August 31, 2018

Benarkah Ibu Rumah Tangga Rentan Stress?

August 31, 2018 76 Comments

Hai Moms, apa kabar? Apa benar Mom, ibu rumah tangga lebih rentan stress? Kalau menurut Moms bagaimana?

Pertanyaan ini menggelayut terus di dalam benak saya. Pasalnya, beberapa minggu yang lalu, ada seorang kawan curhat. Begini curhatnya.

"Temenku itu sudah sering banget aku bantuin, Umm. Dari mulai ngasih nasehat, ngasih pinjem uang, ngasih motivasi biar dia ada kegiatan, biar dia punya penghasilan tapi ya gitu, deh. Mana utang dia dimana-mana. Jadi pernah pinjam uang dari aku, untuk membayar utang di tempat lain. Bener-bener gali lobang tutup loban Gimana enggak nyesek, coba!" katanya dengan wajah hampir menangis.

Saya mencoba memahami perasaaannya, meskipun saya jadi gundah juga mendengar curhatannya.

"Temenku itu stress. Pernah juga dia mencoba bunuh diri. Alhamdulillah bisa digagalkan. Makanya, aku takut, kalau enggak bantuin dia, dia berbuat nekat lagi kayak waktu itu."

Oh, My God! sampai mau bunuh diri?!

"Terus gimana? kamu akhirnya bantu apa?" 
"Aku? Aku bantu doa, aja weis! Sebab, aku sudah habis-habisan membantu dia. Bahkan utangnya yang dulu juga belum dibayar. Aku sengaja enggak bilang sama suamiku. Biarlah aku enggak bisa jajan, yang penting duit di dompet cukup untuk kebutuhan keluargaku, yah meski kudu diirit-irit."
"Lama-lama aku bisa stress, ketemu dia. Jadi aku diemin aja kalau dia mulai nyapa-nyapa lewat whatsapp." katanya dengan wajah kesal.

Temanku menutup pembicaraan dengan  masygul. Setelah itu dia pamit meninggalkan saya yang terus memikirkannya. Dari gelagatnya, teman saya pun stress! Jangan-jangan saya sekarang sedang stress juga gara-gara mendengar curhatannya. Duh ...

Benarkah stres pada ibu rumah tangga lebih tinggi dari ibu bekerja?

Dari curhatan teman saya itu, saya jadi bisa memahami, mengapa ibu rumah tangga gampang terhinggapi stress, atau bahkan jika dibiarkan stres tambah parah, malah bisa jadi berujung depresi. 

Hal ini bisa jadi disebabkan oleh, pertama: kemarahan yang tak tersalurkan atau ditahan.

Contohnya, kawan saya ingin marah, tapi mau marah kepada siapa? ke temannya yang butuh pertolongannya? Sementara dia ingin menolong kawannya keluar dari kesulitan tapi ternyata dia tidak mampu, sebab kawannya tidak merespon dengan baik apa yang menjadi harapan kawan saya itu. Jadi akhirnya kemarahan hanya bisa ditahan dan ditelan. Sakit di hati. Tidak bisa dikeluarkan, kecuali dengan -ya mungkin- curhat sore itu. Wallahu'alam ...

kesal, mau marah, sama siapa? (cewekbanget.id)
Belum lagi dia sendiri tentu punya masalah pribadi. Perasaan bersalah ketika dia membantu temannya dan menutupinya dari pandangan suaminya. Dengan cara mengirit pengeluaran sehingga dia harus berusaha memaksimalkan apa yang ada di dalam dompetnya untuk kebutuhan sehari-harinya.

Belum lagi mikirin pekerjaan rumahnya yang paling tidak, samalah dengan apa yang dikerjakan oleh seluruh ibu di dunia. 

Faktor kedua, bosan pada rutinitas pekerjaan rumah tangga. Tahu sendiri, kan, pekerjaan rumah tangga ini kelihatannya sepele, tapi sebenarnya butuh effort yang besar. Apalagi misalnya seperti saya, punya anak 6 orang.  Kagak ada berentinye!

Contoh: Membereskan ruang tamu. Anak-anak diminta bermain di kamar belakang. Beres ruang tamu. Ibu bahagia, home sweet home!

credit.hipwee.com
Pindah membereskan kamar depan. tak terasa 5 menit berjalan. Pekerjaan di kamar depan selesai. Ibu melewati ruang tamu, dan mendapati ruang tamu penuh dengan mainan yang dibawa dari kamar belakang. Ohh ... home sweet home hanya berlangsung 5 menit saja. Ibu pun keluar tanduk. Suaranya yang merdu mendyu-dayu berubah menjadi monster garang! Kepala pun bertanduk!

Itu baru satu kejadian unik yang bikin sesak nafas. Belum lagi cucian piring, cucian pakaian yang menggunung, setrikaan yang menggunung. Rak buku yang tidak pernah rapi. huawawhhh ....

Begitulah, jika punya anak banyak. Mau masih balita atau sudah remaja, punya rumah bersih dan rapi itu hanya  impian heuheu

Kalau dituruti kehendak rumah rapi, wangi dan bersih, siap-siap stress!

sikecil sedang merajuk,  kesabaran harus terus on (doc.pri)
Dulu saya sempat tidak enak dengan kondisi rumah yang mirip kapal pecah. Apalagi kalau saudara atau tetangga mengomentari keadaan rumah yang pabaliut. Jujur, saya merasa jadi tidak pede dan lebih suka menarik diri. Saya sering sekali sakit kepala memikirkan rumah.

Tapi akhir-akhir ini saya mencoba meluaskan hati saja. Menutup telinga saya dari komentar negatif dan berusaha semampu saya untuk memberikan kenyaman untuk anak-anak di rumah. Rumah saya pun minimalis, tidak banyak pajangan yang membuat sport jantung, karena  saya ingin menjaga fitrah anak-anak saya, bahwa dimana pun anak saya bermain, mereka aman.

Faktor ketiga: Merasa Minder. Salah satu faktor yang membuat ibu stres adalah perasaan minder. Apalagi jika mendengar suara suara sumbang terutama dalam hal pola pendidikan pada anak. 

Ada saja kekurangan ibu rumah tangga yang dikomentari, anak kuruslah, anak sakit-sakitan, anak rewel, anak tidak terurus dan komentar komentar lain yang membuat hati ibu gundah gulana.

Strong mom tentu pernah ngalamin anak ngambek  (doc.pri)
Saya pernah berada di situasi seperti itu, dan jujur saja, saya tidak ingin menangis, tapi saya menangis. Terbayang terus komentar orang yang dekat dengan saya, soal anak saya yang katanya kurang gizi, asupan ASI saya sudah mengalami defisit lah sehingga berdampak buruk pada kondisi kesehatan dan tumbuh kembang anak. 

