May 31, 2018

(Kuliner Bogor) Waroenk Talubi; Nasi Uduk dan Ayam Bakar Resep Oma

May 31, 2018 2 Comments
Hai, Moms, sore ini saya ingin bercerita tentang sebuah kisah kerinduan. Iya, saya sedang merindu nenek saya. Kangen sama mama saya juga sih. Al fatihah untuk keduanya. Dua wanita yang sungguh sangat menginspirasi saya dalam mengarungi asam garam kehidupan ini.

Ketika saya ingat kue lebaran. Setiap tahun saya tuh begini. Selalu jadi ingat nenek saya. Nenek yang rajin sekali menyiapkan semuanya untuk menyambut kami, cucu-cucunya. Nenek tidak sekolah formal. Zaman penjajahan sangat sedikit sekali rakyat yang bisa sekolah, ya, Moms. Nenek mengecap pendidikan hanya di madrasah. Selanjutnya nenek banyak mengikuti les-les membuat kue dan jajanan pasar. Nenek itu cerdas. Tau sendiri kan, jaman Belanda gitu loh. Pelajaran pakai bahasa Belanda, yes. Nenek belajar membuat kue pengantin, kue kering (makanya nenek selalu bilang kue lebaran itu kue Belanda - sekarang namanya kastengel, nastar, semprit dll) yang kue kampung cuma kue biji ketapang. Dan saya sukaaa semua kue buatan nenek saya.

Nenek pernah membuatkan kue buat abang saya yang disunatin, kue pengantin sunat. 3 undakan, Moms! Keren banget deh nenekku ini. Nenekku hebat banget! Ya Allah, jadi nangis, kan. Kangen banget!

Setiap lebaran, nenek membuatkan kami kue kastangel, kue nastar, kue semprit, kue biji ketapang, kue bolu marmer dan segala macam hidangan lebaran. Opor ayam, rendang, balado kentang, semur daging dan ketupatnya. Jugaaa .. kue ali atau kue cincin. Duh .. kalau sudah dekat lebaran, kangen sama nenek begitu membuncah!

Nah, beberapa waktu lalu, tepatnya pada 28 April 2018, saya hadir dalam launching Waroenk Talubi. Saya sangat senang sekali, ada sebuah warung makan yang kayaknya, Gue banget! Resepnya terinspirasi dari wasiat Oma. Waroenk Talubi namanya. Waroenk ini terletak di jalan Surya Kencana sebelahan dengan Gang Aut persis. Kalau dari stasiun, naik 02, berhenti tepat di depan waroenknya yang sudah kelihatan di tepi jalan. Waroenk Talubi ini posisinya ada di sebelah kanan jalan. Jadi kalau naik angkot, berhenti dan menyebrang ke waroenk tersebut.

saya di acara launching waroenk talubi, sedang akan menyematkan doa untuk kebaikan waroenk talubi
Kak Ellen, pemilik Waroenk Talubi ini bercerita, Waroenk Talubi ini berdiri tanggal 18 April 2018 dan dibuka untuk umum pada tanggal 28 April 2018. Awal mulanya, pada tahun 2014,  Kak Ellen membuka pusat oleh-oleh khas Bogor, yaitu Bika Bogor Talubi. Bika ini khas terbuat dari talas dan ubi asli yang hanya ada di kota Bogor. Sejak dibukanya pada tahun 2014 hingga saat ini Bika Bogor Talubi memiliki 3 outlet, yaitu di Jalan Pajajaran 20M Bogor, Jalan KH Sholeh Iskandar 18 B Bogor dan Jalan Raya Gadog sebelah Vimalla Hills Puncak Bogor.

Saya di pusat oleh-oleh khas Bogor di Waroenk Talubi. Banyak pilihan untuk oleh-oleh lho!
Nah, kenapa eh kenapa terus Kak Ellen membuka Waroenk Talubi?

Kata Kak Ellen, Kak Ellen ingin melestarikan resep turun temurun dari Oma Buyut-nya Kak Ellen dan melestarikannya. Saking kangennya dengan masakan Oma Buyut, karena kalau berkunjung ke rumah Oma, pasti aja dimasakin sama Oma. Kak Ellen akhirnya membuka Waroenk Talubi dengan resep asli dari Oma Buyut.

Masakan Oma yang ngangenin itu berupa Nasi Uduk dan Ayam Bakar dengan bumbu racikan Oma yang rasanya berbeda banget dengan rasa nasi uduk dan ayam bakar lainnya. Ayam gorengnya juga memiliki cita rasa tersendiri dengan kremes basah dan kering menjadi topingnya. 

Hal yang paling mengesankan bagi Kak Ellen adalah, saat dia disuapi nenek makan Nasi Uduk dengan ayam kremes itu. Duhaii .. surga bangett. Pantesan Kak Ellen kangen banget sama Oma.

Tuh, kan, semangat kak Ellen sama dengan semangat saya. Kangennn sama Nenek. Bedanya, Kak Ellen mah produktif, langsung jadi Waroenk Talubi, kalau saya masih diangan-angan hihihi

Tapi bersyukur banget, jadi kangen saya pada nenek terobati. Karena ada Waroenk Talubi.

Ini dia yang bisa kita makan di Waroenk Oma eh Waroenk Talubi ini.

nasi uduk lengkap dengan ayam bakar dan pelengkapnya, maknyus banget!

Ciri khas Waroenk Talubi adalah Nasi Uduk dan Ayam Bakar yang lezat. Kata Kak Ellen, lalapan yang ada di piring itu asli dari petani di sekitar Bogor. Begitu juga dengan ayamnya. Diambil dari pedagang ayam di sekitar Bogor. Tukang masak dan pelayan juga semua direkrut dari kota Bogor. Kecuali ada satu bahan yang diambil dari tanah leluhur Oma, yaitu terasi.

Makanya, ayam bakar Talubi ini khas banget, karena resep turun temurun dari Oma ini yang tidak ada duanya di dunia. 

Nasi Uduknya terbuat dari nasi pilihan yang pulen dan wangi. Rasanya gurih dan legit banget terasa disuapan pertama dan selanjutnya. Dikemas dalam wadah yang terbuat dari daun pisang, membuat nasi bertambah wangi, khas daun pisang yang menyelerakan rasa.

