March 31, 2018

# Crepe Signature # Kuliner

Serunya Belajar Membuat Crepe di Crepe Signature


Serunya Belajar Membuat Crepe di Crepe Signature. 

Hai, Mom, apa kabar? Apa yang terjadi, ya, jika sepuluh Mom Blogger berkumpul dan masak bareng? Apalagi yang dimasak ini sesuatu yang spesial, crunchy, gurih dan manis? 

Makanya Mom, saya ingin bercerita tentang keseruan ini saat saya dan teman-teman belajar membuat crepe di Crepe Signature Bogor Trade Mall. Oh, jangan ditanya kehebohan dan ramainya ya, Mom. Banget! Hihihi 

Jadi, ceritanya Mom, pada hari Selasa yang lalu, tanggal 27 Maret 2018, Crepe Signature Bogor membuka kelas membuat crepe di counter Crepe Signature khusus untuk Mom Blogger. Tempatnya di lantai UG BTM Bogor. Ada sepuluh Mom Blogger yang hadir dan mengikuti kelas tersebut. Alhamdulillah, saya salah satu dari ke-sepuluh yang beruntung untuk mendapatkan pengalaman membuat crepe secara langsung di kedai Crepe Signature BTM yang bertema, "Crepe in The Making". 

Pagi-pagi sudah ada di sini demi apa coba hihhi demi crepe dong ^_^

Ya Allah, Mom, ini yang namanya mimpi menjadi kenyataan. Terkadang terbetik dalam hati, ketika lewat kedai crepe  dan mencicipi betapa crunchynya crepe, "kapan saya bisa membuat crepe sendiri. Pengen bisa ih. Kayaknya mudah, deh! Cuman sayangnya, gak ada alatnya sih (alasan ini mah ya heuheu)

Dan hari Selasa itu, saya benar-benar menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Ini adalah pengalaman pertama saya dan mungkin akan menjadi kenangan yang manis nantinya. Ye, kan ... diimpikan sebelumnya, begitu loh ...

Kebetulan, rumah saya dan BTM tidak terlampau jauh, jadi saya agak-agak santai gitu. Saking santainya, ulalala .. ternyata sudah pukul 9. Saya pun segera membereskan semua yang harus saya bawa. Standarlah, seperti perlengkapan Saki (bayi saya usia 1 tahun), kamera dan hape. Sayangnya, saya kelupaan membawa charger dan power bank. Padahal dua benda ini penting banget untuk meliput kegiatan, jaga-jaga batre habis.

Saya pun memesan grab dari rumah, sebab kuatir kena macer jika naik angkot. Alhamdulillah, di luar perkiraan saya, ternyata saya sampai lebih cepat dari perkiraan. Pukul 9.30 saya sampai di tempat acara. BTM baru buka dan suasana masih lengang. Saya masuk ke dalam BTM dan naik melalui eskalator. Crepe Signature sangat mudah sekali dicari, karena sudah terlihat dari ujung eskalator. Saya bertemu dengan dua orang penjaga Crepe Signature, Teh Santi dan Kang Hasan yang ramah menyambut saya dan mempersilakan duduk menunggu di ruang tunggu sekaligus tempat makan Crepe yang meski kecil dan sempit tapi terlihat nyaman. Dengan bentuk meja menyerupai hati. Ada dua bangku melengkapinya. Saya pun duduk menunggu sambil ngemil bandros yang saya beli di luar. Sambil menunggu saya berfoto di sekitar kedai. 

Kedai Crepe Signature di BTM
Crepe Signature ini tempatnya strategis dan terlihat dari segala arah, bahkan kalau kita turun atau naik ke lantai atas pun kita bisa melihat kedai ini dengan teramat jelas. 

Tak lama kemudian, datang Mbak Selvi, beliau supervisor Crepe Signature dan juga blogger Bogor. Beliaulah yang mengundang kami untuk mengikuti kelas "Crepe in The Making" bersama Crepe Signature. Kemudian datang mbak Lutfi, seorang blogger manis yang catlovers dan Mom Blogger yang lainnya. Dan tepat pukul 10 pagi, acara pun dimulai.

Sebelum ke acara inti, Mbak Selvi mengenalkan Crepe Siganture sebagai awalan. Tak kenal maka tak sayang, kan? Nah, dari sedikit penjelasan dari Mbak Selvi ini, saya jadi tahu, bahwa Crepe Signature ini di Bogor ada 3 cabang, di Botani Square, BTM dan Teras Yasmin. 
Crepe Signature ada di 3 negara ini lho!

Menurut mbak Selvi, Crepe Signature memiliki banyak pilihan menu yaitu Sweety Crispy, Premium Crepe, Savoury Crispy, Fruity Crispy dan Ice Cream Crepe. Menu favorit saat ini adalah Nutella Cheese Banana (Premium Crepe). 


Menu di Crepe Signature

Crepe Signature ini asalnya dari Malaysia, dan tersebar di beberapa negara asia, seperti Indonesia, Singapura dan Brunei. Jadi tak heran jika kebetulan jalan-jalan ke negera tersebut menemukan Crepe Signature juga di sana. Crepe Signature memiliki kekhasan yang tidak dimiliki oleh jenis crepe yang lain. Selain Super besar, juga crepe Signature adalah crepe yang super crunchy lho! Dan memang benar, Mom, Crepe Signature ini super besar dan super crunchy. Saya sudah membuktikannya!


Crepe dengan toping ice cream (punyanya dek Lutfi hihii pinjam ya dik)

Tak heran kalau Crepe Signature ini disukai oleh anak-anak dan dewasa, bahkan neneknya pun suka! Mbak Selvi pun bercerita, pernah ada seorang ibu yang ngidam ingin makan crepe, hingga dia bela-belain datang jauh-jauh ke BTM dari Sukabumi hanya untuk mencicipi ke-crunchy-an Crepe Signature! Duh, Bumil memang luar biasa, ya, perjuangannya heuheu saya juga pernah sih begitu. Moga sehat-sehat selalu Bumil.