Eh ujung ujungnya minta saya ngasih Sufor anak saya yang baru sebulan lahir. Apa gak nyesek!

Bukannya disupport ibu baru melahirkan dan sedang berusaha memberikan ASI untuk si kecil, malah dibuat merana.

Keempat, Merasa Tidak Menarik dan  Merasa Buruk Rupa. Tekanan yang dihadapi dapat memengaruhi kondisi psikis. Perasaan merasa tidak menarik atau merasa buruk rupa kerap terjadi kepada ibu rumah tangga. Hal ini akan memicu aging atau penuaan dini. Yap, selain paparan sinar matahari dan polusi udara, stress juga memicu percepatan penuaan dini pada kulit wajah dan tubuh secara keseluruhan.

Ih, gak mau, kan, Moms, gara-gara stress kita jadi cepet tua!

Apa Saja sih Tanda Orang Stress?

Ada beberapa tanda yang bisa diketahui seseorang sedang stress, ini pernah juga saya rasakan:

Sering marah-marah, emosi tidak terkontrol, tidak bisa tidur,  malas makan, malas melakukan segala aktifitas, ingin kabur dari kenyataan, menangis secara tiba tiba.

Moms, stres jika ditangani dengan baik insyaAllah akan segera berlalu. Stress jika ditanggapi dengan positif dan perasaan bahagia akan menjadi motivasi agar berubah menjadi baik.

Tapi, sebaliknya, jika stres dibiarkan hingga berlarut-larut dan tidak tertangani dengan baik akan berakhir pada depresi.

Depresi adalah penyakit mental yang akan berpengaruh pada suasana hati, perasaan, selera makan, pola tidur dan tingkat konsentrasi yang menurun. Depresi bisa menjadi sangat berbahaya ketika pengidap mengendarai motor atau mobil, karena dia tidak bisa berkonsentrasi dengan baik dan tidak dapat mengontrol emosinya. 

Tahukah Moms, Fakta Menyebutkan 28% Ibu Rumah Tangga Mengalami Depresi!

Dari referensi yang saya baca, ternyata telah dilakukan sebuah survey oleh sebuah lembaga penelitian di Amerika, seperti dilansir dari portal Merdeka, 28% ibu rumah tangga rentan terkena depresi, sementara 17% juga mengenai ibu bekerja.

Ngeri ya, Moms! Makanya Moms, yuk ah, tepis stress dari kehidupan kita dengan cara mengubah gaya hidup tidak sehat menjadi gaya hidup sehat. Terutama gaya hidup yang dapat menopang kesehatan psikis ya. Dan jika ada tanda tanda depresi sebaiknya segera hubungi dokter atau psikiater.

Nah, Moms, saya punya kiat sendiri dalam menepis stress dalam kehidupan saya. Apa saja kiatnya? Silakan disimak ya.

Kiat Saya Dalam Menepis Stress dalam Kehidupan Saya:

1. Bersihkan Hari Aktifmu!

Stres bisa jadi berawal dari baper ... bawa perasaan. Apa-apa dipikirin, apa-apa menjadi beban mental. Itu berat, biar Dilan saja yang berat-berat mah. Jadi bersihkan saja hari aktif kita dengan cara BAPER juga, yaitu BAWA PERUBAHAN!

Sama-sama Baper, kan, Moms, tapi baper yang positif dong. Baper yang membawa kita kepada perubahan. Ketika ada tekanan dari luar, saya bisikan ke dalam hati saya, saya bisa, saya mampu, saya bisa mematahkan semua tantangan!

Jangan mau stress, Moms, sebab stress bikin kita cepet tua.

Ketahuilah, Moms, segala penyakit itu awalnya dari hati. Oleh karena itu mari kita buang toxic atau racun-racun yang bersarang dalam tubuh kita, terutama yang bersarang dalam hati. Jika hati  bersih, ringan dan selalu membisikan kata-kata motivasi positif, insyaAllah penyakit pun tidak akan mampir, kabur semuanya.

Yap ... jadikan hari-hari kita Asik Tanpa Toxic!

Jadi, kalau sudah lemes, letih, lesu, saya mencoba mengistirahatkan pikiran dengan cara melakukan hal yang membuat mood booster saya naik lagi. Seperti misalnya membaca buku sambil ngemil kue cokelat dan minum Natsbee Honey Lemon.


Tepis stress dengan minum Natsbee Honey Lemon, #AsikTanpaToxic (doc.pri)

Natsbee ini minuman segar dari Pokka yang mengandung  Madu dan Lemon, yang cepat sekali mengembalikan mood saya dan mengembalikan kesegaran tubuh hingga saya menjadi bersemangat kembali!

Natsbee Honey Lemon #AsikTanpaToxic (doc.pri)
Natsbee adalah minuman rasa madu dan lemon pertama di Indonesia. Ada banyak kebaikan yang saya rasakan dari minum Natsbee honey lemon ini:

1. Natsbee mengandung madu asli. Madu dipercayai dapat meningkatkan mood, meredakan rasa cemas dan  meningkatkan sistem imun tubuh.

2. Natsbee mengandung jus buah lemon asli. Lemon dipercayai dapat memperbaiki sistem pencernaan tubuh sehingga dapat menjaga dan menyeimbangkan kesegaran tubuh. Selain itu juga lemon dapat menyerap elektrolit dan air yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

3. Natsbee juga mengandung Vitamin C yang dipercayai kaya akan zat antioksidan dan menjaga tekanan darah dalam tubuh.

4. Natsbee dibuat tanpa bahan pengawet dan tanpa pewarna buatan. Natsbee juga sudah halal lho!

Jadi, saya selalu sedia Natsbee di rumah. Diminum dingin sungguh menyegarkan dan mengembalikan mood dengan cepat!

2. Bahagia menjadi ibu rumah tangga.

Yap, yang kedua, saya harus merasa bahagia menjadi ibu rumah tangga. Sesuatu yang pekerjaan yang kita bahagia karenanya akan menimbulkan perasaan puas dan lapang dada. Apapun situasi dan kondisinya. Oleh karena itu, saya harus memastikan dengan sadar, bahwa setiap hari di rumah saya akan melahirkan kebahagiaan pada diri saya pribadi. Saya sudah mencobanya, dan apa pun yang dikerjakan dengan perasaan bahagia melahirkan rasa syukur yang sangat besar.

Ketika saya capek dengan pekerjaan rumah, hati saya berbisik, pekerjaan ini hanya sementara, kehidupan setiap manusia akan berakhir, entah kapan, oleh karena itu do the best!

sekali sekala makan diluar dengan anak-anak, refresing (docpri)
Ketika kesal dengan ulah anak-anak yang memberantakan rumah dengan mainannya, hati saya akan berbisik, masa masa seperti ini tuh hanya sekejap saja. Karena  anak-anak pun akan beranjak dewasa.