Ayam Bakarnya bumbunya meresap dan empuk. Potongannya besar-besar, cukup untuk dua orang  perporsi saking gedenya. Ayam bakar ini racikan bumbunya adalah resep andalan Oma yang sekali cicip kita akan merasakan paduan enaknya dengan bumbu gurih manis yang meresap ke dalam daging ayam. Ini yang menjadi rahasia kelezatan ayam bakar Waroenk Talubi.

Pelengkapnya, lalap daun selada, mentimun, tahu, tempe dan sambal terasi yang mantap banget.

Coba terka? berapakah harga menu di atas? 25 ribu? tetott .. salah .. yang benar Rp22.000 saja. Murah ya. Selain murah, bergizi dan enak dan nikmat banget. Tambahannya air teh manis. Mauuu?

Nah, Moms, selain menu di atas ada menu-menu yang lain yang tak kalah murahnya.

Paket Disuapin Oma

Paket ini ada 3 Paket.

Paket disuapin Oma
Paket 1 terdiri dari; Nasi pecel, tahu, tempe, peyek dan teh
Paket 2 terdiri dari: Nasi uduk, tempe, telur dan teh.
Paket 3 terdiri dari: Nasi uduk, kepala ayam, ampela ayam, usus ayam dan teh

ini dia jeroan ayam 
Harganya hanya Rp10.000, ih murah bangett yaa ^_^

Paket Inget Oma

Paket ini ada 2 paket

Paket inget Oma
Paket 1 terdiri dari: Nasi uduk, ayam goreng, tahu, tempe dan teh

Paket 1 ini adalah menu best seller di Waroenk Talubi. Nasi uduk dengan ayam goreng yang gurih, empuk rasa bumbu yang meresap ke dalam daging ayam membuat ayam goreng ini sedap sekali. Ditambah lagi dengan kremes basah dan kering yang membalut ayam.

Makannya dicocol dengan sambel kacang yang juga nikmat karena tidak encer tapi juga tidak kental sangat. Sehingga menyelerakan rasa, apalagi jika dimakan dengan lalapan segar.

Paket 2 terdiri dari: Nasi uduk, babat goreng, paru goreng dan teh

paru goreng

Harga per-paketnya hanya Rp20.000

Paket Kangen Oma

Terdiri dari: Nasi uduk, ayam bakar, tahu, tempe dan teh
Harga perpaketnya Rp22.000 sahaja

Paket sayang Oma dan kangen oma

Paket Sayang Oma

Terdiri dari: Nasi uduk, ayam bakar, babat goreng, urap dan teh
Harga perpaketnya Rp27.000


Babat goreng
Selain itu kita juga bisa membeli menu satuan
Menu satuan 

Juga ada minuman yang menyegarkan
Menu minuman yang ngeliatnya aja bikin segera banget
Semua paket diberi nama yang unik, berbau-bau Oma gitu, agar saat pelanggan memesan paket tersebut akan merasakan kehangatan berada di rumah Oma. 

Komplit dengan penataan Waroenk Talubi yang cozy, sehingga membuat pelanggan nyaman makan di Waroenk Talubi. Makan dengan alunan musik khas zaman old dan siaran radio jaman jadoel menambah nikmat makan di Waroenk Talubi. Ruangan yang instagramable. Cocok untuk makan bersama keluarga. Apalagi ada pesan Oma yang menempel di dinding, serasa benar-benar sedang berada di rumah Oma.

pesan Oma yang seakan-akan kita ada di rumah Oma

Menu di Waroenk Talubi juga bisa dipesan online. Bisa diintip di laman sosmed Waroenk Talubi di Facebook dan Instagram dengan akun @waroenktalubi.
Untuk pemesanan bisa melalui nomor telepon: 08811776580
Waroenk Talubi terletak di Jalan Suryakencana No. 278 Bogor.

ruang makan yang cozy banget, bikin betah
Nah, bagaimana Moms, kalau jalan-jalan ke Bogor, jangan lupa singgah ke Waroenk Talubi ya Moms. Gak cuma makan kuliner Bogor tapi juga bisa sekalian membeli oleh-oleh khas Bogor, lho! Selamat wiskul, Moms!





May 30, 2018

Uri-Cran dan Gaya Hidup Sehat Bebas Anyang-anyangan

May 30, 2018 36 Comments

Hai, Moms, apa kabar? Masih semangat, kan, puasanya? Selama berpuasa, jangan lupakan hak tubuh, ya. Istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi dan minum minimal 8 gelas setiap hari. Gaya sehat ini, penting banget!

Jangan lupa asupan cairan selama berpuasa ya Moms. Minum ketika bangun tidur, ketika habis makan sahur, pas imsak, maghrib ketika hendak berbuka dan habis makan, 2x habis makan cemilan. Pas mau tidur malam. Atau sesuai kondisi Moms. Atur aja yang penting asupan cairan terpenuhi 6-8 gelas per harinya. Karena kekurangan cairan bisa menyebabkan anyang-anyangan loh dan kalau sudah parah bisa terkena infeksi saluran kemih. Waspada ya, Moms.

Ya, sebagai wanita, kita harus senantiasa memerhatikan kondisi tubuh kita, di mana pun, kapan pun dan dalam keadaan apa pun. Kalau tidak, hmm ... penyakit degeneratif akan mudah mendekat! Serem, kan, Mom. Belum uzur, eh maksudnya belum tua, kita udah sakit-sakitan. Saya mengingatkan, bukan berarti saya sudah perfect ya, Mom. No body perfect! Tapi, dengan menulis reminder ini, paling enggak, ini juga menjadi pengingat diri saya untuk terus senantiasa menjaga gaya hidup yang sehat agar tubuh tetap bugar. Apalagi sekarang usia saya sudah masuk usia cantik. Kalau tidak dijaga benar-benar, kerasa banget, produktifitas menurun sebab kondisi tubuh tidak sehat.

saya selalu bersemangat dalam beraktifitas (doc.pri)
Dalam sebuah penelitian, disebutkan 50-60% wanita mengalami anyang-anyangan. Anyang-anyangan adalah suatu kondisi dimana kita merasa ingin buang air kecil terus menerus, disertai dengan nyeri dan tidak lancar. Beberapa faktor penyebab anyang-anyangan adalah menahan pipis dan kurangnya asupan cairan/kurang minum.

Dulu, saya pernah mengalami anyang-anyangan. Benar-benar tersiksa banget. Setiap habis berkemih, eh ingin lagi, ingin lagi. Jadi bolak balik ke kamar mandi. Salah saya juga kurang memerhatikan asupan cairan ke dalam tubuh. 

