June 03, 2018

# Jalan-jalan ke Melaka # Traveling

Yuk, Jalan-jalan Ke Melaka


Hai, Mom's, mungkin mau pergi berlibur setelah liburan lebaran yang panjang ini. Saya ingin merekomendasikan destinasi ke negeri Melaka. Tahun 2014, ketika saya merantau ke Malaysia, sempat ke Melaka. Siapa tahu Mom's dan keluarga dapet rejeki dan bisa jalan-jalan ke sana.

Dulu, saya suka banget pelajaran sejarah. Dan ketika sampai ke sejarah tokoh-tokoh kepahlawanan saya semakin ingin napak tilas ke berbagai negeri jalur selat Melaka.

Melaka begitu familiar di telinga saya. Melaka, salah satu negeri di Malaysia ini menyimpan banyak sejarah bagi bangsa Melayu, baik Nusantara maupun Malaysia. Sebut saja Hang Tuah, sosok pahlawan dan tokoh legendaris pada masa kerajaan kesultanan Melaka yang terkenal di Indonesia/Nusantara maupun di Malaysia. Hang Tuah adalah seorang pelaut yang berpangkat Laksamana yang terkenal sebagai petarung yang hebat di lautan dan daratan.

Alhamdulillah pada tahun 2014 itu ceritanya saya dan keluarga malam tahun baruan di Melaka. Akhir Desember 2013 kami berangkat dari negeri Johor, tempat kami tinggal dan kembali lagi pada bulan Januari 2014. Pada hari itu bertepatan dengan hari libur di Malaysia juga. Lumayan panjang libur sekolahnya, dari pertengahan November hingga awal Januari. Jadi kami pergunakanlah jalan-jalan ke Melaka.

Melaka atau Malaka adalah salah satu ibu kota negeri bagian di  Malaysia. Melaka juga sering disebut Bandaraya Melaka Bersejarah. Oleh karena itulah pada tahun 2008, Melaka dinobatkan oleh UNESCO sebagai Kota Warisan Dunia (World Heritage).

Dari tempat saya tinggal (Johor) ke negeri Melaka kurang lebih 2,5 - 3 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Di Melaka, kami menyewa penginapan/guest house, sebuah rumah singgah yang bisa ditempati satu keluarga. Harganya pun relatif murah dengan perlengkapan rumah yang lengkap dan dekat dengan restoran/rumah makan.

Nah, ini tempat-tempat yang saya rekomendasikan untuk berjalan-jalan di negeri Melaka. Katanya, kalau belum ke Melaka, belum kerasa pernah ke Malaysia deh! hehhe entah benar entah tidak. Tapi saya kira, ada benarnya juga, sebab di sini banyak sekali peninggalan sejarah yang patut dijelajahi.

Berikut ini tempat-tempat yang pernah saya singgahi dan saya rekomendasikan untuk Mom's semua.

1. Taming Sari


2. Masjid Selat Melaka atau Masjid Terapung


3. Benteng Pertahanan Melaka


4. Kincir Air Kesultanan Melaka


5.  Red Square


6. Muzium Maritim Flora De La Mar


8. Water World A Famosa




No comments:

Post a Comment

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien

Follow Us @tutiarien