January 19, 2018

# Sajian cemilan anak # SKM

Tips Sajian Cemilan Anak

Hai mam, jumpa lagi dengan saya. Kali ini saya ingin berbagi tentang cemilan yang sering saya sajikan untuk anak-anak. Pas inget aja nih, kangen dengan suasana waktu saya di Johor. Entah angin apa yang membuat saya begitu merindui kota yang satu itu. Di sana, saya sering membuat cemilan bareng anak-anak. Selain dapurnya enak banget, sebab berada di belakang rumah tapi terlihat dari segala penjuru ruangan. Sementara dapur di sini (saya tinggal di rumah mertua) dapurnya di belakang juga, tapi tertutup dari pandangan mana-mana hehehe kalau di dapur serasa sedang dihukum tidak bertemu dengan orang lain hihihi anak anak juga males ikutan ngoprek dengan saya. Ya, sebab itulah, kondisi dapur yang kata anak-anak "syerammm" hhmm.. ini PR buat saya nih, pengen buat suasana dapur yang terkesan "syeram" hilang dari ingatan anak-anak.

Yup .. balik lagi ke masalah cemilan. Saya dan anak-anak kerap membuat cemilan rumahan. Baik berbahan dasar tepung, maupun buah pisang. Yang simple ajaa .. gak pake ribeut dan gak pake lama. Buatnya juga happy and fun. Makannya juga jadi bersemangat.

Mam tahu kan, bahwa selain makanan utama, anak-anak juga perlu diberi cemilan juga. Cemilannya tentu saja yang menunjang tumbuh kembang anak-anak. Tapi, ya gitu deh, kadang saya juga suka keluar dari jalur ideal hehhe ... masih banyak minyak, masih banyak kolesterol, masih banyak lemak dan masih banyak gula dan garam juga. Kadang juga masih ngebolehin anak anak makan chiki-chikian alias kripik kripik ber msg itu, dalam jumlah kecil sih, sebungkus pas mereka jajan di warung. Biar gak ngacai teuing, nyicipin jajanan warung heheh

Nah Mam, ini beberapa cemilan yang sering kita buat nih.

1. Pancake



Pancake ini simpel banget buatnya. Anak-anak saya kalau pas mereka ingin ngemil terus emaknya sedang pergi ke mana gitu, mereka buat sendiri. Bahannya untuk satu kali adonan: 1 butir telur, 1 cup terigu, 1 cup air, seperempat cup minyak goreng , backing powder dan soda kue secukupnya. Kalau mau manis tambah gula dikit. Biar gurih, boleh ditambah garam dikit. Aduk rata semua bahan. Siapkan wajan kecil, dadar deh.

Anak-anak suka memberi toping pancake ini olesan mentega dan taburan misis. Kadang juga kalau misis habis, mereka beri toping SKM, itu loh susu kental manis. Sukanya mereka SKM yang cokelat. Maknyus.

2. Pisang Panggang



Nah cemilan yang satu ini juga simpel banget buatnya. Siapkan wajan, panaskan dan beri mentega. Panggang pisang emas (pisang yang kecil kecil. kadang juga disebut pisang lampung), penyet pisang agar agak pipih. Balik jika sudah agak kecokelatan. Angkat dan sajikan dengan toping misis atau susu kental manis (SKM).

Pisangnya bisa pisang emas/lampung, bisa juga pisang ambon. Kadang kalau pisang sudah sering disajikan sebagai pelengkap, anak-anak bosan. Maka untuk antisipasi, saya memanggang pisang sehingga menjadi penganan lain. Cukup manjur dan tak membuat mubazir.

Atau saya buat pisang kukus, lalu ditaburi misis atau toping susu SKM.

3. Bolu pisang



Bolu pisang ini saya buat kadang agar pisang ambon yang telah terlalu matang tidak terbuat. Cara membuatnya juga mudah. Bahannya pun murah meriah. Anak-anak bergantian membantu dalam proses pembuatannya. Ada yang mengocok telur, menimbang tepung, menyiapkan loyang .. olala senang banget :-)


4. Jasuke



Nah, ini nih paporit anak-anak banget. Jasuke, jagung susu keju. Buatnya pun mudah, cepat praktis. Tak perlu banyak waktu terbuang. Membuatnya bisa sambil disambi ini itu.