Beberapa hari kemudian dengan rutin minum air putih, yang biasanya cuma segelas sampai 3 gelas sehari, saat anyang-anyangan saya minum setiap kali setiap selesai berkemih atau buang air kecil. Alhamdulillah, akhirnya anyang-anyangan pun hilang. 

Tapi eh .. eh .. kena lagi, anyang-anyangan datang berulang. What happen? Aya naon? Padahal saya sudah menghindari toilet kotor, minum teratur, tapii ..

Ternyata minum air putih saja tak cukup. 

Saat sakit anyang-anyangan teman saya merekomendasikan prive Uri-cran. Suplemen kesehatan yang mengandung ekstrak Cranberry yang dipercayai dapat mengobati dan mencegah anyang-anyangan. Saya minum 2 gelas sehari selama saya sakit anyang-anyangan. Alhamdulillah, setelah saya minum larutan uri-cran, anyang-anyangan pun hilang dan tidak kembali lagi.


Mengapa Uri-cran dapat menyembuhkan sekaligus mencegah anyang-anyangan? Dan apa benar anyang-anyangan sebab kurang cairan dan menahan pipis?

Alhamdulillah pada tanggal 26 Mei 2018 yang lalu, saya berkesempatan hadir dalam undangan Blogger Gathering dan Talkshow Uricran yang diadakan oleh Uri-Cran bekerjasama dengan Blogger Perempuan di Ballroom Harris Hotel, Kelapa Gading, Jakarta.

Hadir dalam acara ini dr.Boy Abidin, SpOG(K), seorang dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi. Beliau juga terkenal dengan sebutan dokter Oz Indonesia karena menjadi presenter di acara dokter OZ Indonesia di sebuah chanel televisi.

dr. Boy Abidin, SpOG(K) atau dokter OZ Indonesia (doc.pri)
Dokter Boy hadir untuk menyampaikan sebuah tema kesehatan kewanitaan yang sangat penting sekali, yaitu kesehatan kandung kemih. Tema hari itu, Pentingnya Menjaga Kesehatan Saluran Kemih pada Wanita. Dan pertanyaan dibenak saya pun terjawab sudah.

Dari pemaparan dokter Boy, diketahui bahwa 50-60% wanita yang mengalami infeksi saluran kemih dan  25% wanita pernah mengalami infeksi saluran kemih berulang. 


Apa itu infeksi saluran kemih? Infeksi saluran kemih adalah infeksi akibat ada koloni kuman di saluran kemih yang masuk secara hematogen (aliran darah) dan ascending (menjalar ke atas).

Dibanding pria, wanita lebih rentan terkena infeksi saluran kemih. Mengapa demikian? karena sistem urinary wanita lebih pendek dari pria. Salah satu gejala awalnya sering disebut anyang-anyangan atau rasa ingin buang air kecil terus menerus disertai nyeri dan tidak lancar.

Sistem urinary wanita dan wanita. Terlihat ya bedanya
Nah, jika Moms pernah mengalami anyang-anyangan, jangan didiamkan ya Moms, sebab hal ini akan menyebabkan infeksi saluran kemih menjadi bertambah parah. Infeksi saluran kemih ini sekarang tak hanya mengenai orang dewasa saja, tetapi juga mengenai anak-anak dan ibu hamil.

Penyebab infeksi saluran kemih 80% karena adanya bakteri E-coli yang menempel pada dinding saluran kemih/saluran kencing. Nah, bakteri E-coli ini jahat banget! Dia akan menempel di dinding sel epitel saluran kemih. Bagaimana kuman jahat ini bisa masuk ke dalam saluran kemih kita?

Bakteri E-coli bikin emak emak galau .. Kowaiii ..
Ini dia cara dia menyusup ke dalam, yaitu ketika kita sedang istinja tau membersihkan daerah kewanitaan setelah BAK atau BAB. Pada saat-saat tertentu kita terpaksa harus bertemu dengan situasi dimana kita harus mengeluarkan BAK di tempat umum. Dan karena terburu-buru, jadi tidak bersih. Beberapa keadaan di bawah ini yang kemungkinan besar menyebabkan kuman masuk ke dalam saluran kemih.
  1. Arah proses pembasuhan setelah BAB yang tidak benar. 
  2. Air untuk membasuh yang tidak bersih
  3. Sering menahan buang air kecil
  4. Toilet yang tidak bersih
hati-hati kalau pernah ke mall atau ke tempat umum dan terpaksa bertemu dengan hal ini, bisa jadi kena ISK

Menurut dokter Boy, kalau kita terpaksa harus ke toilet umum dan buang air kecil di sana, pastikan membawa air dalam botol sendiri, membawa handuk kecil agar area bekas pipis kering dengan melap dengan handuk kecil itu. Jangan lupa basuh dari arah depan ke belakang.

Apakah boleh memakai sabun antiseptik untuk membasuh miss V? Boleh asalkan PHnya PH yang disarankan dan aman diperuntukan miss V. Agar sabun tidak mengganggu flora yang Allah ciptakan dengan sedemikian sempurnanya untuk melindungi bagian intim dari seorang wanita.

Waspada jika, Moms pernah ke mall atau ke tempat umum dan terpaksa harus BAK atau BAB di toilet umum dan mengalami satu atau dua gejala di bawah ini, kemungkinan besar Moms terinfeksi bakteri E-coli saluran kemihnya.

Organ tubuh bagian bawah
  1. Nyeri saat BAK (disuria), rasa panas di urethra.
  2. BAK lebih sering sampai di malam hari (nocturia), jumlah urin sedikit
  3. Tidak dapat menahan rasa ingin BAK
  4. BAK tidak tuntas/anyang-anyangan
  5. Nyeri pada bagian perut bagian bawah
  6. Demam ringan dan tidak enak badan

Organ tubuh bagian atas
  1. Demam tinggi dan menggigil
  2. Hilang nafsu makan
  3. Mual dan muntah
  4. Nyeri pada pinggang (lokasi ginjal)

Moms kalau ada gejala di atas, harus waspada ya, kemungkinan besar, Moms terkena infeksi saluran kemih. Segeralah terapi agar anyang-anyangan hilang dengan minum larutan uri-cran. Jika gejala tidak hilang dalam 3x24 jam, hubungi dokter. Karena jika dibiarkan akan berakibat terkena infeksi saluran kemih yang lebih parah.

