June 14, 2017

# Kuliner # Nasi Liwet

Cara Mudah Membuat Nasi Liwet Ikan Teri


Pagi kemarin saya agak sedih, sebab ada sisa nasi yang mengering di rice cooker yang lumayan banyak juga. Semangkuk. Hm ... Kira kira nasi itu diapain ya? Ada yang punya ide?
Meski banyak senengnya juga, kadangkala di bulan puasa ada saja yang membuat sedih. Yah misalnya seperti makanan yang mubazir, anak anak mulai bosan dengan menu yang itu itu saja. Nasi yang tidak habis atau lauk yang tidak disentuh. Dan nasi kering yang bingung mau diapain 
Sedih sih tapi kan ga boleh kelamaan. Justru saat seperti ini dituntut lebih kreatif lagi agar makanan yang disajikan tetap menambah selera anak dan suami.
Akhirnya saya simpan dulu nasi kering itu di kulkas. Kali setelah ini ada ide daritemen temen jadi olahan baru.
Jadilah kemarin melihat kenyataan itu saya kreasikan nasi yang dimasak biasa saja saya masak nasi liwet. Yah tetap masak di rice cooker lah. Punya bayi tanpa ART mah masak pakai alat yang praktis agar tidak kelamaan di dapur.
Cara membuat nasi liwet ini mudah sekali. Yuk kita coba membuatnya.
Bahan:
5 siung bawang merah
2 buah cabe merah besar
2 lembar Daun salam
2 lembar Daun sereh
Garam secukupnya
Minyak goreng secukupnya
Ikan teri secukupnya
Cara membuat:
1. Iris cabe merah dan bawang merah. Kemudian tumis hingga harum. Tambahkan daun salam  dan daun sereh. Sisihkan.
2. Cuci beras hingga bersih. Masukan bumbu tumis. Tambahkan air secukupnya dan garam. Masak di rice cooker.
3. Ikan teri cuci bersih kemudian goreng. Jangan sampai terlalu garing agar tidak keras. Maklum yang makan bukan cuma orang dewasa, tapi anak anak. Mereka suka rewel kalau keras.
4. Sebelum.nasi matang, masukan ikan teri. tunggu hingga nasi matang. 
5. Sajikan hangat dengan lalapan atau dimakan begitu saja juga enyak banget. Gurihnya itu dari ikan teri. Saya pakai ikan teri cue yang agak besar. Sebesar kelingking. 
Bagaimana? Cukup mudah bukan? 

No comments:

Post a Comment

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @ceritaummi

Follow Us @tutiarien