May 19, 2018

# Cara Asyik Si Kecil Makan Buah # kesehatan

Milna Nature Delight; Cara Asyik Si Kecil Makan Buah


Hai Mom, apa kabar? Saya ingin berbagi pengalaman saya dalam mengenalkan buah dan sayuran kepada anak saya, Saki.

Sebagai ibu saya ingin selalu memberikan yang terbaik untuk anak-anak saya. Baik itu, tempat tinggal yang layak, pakaian, tempat bermain yang nyaman dan juga makanan tambahan yang memenuhi nutrisinya agar ia tumbuh dan berkembang secara optimal. Saki, Putri saya yang saat ini berusia 15 bulan. Alhamdulillah dia tumbuh dengan sehat dan berkembang sesuai usianya. 

Sejak usia 6 bulan, Saki sudah mulai saya perkenalkan dengan makanan pendamping ASI. Dari mulai bahan makanan sumber karbohidrat, protein hewani dan nabati, lemak, sayuran dan buah-buahan. Saya mengenalkan makanan tambahan ini dengan cara bertahap.

Mom mungkin juga pernah mengalami masa-masa sulit dalam memberikan MPASI. Saat memberikan makanan tambahan ini merupakan salah satu ujian kesabaran bagi saya. Sebab adakalanya Saki menolak makanan yang saya berikan. Selain itu saya pun harus berhati hati dalam memberikan makanan tambahan baginya, sebab Saki, seperti anak anak saya yang lain.mengidap alergi protein hewani.

Beruntung Saki suka makan buah dan sayuran. Saki suka sekali makan buah pisang, pepaya dan jeruk. Sayuran yang dia sukai adalah wortel, brokoli dan sayuran hijau. Tapi kadang juga dia GTM, yah .. pada kenyataannya anak tetaplah anak anak, bukan orang dewasa berbentuk mini. Segigih apapun orang tua mengenalkan sayuran buah mereka adakalanya menolak buah atau sayuran yang kita sajikan.

Kadang saya menyerah, sudah cukup kali ah, makan buah dan sayur yang itu itu aja. yang penting cukup sayuran dan buah.

Jangan menyerah Mom. Sebab sekarang sudah ada solusinya.

Sejak saya mengenal Milna Nature Delight, Saki lebih asyik lagi makan buahnya. Tuh lihat saja cara dia makan buah, asyik yaa dan pastinya lebih praktis!
Saki asyikkk banget makan buah. Milna Nature Delight puree buah lezat kesukaan Saki ^_^

Kala saya mengajak Saki pergi keluar dalam jangka waktu lama pun tak lupa saya membawa bekal Milna Nature Delight.

Isi tas saya kala berjalan jalan bersama Saki

Iya Mom, setelah saya hadir dalam kampanye: MILNA NATURE DELIGHT " CARA MUDAH MAKAN BUAH untuk Si Kecil, pada Sabtu 5 Mei 2018 di Kaffeine Jakarta. Saya jadi merasa ada yang mensupport saya dalam berjuang mengenalkan buah kepada si kecil. Ilmu saya juga bertambah dan ingin saya bagikan kepada Mom semuanya.

Pagi itu, saya sangat bersemangat sekali hadir dalam acara kampanye Milna Nature Delight ini. Datang dari Bogor bersama Saki untuk mengarungi ilmu dari dokter Conny Tanjung. Acara ini gratis khusus untuk Mom Blogger. Alhamdulillah saya sangat beruntung sekali, karena bisa belajar langsung dari dokter Conny masalah yang penting ini, yaitu pentingnya mengenalkan sayuran dan buah pada si kecil. Menjadi ibu, harus senantiasa mengupgrade diri agar dapat mendampingi Saki aga rumbuh dan berkembang dengan baik dengan ilmu dari ahlinya langsung.


abadikan dulu Saki  di depan banner Milna, agar ingat terus ^_^
Saya hadir bersama Mom blogger lainnya untuk hadir memeriahkan kampanye ini sekaligus mendengarkan pemaparan dari DR. dr. Conny Tanjung, Sp.A(K) seorang dokter spesialis anak  tentang pentingnya mengenalkan sayur dan buah kepada si kecil.

mom blogger di acara kampanye Milna Nature Delight sedang mendengarkan penjelasan dokter Conny

Mom, dalam acara ini dokter Conny memaparkan akan pentingnya mengenalkan sayur dan buah kepada si kecil.

