May 22, 2018

# Anak Hebat # Bebelac Tanggap Lengkap

Anak Hebat dan Tanggap Lengkap Berawal dari Nutrisi yang Baik



Anak hebat tentu saja menjadi dambaan setiap orang tua. Apalagi jika anak hebat itu memiliki tanggap yang lengkap. Tanggap lengkap? Iya, tanggap atau merespons yang baik, baik itu tanggap intelektualnya, tanggap emosionalnya, dan tanggap sosialnya.

Tanggap yang lengkap ini merupakan parameter ciri-ciri anak hebat lho, Mom.

Pada saat ini, banyak orang tua yang keliru menanggapi kecerdasan anak. Orang tua pasti merasa bangga jika memiliki anak yang pintar, cerdas dan mudah tanggap intelektualnya. Padahal itu salah besar lho, Mom. Di zaman sekarang, anak-anak milenial itu kurang sekali unggah ungguh, sopan santun kepada orang tua, guru juga kepada sesama temannya. Mengapa bisa demikian, sementara ajaran di rumah tidak demikian? Banyak sebab yang menjadikan mereka demikian, misalnya sebab faktor lingkungan dan faktor stimulasi di dalam rumah yang berbeda dengan yang didapatkan dari luar.

Nah, bagaimana cara memiliki anak yang hebat dengan tanggap yang lengkap?

Menurut dr. Nur Aisiyah  Widjaja, Sp.A (K), beliau adalah konsultan nutrisi dan penyakit metabolik pada anak, untuk dapat memiliki anak yang hebat dan tanggap lengkap orang tua harus aware atau perhatian pada nutrisi otak yang diberikan kepada putra putri kita.

“Nutrisi itu penting untuk tumbuh kembang anak sejak dalam kandungan hingga usia 2 tahun. Masa emas anak itu membutuhkan nutrisi yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan anak dan perkembangan anak.” Demikian yang disampaikan oleh dr. Nur dalam acara Bebelac Buzzer dan Blogger Gathering beberapa waktu lalu di Jakarta.

Mom, zaman sekarang, tidak cukup hanya mengembangkan kecerdasan intelektual anak saja, tetapi juga harus lengkap dengan mengembangkan kecerdasan emosional dan sosial. Inilah yang disebut cerdas yang lengkap atau tanggap yang lengkap. Contoh kecerdasan emosional, misalnya anak dapat mengendalikan emosi negatif menjadi emosi positif meskipun dalam keadaan sedih.

Nutrisi yang baik tentu harus kita siapkan untuk anak-anak kita dan tentu saja orang tua harus senantiasa meng-update ilmu pengetahuan di seputar ini karena ilmu pengetahuan itu penting untuk bekal membesarkan anak-anak kita hingga mereka menjadi generasi yang hebat.

Sejak kapan proses Anak hebat dengan tanggap lengkap ini dimulai?

Proses pertumbuhan itu bertahap dan tidak instan. Dan yang perlu diperhatikan, pertumbuhan itu bukan dihitung sejak bayi lahir, tetapi pertumbuhan itu justru dimulai sejak janin di dalam kandungan.

Mom harus bisa membedakan, arti pertumbuhan dan perkembangan.

perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan (credit.google)



Pertumbuhan artinya bertambah besar atau volumenya bertambah. Penambahan ini mencakup semua, seperti sel otak, organ-organ tubuh dan sel-sel otot. Nantinya, dari sel otak yang tumbuh tadi akan mendukung perkembangan yang baik.

Pertumbuhan itu dimulai sejak janin di dalam kandungan. Oleh karena itu, memberikan nutrisi yang baik di masa-masa awal ini penting sekali untuk pertumbuhan janin hingga ia lahir dan berkembang hingga usia 2  tahun.

Mom, setiap tahap pertumbuhan dan perkembangan anak adalah spesifik dan berbeda.Untuk mencapai optimalisasi pertumbuhan dan perkembangan anak, maka pemenuhan nutrisi yang seimbang harus dipenuhi mulai tahun pertama kehidupannya (1000 hari pertama kehidupan anak) dimulai di dalam kandungan.

Apa yang harus diperhatikan dalam mendukung perkembangan otak si kecil agar tumbuh dan berkembang optimal?

Baca juga: Rahasia anak hebat yang memiliki tanggap yang lengkap

Secara keseluruhan proses pertumbuhan dan perkembangan itu dipengaruhi oleh nutrisi, stimulasi dan genetik.

