August 31, 2017

# Ngidam # Reportase

Kiat Sehat Nikmati Ngidam SGM Bunda


Salah satu momen yang tak terlupakan sebagai seorang bunda adalah saat mengandung dan menyusui si kecil. Kenangan saat hamil muda yang diiringi dengan ngidam, sering menjadi bumbu dalam perbincangan hangat antar bunda baik di dunia maya maupun di dunia nyata.

Terkadang momen ngidam menjadi kenangan indah yang tak terlupakan. Tetapi terkadang justru menjadi kenangan yang ingin dilupakan sebab ngidam yang aneh-aneh. Kalau tidak terpenuhi, takut bayinya keluar air liur terus. Atau akan terjadi sesuatu kepada jabang bayi.

Tapi ada pula bunda hamil yang mengaku tidak memgalami ngidam. Bahkan tidak tahu kalau sedang hamil. Tahu-tahu perut membesar saja. Olalala .. Katanya hamil kebo! 

Ngidam? Sebenarnya ngidam itu apa sih? Bahaya tidak bagi bunda hamil? Bagaimana sih Ngidam yang sehat bagi bunda hamil?

Nah, alhamdulillah nih, tanggal 24 Agustus yang lalu, di Hotel Aston Suite Kuningan, SGM Bunda menggelar acara Media Gathering Festival Ngidam SGM Bunda. Dalam acara ini hadir mengisi talkshow Dr. Med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG (K), Bunda Christina Natalia selaku Marketing Manager Nutricia Sarihusada dan Bunda Tara de Thouars, BA, M.Psi selaku pakar psikolog keluarga. Festival Ngidam SGM Bunda ini diselenggarakan untuk melengkapi momen spesial kehamilan bunda melalui asupan nutrisi seimbang dan rangkaian aktivitas edukasi menarik lainnya. 


Sesi pertama diisi oleh Dr. Med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG (K). Beliau menjelaskan tentang Asupan Nutrisi saat hamil dan menyusui untuk mendukung ibu dan anak, generasi penerus.

Dokter Damar memulai presentasinya dengan pendahuluan proses kehamilan atau fetal programming. Menurut beliau konsep hamil adalah takdirnya seorang perempuan dan melanjutkan keturunan. Asupan nutrisi penting dalam kehamilan sebab status kesehatan seseorang ditentukan dari masa kehamilan. Begitu juga dengan karakter baik dan buruk seseorang itu dimulai dari sejak ia di dalam kandungan. 

Ngidam menurut beliau adalah hal wajar bagi bunda hamil. Biasanya hal ini dipicu oleh meningkatnya Peptida Opiod Endogen (POE). Meskipun ngidam hal yang wajar, tetapi bunda harus dapat mengontrol keinginan ngidam. Biasanya ingin makan makanan ini atau itu sehingga melupakan nutrisi penting bagi janin. 

"Menurut Riskesdas 2013, angka bayi kecil (lahir kurang 2500gr) yang dilahirkan di Indonesia mencapai 10,2% sedangkan bayi lahir pendek (kurang dari 48cm) mencapai 20,2%. Angka ini menunjukan bahwa masih banyak ibu hamil yang kekurangan nutrisi. Kekurangan nutrisi tersebut tentu disebabkan oleh pola makan gang tidak bergizi dengan porsi yang belum tentu seimbang sesuai kebutuhan bunda dan si kecil. Untuk itu, perlu adanya kontrol pola makan dan pemahaman tentang nutrisi yang tepat dikala hamil, termasuk saat ngidam. Karena bunda adalah satu-satunya sumber nutrisi bagi si kecil, sehingga jika bunda sehat, si kecil juga sehat," jelas dokter Damar.

Dokter Damar menegaskan bahwa bunda harus memenuhi kebutuhan nutrisi yang seimbang dan kecukupan mikronutrien seperti asam folat, zat besi dan kalsium yang berperan besar bagi perkembangan kecerdasan dan fisik si kecil sejak dalam kandungan.

Bunda harus menjadi bunda yang cerdas yang mampu menjadikan momen ngidam sebagai kesempatan dalam meningkatkan dan memenuhi kecukupan nutrisi harian dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak saja lezat tapi juga sehat.

Makanan sehat dan lezat yang direkomendasikan adalah:
1. menghindari gula dan minyak berlebihan. Memilih kudapan seperti jus buah dan buah potong atau agar agar kaya serat. Makan makanan bergizi 3x sehari, minum air putih 10 gelas/hari dan susu khusus bunda hamil untuk melengkapi kecukupan gizi harian bunda hamil.

Sesi kedua diisi oleh bunda Tara. Beliau menjelaskan tentang pengaruh kehamilam terhadap mood bunda hamil.

Menurut bunda Tara, ngidam bagi bunda hamil tak sekadar ngidam makanan atau minuman saja, tetapi ada juga ngidam manja. Ngidam ingin dimanja atau diperhatikan oleh orang orang terdekatnya seperti suami. 

