Browniez Kukus Tanpa Mixer

Browniez Kukus Tanpa Mixer


Brownies kukus tanpa mixer. Sudah lama anak-anak saya request ingin dibuatkan brownies kukus kesukaan mereka. Saya belum membuatkan bukan menolak permintaan mereka. Bikin kue harus pake mixer kali. Ya inilah, resiko pindah-pindah antar negara, dulu. Alat elektronik sulit dibawa ke sini. Sebab kan beda wattnya gede banget. Sekali masak kue, bisa jeklek terus listrik di rumah heuheu

Saya sudah mengajak pak suami untuk melihat-lihat harga mixer. Siapa tahu ada yang cocok dengan isi dompet. Sayangnya suami sibuk terus. Ya sudahlah, buat kuenya nanti saja. Sampai si mixer ada. Anak-anak cemberut. Saya mengerut. Ehm ... Daripada begitu, saya browsing resep kue. Tujuannya mencari resep brownies tanpa mixer. Mumpung pakai XL, yang jaringan internetnya cepet banget dan stabil, saya mulai pencarian. Alhamdulillah, ada!
Segera saya catat dan bersiap membuat kue. Kemudian saya kabari anak-anak. Mereka pun bersemangat dan gembira. 

Masak kue bareng krucil meskipun rempong tapi seneng. Aha, saya baru ingat punya kocokan telur manual, mengaduk telur jadi lebih mudah memakai benda itu. Lumayan pegal sih, tapi ... demi menyenangkan anaks hihihi berotot berotot deh emak. 

Anak-anak juga berbagi tugas. Ada yang menimbang terigu, gula halus, cokelat, mentega. Ada yang mengoles loyang dengan mentega. Ada yang mengukur minyak goreng. Seru! Sampai dede bayi juga ingin ikut serta juga ngacak-ngacak hihhi

Alhamdulillah, tak sampai satu jam, brownies kukus pun jadi. Mengukusnya sih sebentara hanya 25 menit. Preparationnya yang lama sebab krucil ikut ambil bagian.

Resep saya copas langsung dari resephariini.com.

bahan-bahan membuat brownies

Resep Browniez Kukus Tanpa Mixer


Bahan-bahan Brownies :

  • Tepung terigu 250 gram 
  • Coklat bubuk 50 gram 
  • Gula halus 200 gram (bisa menggunakan gula pasir yang diblender) 
  • Minyak goreng 200 mili liter 
  • Air kopi 200 mili liter (1 bungkus kopi instan tanpa ampas aneka rasa sesuai selera seperti mocacino, vanila late, capucino, coffemix, white coffe disendu dengan air panas sebanyak 200 mili liter (dinginkan). Intinya gunakan kopi yang tidak ada ampasnya ya bun!)
  • Telur 2 butir (kocok lepas) 
  • Garam halus 1 sendok teh
  • Soda kue 1 sendok teh 

Step By Step Membuat Brownies Cokelat Kukus :

  1. Pertama-tama ayak tepung terigu, cokelat bubuk, garam dan soda kue. Campurkan gula halus, aduk sampai semua bahan tercampur dengan rata. Sisihkan.
  2. Selanjutnya campurkan minyak goreng dan telur, kocok dengan spatula, garpu atau sendok sampai rata.
  3. Setelah itu campurkan adonan telur ke dalam adonan tepung terigu yang di ayak tadi, lalu masukkan air kopi. Aduk sampai benar-benar rata.
  4. Jika bahan adonan sudah tercampur rata, silahkan tuang adonan ke dalam loyang persegi, tulban atau loyang sesuai selera.
  5. Kukus adonan sampai matang kurang lebih selama 25 menit. Setelah itu tes tusuk untuk mengetahui kematangan brownies tersebut. Jika tidak ada adonan yang menempel di tusukan, pertanda cake brownies sudah matang. Angkat.
  6. Brownies cokelat klasik dengan citarasa kopi pilihan siap dikreasikan dengan toping keju, chochochip, meises, krim atau selai pilihan sesuai selera. Atau di makan begitu saja juga sudah enak loh.

Alhamdulillah sekali terhidang, brownies langsung habis, tandas! 

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

7 comments

  1. aaakkk mau coba ahhhhh hihi makasih ummiii :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dijamin anti gagal Neng. Asyik pokoknya mah. Simple banget.

      Delete
    2. Dijamin anti gagal Neng. Asyik pokoknya mah. Simple banget.

      Delete
  2. Dih dih dih ... Bikin ngeces lagi Ummi mah. Simpen ah nti bikin 😙

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha hayuk bikin atuh. Biar debay ga ngacai nantinya hehhe

      Delete
  3. Dulu pernah masak brownies kukus kayak gini bareng temen2 liqo, tapi saya bagian yg gak merhatiinnya. Jadi gak bisa bikin sendiri ampe sekarang, padahal simpel bgt ya. Hehe..

    ReplyDelete

Post a Comment

iframe komentar