Genetik bermaksud bahwa pertumbuhan dan perkembangan anak dipengaruhi genetik dari kedua orang tuanya. Tetapi faktor genetik ini tidak banyak, sekitar 20% saja. Jadi tidak selalu benar jika ada anak yang pendek sebab kedua orang tua, ibu ayahnya berbadan pendek. Ada factor lain yang membuat anak menjadi pendek atau stunting, yaitu nutrisi yang tidak terpenuhi atau gizi buruk.

DI Indonesia, kasus orang pendek ini termasuk yang banyak dan nomor 5 di dunia. Agar kasus orang pendek atau stunting tidak terjadi lagi, maka kita sebagai orang tua harus memperhatikan asupan nutrisi bagi anak. Karena nutrisi ini penting untuk tumbuh dan kembang anak agar optimal.

Optimalisasi fungsi otak dapat dilakukan dengan memberikan kebutuhan keseimbangan energi berupa bahan makanan yang mengandung Makro Nutrien dan Mikrobiota Usus.

Usus mengapa bisa memengaruhi kecerdasan otak?

Tahukah Mom, bahwa di  dalam saluran pencernaan kita itu ada kuman baik dan kuman jahat. Jika kuman baik itu banyak dan berfungsi optimal, ini akan memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak. Selain itu juga akan memengaruhi fungsi emosional. Jika usus sehat, maka dampaknya akan berpengaruh pada fungsi otak akan menjadi normal. Otak itu kan berfungsi menggerakan semua fungsi organ tubuh ya mom, oleh karena itu harus senantiasa dijaga banget dari kerusakan.

Nah, kembali lagi kepada nutrisi, nutrisi penting yang bagaimana yang mendukung optimalisasi otak anak?

contoh sumber nutrisi otak (credit hallosehat.com)
Nutrisi yang kita makan sehari-hari ada yang dua, zat gizi makro dan zat gizi mikro.

Zat Gizi Makro terdiri dari Protein, karbohidrat dan lemak.Zat gizi makro ini yang berfungsi menghasilkan energi dan menghasilkan sel-sel tubuh.

Mom, bahan makan karbo itu tidak melulu nasi lho, kita bisa mendapatkannya dari roti, kentang, pasta dan lain-lain.

Protein yang paling baik itu protein dari hewani, seperti daging sapi, daging ayam, ikan, telur dan lain-lain.Lemak bisa didapatkan dari mentega, minyak, dan santan.

Zat Gizi Mikro   terdapat dalam Vitamin A, D, E, K, B, C dan mineral seprti Na, K, Cl, Ca, Fe, Zn, Mg dan lain-lain.

Bagaimana dengan sayur dan buah?

sayur dan buah segar (credit hellosehat.com)
Sayur dan buah diperkenalkan saat berusia 0-2 tahun dengan porsi yang sedikit. Karena sayur dan buah tidak ada protein, karbo dan lemak, ada karbo mungkin hanya sedikit dan karbonya juga jenis yang lain, bukan sumber tenaga. Perkenalkan sayur dan buah, tapi bukan menjadi pengganti zat gizi yang utama.

Zat gizi mikro juga bisa didapatkan dari sumber bahan makanan hewani, seperti daging sapi. Daging sapi mengandung vitamin A yang mudah diserap tubuh. Selain daging sapi, sumber vitamin A terdapat dalam daging yang berwarna merah karena mengandung retinoid acid yang bagus untuk pertumbuhan tubuh.

Apa yang terjadi pada anak jika nutrisi tidak tercukupi?

Ada dua dampak, dampak jangka pendek dan dampak jangka panjang.