Menurut Bunda Tara, disamping pemenuhan nutrisi selama masa kehamilan terutama di masa ngidam, bunda dianjurkan untuk dapat mengontrol perubahan psikologis yang terjadi dalam dirinya. Rasa cemas dan khawatir seringkali dialami bunda selama masa kehamilan dan yang dapat dipicu oleh berbagai faktor baik internal maupun eksternal. Hal ini juga tergantung pada tahapan trimester kehamilan bunda. Hal ini juga turut memicu timbulnya ngidam.

"Bunda dapat memanfaatkan momen ngidam untuk mengontrol emosi yang fluktuatif. Tidak hanya ngidam makanan atau minuman tetapi juga ngidam manja. Perhatian dari ayah. Sampaikan hal ini dengan baik sehingga, ayah sebagai rekan setia bunda memahami dan selalu siap memberikan dukungan kepada bunda agar bunda menjalani masa kehamilan dengan sehat dan bahagia," papar bunda Tara.

Sesi terakhir diisi oleh Bunda Cristina. Beliau menyampaikan tentang tujuan diadakannya Festival SGM Bunda sebagai komitmen SGM dalam mendukung bujda hamil agar terlahir generasi penerus keluarga dan bangsa yang sehat dan cerdas.

Bunda hamil adalah satu-satunya sumber nutrisi bayi yang dikandung. Oleh karena itu SGM ingin membantu memenuhi kecukupan gizi harian bunda hamil.

Seperti diketahui, pada trimester 1 kebanyakan bunda hamil mengalami mual, muntah, letih, lesu dan ngidam. SGM mencoba menambal kekurangan nutrisi yang dialami bunda hamil dengan nutrisi yang cukup dari SGM Bunda.

Bunda hamil juga harus happy. Oleh karena itu SGM Bunda menyelenggarakan "Festival Ngidam SGM Bunda" yang akan berlangsung pada tanggal 2-3 September 2017 di Summarecon Mall Bekasi

Dalam kegiatan Festival Ngidam SGM Bunda, para bunda dan ayah dapat aktid berkonsultasi swputar kehamilan dan nutrisi serta mengikuti talkshow edukatif bersama para ahli seperti DR.Med.dr. Damar Prasmusinto, SpOG(K),  terkait "Peran Nutrisi masa hamil dan menyusui untuk mendukung Bunda dan si Kecil Sehat." Prita Ghozie mengenai "perencanaan keuangan dalam menyambut persalinan" dan psikolog keluarga Tara de Thouats, BA, M.Psi perihal "Dukungan Psikologis Bunda Masa Hamil dan Menyusui."

Tak hanya itu, akan ada berbagai aktifitas gratis dan menarik untuk bunda seperti senam hamil, edukasi laktasi, tips tetap cantik selama hamil hingga menyusui dan demo masak bersama Chef Deny daru Master Artis.

Ada foto booth dan beragam aktifitas ngidam yang akan memberikan kenangan indah dan berkesan kepada bunda di saat ngidam.

SGM Bunda yang berkomitmen untuk mendukung bunda menjalani masa kehamilan hingga menyusui tetap sehat dan bahagia telah menjalankan kampanye "Nutrisi Lezat, Bunda Sehat". Kegiatan ini sudah diselenggarakan di Surabaya dan berhasil memecahkan rekor MURI untuk jumlah foto USG bunda hamil terbanyak, yaitu 34,790 bunda hamil. Kampanye ini akan terus berlanjut di Jakarta. Hingga diharapkan dapat menjangkau foto USG Bunda hamil sebanyak 75,000 Bunda hamil. 

Jadi, jangan ketinggalan ya Bunda. Yang ingin berpartisipasi dalam USG Gratis dan edukasi nutrisi dalam festival Ngidam SGM Bunda. Catat tanggalnya, 2-3 September 2017 di Summarecon Mall Bekasi.

6 comments:

  1. aduuuh, asiknya... kalau saja dulu pas hamil anak2 itu ada acara senam hamil gratis dan belajar laktasi gratis begini ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehhee iya ya bun. Pasti dari dulu bunda hamil bahagia semuanya ya termasuk kita kita hehhee

      Delete
  2. Kangen hamil lagi ummi... hahaha.. tapi yang takut malah suami saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau hamil lagi Mak, harus diniatin dari sebelum hamil, biar si kecil dalam kandungan bener bener sejahtera lahir batin hehehe sehat sebelum dan sesudah persalinan, moga sehat selalu ya mak dan dikabulkan hamil dalam waktu dekat :-)

      Delete
  3. Saya pas hamil alhamdulillah gak ngidam, maklumin jauh sama suami. Hehe #bumilPengertian

    ReplyDelete

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @ceritaummi

Follow Us @tutiarien