Juli 24, 2017

# LG Linear Challenge # Reportase

LG Linear Challenge, Kampanye Pentingnya Menjaga Kesegaran Makanan


"Iya, saya sudah simpan di dalam kulkas kok, tapi kenapa sayuran dan buah-buahan jadi kering dan ga segar lagi ya?"

"Aduhh lupaa .. ini makanan kapan ya? udah basi aja sih, padahal kan disimpan di dalam lemari es!"

Sayuran kering, buah-buahan peyot, Oh, no! Nyesel banget ya beli banyak-banyak. Lalu apa harus beli ketengan? kan jatuhnya mahal, kali.  


greenconut picnet
Tentu kita pernah dong punya masalah seperti ilustrasi di atas. Saya? sering! Bahan makanan  dan sisa masakan kemarin yang ternyata tidak bertahan lama meskipun telah disimpan dengan rapi di dalam lemari es. Seperti misalnya wortel yang baru dua hari sudah layu, tomat yang sudah tidak segar lagi, bawang daun dan seledri yang mengering, ada bahan makanan yang membusuk, seperti kubis dan brokoli. Bahkan saya pernah menyimpan apel di dalam lemari es, eh ujung-ujungnya jadi es hahha padahal diletakkan di bagian tengah lemari es. Terus juga sisa keju yang disimpan dalam kulkas dan mengering seperti batu. Huhuhu ...

Dan skhirnya, meski saya punya lemari es yang besar, saya  pun membeli bahan makanan secukupnya agar tidak mubazir. Jadi, sebenarnya punya lemari es buat apa dong hahha buat pajangan? upsss ...

Nah, pada hari Jum'at tanggal 21 Juli 2017 lalu, alhamdulillah saya berkesempatan hadir dalam acara kampanye LG Linear Challenge yang dihelat PT. LG Electronics Indonesia (LG). Bertempat di Atrium Mall Senayan City, Jakarta, LG mengkampanyekan tentang Pentingnya Menjaga Kesegaran Makanan. Kampanye ini digelar tiga hari, 21 Juli - 23 Juli 2017.

Kampanye sadar makanan segar ini digelar dengan unik dan sangat menarik. Selain pameran produk LG dengan teknologi terbarunya, LG juga menyiapkan beberapa rangkaian acara. Di awali dengan welcome speech dari Presiden Direktur PT. LG Electronics Indonesia, Mr. Jaeyoung Lee, kemudian atraksi orkestra alat musik dari buah dan sayuran dan talkshow bersama Chef Rinrin Marinka. Selama kegiatan kampanye itu juga LG sudah menyiapkan kegiatan yang menarik, yaitu challenge membuat alat musik dari buah dan sayuran segar berhadiah kulkas!

Dalam welcome speechnya, Mr. Jaeyoung Lee mengatakan terima kasih atas kehadiran awak media dan blogger dalam launching kampanye LG Linear Challenge. Beliau menyampaikan bahwa sejak 11 April yang lalu LG resmi melaunching produknya yang berbasis inverter. Beliau menyampaikan bahwa kampanye ini adalah bukti komitmen LG dalam memberikan produk terbaiknya yaitu LG yang berbasis inverter. 


Mr. Jaeyoung Lee
Lebih lanjut lagi menurut beliau mulai saat ini akan mengarah pada yang lebih baik sehingga teknologi inverter ini akan memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat Indonesia yaitu semakin bertambah baiknya kesehatan masyarakat Indonesia.

Setelah welcome speech dari Mr. Jaeyoung dilanjutkan dengan penampilan Orkestra P. Brosound yang khusus didatangkan langsung dari Korea. Mereka memainkan alat musik yang dibuat dari sayuran dan buah yang segar. Nah, ini nih, salah satu ciri bahwa buah dan sayuran kita segar, buah dan sayuran ini dapat mengeluarkan bunyi-bunyian yang merdu dan riang. 


persembahan P Brosound
Penampilan yang menakjubkan ini menarik perhatian pengunjung sehingga mereka pun ingin mencoba memainkan alat musik yang kemudian diedarkan kepada pengunjung.