Dampak jangka pendek:

Pertumbuhan sel-sel otak yang tidak baik akan berpengaruh pada perkembangan otak. Oleh karena itu kita harus menjaga sekali, tumbuh dulu baru berkembang. Jika ingin perkembangan anak bagus, maka yang harus dilakukan pertama kali adalah menjaga pertumbuhan anak yang bagus.
Dampak jangka pendek pada gangguan pertumbuhan:
Pada masa di dalam kandungan tidak terpenuhi sumber nutrisi yang baik makan bayi akan lahir BB lahir kurang dari 2,5 kg.

dampak gangguan gizi pada anak
Dampak Jangka panjangnya:

1. Stunting (anak bertumbuh pendek)

Target tinggi badan harus tercapai di usia 0-2 tahun.
Usia satu tahun: tumbuh optimal anak akan tumbuh sekira 25 cm
Usia dua tahun: tumbuh 12,5 cm
Usia di atas 2 tahun: 8 cm
Usia 3-4 tahun ke atas: tumbuh 4 cm

2. Gangguan fungsi kognisi

Hal ini akan menggangu dalam pencapaian cita-cita anak kelak.
Kasihan kan Mom kalau anak kita cita-citanya tidak tercapai jika asupan nutrisi di masa kecilnya tidak terpenuhi dengan baik. Banyak anak gagal mungkin itu ya, berawal dari nutris atau gizi buruk.

O, iya Mom, ada mitos bahwa sunat memengaruhi tinggi badan anak, enggaklah Mom. Tinggi badan anak laki-laki itu dipengaruhi proses hormonal. Biasanya setelah dia mencapai usia baligh, tubuh anak laki-laki akan melesat tinggi. Nah, yang bener adalah tinggi badan anak juga dipengaruhi oleh hormon. Penting juga memerhatikan makanan untuk hormon anak agar tumbuh dan berkembangnya optimal.

Nutrisi berperan penting dalam proses tumbuh kembang anak

Jadi kembali lagi, bahwa faktor pemenuhan nutrisi yang baik itu amat sangat PENTING.

Dari sejak kapan? Dari sejak usia dari dalam kandungan hingga 2 tahun (1000 hari pertama kehidupan anak). Jika itu tidak terpenuhi maka akan berdampak pada gangguan kecerdasan.

Nah, Mom, untuk memiliki anak yang hebat dan tanggap yang lengkap itu dengan pemenuhan nutrisi yang baik juga stimulasi yang terus menerus dari ibu dan ayah. Insya Allah anak yang hebat dan lengkap tanggap itu akan menjadi milik anak-anak kita.

saya dan si kecil, Saki, tumbuh dengan sehat ya, Nak ^_^
Untuk menunjang aktivitas anak, saya sih memilih memberikan Bebelac karena kandungan nutrisinya sudah lengkap. Di dalamnya sudah mengandung Omega 3 & 6 sebagai nutrisi otak anak. Selain itu juga mengandung minyak ikan, FOS:GOS 1:9, dan diperkaya dengan 13 vitamin serta 9 mineral yang dibutuhkan anak-anak di usia emasnya.

Bagaimana dengan pilihan Mom untuk anak-anak? Semoga anak-anak tumbuh hebat dan Tanggap yang lengkap!

Salam sayang untuk semua anak Indonesia ^_^

91 comments:

  1. Oh, jadi kalau bayi terlahir dengan berat badan rendah juga tandanya kurang nutrisi ya mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Kurang nutrisi saat di dalam kandungan. Hmm banyak faktor sih. Tapi mrnurut bu dokter demikian.

      Delete
  2. Zaman sekarang cerdas dan pintar memang tak cukup, anak-anak memang harus memiliki tanggap yang lengkap tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak. Agar anak anak bs berkrmbang sesuai zamannya dan bisa besosialisasi dgn baik

      Delete
  3. Pemberian nutrisi memang penting banget za moms, terutama buat anak-anak di masa pertumbuhan

    ReplyDelete
  4. Ternyata nutrisi utk anak itu harus dari 1000 hari pertama kelahiran ya. Jadi dihitung dr dalam kandungan hingga usia 3th.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai usia 2 tahun mbak. Jadi dari dalam kandungan sudah benar benar dijaga kecukupan nutrisinya agar lahir cukup bulan. Cukup berat badannya. Agar menunjang kesehatan dan kecerdasan saat dia lahir ke dunia dan tumbuh dgn normal

      Delete
  5. Memang usus itu pengaruhnya besar ke otak dan hati. Kalau kurang makanan yang masuk ke usus, pasti pusing, tidak bisa konsentrasi dan emosi, hehehe

    ReplyDelete
  6. duh PR banget nih jadi mama harus smart dan bijak pilih makanan untuk anak ya ummi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak. Jadi ibu kudu smart dalam segala bidang. Bidang masak. Keuangan. Perumahan dll hihi

      Delete
  7. Emang nutrisi buat anak tu mesti diperhatikan banget ya mbak, supaya anak2 bisa tumbuh optimal tfs

    ReplyDelete
  8. Untung tinggi badan bukan ditentukan dari sunatnya. Anak2ku blm tinggi setelah disunat.