Sayur dan buah memang bukan makanan favorit anak-anak pada umumnya dimana secara statistik, perilaku ini tidak hanya menjadi fenomena di Indonesia, namun di negara lainnya juga. Salah satu alasannya adalah rasa pahit atau asam pada buah dan sayur yang disebabkan oleh kandungan vitamin C dan serat. Berbeda dengan orang dewasa, rasa pahit adalah rasa yang asing bagi anak-anak. Rasa manis dan asin lebih akrab karena demikianlah rasa ASI ataupun asupan MPASI. 

Masyarakat Indonesia tergolong kurang makan sayur dan buah. Data riset kesehatan dasar tahun 2013 menyebutkan 93,5% penduduk berusia di bawah 10 tahun, tidak mengonsumsi sayur dan buah sesuai anjuran yang disarankan.

kecenderungan masyarakat Indonesia dalam mengkonsumsi buah dan sayuran 

"Kekurangan asupan sayur dan buah dapat menyebabkan kematian akibat kanker saluran pencernaan, kematian akibat peyakit jantung koroner dan kematian akibat strok," demikian menurut dokter Conny. Badan Kesehatan Dunia (WHO) secara umum menganjurkan anak balita dan anak usia sekolah untuk mengonsumsi sayur dan buah sebanyak 300-4000 gram per-orang per-hari dan remaja hingga dewasa sebanyak 400-600 dram per orang perhari. Sekitar dua pertiga dari jumlah anjuran konsumsi tersebut disarankan dalam porsi sayur.


hubungan asupan sayur dan buah kepada risiko kematian
“Mengenalkan buah dan sayur untuk Si Kecil perlu dilakukan, karena keduanya mengandung karbohidrat, vitamin, mineral dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Berbagai penelitian meta-analisis telah menunjukkan manfaat positif sayur dan buah untuk mencegah dan menurunkan insidens obesitas dan penyakit degeneratif kronis seperti penyakit jantung koroner, diabetes melitus, kanker, dan lain-lain.  Meskipun sayur dan buah memliki peran yang cukup penting, tetapi untuk anak, khususnya di saat mulainya pemberian MPASI, perlu diketahui beberapa batasan pemberian sayur dan buah, karena di saat ini dibutuhkan makanan padat energi untuk menunjang pertumbuhan yang pesat.  Belum ada acuan kecukupan serat pada bayi di bawah usia 1 tahun, namun berbagai penelitian membuktikan bahwa paparan terhadap sayur dan buah secara berulang membuat penerimaan terhadap sayur dan buah menjadi lebih mudah di masa selanjutnya,” jelas Dr. dr. Conny Tanjung, Sp.A(K)

Ngeri banget ya, jika asupan buah kurang, bisa menimbulkan efek jangka panjang pada kesehatan si kecil. Oleh karena itu mengenalkan buah pada si kecil dari sejak dini menjadi sangat penting sekali.

Apa sih sebenarnya Manfaat Buah Bagi Si Kecil?

Di usia 6 bulan, Si Kecil sudah mulai dapat diberikan buah buahan. Buah buahan bisa diberikan dalam bentuk puree buah untuk si kecil yang masih belum bisa mengkonsumsi makanan bertekstur kasar. Cara membuat puree dengan cara buah buahan dikukus terlebih dahulu kemudian dilumatkan dengan sendok atau garpu. Pemberiannya bisa langsung diberikan dengan cara disuapkan begitu saja atau ditambah ASI agar tekstur agak encer.

Tapii jika puree buah ini beli yang instan. Disarankna untuk membeli puree buah yang sudah melalui proses pasteurisasi untuk memastikan puree buah aman dan tidak mengandung mikroorganisme.