Ketika capek mengurus anak yang berjumlah 6 orang, hati saya berbisik, banyak orang yang berharap memiliki seorang anak saja, tetapi Allah belum mengaruniakan kepada mereka, ini sudah ada 6, tak patut rasanya saya mengeluh terus tentang pekerjaan mengasuh dan membersamai mereka.

3. Berdaya dari rumah

Berdaya dari rumah menjadi salah satu hal yang meningkatkan kepercayaan diri saya, Moms. Kalau sebelumnya suka membandingkan diri dengan moms lainnya yang bekerja, saya pernah mencoba memosisikan diri saya menjadi ibu yang bekerja juga. Tapi bekerja di rumah tentunya ya. Saya mandi lebih pagi dan memakai pakaian bepergian. Bukan pakai daster ya, moms. catet hehhe

Bersiap meraih impian tanpa stres melanda (doc.pri)
Hal ini akan memberikan dampak pada diri kita siap menjadi ibu pada hari itu sebagai sebuah profesi yang mulia. Niat kita sudah dilakukan dari awal pagi hari. Dan alhamdulillah sampai sore dapat mempertahankan kesadaran saya sebagai ibu rumah tangga jauh lebih baik dan lebih bahagia.

Sebagai ibu dan sekaligus Mom Blogger membuat saya merasa berdaya dari rumah dan everyday will be oke.

4. Menulis sebagai Katarsis Diri

menulis sebagai katarsis diri (doc.pri)
Saya selalu menyempatkan diri menulis untuk membuang resah saya. Setelah saya menulis, hati saya menjadi plong dan hati menjadi lebih ringan. Saya menulis dimanapun dan kapan pun yang saya mau. Baik itu ditulis dibuku catatan kecil atau di dalam hape. Terkadang apa yang saya rasakan dan saya tulis di dalam hape atau di dalam buku catatan, memberikan ide untuk membuat sebuah cerita pendek. Yah, lumayan, jadi semacam bank ide jadinya hehehe

Salah satu tujuan saya menjadi momblogger juga ini, menulis sebagai katarsis diri. Jika sudah menulis, ada kepuasaan tersendiri. Dan alhamdulillah, sekarang malah menambah penghasilan dari menulis. Inilah yang namanya berkah ya, hobi yang dibayar. Dan ini menyenangkan!

5. Bahagia Menjadi Motivator bagi Orang Lain

Dulu, waktu saya tinggal di Malaysia, saya membina adik-adik TKI. Alhamdulillah dengan dekat dengan mereka. Memberikan motivasi agar mereka menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya, justru motivasi itu nempel ke diri saya. Sesungguhnya ketika kita melakukan kebaikan kepada orang, sesungguhnya, saat itu kita sedang berbuat baik juga kepada diri sendiri.

saat idul qurban bersama adik-adik tki (doc.pri)
Inilah yang membahagiakan saya. Ketika saya terlalu banyak mengeluh dengan masalah saya. Ketika bertemu dengan adik-adik dan mereka curhat dengan segala permasalahan mereka. Saya jadi bersyukur, ternyata lewat mereka, masalah saya itu kecil. Kadang kita saja yang membesar-besarkan karena tidak ada perbandingan.

Sekarang saya kembali ke tanah air, saya tetap berinteraksi dengan mereka, karena dekat dengan mereka memberi kesadaran bahwa, manusia itu ada saatnya harus selalu diingatkan. Dan saat saya mengingat mereka, betapa banyak kebaikan yang telah kami lakukan bersama dan membuat hidup saya menjadi lebih bahagia.

6. Konsumsi makanan dan minuman yang berkhasiat meningkatkan imunitas tubuh.


ini minuman saya, #AsikTanpaToxic  Natsbee (doc.pri)
Imunitas tubuh yang kuat akan menjadi benteng bagi kualitas kesehatan diri kita. Agar tubuh sehat, kita harus senantiasa menyediakan bahan makanan dan minuman yang dapat meningkatkan daya  tahan imunitas tubuh. Tubuh yang ringkih dan gampang sakit, akan mudah stress. Sakit flu batuk pilek, karena tidak melakukan apa-apa, stress. Sakit kepala, stress juga karena banyak pekerjaan yang terbengkalai.

diagram makanan seimbang (credit herbalramping.blogspot.com)

7. Mengikuti Kegiatan Positif .

Agar saya bertemu dengan orang lain, saya menjadwalkan diri untuk menghadiri undangan gathering, pengajian dan berbagai kegiatan positif lainnya. Kami duduk-duduk melingkar membicarakan hal baik dan beberapa percepatan diri.

Hal ini akan mengurangi stress karena bertemu dengan orag lain, bisa say hallo, bisa bercakap-cakap, mengobrol dan bisa curhat!

menjadi panitia workshop menulis bersama golagong di Johor (doc.pri)
Meskipun hanya seminggu sekali misalnya atau hanya beberapa jam bertemu dengan kawan dan relasi, ini akan membantu sekali dalam menghindari stress pada ibu rumah tangga.

Nah, itu tips saya dalam menghindari stress sebagai ibu rumah tangga. Kalau Moms, sendiri punya tip yang lebih seru? Bagi dong di kolom komen. Biar kita bisa saling belajar.

Jadi bagaimana, Moms? Kita Asik Tanpa Toxic, aja, yuk! Agar kita jauh dari stress. Have nice day, Moms!

August 29, 2018

Mengembalikan Kejayaan Pasundan Melalui Pembangunan Infrastruktur

August 29, 2018 1 Comments

Pentingnya pembangunan infrastruktur tak dapat dinafikan dalam kehidupan bernegara.  Hal ini dimaksudkan untuk mendorong pertumbuhan perekonomian nasional agar menunjang kesejahteraan masyarakat. 

Oleh sebab itulah, pemerintah pusat melakukan dialog nasional dengan mengangkat tema: Pertumbuhan Industri Transportasi, pemerataan perekonomian yang berkeadilan dengan menghubungkan setiap jengkal tanah nusantara.

Hadir dalam dialog nasional yang dilaksanakan di Puri Begawan, Bogor tanggal 25 Agustus 2018 lalu, Menteri Perindutrian RI Bapak Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A, MM.T, Menteri Perhubungan RI, Bapak Ir. Budi Karya Sumadi, Penjabat Gubernur Jawa Barat Bapak Drs. Mochmad Iriawan, S.H., M.M, M.H dan juga Bapak Walikota Bogor, Bapak Bima Arya.

narasumber  (docpri)
Dalam dialog itu dipaparkan berbagai keberhasilan pemerintah pusat di bidang perindustrian dan perhubungan. Kemudian dipaparkan juga keberhasilan pemerintah Kota Bogor dan keberhasilan pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pembangunan infrastruktur itu meliputi beberapa hal. Untuk memperlancar transportasi antar desa dan kota, maka dilakukan pembangunan jalan raya, jalan tol, jembatan,  bandara, dan dermaga kapal. Untuk mendukung sarana pertanian, maka dibangunlah saluran irigasi, waduk dan bendungan. Dan untuk mendukung pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, maka dibangunlah sarana sanitasi dan penyediaan air minum.