    ReplyDelete
  9. nutrisi yang baik dengan pemenuhan gizi mikro makro akan dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak ya kak? ini pondasi yang nggak bisa ditawar-tawar ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mbak. Dimulai dari 1000 hari pertamanya dalam.kandungan sampai usia 2 tahun. Ini momen yg ga boleh dilewati begitu aja. Karena pas golden age si kecil

      Delete
  10. Damoak jangka panjang dari kurang nutrisi ternyata ngaruh banget ya ke perkembangan otak.. Harus makin perhatian sama apa yang dikonsumsi anak-anak, nih.. Zat gizi makro dan mikronya mesti tercukupi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bubu dita. Harus beneran diperhatikan

      Delete
  11. Setuju mbak..pertumbuhan anak dimulai dari sejak dalam kandungan. Oleh seba itu kita harus memperhatikan asupan gizi seimbangnya sejak dini.

    ReplyDelete
  12. Kyaaa itu bajunya bikin salah fokus kenapa lucu banget ala ala lebah :D

    1000 hari pertama anak kecil ini sama dengan istilah golden age itu bukan ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Dulu kan golden age diitung dr lahir sampai 3 THN.skrg dari kandungan hingga 2 thn mbak

      Delete
  13. Makin tau, kalau anak harus diperhatikan asupan yang berkualitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.bekal ntar buat ngasih cucu hehehe

      Delete
  14. Nutrisi ini PR para ibu ya, berawal dari dapur dan pemahaman ibu,luarbiasa

    ReplyDelete
  15. Anak emg kalau happy tummy yg lain jg bakal all happy yaa.. Anak ak jg gt. Emg penting bgt y nutrisi buat si kecil ini. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.anak jadi ga gampang sakit dan cerdas

      Delete
  16. Ternyata Indonesia masuk dalam urutan ke-5 negara dengan jumlah kasus stunting tertinggi yah di dunia...baru tahu aku mbak infonya

    ReplyDelete
  17. Penting sekali nih, pemberian nutrisi yang tepat agar anak-anak tumbuh kembangnya optimal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak.makanya skrg sedang kenceng banget kampanye nya

      Delete
  18. anak anak jaman sekarang pada pinter, cepat tanggap, mungkin nutrisinya terpenuhi karena bebelac ya mak, ahh buat si kecil wajib nih biar optimal pertumbuhannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari pemakanan dan minumannya mbak.kalau berkhasiat insyaallah akan baik untuk tubuhnya

      Delete
  19. Aduh gemes amat itu pakai bajunya... Menjadi seorang ibu itu memang harus pinter nih buat memenuhi nutrisi keluarga, apalagi anak.

    ReplyDelete
  20. Ya ampun unyu banget kamu dek kostumnya :-D
    sehat terus dengan Bebelac ya dek

    ReplyDelete
  21. Wow..Bebelac mengandung omega 3 dan 6 ya bagus untuk tumbuh kembang anak supaya anak verdas dan tanggap sejak dini.

    ReplyDelete
  22. Selain persiapan mental dan fisik Ibu hamil juga dibutuhkan nutrisi yang baik ya mba, agar menghasilkan anak generasi maju yang cepat tanggap

    ReplyDelete
  23. Ternyata mengatur emosional termasuk kecerdasan ya. Setuju sih ada baiknya segala aspek kecerdasan saling mendukung, bukan cuma kecerdasan akademik ya

    ReplyDelete
  24. Semakin sering baca blogpost tentang parenting, semakin banyak pengetahuan tentang ini nih. Kan bisa jadi bekal untuk aku ketika menjadi ibu nanti.. Thanks sharingnya mbak :)

    ReplyDelete
  25. Untuk pertumbuhan anak dilengkapi dengan nutrisi yg seimbang ya mbak? Wahh nambah ilmu lg nihh buat aku ..

    ReplyDelete
  26. Wah, jadi makin tahu nih tentang tumbuh kembang anak. Ternyata anak yg tanggapnya lengkap itu dipengaruhi juga oleh asupan nutrisinya ya, di samping stimulasi yg tepat dari orang tua dan lingkungannya.

