dua anak yang di atas itu sekarang sudah jadi ABG, udah jengah dipeluk peluk hhehe

      Hapus
  5. bener mba.... sat meluk anak itu, semua rasa capek dr kantor, kesel krn urusan lain, kyk lgs hilang:).. anakkupun yg tadinya misalnya gelisah, kalo dipeluk , biasanya lgs tenang lagi... yg begini ini nih yg kdg bikin aku kangen ama anak di rumah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak ... Alhamdulillah ... Pelukan memang membuat nyaman dan bahagia setiap hari.

      Kalau lagi sakit juga dipeluk cepat sembuhnya.

      Hapus
  6. Anak prtamaku, kls 4 dah malu dipeluk2... Ini yang kecil, yang masih ngakak-ngakak klo dipeluk2..:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi lucu ya anak anak. Anaku yang cowok kelas 5. Justru dia yang suka ndusel ndusel emaknya. Sambil meluk perut emaknya yang makin gendut hihi

      Hapus
  7. Aku masih takjub sama parkiran strollernya kwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi pita, belom move on jugah wkwkwk

      Hapus
  8. adik aku juga pakai mamipoko ini... nyaman sepertinya..hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adiknya masih ada yang bayi mbak? MasyaAllah ;)

      Hapus
  9. iiih, kereeen acaranya full edukasi dan manfaat banget ya mbaaaa

    bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  10. Anak-anak semua pakai Momy Poko waktu masih belum belajar toilet training, hehe

    BalasHapus

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @ceritaummi

Follow Us @tutiarien