Seorang blogger sedang mencoba alat musik dari paprika, seru!
Setelah penampilan orkestra buah dan sayur, dilanjutkan dengan penjelasan produk yang sedang dipamerkan, yaitu kulkas berteknologi inverter. Di dalam sesi ini, disampaikan beberapa kelebihan produk LG dengan Teknologi inverter.

Dikatakan bahwa kunci dari menjaga kualitas kesegaran makanan ada di suhu yang stabil dan merata. Oleh karena itu LG telah mengembangkan lemari es terbaru dengan kompresor inverter linear yang menawarkan kesegaran lebih lama bagi bahan makanan.

Ada satu lemari es yang mencuri perhatian saya. Yaitu lemari es dua pintu door in door,  berteknologi Inverter Linear Compressor. 

Lemari es ini cantik banget. Disainnya dibuat modern luar dan dalam. Ada pintu rahasia di bagian depan kulkas. Hanya dengan mengklik bagian atasnya, terbukalah pintu itu seperti jendela. Praktis banget. Kulkas ini berukuran 512L dan memiliki daya listrik awal 110 W.





Inilah fitur dari lemari es keren ini:

1. Berteknologi Inverter Linear Compressor, yaitu menawarkan kesegaran yang lebih lama bagi bahan makanan.
2. Linear Cooling, yaitu pendinginan yang merata di setiap saat. Suhu yang stabil dan merata menjadi kunci kesegaran makanan. Linear cooling mempertahankan suhu di dalam lemari es dengan fluktuatif hanya dikisaran +/- 0,5 derajat. 
3. Door Cooling, yaitu pendinginan cepat dan  merata disetiap bagian.  LG door cooling, membuat suhu di dalam kulkas 35% lebih cepat dingin dan merata dibandingkan sistem pendingan konvensional. Ini mengurangi perbedaan suhu secara drastis antara bagian dalam dan bagian pintu kulkas.



4. Hygiene Fresh. 99,999% udara segar. Sistem filterisasi udara HygieneFresh dapat menghilangkan bakteri hingga 99,999% dan mengurangi bau tak sedap di dalam kulkas.
5. Fresh 0 Zone. Hemat waktu dalam mencairkan makanan beku. Fresh 0 zone membantu kita dalam memasak dengan cepat tanpa perlu menunggu proses pencairan yang memakan waktu.
6. Hemat Listrik. Dengan teknologi inverter compressor, dijamin memberikan jaminan konsumsi energi yang efisien. Lebih dari itu juga, kulkas ini tidak menimbulkan bunyi saat kulkas beroperasi. Kulkas ini senyap tanpa suara.
7. Layar LED sentuh. Memudahkan mengontrol dan menambah anggun kulkas ini.
8. Hemat Listrik dan tahan lama. Lampu panel LED lebih tahan lama dibandingkan bohlam biasa.
9. Pembuat Es Geser. Penyimpanan yang mudah sehingga dapat mengambil dan mengeluarkan wadah es kapan saja. 

10. Smart ThinQ. Mengontrol kulkas dengan smartphone, bahkan bisa dilakukan ketika kita tidak berada di rumah. 



Talkshow bersama Chef Rinrin Marinka. Chef Rinrin adalah Chef yang juga dikenal sebagai salah satu dari juri kompetisi masak populer Masterchef Indonesia. Beliau membagikan tips dan cara menjaga kesegaran bahan makanan sekaligus mengolahnya menjadi hidangan yang sehat. 

talkshow bersama Rinrin Marinka
Inilah beberapa tips yang disampaikan oleh Chef Rinrin Marinka