    ReplyDelete
  27. Nutrisi yang baik tentu harus kita siapkan untuk anak-anak dan orang tua yang mengandung. Anak adalah penerus kita yang harus di beri yang terbaik.

    ReplyDelete
  28. Banyak yg beralih ke susu bebelac baru. Semoga membantu anak kita menjadi anak yg soleh solehah. Amin...

    ReplyDelete
  29. Aku jadi belajar lagi nih soal pemenuhan nutrisi anak, masih banyak peernya

    ReplyDelete
  30. si imut yang gemesin ummi ini emang nyenengin kalau ketemu selalu pengen ajak main

    ReplyDelete
  31. Waah, aku kayaknya masih PR banget buat ngasah kecerdasan emosional anak pertamaku. Anaknya gampang banget tantrum, huhu

    ReplyDelete
  32. Zat gizi makro dan mikro penting banget buat asupan nutrisi anak, karena dua2nya berperan penting yaks.

    ReplyDelete
  33. Waduh, jangan sampai yah nutrisi anak tidak tercukupi. Karena itu kan bagian dari hak anak

    ReplyDelete
  34. 1000 hari pertama bayi tuh penting. Segala nutrisi dan vitamin dibutuhkan oleh tubuh,hadus tersedia

    ReplyDelete
  35. Tanggap yang lengkap artinya harus ke cover dari semua sisi ya Mam? Ya gizi, ya kasih sayang, ya fisik, terima kasih banyak sharingnya :)

    ReplyDelete
  36. Aku masih PR banget emang ke anak untuk kecerdasan emosional dan sosial nya. Sosial seh masih ok, emosionalnya ini yang naik turun, duh >.<

    ReplyDelete
  37. Saya pribadi sih belum pernah cobain susu bebelac ini ke si kecil. Tapi kemarin pas ke minimarket dekat rumah emang udah lihat. Sepertinya kandungan gizinya lengkap banget yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Cobain aja mbak. Siapa tau si kecil suka

      Delete
  38. nutrisi penting emang buat pertumbuhan anak... kalo anak susah makan sayur kudu dibantu dengan susu.. kayak anak anak saya nih,.. karena gak terlalu suka sayur ya udah deh rutin minum susu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Jadi ibu kudu smart. Tau kapan pemberian susu harus diberikan.

      Delete
  39. Zaman sekarang, kecerdasan anak juga harus lengkap ya, Mbak. Pintar akademis aja gal cukup. Gizi memegang peranan penting. Semoga banyak orang tua yang menyadari hal ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak. Banyak orang sukses yang ternyata gagal dalam sosialisasi dan mengelola emosinya. Karena stimulasinya tak imbang. Juga dgn nutrisinya.

      Delete
  40. Anak sehat cerdas dambaan bunda dan ayahda. Pengenalan sayuran dan buah terhadap sang anak bisa menghindari dari sang anak pilih pilih makanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak. Sebab sayur dan buah hanya dikenalkan agar dia tetbiasa makan makanan denganngizi seimbang

      Delete
  41. Penting sekali ya mbak memberikan anak gizi yang cukup. Khususnya saat masih berada dalam kandungan sampai usia 2 tahun.. lengkap sekali informasinya mbak.. jadi nambah pengetahuan dalam membesarkan anak. Salam kenal ya mbak 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Alhamdulillah saya bisa hadir dan mencatatnya. Jadi pengingat saya juga untuk terus sadar akan kewajiban pada anak

      Delete
  42. Jadi seorang ibu nggak mudah ya, harus belajar terus tentang ini itu. Thanks Mbak sharingnya, jadi nambah ilmu lagi nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak. Sharing yang begini yang membuat kitabjadi terus memperbaiki diri dalam hal pola pengasuhan dan pemberian makanan juga stimulasi bagi anak

      Delete
  43. Makanan bergizi seimbang emang sangat diperlukan untuk tumbuh kembang si kecil ya mom. Tapi apa daya sy suka khilaf & gak telaten bikininnya 😅😅 abisnya, suka ribet sendiri sama duo krucil, kadang si sulung ini makannya rewel, kadang jg lahap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Kondisi kita sama. No body perfect. Begitu juga dengan emak emak.