Tanda seseorang wanita mengalami ISK yang parah salah satu tandanya adalah keluar cairan keputihan yang tidak normal, berbau dan gatal. Tidak bisa diobati dengan hanya dibasuh dengan produk pembersih kewanitaan. Kalau sudah sakit, harus berobat ke dokter, ya Moms.

Menurut dokter Boy, ada 4 penyebab Infeksi Saluran Kemih;

1. Kurang Minum

kurang minum meyebabkan anyang-anyangan
Menurut dokter Boy, kurang minum dapat menyebabkan anyang-anyangan. Mengapa demikian? Karena kurangnya air dalam saluran kemih, menyebabkan koloni kuman mengendap dan berkembang biak di saluran kemih sehingga menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK).

Untuk menghindari ISK, minum air sebanyak 2-3 liter/hari agar saluran kemih sehat dan jauh dari ISK. Jika sudah terpapar kuman (bakteri E-coli) dokter biasanya memberi antibiotik untuk membunuh kuman dan memberi paracetamol untuk meredakan demam.

2. Sering Menahan Pipis



Menahan air kencing terlalu akan menyebabkan infeksi saluran kemih. Hal ini disebabkan karena koloni kuman di sekitar pembukaan urethra cenderung masuk ke dalam karena kita tahan. Jadi kalau sederhananya, yang seharusnya dikeluarkan, eh ditahan. Akhirnya kuman-kuman malah berkembang biak dan menyebabkan ISK.

Berkemih adalah salah satu cara untuk membantu kita membuang bakteri di dalam saluran kemih. Jika lama ditahan, memberi kesempatan kuman E-coli berkembang biak.


3. Diabetes

Mengapa diabetes juga bisa menyebabkan infeksi saluran kemih? Menurut dokter Boy, seorang pengidap diabetes, sistem imunitas tubuhnya menurun. Selain itu juga, orang yang terkena diabetes mengalami kerusakan syaraf sehingga tidak bisa mengosongkan saluran kemih dengan tuntas. 

Nah, ketidaktuntasan dalam berkemih ini menyebabkan mengendapnya kuman di dalam saluran kemih dan menyebabkan infeksi saluran kemih.

4. Kehamilan

Kehamilan pun disebut menyebabkan infeksi saluran kemih. Sekitar 10% ibu hamil mengalami infeksi saluran kemih. Kadang kita maklum jika ibu hamil jengjeriheun atau anyang-anyangan,  karena ibu hamil biasanya kandungannya menekan kandung kemih. Padahal perlu diwaspadai pula sebagai penyebab anyang-anyangan. Karena anyang-anyangan pada ibu hamil itu berbahaya sekali terutama kepada janin.

Oleh karena itu, jika merasa ingin pipis tapi tidak bisa disertai dengan nyeri, maka mungkin ibu hamil terkena ISK. Segeralah meminta pertolongan dokter agar ISK bisa diobati segera agar tidak menyerang bayi di dalam kandungan.

Nah, Moms, kurang minum menjadi salah satu menyebabkan anyang-anyangan. Jadi, yuk kita ubah pola hidup kita. Dengan minum secara teratur, insyaAllah penyakit saluran kemih akan menjauh. Terutama untuk ibu hamil. Ibu hamil harus cukup cairan dan senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan, terutama saat di jalan, pasti paling males, kan, mau ke toilet, akhirnya menahan pipis dan mengurangi minum. Karena jika bumil terkena ISK sangat berbahaya kepada kesehatan bayi yang sedang dikandungnya. Beberapa hal yang patut diwaspadai adalah sepeerti gambar di bawah ini:

ISK pada ibu hamil, serem ya, Moms
Infeksi saluran kemih pada ibu hamil, resikonya kepada janin akan fatal, karena akan menyebabkan beberapa hal di bawah ini:
  • Bayi lahir prematur
  • Berat badan bayi lahir rendah 
  • Preeklamsia
  • Hipertendi
  • Gagal ginjal
  • Kematian janin
Duh, serem ya, Moms. Lebih baik mencegah daripada mengobati ya, Moms. Ayo kita ubah gaya hidup kita, agar terhindar dari infeksi saluran kemih yang berulang. 

Apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan mengobati anyang-anyangan pada wanita?

Ini yang bisa kita lakukan dalam mencegah infeksi saluran kemih sekaligus mengobati anyang-anyangan pada wanita agar tak datang  berulang-ulang.
  1. Minum air putih kurang lebih 2-3 liter/hari
  2. Menjaga organ intim
  3. Hindari menahan BAK
  4. Bersihkan dari depan ke belakang
  5. Gunakan pakaian dalam dari bahan katun
  6. Konsumsi buah Cranberry

Mengapa harus mengonsumsi buah Cranberry untuk mencegah anyang-anyangan? 

Karena buah Cranberry telah lama diteliti dan dipergunakan di Amerika dan terbukti efektif mencegah infeksi saluran kemih karena keunggulannya.

Cranberry atau nama latinnya Vaccinium Macrocarpon adalah sejenis buah yang banyak ditemukan di Amerika dan selalu dipergunakan sebagai pelengkap sajian hari-hari besar tertentu.

buah cranberries (credit farm fruit)
Buah ini tergolong dalam jenis berry dan termasuk dalam makanan sehat. Setiap cangkir cranberry mengandung 25 kalori. Dalam setiap buahnya, cranberry mengandung 80% air dan 10% karbohidrat. (wikipedia).

Selain itu Cranberry juga mengandung Proantocyanidin (PAC), yaitu jenis tanin yang terkondensasi bahan aktif dalam cranberry yang menghambat pelekatan bakteri E-coli di sel epitel saluran kemih.

Lalu, apakah kita harus ke Amerika dulu untuk mendapatkan buah Cranberry ini? jauh bener, yak!

Tenang saja Moms. Moms gak perlu ke Amerika untuk mendapatkan buah cranberry. Sebab Combiphar telah memproduksi Uri-Cran, dimana kandungannya Uri-Cran ini adalah ekstrak Cranberry. Jadi kita bisa mencegah infeksi saluran kemih dengan Prive Uri-Cran. Ekstrak Cranberry-nya bekerja aktif menjaga kesehatan saluran kemih sekaligus membebaskan kita dari gangguan anyang-anyangan.

uricran membantu saya bebas dari anyang-anyangan (doc.pri)
Moms, yang bisa kita lakukan untuk mencegah infeksi saluran kemih yang berulang dengan cara mengubah pola hidup dengan pola hidup yang sehat dan minum Uri-cran yang mengandung ekstrak cranberry.