Pemprov Jawa Barat berkomitmen untuk memajukan infrastruktur karena dengan terwujudnya konektivitas antar daerah di Jawa Barat melalui pembangunan infrastruktur akan memperkuat peran Tanah Pasundan dalam menopang pembangunan nasional.

Seperti dilansir dari harian Merdeka, sejak 10 tahun terakhir, Pemprov Jabar, terutama di masa kepemimpinan Bapak Aher, banyak menorehkan keberhasilan. Seperti misalnya pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) sekitar 5000-6000 unit RKB per tahun  dan ada sebuah perguruan tinggi swasta yang menjadi negeri, seperti Unsika.

Pemprov Jabar setelah peletakan batu pertama pembangunan jalan di UGG Ciletuh Pelabuhanratu (doc.Tempo.co)
Di sektor pariwisata, Pemprov Jabar, pada bulan April 2018 telah melakukan peletakan batu pertama pembangunan jalan  di kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu. Pembangunan jalan ini sebagai follow up ditetapkannya Geopark Ciletuh Pelabuhanratu sebagai Unesco Global Geopark dalam sidang Executive Board Unesco ke-204, Komisi Programme and External Relations, di Paris.

bandara kertajati (credit: visitcirebon.com)
Selain itu juga, pemprov Jabar sukses meresmikan Bandara Internasional Kertajati, di Majalengka, yang merupakan bandara terbesar kedua di Indonesia. Bandara ini dimulai pengerjaannya di masa gubernur Aher pada tahun 2009 dan resmi dibuka pada bulan Mei 2018 lalu.

Sementara itu, pembangunan infrastruktur yang masih berjalan seperti Tol Soroja dan Tol Cisumdawu.

Pembangunan jalan Tol Bocimi (Bogor, CIawi dan Sukabumi),

Revitalisasi bandara Lanud Wiradinata, pembangunan bandara Nusawiru di Pangandaran,

pembangunan Bendungan Leuwikeris,

Diharapkan pembangunan infrastruktur di Jawa Barat dapat berjalan dengan baik dan lancar. Ini menjadi bukti bahwa pemerintah provinsi Jawa Barat sangat serius dalam masalah pembangunan infrastruktur.

bandara Nusawiru di Pangandaran (doc.pri)
Potensi Jawa Barat yang sangat besar ini diharapkan akan menunjang keberhasilan pembangunan di tanah Pasundan, hal ini tentu saja secara otomatis akan  menjadi penopang utama keberhasilan perekonomian nasional.

Dan pada akhirnya dengan ikut andilnya Tanah Pasundan dalam proses pembangunan infrastruktur insyaAllah akan  mengembalikan kejayaan tanah Pasundan. 

August 22, 2018

Harga Jual Mobil Jenis SUV di Jakarta

August 22, 2018 9 Comments

Hai, Moms! Jumpa lagi kita. Eh, Moms, saya lagi kepo soal harga jual SUV di Jakarta, nih. Asli saya tadinya enggak ngerti, apaan sih SUV? Abisnya akhir-akhir ini banyak seliweran postingan soal ini.

Jadi, Moms, kita ngobrolin jenis mobil yang lagi happening ini, yuk. Saya sebenarnya sih awam soal permobilan. Pokoknya mah tau beres aja, ada mobil, ada yang nyopirin, sampai di tujuan dengan aman, nyaman dan selamat hehehe 

Nah, Moms, akhirnya saya menelusuri dong, apa sih SUV itu? eh ternyata ... SUV itu jenis mobil Moms. Jadi, kan, mobil itu ada beberapa jenis sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. SUV ini ternyata kepanjangan dari Sport Utility Vehicle. Ish .. ish .. ish ..  jangan pada ketawa ya, Moms. Beneran saya gak ngerti. Saya taunya SUP ayam, SUP daging, SUP iga ...jadi mendadak lafaarr deh!

SUV yang ini adalah klasifikasi sebuah mobil penumpang yang dibuat di atas kerangka truk ringan. Jadi kalau dicopot kerangkanya teh, kerangka truck, tapi kecil kali ya, ringan pula. Nah, mobil jenis ini biasanya di Indonesia sering disebut mobil "jip".

Nah, kalau mobil jip mah saya juga tau hehe itu lho, mobil yang rodanya gede, bisa dipake jarak jauh dan tangguh banget di jalanan berat (off-road) maupun on-road. Paling inget itu, biasanya di belakang mobil suka dikasih ban serep. Itulah ciri-ciri khusus mobil jenis SUV. 

Di Indonesia moil jenis SUV ini sering dikenal dengan nama mobil Land Cruiser, Pajero, Fortuner dan Jeep Wrangler. Dulu saya suka banget ngepoin mobil 4x4 yang rodanya gede. Kayaknya kalau naik mobil begitu, kita keluar dari mobil jadi macho banget deh hahhaa 

Mobil jenis SUV ini diciptakan gabungan antara jeep, pick-up dan sedan. Kebayang, kan, keren banget. Bagasinya luas dan muat penumpang 7 sampai 8 orang. Mobil jenis SUV ini nyaman dikendarai dan mampu memberikan kepuasaan berkendara baik di medan yang berat atau di dalam kota, makanya kebanyakan yang minat mobil ini adalah kaum milenial yang lahir tahun 1995. Bagi mereka, eh saya juga kali ya, dulu pas masih seusia mereka, kayaknya keren banget naik mobil yang tampangnya tangguh, garang ..ah .. keren lah pokoknya mah.

Prediksi Gaikindo (Gabungan industri otomotif Indonesia), mobil SUV ini akan menjadi tren dunia dalam dunia otomotif. Oleh karena itulah mereka mendukung banget tren ini.

Harga Jual SUV di Jakarta

Konon, ada mobil SUV hasil rekomendasi dari IIMS 2018 dan menjadi mobil SUV terbaik versi IIMS 2018, yaitu DFSK Glory 580. Dibandingkan jenis mobil SUV yang lain, mobil inilah yang paling murah dan populer di Indonesia. Jadi untuk penggemar otomotif dan ingin memiliki mobil dengan budget terbatas, mobil DFSK Glory 580 ini paling pas.

credit.oto.com
Mobil ini menyasar segmen medium SUV 7 seaters. Tampilannya keren dan fitur dalam mobil ini sekelas dengan mobil premium. Seperti fitur tire pressure monitoring service, vehicle running recorder, smrtkey dan electric sunroof. Disain eksterior dan interiornya mewah, bagasinya lapang, audio systemnya juga sudah dilengkapi dengan LCD touchscreen menggunakan koneksi internet. Ih, keren banget, ya!