Cara membuatnya: Jagung dipipil atau dipisahkan dari bonggolnya. Siapkan dandang. Kukus beberapa saat sampai jagung empuk. setelah itu angkat. Beri mentega, aduk sampai rata. Sajikan jagung dengan toping keju dan susu kental manis putih. Gurih dan nikmat.

5. Pizza



Selain cemilan manis-manis, anak-anak juga suka cemilan yang asin dan gurih juga. Mereka kadang request minta dibuatkan pizza. Alhamdulillah selama di Johor sih saya dan anak anak sering banget  buat pizza sendiri. Kalau di sini, sebab gak ada loyangnya dan gak ada oven, jadi buatnya pake teflon daann  kalau beneran kepengennnn banget. Emaknya ogah-ogahan hihihi selain di sini bahannya mahal, ah .. mendingan beli aja kali yaa hihihi lebih murah meriah. Nah kalau di negeri jiran kebalikannya, buat sendiri malah lebih murah meriah.

Jika mama mau membuat pizza, mama bisa intip resepnya di sini: Resep Pizza anti gagal hehe

Alahh Mam, ternyata cemilan anak-anak saya banyak juga yang diberi toping SKM. Sewaktu tinggal di Johor, Malaysia, susu kental manis (SKM) suka saya jadikan teman minum teh. Jadi kalau bosan minum teh biasa, saya suka menambahkan SKM di teh yang saya buat, jadilah teh tarik. Cuma ya  gitu deh, gak bagus untuk kesehatan, kan.

SKM itu cocoknya hanya untuk toping atau garnish. Bukan untuk memaniskan minuman apalagi untuk diencerkan dan menjadi susu yang dikonsumsi balita. Pernah baca, bahwa masih banyak orang tua yang memberikan SKM kepada bayi sehingga menimbulkan masalah kesehatan yang serius pada anaknya. Kasus ini terjadi di Kendari. Inilah mungkin karena ekonomi dan faktor edukasi yang kurang ya, sehingga masih ada orang tua yang terpaksa memberikan SKM kepada bayi dan anak-anaknya.

SKM itu bukan pengganti susu loh mam. SKM itu 50%nya adalah gula. Meskipun namanya susu kental manis, tapi dia bukan susu. SKM diperuntukan hanya untuk garnish atau toping penyajian beberapa makanan, seperti yang saya buat di atas. Penyajiannya juga gak boleh banyak-banyak karena akan memengaruhi kesehatan anak-anak. *camkan mak! tunjuk hidung sendiri (hihihi)

Baiklah mam, demikianlah sajian cemilan di rumah saya, moga menginspirasi mama-mama sholihat. Sampai jumpa lagi ^_^





18 comments:

  1. banyak ilmunya bunda, jazakillah

    ReplyDelete
  2. Di rumah juga sering bikin jasuke.. Simpel dan lezat, jarang bersisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Malah rebutan. Lumayan kalau beli di emoll. Dompet mak jadi kurus hehhe

      Delete
  3. Enak dan begizi semua camilannya, dan membuatnya pun mudah. Yang ga bisa Pizza aja aku karena ga punya oven.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak. Saya pernah nyoba drngan teflon mbak. Tapi doh nya jangan terlalu tebal dan harus dimasak duluan. Baru dikasih toping. Biar rotinya matang.

      Delete
  4. Kalau dirumah aku jarang banget bikin cemilan sendiri. Masih malas. Sukanya beli. Huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dicoba mbak. Bikin cemilan juga bs jadi salah satu alasan bonding sama anak lho. Usir si malas yukk huss huss hehe

      Delete
  5. Aduuhh,, ngeliat foto makanan jadi tambah lapeerr. Keliatan enak2 bgt 😍

    ReplyDelete
  6. Itu semua sih gak cuma sajian buat anak kalau di rumahku mbak, buat bapak emaknya juga nyam nyam :D

    ReplyDelete
  7. mom.. makasih inspirasi idenya.. klo aku bolu pisang di ganti brownies.. yg paling gampang dibikin bareng anak2 itu pizza yg pake roti tawar..simple, murah dan enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Saya juga kadang buat pizza dari roti tawar. Tinggal tambah toping.

      Delete
  8. pancake n jasuke suka aku buat mba yang lainnya belum coba euy hehehe aku pengen bikin pizza itu mengoda banget

    ReplyDelete
  9. memang enak bikin sendiri ay, apalagi kalau anak mulai remaja makannay banyak dan cepet laperan

    ReplyDelete

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien

Follow Us @tutiarien