Keuntungan minum ekstrak Cranberry dibandingkan dengan pemberian antibiotik adalah cranberry tidak menimbulkan resistensi antibiotik. Cranberry memang bukan obat antibiotik, tetapi suplemen makanan untuk kesehatan organ kewanitaan, jadi enggak bakalan kita kena resistensi antibiotik. Ekstrak Cranberry dengan  kandungan Proantocyanidin (PAC) 36 mg menjadi pilihan  sebagai profiliaksis infeksi saluran kemih.

saya dan uricran (doc pri)
Anyang-anyangan jangan dibiarkan, Moms, karena akan berakibat infeksi saluran kemih yang lebih serius. Biasanya dokter akan meresepkan antibiotik untuk membunuh kumah jahat, bakteri E-coli yang terlanjur masuk ke dalam saluran kemih kita. Dari pemaparan di atas, ternyata gak perlu antibiotik untuk melenyapkan bakteri E-coli di dalam saluran kemih kita. Dengan minum Uri-cran yang mengandung ekstrak cranberry, insyaAllah bakteri E-coli dapat dicegah menempel di saluran kemih. Minum Uri-Cran, anyang-anyangan pun hilang!

Uri-Cran tersedia dalam bentuk kapsul dan powder sachet. Moms bisa memilih satu dari dua sediaan ini untuk mencegah dan mengobati anyang-anyangan. 

Sediaan Prive Uri-Cran berbentuk kapsul
  • Komposisinya: 250 mg Ekstrak Cranberry
  • Dosis : 1-2 kapsul/hari
  • Isi per-box: 30 kapsul
sediaan cranberry kapsul (doc. pribadi)
Sediaan Prive Uri-Cran Plus berbentuk powder sachet
  • Komposisi: 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus achidopillus, 0.1 mg Bifidobacterium bifidium
  • Dosis: 1-2 sachet/hari
  • Isi per-box: 15 sachet/box
uricran sediaan powder sachet (credit web uricran)
Prive Uri-Cran tersedia di Guardian, Watson, Century, Vibva Health, Apotik Kimia Farma dan apotik lainnya di dekat kota, Moms. 

Untuk informasi lebih lengkap Moms bisa melayari

Web Uricran: http://uricran.co.id/
Facebook: http://www.facebook.com/priveuricran/
Instagram: http://www.instagram.com/uricran.id

 Moms, yuk kita ubah gaya hidup kita dengan gaya hidup sehat,  mencegah lebih baik daripada mengobati, kan?

May 26, 2018

Ini Dia 4 Trik Mudah Membuat Nastar yang Anti Gagal

May 26, 2018 8 Comments


Hai Mom, sudah mempersiapkan kue apa untuk lebaran? Upss .. puasa baru aja 10 malam pertama, sudah ribut kue lebaran. Gimana sih Mom? xixi 

Kenapa saya bertanya soalan ini? sebab kadang Mom tentu di dalam hati yang terdalam ingin dong membuat sendiri kue. Yah .. sekadar setoples atau dua toples gitu untuk orang-orang tercinta. Nah, agar membuat kue gak pake drama gagal, ini ada 4 trik dalam membuat kue nastar yang anti gagal.

Mom, semua orang tentu kenal dan juga menyukai kue kering bernama nastar, kan? karena memiliki cita rasa manis dan juga gurih. Kue kering satu ini sangat populer lebih-lebih di lebaran atau hari raya Idul Fitri yang dijamin setiap rumah akan menyediakannya di meja makan dan meja ruang tamu. Termasuk ke dalam kue kering klasik yang disukai oleh semua kalangan, sehingga banyak penjual kue yang menjajakannya di setiap Ramadhan.

Nastar, kue klasik yang enaknya everlasting (credit:selerasa.com)
Kue kering satu ini memiliki adonan yang sama persis dengan kue kering jenis lainnya hanya saja memiliki isian berupa selai nanas. Selai nanas inilah yang memberikan sensasi manis saat menggigitnya dan bercampur dengan rasa gurih dari keju di dalam adonan maupun sebagai taburanya. Beberapa ibu memilih membeli jadi di pasaran sehingga praktis tinggal disajikan saja kepada tamu. Namun beberapa ibu lainnya memilih membuatnya sendiri untuk bisa berhemat sekaligus memastikan kuenya sehat.

Trik Membuat Kue Kering Satu Ini

Bagi yang memilih membuatnya sendiri tentu perlu tahu trik sukses membuat kue kering ini, karena meski prosesnya simpel tetap saja banyak yang mengaku gagal. Trik berikut wajib Anda adopsi supaya tidak gagal lagi:

1.       1. Memakai selai nanas homemade,

Isian kue kering klasik ini adalah selai nanas dan menjadi kesalahan jika mempergunakan selai dalam kemasan yang dijual bebas di pasaran. Selai ini biasanya lebih banyak mengandung air dan gula sehingga terlalu manis dan encer. Supaya rasa kuenya nikmat baiknya meluangkan waktu membuat selai nanas sendiri, sehingga teksturnya pas begitupun dengan rasanya.

2       2. Mempergunakan gula halus,

Dalam pembuatan nastar yang enak dan sempurna Anda pun ternyata musti memperhatikan jenis gula yang dipakai. Disarankan untuk lebih memilih gula halus ketimbang gula pasir, karena meski sama-sama manis. Namun membuat adonan kue dengan gula pasir cenderung tidak larut dan tidak tercampur rata di dalam adonan. Maka ganti memakai gula halus supaya tercampur rata dan hasilnya lebih lembut.

3       3. Memakai mentega berkualitas,

Memakai bahan adonan kue yang berkualitas memang selalu menjadi kunci sukses membuat pastry, termasuk kue kering berisi selai nanas ini. meski tersedia di pasaran dan siap makan, namun kue buatan toko online bisa jadi lebih enak buatan tangan sendiri. Supaya semakin enak pastikan memakai mentega berkualitas, dan kombinasikan dengan margarin agar teksturnya lembut namun tetap renyah. Perbandingannya adalah margarin 1:1 jadi misalnya margarin 50gram maka menteganya pun 50gram.

4       4. Mengaduk adonan secukupnya saja,

Dalam pembuatan kue kering akan mampu menghasilkan kue yang renyah apabila adonan tidak diaduk secara berlebihan. Sewaktu membuat adonan usahakan untuk diaduk memakai spatula atau secara manual memakai pengocok telur. Bukannya memakai mixer, karena diaduk sebentar saja asal tercampur sudah pas dan kalau berlebihan nantinya malah bantet dan keras. Maka aduk sebentar saja dan kemudian langsung dicetak lalu dipanggang.