Jadi, gimana Moms?  jadi mupeng pengen lihat penampakan aslinya, kan? Hayuk atuh, kalau mau barengan, kapan yaa jalan-jalan ke showrom, cuci mata. Kali aja dapat miniaturnya heuheu

August 21, 2018

Tip Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

August 21, 2018 22 Comments
Hai Moms, apa kabar? Semoga keluarga di rumah dalam keadaan sehat semua ya. Kalau anak saya, sedang gantian sakit, nih, Moms. Mungkin juga sebab cuaca ya, siang panas banget, malam dingin banget. Daya tahan tubuhnya sedang ga stabil. Jadi saat ini saya sedang mencoba meningkatkan daya tahan tubuh anak saya.

Awalnya, dia mengeluh kepalanya pusing. 
"Mi, Sarrah kepalanya pusing", bangun tidur anak ke-5 saya mengeluh kepalanya pusing. Saya usap dahinya, panas! 
"Tenggorokan Sarah juga sakit," keluhnya. 
"Coba sebut .. aaa .. gitu, ummi mau lihat tengorokan Sarah," pinta saya.
Sarah pun membuka mulutnya seraya mengucapkan "aaa". Duh, amandelnya bengkak Moms, merah. Selain sebab cuaca, saya juga baru ingat, pulang sekolah dia paling doyan membeli es kelapa muda di dekat sekolahnya. Mungkin juga sebab itu, cuaca panas, masuk es yang dingin, jadilah dia sakit.

Tadinya saya rawat sendiri di rumah. Berharap dengan treatment sendiri, istirahat, makan dan minum teratur, demamnya berkurang dan dia kembali sehat. Eh, ternyata perkiraan saya salah. Setelah tiga hari, suami saya sudah panik aja. Minta saya secepatnya membawa Sarah periksa ke dokter. Kuatir sakit berat, katanya. Sebab kebetulan, keponak an saya juga sedang dirawat di rumah sakit. Gara-garanya sama, demam yang tidak turun. Eh, diperiksa ke dokter, thypus dan malah terjadi komplikasi. HBnya rendah dan memerlukan transfusi darah. Setelah itu ada beberapa drama yang saya sendiri gak kuat kalau menanggungnya. Dari darah  donor yang gak cocok dengan darah keponakan, alergi karena transfusi darah sampai kakak saya kehilangan handpon sebab riweuh. Alhamdulillah berakhir  happy ending dan sekarang keponakan sudah pulang ke rumah.

Nah, suami saya gak mau seperti itu. Sarah harus segera dibawa ke dokter! Saya pun pergi berdua ke dokter. Saki saya tinggal di rumah dititipkan kepada kakak-kakaknya. Kebetulan waktu itu ada kakaknya di rumah. Setelah di periksa, alhamdulillah hanya peradangan amandel. Kata dokter, kalau demamnya berlanjut setelah minum obat, segera datang lagi ke dokter keesokan harinya, kalau tidak, aman. 

Alhamdulillah sekarang sarah sedang masa pemulihan. Semoga saja tidak sakit lagi.

Itulah, Moms, namanya anak-anak ya, meskipun di rumah dibentengin seketat apapun, tetap saja kecolongan. Pada saat seperti ini penting banget meningkatkan daya tubuh anak yang lain agar tidak ikut-ikutan sakit. Yah, lumayan banget, Moms, kalau anak anak saya sakit semua, emak jadi suster sekaligus dokter untuk 6 orang anak hehehe

Akhirnya, saya jadi  membaca beberapa referensi terkait cara meningkatkan daya tahan tubuh anak. Anak usia sekolah memang rentan banget terpapar penyakit, baik ringan maupun berat. Penyebabnya bisa dari makanan, minuman atau benda/mainan yang dia pegang.

Nah, ini Moms beberapa yang bisa saya rangkumkan untuk pengingat saya juga sih.

Tip Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Moms, sebenarnya hanya ada 3, hal penting yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak itu.

1. Asupan Makanan Sehat dan Seimbang

Seorang anak yang terbiasa dengan makanan yang cukup mengandung gizi penting, pada umumnya tumbuh dan berkembang sesuai tahapan usianya. Jika dia sakit ringan, dia akan cepat sembuh karena daya tahan tubuhnya kuat. 

Yang harus senantiasa kita lakukan adalah menyediakan zat gizi kebutuhan tumbuh dan kembangnya sejak masa 1000 hari pertama. Diawali dengan memberi ASI. Dengan bertambahnya usia anak, harus dipastikan asupan nutrisinya seimbang, meliputi daging, ikan, biji-bijian, sayuran dan buah segar. 

Minimalkan asupan bahan makanan instan, membatasi makanan yang mengandung gula, seperti kue, permen, biskuit dan lain-lain karena hal ini akan memicu obesitas dan gigi berlubang.

2. Olahraga yang Cukup

Olahraga amat penting bagi anak-anak, untuk menambah berat badan dan menumbuhkan otot serta menyehatkan jantung dan paru-parunya. Olahraga amat sangat dianjurkan sejak anak usia dini.

Jadi Moms, biarkan anak bermain, karena dengan demikian motoriknya akan terasah dan badannya akan bertambah kuat. Anak lebih baik jangan sering digendong. Biarkan dia berjalan atau berlarian, hal ini akan menguatkan otot-otot dan menyehatkan tubuhnya.

3. Imunisasi

Hal terpenting ketiga dalam meningkatkan daya tahan tubuh anak adalah memberikan imunisasi pada anak. Imunisasi akan memberikan kekebalan pada tubuh anak agar tidak terkena penularan penyakit berbahaya.


Nah Moms, itu dia 3 hal penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh anak. Semoga anak-anak kita senantiasa sehat selalu ya, Moms. Oleh karena itu, saya berjanji, akan berusaha memenuhi hak-hak anak dengan baik.  Yuk Moms, saling mengingatkan yaa ...

Have nice day!



August 20, 2018

(REVIEW) Natur Hair Tonic Extract Ginseng, Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok Pada Ibu Menyusui

August 20, 2018 34 Comments

Hai, Moms! Apa kabar? Pernah mengalami rambut rontok Moms? Pernah? Sama dong! Sedih banget ya moms. Hiks.

Jadi, sejak melahirkan dan saat ini saya menyusui, rambut saya banyak yang berguguran., Moms Konon, kondisi kerontokan rambut pada ibu pasca melahirkan adalah kondisi yang normal. Kerontokan rambut ini disebabkan karena perubahan hormon dan akan kembali kepada kondisi normal kembali seperti kondisi sebelum melahirkan.