Dann .. akhirnya sesi yang dinantikan pun tibalah. Saya menjadi peserta yang datang pertama, menjadi peserta yang mendapatkan kesempatan membuat crepe yang pertama. Horee!

Jujur saya excited banget. Rasanya seperti anak saya yang kelas satu SD boleh menyalakan kompor untuk pertama kalinya hihihi Dan alhamdulillah, baby saya yang berusia setahun, baby Saki, kok ya pas anteng gitu, mau digendong sama mbak Santi dan tidak rewel. Tahu kali ya, emaknya mau belajar membuat kue yang enyak heuheu


Tuh, dede Saki dengan teh Santi, alhamdulillah enggak nangis ^_^

Crepe memiliki kompor khusus dengan wajan khusus dengan lapisan teflon di atasnya. Kisaran panasnya sekitar 3000 watt. Saya kira-kira, ukuran alat ini sekitar 40 cm x 40 cm dengan tinggi sekitar 18 cm. 

Di awali dengan penjelasan dari Kang Hasan (salah satu pekerja), do and don't dalam membuat crepe. Saya diberi kesempatan untuk latihan dengan tepung biasa untuk membuat crepe. yang saya pikir mudah, itu ternyata susyah, Mom! Harus benar-benar fokus dan serius belajarnya agar tangan terbiasa dalam menuang adonan crepe dan meratakannya dengan spatula. 

Kang Hasan mengajarkan kami dengan adonan terigu biasa yang diberi air dan telur. Pertama-tama, saya memasang plastik cover untuk tangan di tangan sebelah kiri, karena tangan sebelah kiri ini nanti memegang crepe yang sudah jadi dengan tangan. Sementara tangan sebelah kanan memegang spatula. 

Belajar menuang adonan di wajan khusus crepe. Percobaan pertama nih

Percobaan pertama, tangan saya masih belum terbiasa, sehingga crepe yang saya buat kurang bulat dan agak tebal. Percobaan kedua masih ada yang bolong. Alhamdulillah percobaan ketiga akhirnya lumayan berhasil hihihi

diratakan dari kanan ke kiri yaa.. jangan sampai putus 

Dan dipercobaan ke-4 saya mulai belajar membuat crepe yang sebenarnya! Berhasilkah?

masih ada yang bolong tuh sebelah kiri heuheu

Saya mulai dengan menuang adonan yang kata mbak Selvi terdiri dari tepung yang sudah diracik sedemikian rupa, telur dan air. Adonannya kental dan lembut. Saya menuang ke wajan crepe dengan berhati-hati dan segera meratakannya. Kalau tidak cepat bisa kering dan tidak bisa diratakan lagi.

Perjuangan ngangkat crepe sampe serius dan gak bisa senyum hihihi
Mengangkat crepe juga ada seninya lho!

  • Tips 
  • Tangan kanan memegang spatula, siap meratakan adonan. 
  • Ratakan adonan berputar dari kanan ke kiri, tidak terputus hingga benar-benar rata. Diamkan sampai crepe mengering.
  • Selama menunggu crepe mengering, siapkan toping. 
  • Lipat sedikit ke dalam crepe yang berada di ujung dada kita. Tabur toping sebelum crepe menjadi kering dan berubah warna lebih hitam (awas gosong hihihi) 
  • Angkat crepe dari sebelah kanan, potong sedikit sebagai tanda lipatan crepe, lipat crepe dan masukan dalam kertas penyajian. 
  • Siap disajikan .. hmm yummy!

cobain dulu ah .. eh beneran crunchyyy ..
Alhamdulillah, untuk pertamakalinya saya membuat crepe dan berhasil! Crepe yang saya buat saya beri toping olesan nutella, taburan misis berpadu dengan kacang almond. Perpaduan yang mewah dan lezat sekali. Dan memang terbukti, Signature crepe adalah crepe yang super besar dan super crunchy! Crepe Signature juga tampilannya cantik dan  instagramable banget, lho!

seneng banget, akhirnya bisa juga membuat crepe, yeayyy!

Setelah saya, giliran dek Lutfi dan mom blogger lain yang mencoba membuat crepe. Seru dan heboh! Kami bergantian melihat proses pembuatan crepe ini dan seperti biasa, seperti anak-anak yang baru bisa membuat kue, kami berseru girang ketika hasilnya begitu luar biasa!

Ini dia sepuluh mom jagoan yang sudah berhasil membuat crepe, punya saya sudah hampir habis hihihi enyak sih

Alhamdulillah saya bisa bergabung dalam kelas membuat crepe di Crepe Signature. Meskipun hanya dua jam saja, tetapi pengalaman ini sungguh sangat luar biasa dan berharga sekali. Terima kasih Crepe Signature!

dede Saki juga sukaaa ^_*

Oiya, untuk mendapatkan manfaat dan keseruan yang lain dari Crepe Signature, silakan follow instagram dan line CREPE SIGNATURE BOGOR karena akan banyak info event dan pro yang menarik untuk para pelanggannya. Wihh .. asyik banget! Crepe Signature juga sudah bisa dipesan lewat Go Food, ya.

2 comments:

  1. Mamak Saki ini kece banget bisa bikib cemilan enak, ikutan dooong biar bisa bikin juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, mbak .. seneng banget lho bisa bikin crepe, sebab ini kompornya enggak ada di rumah hihi

      Delete

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @ceritaummi

Follow Us @tutiarien