      Delete
  44. memang kita harus pastikan nutrisi otak anak-anak yang terbaik ya mbaaa

    ReplyDelete
  45. Belajar ilmu parenting yang sangat luas itu bahwa jaman sekarsng sudsh bukan lagi 4 sehat 5 sempurna. Justru kita masuk pada fase piramida nutrisi dgn gizi seimbang. Proporsi karbohidrat. Protein. Buah dan sayur saja juga belum cukup di imbangi dengan susu dan stimulasi agar tahapan tumbuh kembang nya berfungsi optimal dan maksimal di usia 0 - 5 Tahun. Semoga sehat selalu anda sekeluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak ophi. Ini harus terus dikampanyekan. Agar semua keluarha mengetahuinya

      Delete
  46. Seribu hari pertama pertumbuhan emang penting banget buat anak aank kita ya, sayangnya sering miss soal nutrisi mereka. Kegagalan saya dalam soal nutrisi berimbas sama Abhirama yang gak doyan ini dan itu. Makanya susu jadi penyelamat banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.insyaAllah pengalaman masa lalu jadi lecutan untuk lebih baik ya

      Delete
  47. Ya ampun jadi mama PR nya banyak sekali ya, belajarnya seumur hidup. Capek tapi selalu menyenangkan kalo udah lihat anak kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. InsyaAllah kerasa nanti ketika mereka besar dan.membanggakan

      Delete
  48. Makanya ada posyandu untuk memantau tumbuh kembang anak. Jangan sampai para balita mengalami stunting deh. Efek jangka panjangnya sangat merugikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak. Tapi pos yandu deket rumah kagak ada nih.

      Delete
  49. Waaaah aku baru tau banyak banget parameter untuk anak yang tanggal ya kak. Anak aku termasuk yang agak susah makan hanya mau minum susu, tapi aku jadi kepikiran untuk ganti susunya dengan kebih baik. Makasih kak pembahasanya.

    ReplyDelete
  50. You are what you eat. Apa yang kita makan berpengaruh pada kecukupan nutrisi otak. Otomatis berefek ke aktivitas sehari-hari

    ReplyDelete
  51. Bayiku termasuk yang BB-nya rendah nih, jadi galau tiap periksa ke dokter. Cuma alhamdulillah dia aktif dan ga ada keluhan apapun. Kata Mama aku kecilnya dulu juga gitu, ga gemuk-gemuk amat. Apalagi ayahnya pun ga ada riwayat gendut jadi ga heran juga sih. Tapi baca ini aku jadi pengen checkup si bayi lebih lanjut deh mba.. Khawatirnya stunting huhu thanks for share yaa

    ReplyDelete
  52. anak saya tubuhnya mungil seperti saya
    tapi kemampuannya jauh di atas anak seusianya
    meski mungil ia berani dan punya fisik kuat
    melakukan aktifitas fisik yang anak seusianya belum mampu
    seperti berenang
    berlari, melompat, bergelantungan dll

    ReplyDelete
  53. Usus ternyata ngaruh donk ke otak, aku sungguh baru paham. noted nih food fir brainnya.

    ReplyDelete
  54. Yesss, Saki tumbuh sehat selalu dan penuh empati ya kelak

    ReplyDelete
  55. Sebagai orangtua pasti menginginkan yang terbaik buat anaknya, tak terkecuali pemenuhan nutrisi mereka. Karena itu juga menjadi haknya anak2 ya Mba untuk mendapatkan yang terbaik.

    ReplyDelete
  56. Gemas sekali Saki.
    Terus tumbuh jadi anak yang sehat ya :)

    ReplyDelete
  57. memang sebagai ibu harus memperhatikan nutrisi anak ya mbak... kalau dampak jangka pendek sih gampang kita menyadarinya, nah dampak jangka panjang ini yang bikin menyesal banget...

    ReplyDelete
  58. Ngeriiii dampaknya ya kalau kekurangan nutrisi, info penting buat para orang tua nih. Thanks for share mba :)

    ReplyDelete
  59. Duuuh jadi kuatir jangan-jangan anak-anakku mengalami Stunting ya soalnya kenaikan berat badan dan tingginya nggak signifikan. Hiks. Solusinya apa ya mbak selain memberikan nutrisi tambahan seperti susu ke anak? Kira-kira masih bisa diatasi nggak yaa? Huhuhuhu

    ReplyDelete
  60. Nutrisi otak untuk kecerdasan anak memang penting sekali ya mba.

    ReplyDelete

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien

Follow Us @tutiarien