Tapi, Moms, setelah saya perhatikan, semakin lama, kok, helaian rambut saya yang rontok semakin banyak, huhuhu

cedihhh .. rambut rontok ... (credit.IDN times)
Rambut yang tadinya banyak, sekarang semakin menipis. Itulah, akhirnya saya, tidak pernah memiliki rambut panjang lagi sejak hamil dan menyusui. Bukan sekadar agar simple perawatannya, tetapi sebagai salah satu ikhtiar saya dalam meminimalisir kerontokan rambut karena perawatan pada rambut pendek lebih mudah. 

Saya sudah mencoba memakai beberapa produk perawatan rambut untuk merawat mahkota saya. Dari mulai perawatan tradisional buatan sendiri, seperti kasih daun mangkokan, lidah buaya, daun kembang sepatu, seledri, alpukat, beuhh kalau dijual dan diminum dingin teh menyegarkan hehe ya itulah demi rambut indah tanpa drama rontok, membeli shampoo anti  rambut rontok dan dirawat di salon muslimah dengan perawatan creambath rambut, biar rambut di kepala saya bahagia dan tidak rontok lagi rambut -rambut di kepala saya, heuheu

Ada sih hasilnya, tapi kurang maksimal, dan masalah rambut rontok menjadi sahabatku akhir-akhir ini. 

Nah, Moms, alhamdulillah, pada tanggal 7 Agustus lalu, saya dan teman teman Blogger dari Komunitas Sahabat Blogger (KSB) Bogor berkesempatan untuk hadir dalam acara Blogger Gathering bersama Natur, di Warung Nako Jalan Pajajaran Bogor.

Suasana acara blogger Gathering KSBXNatur (doc.pri)
Di dalam gathering itu, hadir mbak Sarah, Brand Eksekutif Natur memperkenalkan produk perawatan rambut dari Natur. Juga mbak Inez, memberikan materi tentang Optimasi Instagram untuk Blogger.

Gathering hari itu meriah sekali karena dipandu oleh seorang MC yang enerjik dan humoris, mas Febri.  Mas Febri hari itu hadir bersama istrinya. Pengantin baru ini, pasangan yang romantis dan serasi banget, semoga cepat dapat momongan ya, mas Febri dan mbak Mitty. Amiin ...

Dalam pemaparan produk Natur, Mbak Sarah, Brand Eksekutif Natur menyampaikan, Natur mengeluarkan produk baru yaitu Natur Hair Tonic Extract Ginseng dan Natur Hair Tonic Extract AloeVera.

mbak Sarah saat memaparkan keunggulan Natur Hair Tonic

Apa aja sih keunggulan Natur Hair Tonic? Mbak Sarah memaparkannya dengan sangat jelas dengan bahasa yang mudah dimengerti.

KEUNGGULAN NATUR HAIR TONIC GINSENG:

1. Natur Hair Tonic ini mengandung Extract Ginseng yang dapat menutrisi dan menguatkan akar rambut dan mengurangi kerontokan.

2. Tanpa Alkohol: Tidak Panas dikulit kepala, tidak membuat iritasi dan kemerahan.

3. Teruji Klinis: pemakaian secara rutin selama 14 hari dapat mengurangi kerontokan hingga 90%.

4. Banyak yang bilang menggunakan  Natur Hair Tonic  sudah mendapatkan TOP BRAND Award selama 12 tahun berturut- turut  (2007-2018).

KEUNGGULAN NATUR HAIR TONIC ALOEVERA:

1. Mengandung Extract Aloevera membantu menjaga kekuatan akar rambut dan mempercepat laju pertumbuhan rambut. (menyuburkan rambut)

2. Tanpa Alkohol: Tidak panas dikulit kepala, tidak membuat iritasi dan kemerahan.

3. Natur Hair Tonic dipercaya dapat memberikan hasil lebih menyuburkan rambut.

4. Kualitas Produk terpercaya karena Natur Hair Tonic sudah mendapatkan TOP BRAND Award selama 12 tahun berturut-turut (2007-2018).

Saya kenal produk Natur, dulu saat masih gadis. Kalau potong rambut dan creambath, di salon-salon langganan saya, pasti ada produk Natur ini. Dari dulu, Natur dipercaya sebagai produk perawatan rambut yang dapat diandalkan.

Alhamdulillah, saya beruntung banget bisa hadir dalam.acara keren sara ilmu ini. Pulangnya saya membawa oleh oleh 3 produk perawatan dari Natur.

Kali ini, saya ingin bercerita sedikit tentang pengalaman saya memakai rangkaian perawatan rambut dari NATUR, yaitu Natur Hair Tonic Extract Ginseng, Natur Shampoo Extract Aloe Vera dan Natur Conditioner Extract Olive Oil and Aloe Vera.

Rangkaian perawatan Natur

Ini dia rangkaian perawatan rambut saya selama 14 hari ini.

Natur Hair Shampoo Extract Aloe Vera

Natur Shampoo Extract Aloevera (doc pri)

Shampoo ini mengandung extract tanaman lidah buaya yang menutrisi rambut dan membantu menjaga kesuburan rambut.

Baunya harum dan seperti produk natur lainnya, cairan shampoo ini berwarna cokelat seperti cairan madu. Baunya segar banget, khas produk Natur, dan saya suka!

cairan shampoo yang seprti madu (doc.pri)
Jangan kaget ya Moms, kalau shampoo natur tidak begitu banyak busanya. Karena, Natur shampoo extract aloe vera ini merupakan shampoo berbahan alami tanpa detergent. Oleh karena itulah, busanya sedikit.

Cara memakainya dengan menuangkan shampoo secukupnya pada tangan, busakan di tangan dan aplikasi pada rambut yang basah, pijat lembut kulit kepala secara perlahan selama 2-3 menit dan bilas hingga bersih. Bisa dilakukan sekali lagi jika diperlukan. Shampoo bisa digunakan setiap hari karena Natur Shampoo berbahan alami. Ketika pertama kali digunakan, mungkin rambut kita akan terasa kasar seperti rambut ijuk. Menurut mbak Sarah, ini artinya shampoo sedang bekerja mendetox rambut. Jadi jangan khawatir ya Moms. InsyaAllah setelah pemakaian beberapa kali, rambut akan lebih lembut dari biasanya.

Setelah rambut dibilas, keringkan dengan cara ditepuk-tepuk ya Moms. Jangan digosok, karena ini akan memperberat kerusakan rambut.

Natur Conditioner Olive Oil and Aloe Vera


natur conditioner (doc.pri)
Tahap berikutnya adalah memberi conditioner pada rambut. Olive oil dan Aloe Vera di dalam conditioner ini mampu membantu memberikan nutrisi pada helaian rambut untuk menjaga kesuburan rambut sehingga rambut nampak lebat, halus, lembut, lembab dan mudah diatur.