Kue kering berisi selai nanas ini memang terlihat simpel namun enak dan proses pembuatannya ternyata punya resiko gagal yang cukup tinggi. Selain isian yang terlalu banyak sehingga retak dan kurang memberi lapisan kuning telur sehingga tidak mengkilap. Bisa jadi kuenya akan keras dan tidak terasa nyaman ketika dikunyah maka perlu teliti saat membuat kue kering ini. 

Beberapa tips di atas insyaAllah membantu Mom membuat nastar yang anti gagal dan mengalahkan produk situs belanja online yang dikemas dengan cantik.

Jadi, sudah siap, kan, Mom membuat kue nastar? Jangan lupa bagikan pengalamannya kepada saya ya, dengan berkomentar di bawah ini. Salam hangat, sehangat kue nastar ^_^

May 22, 2018

(Review) Asyiknya Belanja Hemat di Tokopedia

May 22, 2018 7 Comments

Mom, hari ke-6 puasa masih semangat, kan? Samaaa .. alhamdulillah saya juga masih semangat dong. Entah kenapa, puasa Ramadhan tahun ini begitu cepat rasanya. Tahu-tahu sudah hari ke-6 aja ya. Mungkin seiring dengan kesibukan kita juga kali ya, jadi setiap hari itu rasanya cepat sekali. Entar tahu-tahu dah hampir lebaran aja ya, hihihi

Nah, ngomong-ngomong soal lebaran, biasanya Mom mempersiapkan apa saja untuk menyambut hari yang fitri? gak nyiapin apa-apa sebab mudik atau justru sibuk nyiapin ini itu sebab yang ketempatan? saya doakan semoga lancar yaa persiapannya, baik yang mau mudik atau pun yang menyambut tamu keluarga besar. Pastinya senang dong ya, bahagia lahir dan batin. 

Ya, momen lebaran ini, meskipun rempong tapi selalunya dinanti dan beneran bahagiaaa kalau sudah bertemu dengan keluarga. Tetangga yang gak pernah keluar rumah atau rumahnya selalu tertutup sebab sibuk banget, akhirnya ketemu dan bisa ngobrol. Keluarga jauh beda pulau, akhirnya ketemu dan saling temu kangen. Kakak dan adik setelah berkeluarga hidup berjauhan, akhirnya ngumpul rame-rame.  Precious moment banget.

Kalau saya, enggak mudik juga gak ketempatan, jadi saya hanya mempersiapkan untuk keluarga saja. Paling menyiapkan kue-kue request anak-anak. Abis shalat 'Id biasanya saya keliling ke tetangga dan ke rumah uwa (kakaknya mamah - orangtua saya dan orangtua suami sudah tiada) dan berkumpul di sana. Hari kedua kumpul adik kakak di rumah kakak yang paling tua.

Meski begitu, saya juga suka pengen beli sesuatu barang untuk mempercantik rumah. Untuk urusan beli beli, apalagi yang membutuhkan ketelitian (ceile) dan keindahan estetika, pasti saya pengen milih dong. Jadi saya mendingan nyari barang di toko online aja. Lagi hari biasa aja saya males ke pasar, apalagi puasa gini males buat pergi-pergi keluar rumah. Pasti kan nyari barang yang diinginkan dengan kualitas yang bagus dan harga miring butuh waktu lama. Biasanya saya bandingin harga dulu (maklum emak-emak hahaha yang paling murah, barang bagus itu yang dituju).

Jadi dari sekarang saya udah melirik-lirik pernak pernik buat menyambut tamu. Hmm ... setelah lirik sana lirik sini, pilihan saya tertuju ke halaman Tokopedia. Di Tokopedia lumayan lengkap segala macam kebutuhan emak-emak,  seperti toples kue, vas bunga cantik, gorden, taplak meja, piring dan gelas, keset, eehh .. pas lihat-lihat barang-barang itu, saya juga menemukan meja setrika yang cantik dan idaman emak-emak banget. Lihat deh, Mom, cantik kaannn ... ni gambar yang di bawah ini. Harganya emang lumayan, tapi emang barangnya bagus dan membantu emak enggak usah wara wiri nyimpen baju setrikaan.

meja setrikaan ini keren banget. mupeng ^_^ (credit: tokopedia)
Dibandingkan dengan harga toko sebelah, lebih hemat, lho. Apalagi sekarang ada promo cashback sampai dengan Rp100.000. Jadi kalau kita belanja Rp200.000 ada kembalian 7,5% sampai Rp100.000. Promo ini dari tanggal 21-23 Mei 2018. Asyik banget, kan! Emak-emak kayak saya jadi khilaf heuheu

credit: tokopedia
Saya juga jadi inget, kemarin itu dicolek sama mbak Wiwiek, bendahara FLP. Saya sebagai sekretaris FLP memang pernah bilang sama mbak Wiwiek pengen beli printer. Masa sih, sebuah organisasi yang sudah berdiri 21 tahun, gak punya asset hihihi iya, beneran FLP gak punya printer barang sebiji pun. Jadi pas kemarin ada tamu dari lembaga lain yang mau memberikan dana hibah kepada FLP, terus minta struktur oraganisasi FLP, kita gak bisa menuhin karena gak ada printer! 

Baca juga: About Me: It's Me

Jadilah saya colek mbak Bendahara dan kata mbak Bendahara. Silakan isi form dan sertakan beberapa opsi printer yang mau dibeli. Akhirnya saya carilah di tokopedia dan beberapa lapka lain sebagai perbandingan. Harganya emang lebih murah di Tokopedia. Karena saya bingung milih yang mana, akhirnya saya serahkan semuanya kepada Pak Sekjen. Biar jadi urusan beliau, kalau nunggu keputusan emak-emak enggak kelar-kelar heuheu galau kalau disuruh belanja hihihi Alhamdulillah urusan perprinteran sudah selesai, tinggal menunggu acc dari ketum.

Printer yang menurut saya pas buat sekretariat (credit: tokopedia)
Oiya, setelah saya berselancar di Tokopedia, ternyata Tokopedia kini sediakan layanan cek tagihan air

Selain itu pun ada Tokopedia tagihan listrik. Layanan ini sangat membantu sekali pengguna jasa online, jadi enggak usah kemana-mana lagi untuk membayar listrik dan air. Cukup klik Tokopedia saja lewat ponsel.