  • Jangan mencuci buah sebelum dimasukkan ke kulkas karena akan mempercepat pembusukan. sebab buah-buahan tidak memerlukan kelembaban yang tinggi, jadi jika dicuci akan mengakibatkan buah busuk.  Buah pisang tidak disarankan diletakan di dalam lemari es.
  • Untuk buah strawberry, daun mint atau herb,  masukkan ke dalam mangkuk dengan dibungkus plastik (plastic wrap).
  • Beberapa buah dan sayur mengeluarkan gas tertentu yang menyebabkan buah atau sayuran cepat membusuk, jadi simpanlah terpisah.
  • Sebaiknya, sayuran sebelum dimasukan ke dalam.kulkas dicuci bersih dulu, lalu tunggu kering. Kemudian masukkan ke dalam kantong plastik berlubang atau dibungkus kertas.
  • Jamur karena memiliki kelembaban tinggi, saat menyimpan dibungkus kertas.
  • Untuk segala jenis sayuran biasakan diwrap dengan paper towel, lalu dibungkus dengan plastik yang diberi lubang udara
  • Cuci telur sebelum ditaruh di tempat penyimpanan telur di bagian belakang pintu. Letakkan ujung yang kecil berada di bawah agar telur aman dan tidak cepat busuk. 
  • Letakkan susu dan olahannya di dalam kulkas. Karena jika di simpan di suhu kamar akan menyebabkan olahan susu rusak dan menjadi tempat pembiakan bakteri.
  • Daging, ikan dan daging unggas segar, sebaiknya diletakan tetap dengan plastik pembungkusnya  di dalam kulkas agar terjaga agar tidak menjadi  tempat berkembang biaknya bakteri. Jika tidak dibungkus, maka pergunakan piring sebagai alas penyimpanannya.

Alhamdulillah dari mengikuti acara ini pengetahuan saya tentang cara menyimpanan bahan makanan mentah dan makanan olahan di dalam lemari es bertambah. Pengetahuan tentang cara menyimpan bahan makanan di dalam lemari es ini penting lho.  Tak hanya berguna untuk kesehatan diri kita, tetapi juga untuk kesehatan dompet kita. Ih masa sih? Benerrr! Gak percaya? Mari kita buktikan! ^_^





15 komentar:

  1. itu ada aplikasinya dari smartphone ? duh kece banget dan bikin mupeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hu um. Katanya kalau kitanlagi di luar rumah. Kalau kulkas tetap nyambung internet/wifi bisa dikontrol jarak jauh. Ajib banget 👍

      Hapus
    2. Hu um. Katanya kalau kitanlagi di luar rumah. Kalau kulkas tetap nyambung internet/wifi bisa dikontrol jarak jauh. Ajib banget 👍

      Hapus
  2. sama aku juga suka lemari es LG yang 2 pintu door in door, kek ada jendelannya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Sukaa sama disainnya. Praktis dan cantik 💞

      Hapus
  3. Aih, bagus bgt... Buat penggemar buah dan sayur kek saya ini bener2 menarik hati 😍😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tos dong. Lama lama kita kayak anak kembar ya xizizi beda generasi doang 😂

      Hapus
  4. Hal paling berkesan ikutan datang ke acara ini bukan cuma bisa lihat permainan musik dengan alat musik buah dan sayur, melihat kecanggihan lemari es LG inverter linear, tapi bisa bertemu Saki yang imut banget. Aku masih suka kebayang-bayang wajahnya, Mbak. Jadi pengen punya anak perempuan ih

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku doakan semoga mbak Monica ketularan punya anak perempuan yaa mbak. Big hug <3

      Hapus
  5. Jadiiii. Mengontrol lemari es dari jauuuh! OMG!

    BalasHapus
  6. Mkch infonya Ummi,jadi pengen buru2 beli kulkas LG inverter ini

    BalasHapus
  7. Sayang banget kulkas besarnya jadi pajangan. Buat dedek bayinya mending pake kulkas LG ya, jadi bisa bikin mpasi yang bervariasi setiap hari. Emak-emak memang suka nyetok makanan

    BalasHapus
  8. Keren bgt nich kulkas LG Linear. Sy jarang juga sich buang2 mknan krn kebetulan drmh pny kulkas yg mirip ini teknologinya tp brand lain. Meski bgitu tetep mupeng sih dg kulkas LG ini. Kulkas ini lebih canggih sptnya.

    BalasHapus
  9. Bagus banget ya kulkasnya. Pengen punya deh. :D

    BalasHapus
  10. Pengalaman punya beberapa produk LG bikin yakin klo yg baru LG Linear bakal booming. Sudah punya Blum mak?

    BalasHapus

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @ceritaummi

Follow Us @tutiarien