Oiya Mom, karena memberikan buah dan sayuran ini dalam rangka mengenalkan sayur dan buah agar anak-anak tidak  mengalami kesulitan dalam mengkonsumsi sayur dan buah di masa dia besar nanti. Menurut dokter Conny berikan secara bertahap. Dan jangan lupakan pemberian makanan utama untuk membantu tumbuh kembang si kecil. Harus cukup makro dan mikro nutrien yang lengkap dan seimbang.

menu simbang yang harus dipernuhi untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi


Apa saja manfaat buah bagi si kecil? Seperti pemaparan dokter Conny di atas, sayur dan buah perlu dikenalkan dari sejak dini agar anak menjadi terbiasa dengan rasa sayur dan buah.

Manfaat bagi si kecil adalah sebagai berikut:

1. Memiliki kandungan vitamin yang tinggi untuk meningkatkan kekebalan tubuh si kecil dan kesehatan gusi.
2. Memiliki kandungan lemak dan kalori yang rendah
3. Memiliki kandungan serat yang tinggi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan
4. Memiliki kandungan anti oksidan untuk mencegah penyakit degeneratif di masa yang akan datang.

Nah, mom, besar banget ya manfaat buah bagi si kecil. Jadi jangan pernah menyerah untuk terus mengenalkannya kepada si kecil.

Dalam puncak acara ini dikenalkan Milna Nature Delight, cara mudah makan buah untuk si kecil.

acara peluncuran Milna Nature Delight
Milna Nature Delight adalah sebuah produk makanan tambahan dari MILNA Ahlinya Makanan Bayi yang merupakan makanan pendamping ASI berupa puree buah yang dikemas di dalam wadah yang sudah mengalami.proses pasteurisasi. Sehingga puree buah yang ada di dalamnya aman dan tidak mengandung mikroorganisme.

logo Milna- jangan salah ya Mom :-)
Milna sebagai salah satu brand unggulan Kalbe Nutritionals, tahun ini meluncurkan Milna Nature Delight, sebagai solusi untuk cara mudah makan buah Si Kecil. 

Milna Nature Delight adalah fruit puree dalam kemasan pouch yang sangat ideal dalam memperkenalkan rasa buah, dengan mudah, kepada Si Kecil sejak dini. Terbuat dari 100% buah asli dengan 3 varian rasa yang akan digemari dengan ukuran dan bentuk kemasan yang nyaman untuk digenggam Si Kecil. Sangat praktis untuk dibawa serta tidak mengandung pengawet ataupun gula tambahan,” jelas Christofer Samuel Lesmana selaku Brand Manager Milna. 


dokter Conny dan bapak Christofer Samuel Lesmana, Brand Manager Milna
3 varian rasa Milna Nature Delight telah disesuaikan dengan kebutuhan buah Si Kecil yang terdiri dari varian Carrot Apple Pumpkin, varian Banana Strawberry Apple dan varian Apple Peach.


apple and peach
Banana, strawberry and apple
carrot, apple and pumpkin
Milna Nature Delight mengandung 100% buah asli dan diproses secara higienis dan alami. Tanpa bahan pengawet, Tanpa pewarna buatan dan Tanpa penambahan gula, diproses melalui proses Advanced Pasteurization Technology. Milna Nature Delight ini adalah salah satu produk yang di produksi oleh KALBE NUTRITIONALS.


logo Kalbe Nutritionals
Saya sangat bahagia dengan kehadiran Milna Nature Delight ini, sebab itu artinya saya jadi tidak perlu galau lagi dalam proses mengenalkan buah kepada Saki.

Dengan adanya Milna Nature Delight bekal untuk jalan jalan Saki jadi lebih simple dan tanpa mubazir. Ada banyak manfaat dari Milna Nature Delight ini bagi saya yang sering bepergian membawa bayi.

1. Milna Nature Delight terbuat dari 100% buah alami. 
2. Sebab terbuat dari 100% buah alami tentu saja Milna Nature Delight Mengandung segala kebaikan buah.
3. Dikemas dalam kemasan praktis, mudah dibawa dan dikonsumsi kapan pun dan dimana pun.
4. Aman dikonsumsi untuk si kecil karena sudah melalui proses pasteurisasi untuk membunuh semua mikroorganisme
5. Membantu saki dalam belajar makan buah sendiri
6. Milna Nature Delight aman dikonsumsi sebab tanpa penambahan gula, tanpa pengawet dan tanpa pewarna. Semua bahannya terbuat dari buah asli!