Dan canggihnnya sekarang, Tokopedia punya layanan TokoCash. Saya pernah menggunakan tokocash ini tapi produk lain. Tapi beneran deh, bagus banget layanan ini dan memudahkan kita dalam bertransaksi, apalagi pas tanggung bulan atau pas lupa bawa dompet atau pas buku tabungan nihil. Tokocash berguna banget.

TokoCash? TokoCash teh apaan sih? TokoCash itu adalah sistem dompet digital Tokopedia yang membuat belanja kita itu menjadi lebih mudah. Jadi kalau mau beli semua produk rumah tangga kek, atau produk elektonik, tiket dan pulsa bisa menggunakan TokoCash ini. Dengan TokoCash kita hanya tinggal top-up, nanti diaktivasi oleh Tokopedia. Belanja jadi tambah praktis. Saat dompet tongpes di akhir bulan, eh kan masih ada TokoCash. Gak jadi sedih deh hehehe

Untuk info TokoCash yang lebih detil lagi, bisa mengunjungi link ini ya, Mom, https://www.tokocash.com

Oiya, Mom, tanggal 25 Mei ada Flash Sale, Mom. Jadi tanggal ditanggal itu kita bisa belanja serba Rp25.000. Hayuk ah, kita lirik-lirik barang gebetan hihhi, Jangan sampai ketinggalan, ya, Mom!



Kalau sudah dapet barangnya, kabarin kita lagi dong dengan komen di postingan ini. Salam semangat selalu, Mom!

Anak Hebat dan Tanggap Lengkap Berawal dari Nutrisi yang Baik

May 22, 2018 91 Comments


Anak hebat tentu saja menjadi dambaan setiap orang tua. Apalagi jika anak hebat itu memiliki tanggap yang lengkap. Tanggap lengkap? Iya, tanggap atau merespons yang baik, baik itu tanggap intelektualnya, tanggap emosionalnya, dan tanggap sosialnya.

Tanggap yang lengkap ini merupakan parameter ciri-ciri anak hebat lho, Mom.

Pada saat ini, banyak orang tua yang keliru menanggapi kecerdasan anak. Orang tua pasti merasa bangga jika memiliki anak yang pintar, cerdas dan mudah tanggap intelektualnya. Padahal itu salah besar lho, Mom. Di zaman sekarang, anak-anak milenial itu kurang sekali unggah ungguh, sopan santun kepada orang tua, guru juga kepada sesama temannya. Mengapa bisa demikian, sementara ajaran di rumah tidak demikian? Banyak sebab yang menjadikan mereka demikian, misalnya sebab faktor lingkungan dan faktor stimulasi di dalam rumah yang berbeda dengan yang didapatkan dari luar.

Nah, bagaimana cara memiliki anak yang hebat dengan tanggap yang lengkap?

Menurut dr. Nur Aisiyah  Widjaja, Sp.A (K), beliau adalah konsultan nutrisi dan penyakit metabolik pada anak, untuk dapat memiliki anak yang hebat dan tanggap lengkap orang tua harus aware atau perhatian pada nutrisi otak yang diberikan kepada putra putri kita.

“Nutrisi itu penting untuk tumbuh kembang anak sejak dalam kandungan hingga usia 2 tahun. Masa emas anak itu membutuhkan nutrisi yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan anak dan perkembangan anak.” Demikian yang disampaikan oleh dr. Nur dalam acara Bebelac Buzzer dan Blogger Gathering beberapa waktu lalu di Jakarta.

Mom, zaman sekarang, tidak cukup hanya mengembangkan kecerdasan intelektual anak saja, tetapi juga harus lengkap dengan mengembangkan kecerdasan emosional dan sosial. Inilah yang disebut cerdas yang lengkap atau tanggap yang lengkap. Contoh kecerdasan emosional, misalnya anak dapat mengendalikan emosi negatif menjadi emosi positif meskipun dalam keadaan sedih.

Nutrisi yang baik tentu harus kita siapkan untuk anak-anak kita dan tentu saja orang tua harus senantiasa meng-update ilmu pengetahuan di seputar ini karena ilmu pengetahuan itu penting untuk bekal membesarkan anak-anak kita hingga mereka menjadi generasi yang hebat.

Sejak kapan proses Anak hebat dengan tanggap lengkap ini dimulai?

Proses pertumbuhan itu bertahap dan tidak instan. Dan yang perlu diperhatikan, pertumbuhan itu bukan dihitung sejak bayi lahir, tetapi pertumbuhan itu justru dimulai sejak janin di dalam kandungan.

Mom harus bisa membedakan, arti pertumbuhan dan perkembangan.

perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan (credit.google)



Pertumbuhan artinya bertambah besar atau volumenya bertambah. Penambahan ini mencakup semua, seperti sel otak, organ-organ tubuh dan sel-sel otot. Nantinya, dari sel otak yang tumbuh tadi akan mendukung perkembangan yang baik.

Pertumbuhan itu dimulai sejak janin di dalam kandungan. Oleh karena itu, memberikan nutrisi yang baik di masa-masa awal ini penting sekali untuk pertumbuhan janin hingga ia lahir dan berkembang hingga usia 2  tahun.

Mom, setiap tahap pertumbuhan dan perkembangan anak adalah spesifik dan berbeda.Untuk mencapai optimalisasi pertumbuhan dan perkembangan anak, maka pemenuhan nutrisi yang seimbang harus dipenuhi mulai tahun pertama kehidupannya (1000 hari pertama kehidupan anak) dimulai di dalam kandungan.

Apa yang harus diperhatikan dalam mendukung perkembangan otak si kecil agar tumbuh dan berkembang optimal?

Baca juga: Rahasia anak hebat yang memiliki tanggap yang lengkap

Secara keseluruhan proses pertumbuhan dan perkembangan itu dipengaruhi oleh nutrisi, stimulasi dan genetik.

Genetik bermaksud bahwa pertumbuhan dan perkembangan anak dipengaruhi genetik dari kedua orang tuanya. Tetapi faktor genetik ini tidak banyak, sekitar 20% saja. Jadi tidak selalu benar jika ada anak yang pendek sebab kedua orang tua, ibu ayahnya berbadan pendek. Ada factor lain yang membuat anak menjadi pendek atau stunting, yaitu nutrisi yang tidak terpenuhi atau gizi buruk.

