July 18, 2017

# Kuliner # Lomba Kreasi Masak So Good

Tumis Oncom Chicken Katsu


Tumis Oncom. Tentu bagi masyarakat Sunda tidak asing dengan salah satu kuliner masyhur yang satu ini. Tumis Oncom ini adalah oncom yang ditumis kemudian diberi taburan daun kemangi yang memberi aroma khas yang menyelerakan rasa.Silakan tanya kepada orang-orang yang pernah makan nasi putih hangat dipadu dengan tumis oncom. Berapa kali mereka nambah makan?

Saya termasuk salah satu penggemar tumis oncom ini. Dulu, mama saya sering buat tumis oncom yang lezat sekali. Selain ditumis, oncom ini juga bisa dipepes. Rasanya, jangan ditanya. Kalau sudah makan tumis oncom, jadi lupa segala-galanya. Termasuk lupa berat badan juga lho. Gak percaya? Buktikan saja sendiri hehhe
Ah ... Oishii sooo 😍

Nah, sebagai busui, ibu menyusui, saya tentu saja harus terus memperbaharui selera makan saya agar ASI tetap melimpah. Salah satunya dengan memasak menu-menu favorite saya. Menu favorite saya untung saja mudah semua, jadi gak jadi baper hehehe

Tumis Oncom ini juga menu favorite saya nih. Cara membuatnya mudah dan bahan bakunya juga murah meriah. Satu papan oncom tadi pagi saya beli hanya Rp2000 sahaja. Wow kan...

penampakan oncom merah (tipscaramembuat.blogspot.com)


Suami saya agak agak gimana juga sih kalau saya makan tumis oncom. Katanya meskipun masih memiliki nilai gizi tapi yang namanya ampas ya ampas, harus diolah lagi sehingga dia memiliki nilai gizi yang tinggi dan layak untuk dikonsumsi sebagai bahan pangan yang menyehatkan.

Sebagai pengetahuan, Oncom adalah salah satu makanan tradisional dari daerah Jawabarat. Ada dua macam jenis oncom, oncom merah dan oncom hitam. Oncom merah berasal dari bungkil atau ampas dari proses pembuatan tahu. Para pengusaha pembuat oncom mengklaim bahwa meski ampas tetapi oncom tetap memiliki nilai gizi.

Hm ... Baiklah pak suami. Saya pun menambah nilai gizi tumis oncom agar menjadi lebih tinggi lagi dengan menambahkan So Good Siap Masak, Chicken Katsu.

So Good Siap Masak Chicken Katsu ini adalah olahan ayam siap masak yang diproduksi oleh SO GOOD. Diolah dari daging dada ayam segar yang diberi rempah rempah, air dan tepung roti. Rasanya enak dan gurih. Chicken Katsu ini salah satu favorite saya dan anak anak nih. Bukan sebab namanya mirip olahan ayam dari Jepang ya, tapi emang rasanya enak banget. Bisa dijadiin cemilan sehat atau teman makan nasi. Kadang juga jadi bekal anak anak ke sekolah. Selain Chicken Katsu ini produk SO GOOD juga ada varian lainnya seperti nugget ayam, sosis, bakso dll.
Credit desyyusnita.com
Nah, kali ini, chicken katsu dari So Good saya olah menjadi campuran untuk.menambah baik gizi tumis oncom. Baiklah, mungkin sudah tidak sabar ya ingin tahu resepi Tumis Oncom Chicken Katsu hasil kreasi saya. Ini ya, Mam.

Tumis Oncom Chicken Katsu

Bahan:
2 kotak oncom merah
5 butir bawang merah
3 butir bawang putih
3 cabe merah
3 cabe hijau besar
5 cabe rawit/cengek
Gula dan garam secukupnya
1 buah tomat
100 ml air
2 helai daun salam
1 batang daun bawang
Daun kemangi secukupnya
2 keping chicken katsu

Cara membuatnya:
1. Iris bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe hijau, cabe rawit, daun bawang, tomat. Sisihkan.
2. Remas remas oncom.merah hingga menjadi butiran.
3. Petik daun kemangi dari batangnya. Sisihkan.
4. Panaskan minyak dan goreng chicken katsu hingga berwarna cokelat keemasan. Kemudian potong potong sesuai selera.
5. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukan cabe merah, cabe putih, cabe rawit, daun salam dan daun bawang. Aduk rata.
6. Masukan oncom ke dalam tumisan. Aduk hingga rata. Beri air. Tutup wajan selama 5 menit agar tumisan rata matangnya.
7. Buka penutup wajan, matikan kompor, beri gula dan garam. Cicipi dulu sudah enak atau belum. Aduk rata. Masukan chicken katsu dan daun kemangi. Aduk perlahan. Siap disajikan dengan nasi hangat.

Haik, dekiagari!

Ini dia tumis oncom chicken katsu

Tumis oncom chicken katsu pun sudah matang! Mari kita makan ^_^

Coba tebak saya sudah makan berapa piring?

Tumis Oncom Chicken Katsu ini dimakan dengan nasi hangat yang baru diakel (Bahasa Sunda,  artinya dikipasi agar uap panas berkurang), pasti tidak akan berhenti sebelum tumis oncomnya habis. Rasa gurih dan sedap dari ayam katsu ini berpadu dalam tumisan oncom yang memiliki aroma khas dari daun kemangi. Segar dan menyehatkan. Untuk yang suka pedas, cabe rawitnya boleh ditambah lagi, sesuaikan dengan selera saja, ya. Coba deh!

Oiya, resep kreasi tumis oncom chicken katsu ini sedang saya ikutkan dalam Lomba Kreasi Masak So Good. Doakan ya, semoga resep ini dilirik oleh dewan juri dan mencuri hati mereka. aamiin ...

Nah, teman-teman sudah ikut lomba kreasi masak So Good belum? Hayuk atuh kalau belum segera ikutan, yuk! Masih ada waktu hingga tanggal 23 Juli 2017. Informasi selengkapnya bisa ditemukan di Lomba Kreasi Masak So Good.

8 comments:

  1. Tampilannya menggodah mbk, endes deh kayaknya, kolaborasi oncom sm chicken katsu so good, cucookk. Tengkiu share resepnya ya mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali mbak. Iya mbak kolaborasi antara makanan tradisional dan makanan modern. membuat lidah terus bergoyang hehhe

      Delete
  2. wah di cirebon mah susah cari oncom berkualitas , adanya dage mirip oncom tp rasanya kurang enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini mbak, ke Bogor aja kalau mau beli oncom hehhe

      Delete
  3. waah... saya suka tumis oncom dan dgn tambahan chicken katsu dari so good pastinya lebih nikmat ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak, tambah gurih dari rasa chickennya itu, jadi tidak perlu lagi tambahan penguat rasa, sebab sudah dapet dari chicken katsunya :-)

      Delete
  4. Ya ampun bisaan pisan memadukan antara oncom dan so good... Good idea.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saking sukanya masak yang simple dan praktis jadi baiknya mengkreasikan masakan yang sering dibuat aja menjadi masakan yang baru dan bernilai gizi lebih baik :-)

      Delete

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @ceritaummi

Follow Us @tutiarien