Cara menggunakannya: Setelah keramas dengan Natur Shampoo Extract Aloe Vera, usapkan Natur Conditioner Olive Oil and Aloe Vera pada rambut hingga merata pada helai rambut. Bilas hingga bersih. Jangan lupa Moms, keringkan tanpa hair dryer dan jangan digosok pakai handuk ya, Nanti rambutnya rusak lagi dong hehehe


Natur Hair Tonic Extract Ginseng

Natur Hair Tonic Extract Ginseng (doc.pri)
Tahap berikutnya adalah memberi makanan pada rambut yaitu memberi perawatan untuk akar rambut agar bertambah kuat. Saya merawat rambut dengan hair tonic.

Nah, bagaimana sih pemakaian Hair Tonic yang baik dan benar sehingga dapat memberikan manfaat yang besar pada pertumbuhan rambut dan menjaga agar tidak timbul kerontokan lagi?


CARA PEMAKAIAN NATUR HAIR TONIC YANG BAIK DAN BENAR itu menurut mbak Sarah sebagai berikut:

1. Natur Hair Tonic ini  kandungannya Extract alami, sebaiknya sebelum digunakan dikocok terlebih dahulu, Moms. Buka tutupnya, hmm ...baunya enak banget, khas ginseng yang seger banget. 

2. Tuangkan ke kulit kepala mengikuti garis kulit kepala, pijat ringan 2 - 3 menit, hal ini dimaksudkan untuk melancarkan peredaran darah dikulit kepala. Rasanya di kulit kepala terasa adem dan gak panas. Oiya Natur Hair Tonic ini  tanpa alkohol, Moms, jadi jangan kuatir ya, rasa dingin itu bukan sebab alkohol, tetapi sebab extract ginseng itu.

Mbak Sarah mendemonstrasikan cara mengaplikasikan Hair Tonic pada kulit kepala
3. Cara mengaplikasikan hair tonic ini gampang banget, lho, Moms dan gak bikin cairan nya meleber kemana - mana karena bagian ujung botol hair tonic ini bentuknya runcing jadi lebih simple.

natur hair tonic extrac ginseng, (doc.pri)
4. Setelah pemakaian hair tonic tidak perlu dibilas lagi ya, Moms.  Rambut akan terasa halus lembut dan wangi. Akar rambut pun menjadi lebih kuat dan bye-bye rambut rontok!

Saya memakai hair tonic sambil melakukan aktifitas ringan, misalnya menulis atau sedang santai sambil ngasuh anak-anak. Cairan hair tonic ini tidak berbahaya dan harum baunya, segar pokoknya mah. Rambut jadi lebih kuat dari dalam dan alhamdulillah mulai terasa khasiatnya, rambut berkurang rontoknya.

Nah, Moms, itulah sekelumit pengalaman saya  saat memakai produk perawatan dari Natur. Namanya ikhtiar untuk mendapatkan rambut yang sehat dengan produk alami, ya. Alhamdulillah ketemu produk yang bagus karena sudah terbukti Top Brand, Halal dan menyehatkan rambut dari akarnya.

Bagi saya, produk halal adalah utama, dari mulai makanan, minuman dan semua benda yang berkaitan dengan kesehatan tubuh. Saya sangat berterima kasih sekali kepada Natur yang betul-betul menjaga bahan baku perawatan rambut ini hingga mendapatkan label halal.

Untuk merawat rambut rontok juga jangan lupa asupan makanan bergizi, karena makanan pun salah satu faktor penting dalam merawat rambut rontok. Untuk ibu menyusui konsumsi makanan yang mengandung protein dan kalsium tinggi, agar tulang, gigi dan rambut sehat. Misalnya seperti telur, ikan salmon, biji bijian, wortel dan bayam.

Oiya Moms, Produk Natur bisa dibeli di toko online atau supermarket di dekat rumah. Harganya cukup terjangkau, untuk hair tonic Rp35000 saja. Dapat mengurangi pengeluaran ke salon karena sekarang saya bisa merawat rambut sendiri di rumah. Paket hemat ini namanya, ya, kan, Moms.

Agar lebih mengenal lebih dalam lagi produk Natur, silakan, Moms ikuti IG Natur www.instagram.com/backtonatur

Have nice day, Moms!

August 08, 2018

Halodoc Mengajak Orangtua Menjaga Kesehatan Psikis Anak Sejak Dini

August 08, 2018 0 Comments

"It takes a village to raise a child" (Pepatah dari Afrika)
Untuk Membesarkan anak membutuhkan seluruh masyarakat (ikut andil dalam membesarkannya)

Sungguh saya sangat terkesan dengan pepatah yang dikutip oleh dokter Tjhin dalam presentasi kesehatannya beberapa waktu lalu di sebuah kafe dekat stasiun Cikini,  Paradigma Cafe. Membutuhkan seluruh masyarakat untuk membesarkan anak. Ya, mendidik dan membesarkan anak bukanlah perkara yang mudah. Sama sulitnya mengubah paradigma dari para orang dewasa, bahwa mendidik dan mengasuh anak BUKANLAH hanya semata-mata tugas seorang ibu. Tetapi tugas ayah dan ibu juga masyarakat yang berada di sekitarnya.

Sangat wajar jika setiap orang tua menginginkan anak tumbuh dengan baik, sehat jasmani dan ruhaninya (psikis). Dalam perjalanannya, masih banyak orang tua yang abai terhadap kesehatan ruhani atau mental. Orang tua terkadang hanya fokus pada pertumbuhan kesehatan jasmani dan abai kepada kesehatan dan pertumbuhan ruhani atau psikis anak.

Padahal pembentukan perilaku dan psikis anak adalah fondasi bagi seorang anak untuk tumbuh di lingkungan sosialnya. Pertumbuhan fisik anak biasa dilejitkan dengan cara memberikan asupan makanan yang sehat dan bergizi. Pertanyaannya, bagaimana dengan kesehatan psikis anak? Bagaimana cara melejitkannya?

Nah, Moms, pada tanggal 31 Juli 2018 lalu, saya dan teman-teman Mom Blogger yang tergabung dalam Mom Blogger Comunity berkesempatan hadir dalam acara memperingati Hari Anak yang jatuh pada tanggal 23 Juli, Halodoc mengadakan talkshow kesehatan dengan tema "Tips Menjaga Psikis Anak Sejak Dini." Hadir dalam acara ini Dr. Tjhin Wiguna Sp.KJ, seorang dokter psikiater spesialis anak dan remaja di RSCM.

Saya dan Saki di depan banner halodoc
Halodoc mengangkat tema ini untuk mengajak orang tua lebih memperhatikan kesehatan anak terutama kesehatan psikisnya sejak dini. Agar anak tumbuh dengan baik dan dapat menjadi penerus bangsa yang sehat baik fisik dan mentalnya.