Berkat Milna Nature Delight setiap akan bepergian bersama Saki, saya bisa menghemat waktu. Biasanya rempong banget harus nyiapin makanan beratnya dan cemilan buah. Sekarang tidak lagi. Kan ada Milna Nature Delight. 

Awalnya Saki menolak puree buah Milna Nature Delight disangkanya apa gitu hihi Setelah sering dikenalkan dan dia mencoba sedikit sedikit, alhamdulillah sekarang dia suka dan bisa makan sendiri.

Saki mau buka sendiri Milna Nature Delightnya, ya? Sini umi bantu ^-^

Bagaimana Cara Mengkonsumsi Milna Nature Delight?

Caranya sangat mudah sekali. Ini caranya ya Mom. Eits jangan lupa cuci tangan atau lap pakai tisu basah dulu ya tangannya, ya Mom. Lalu ikuti cara di bawah ini: 

1. Kocok dahulu kemasan Milna Nature Delight Mom sebelum diberikan kepada si kecil.

2. Mom bisa menuang ke dalam sendok untuk disuapkan kepada si kecil atau dengan cara dituangkan dahulu ke dalam mangkok. Kemudian disuapkan kepada si kecil.

3. Milna Nature Delight juga bisa langsung dikonsumsi oleh si Kecil, Mom. Sebab dengan kemasan praktis, si kecil bisa menyedot dan memegang sendiri Milna Nature Delight. Ketika makan sendiri tetap didampingi ya Mom.


Cara mudah mengkonsumsi Milna Nature Delight

Saki sekarang bisa makan sendiri. Jadi dia sudah bisa memegang dan makan buah dengan asyik ala Milna Nature Delight.

Bagaimana Cara Penyimpanan Milna Nature Delight?

Setelah kemasan Milna Nature Delight dibuka dan dikonsumsi, simpan di dalam kulkas selama maksimal 2x24 jam.

Cara penyimpanan simpan dalam kulkas 2x24 jam 

Milna Nature Delight dikonsumsi dingin tambah nikmat. Tapi Mom-say, ini untuk anak yang sudah toodler ya. Kalau masih bayi usia 6 bulan lebih baik yang suhu kamar.

Alhamdulillah, kini semakin mudah memberikan buah dengan cara yang asyik kepada Saki. Sehingga tidak ada drama lagi saat pemberian makanan tambahan. Saya sangat bahagia sekali dengan adanya Milna Nature Delight. Sebab memudahkan saya dalam memenuhi asupan nutrisi bagi Saki.
Nutrisi dan kandungan dari buah sangat bermanfaat dan dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan Saki. 

Oiya, untuk informasi lebih lengkap, Mom bisa mendapatkannya di 

Website Milna: www.milna.com
Facebook : www.facebook.com/milnaID
Twitter: www.twitter.com/BundaMilna
Instagram: www.instagram.com/MilnaID
Costumer care Kalbe: 0800-140-2000
Atau home delivery: 500880

Moga bermanfaat ya, Mom. 

8 comments:

  1. Gemes bgt sm anak cewek dikerudungin ginii. Uuh, imuuut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe everyday gemesnya mbak Noe .. Ayuh ndang punya dedek bayi lagi. Siapa tau cewek xixixi

      Delete
  2. Artikel yg bagus dan bermanfaat, terimakasih

    ReplyDelete
  3. Pantesan dede saki lincah n aktif sekali.....suka sayur dan buah siiiiiih........

    ReplyDelete
  4. Saki makinn anteng aja dikasih Milna ya, enak tuh dek pengen nyicip dong. Makin mudah makan buah ya praktis juga. Emak gak pusing lagi.

    ReplyDelete
  5. Udah gede dan makin lincah yaa dedek Saki cantik

    ReplyDelete
  6. Hmmmmm dedek cantiiiik....kayak uminya

    ReplyDelete

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien

Follow Us @tutiarien