DI Indonesia, kasus orang pendek ini termasuk yang banyak dan nomor 5 di dunia. Agar kasus orang pendek atau stunting tidak terjadi lagi, maka kita sebagai orang tua harus memperhatikan asupan nutrisi bagi anak. Karena nutrisi ini penting untuk tumbuh dan kembang anak agar optimal.

Optimalisasi fungsi otak dapat dilakukan dengan memberikan kebutuhan keseimbangan energi berupa bahan makanan yang mengandung Makro Nutrien dan Mikrobiota Usus.

Usus mengapa bisa memengaruhi kecerdasan otak?

Tahukah Mom, bahwa di  dalam saluran pencernaan kita itu ada kuman baik dan kuman jahat. Jika kuman baik itu banyak dan berfungsi optimal, ini akan memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak. Selain itu juga akan memengaruhi fungsi emosional. Jika usus sehat, maka dampaknya akan berpengaruh pada fungsi otak akan menjadi normal. Otak itu kan berfungsi menggerakan semua fungsi organ tubuh ya mom, oleh karena itu harus senantiasa dijaga banget dari kerusakan.

Nah, kembali lagi kepada nutrisi, nutrisi penting yang bagaimana yang mendukung optimalisasi otak anak?

contoh sumber nutrisi otak (credit hallosehat.com)
Nutrisi yang kita makan sehari-hari ada yang dua, zat gizi makro dan zat gizi mikro.

Zat Gizi Makro terdiri dari Protein, karbohidrat dan lemak.Zat gizi makro ini yang berfungsi menghasilkan energi dan menghasilkan sel-sel tubuh.

Mom, bahan makan karbo itu tidak melulu nasi lho, kita bisa mendapatkannya dari roti, kentang, pasta dan lain-lain.

Protein yang paling baik itu protein dari hewani, seperti daging sapi, daging ayam, ikan, telur dan lain-lain.Lemak bisa didapatkan dari mentega, minyak, dan santan.

Zat Gizi Mikro   terdapat dalam Vitamin A, D, E, K, B, C dan mineral seprti Na, K, Cl, Ca, Fe, Zn, Mg dan lain-lain.

Bagaimana dengan sayur dan buah?

sayur dan buah segar (credit hellosehat.com)
Sayur dan buah diperkenalkan saat berusia 0-2 tahun dengan porsi yang sedikit. Karena sayur dan buah tidak ada protein, karbo dan lemak, ada karbo mungkin hanya sedikit dan karbonya juga jenis yang lain, bukan sumber tenaga. Perkenalkan sayur dan buah, tapi bukan menjadi pengganti zat gizi yang utama.

Zat gizi mikro juga bisa didapatkan dari sumber bahan makanan hewani, seperti daging sapi. Daging sapi mengandung vitamin A yang mudah diserap tubuh. Selain daging sapi, sumber vitamin A terdapat dalam daging yang berwarna merah karena mengandung retinoid acid yang bagus untuk pertumbuhan tubuh.

Apa yang terjadi pada anak jika nutrisi tidak tercukupi?

Ada dua dampak, dampak jangka pendek dan dampak jangka panjang.

Dampak jangka pendek:

Pertumbuhan sel-sel otak yang tidak baik akan berpengaruh pada perkembangan otak. Oleh karena itu kita harus menjaga sekali, tumbuh dulu baru berkembang. Jika ingin perkembangan anak bagus, maka yang harus dilakukan pertama kali adalah menjaga pertumbuhan anak yang bagus.
Dampak jangka pendek pada gangguan pertumbuhan:
Pada masa di dalam kandungan tidak terpenuhi sumber nutrisi yang baik makan bayi akan lahir BB lahir kurang dari 2,5 kg.

dampak gangguan gizi pada anak
Dampak Jangka panjangnya:

1. Stunting (anak bertumbuh pendek)

Target tinggi badan harus tercapai di usia 0-2 tahun.
Usia satu tahun: tumbuh optimal anak akan tumbuh sekira 25 cm
Usia dua tahun: tumbuh 12,5 cm
Usia di atas 2 tahun: 8 cm
Usia 3-4 tahun ke atas: tumbuh 4 cm

2. Gangguan fungsi kognisi

Hal ini akan menggangu dalam pencapaian cita-cita anak kelak.
Kasihan kan Mom kalau anak kita cita-citanya tidak tercapai jika asupan nutrisi di masa kecilnya tidak terpenuhi dengan baik. Banyak anak gagal mungkin itu ya, berawal dari nutris atau gizi buruk.

O, iya Mom, ada mitos bahwa sunat memengaruhi tinggi badan anak, enggaklah Mom. Tinggi badan anak laki-laki itu dipengaruhi proses hormonal. Biasanya setelah dia mencapai usia baligh, tubuh anak laki-laki akan melesat tinggi. Nah, yang bener adalah tinggi badan anak juga dipengaruhi oleh hormon. Penting juga memerhatikan makanan untuk hormon anak agar tumbuh dan berkembangnya optimal.

Nutrisi berperan penting dalam proses tumbuh kembang anak

Jadi kembali lagi, bahwa faktor pemenuhan nutrisi yang baik itu amat sangat PENTING.

Dari sejak kapan? Dari sejak usia dari dalam kandungan hingga 2 tahun (1000 hari pertama kehidupan anak). Jika itu tidak terpenuhi maka akan berdampak pada gangguan kecerdasan.

Nah, Mom, untuk memiliki anak yang hebat dan tanggap yang lengkap itu dengan pemenuhan nutrisi yang baik juga stimulasi yang terus menerus dari ibu dan ayah. Insya Allah anak yang hebat dan lengkap tanggap itu akan menjadi milik anak-anak kita.

saya dan si kecil, Saki, tumbuh dengan sehat ya, Nak ^_^
Untuk menunjang aktivitas anak, saya sih memilih memberikan Bebelac karena kandungan nutrisinya sudah lengkap. Di dalamnya sudah mengandung Omega 3 & 6 sebagai nutrisi otak anak. Selain itu juga mengandung minyak ikan, FOS:GOS 1:9, dan diperkaya dengan 13 vitamin serta 9 mineral yang dibutuhkan anak-anak di usia emasnya.

Bagaimana dengan pilihan Mom untuk anak-anak? Semoga anak-anak tumbuh hebat dan Tanggap yang lengkap!

Salam sayang untuk semua anak Indonesia ^_^

Follow Us @tutiarien