Menurut dokter Tjhin, Anak adalah anugerah dan sekaligus amanah dari Tuhan. Peran orang tua sangatlah penting dalam mendukung perkembangan karakter dan moral anak.

dokter Tjhin sedang menyampaikan materi (docpri)
Anak pada umumnya berusaha mencari panutan untuk membentuk bahasa, perilaku dan sikap mereka. Hal ini dalam rangka membentuk moralitas yang baik. Dokter Tjhin mengajak para orang tua untuk menjadi PANUTAN bagi anak dan memastikan bahwa bahasa, sikap orang tua dapat menjadi panutan yang positif bagi anak-anak.

Kenapa demikian? karena pada fitrahnya, anak-anak mayoritas menganggap bahwa orang tua adalah panutan yang paling penting.

Membangun kedekatan emosional dengan anak salah satu cara menyehatkan psikis anak
Dokter Tjhin memaparkan sebuah survei, bahwa dari 1.176 orang di Amerika Serikat telah menemukan dua per tiga dari orang dewasa percaya bahwa nilai moral anak telah menurun drastis sejak saat mereka masih muda.

Sementara itu, Harian "The Times" di AS melaporkan bahwa peningkatan budaya selebriti dan melemahnya hubungan dalam keluarga mengakibatkan menurunkannya nilai moral pada anak.

Hal ini pun terasa di Indonesia. Pada umumnya masyarakat terutama orang tua mendidik anak sesuai dengan norma dan budaya yang ada di masyarakat setempat, tapi hal ini belum tentu dapat dibenarkan secara medis. Ditambah lagi dengan generasi masa kini yang dekat dengan teknologi seperti gadget, anak milenial. Tentu saja penanganan dalam mendidik anak juga harus disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Saya pernah mendengarkan seorang dokter tumbuh kembang anak mengatakan bahwa hukuman "time out" belum tentu bisa diterapkan dalam setiap keluarga. Hukuman time-out mungkin bisa pas di sebuah keluarga tapi tidak pas dipergunakan dalam mendidik anak dalam keluarga yang lain.

Hukuman ini justru akan menimbulkan luka permanen (psikis) kepada anak. Secara jasmani mungkin anak kelihatan sehat tapi secara psikis anak mengalami gangguan kesehatan mental yang serius dan menimbulkan trauma bertahun-tahun, tidak percaya diri, pendendam dan tidak mudah bersosialisasi dengan orang lain.

Itu sekadar contoh yang saya ingat. Di dalam sesi tanya jawab dengan dokter Thjin, Mom blogger banyak yang bertanya tentang bagaimana menghadapi perilaku negatif anak dan penangananya.


slide materi (doc.pri)

Jadi bagaimana cara menjaga kesehatan psikis anak agar dia tumbuh menjadi pribadi yang sehat sejak dini?

Ada Tips penting yang dibagikan oleh dokter Tjhin untuk menjaga kesehatan psikis anak agar tumbuh sehat sejak dini.

1. Bantu anak menemukan panutan dalam bidang yang dia sukai dan kenalkan anak dengan orang tersebut.

Misalnya: jika anak menyukai bidang sains dan teknologi, kenalkan kepada tokoh bangsa seperti BJ Habibi. Beri bahan bacaan, sumber foto dan kalau ada kesempatan hadir dalam acara yang menghadirkan bapak BJ. Habibi. Dengan demikian anak melihat contoh real yang dapat menjadi panutannya dalam bidang yang dia sukai.

2. Bicara dan berdiskusi dengan anak tentang orang-orang yang telah bekerja untuk membuat perubahan positif dalam kehidupan atau di sekitar mereka.

3. Orang tua berusaha untuk melingkupi keluarga mereka dengan suasana ilahiyah. Yaitu menghidupkan cahaya agama di rumah mereka.

Mengapa demikian? karena psikis erat hubungannya dengan kesehatan mental. Jika anak dekat dengan tuhan. insyaAllah kehidupannya akan baik dan lebih sehat. Dengan mengingat tuhan, hati akan tenang dan damai. 

Saya juga merasakan sekali dengan kehidupan yang dekat dengan Allah hati menjadi tentram dan damia, tenang. Selalu pasrah dengan ketentuan Allah dalam segala hal. Ini akan memberikan mental positif dalam berkompetisi dalam dunia nyata bagi anak-anak dan orang tua.

4. Mengingatkan dan memberi contoh dalam menjalankan tata krama dalam kehidupan sehari-hari seprti berterima kasih, bersyukur, memaafkan, meminta maaf , mengucapkan salam, bertanggung jawab dan menolong.

5. Mengembangkan empati pada anak, misalnya menjenguk orang sakit, peduli pada sesama manusia yang sedang tertimpa bencana dan lain-lain.

6. Beri anak pujian, ketika ia memperlihatkan perilaku, perkataan yang positif dari anak. Jangan pelit memberi pujian karena anak-anak pada fitrahnya senang dipuji. 

7. Orang tua diharapkan dapat mengenali perasaannya dan perasaan orang lain, dalam hal ini perasaan anak. Mampu memberikan motivasi pada diri sendiri dan mampu mengelola emosi dengan baik. Hal ini akan menjadi penting karena anak melihat dan menjadikan orang tua sebagai PANUTAN yang sangat penting bagi dirinya.

Semangati terus anak untuk melakukan hal positif dan beri dukungan dengan cara orang tua melaksanakannya hal positif juga.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan oleh orang tua agar anak tumbuh menjadi anak yang sehat jasmani dan ruhaninya. Anak yang sehat secara fisik dan psikis akan menjadikan anak tumbuh menjadi generasi yang sehat dan menjadi penerus bangsa yang sehat dan kuat.

Nah, Moms, sekarang hayuk kita berkenalan dulu dengan Halodoc.

Halodoc adalah aplikasi kesehatan terpadu berbasis online yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpecaya dalam memenuhi kebutuhan kesehatan bagi pengguna. 

Tujuan dilaunchingnya Halodoc sendiri menurut Ibu Nana, Offline Marketing Manager Halodoc untuk menyederhanakan akses kesehatan. Pasien dapat terhubung dengan dokter secara online melalui perangkat handphone atau komputer.


Ibu Nana, Offline Marketing Manager Halodoc (docpri)
Saya sudah mendownload aplikasi Halodoc ini dari google play dan sudah mendapatkan manfaat dari konsultasi jarak jauh dari dokter di Halodoc. Semua bisa kita akses secara gratis tanpa biaya bulanan. Dengan tagar Tetap Sehat Tanpa Ribeut ini memang benar saya rasakan sendiri. Ketika anak sakit, saya coba menerapi sendiri dengan menghubungi dokter anak di Halodoc dan menanyakan perihal keluhan anak pada dokter yang anak yang saya pilih. Lumayan menghemat waktu dan tenaga tentunya ya. Kan bawa anak ke dokter itu cukup besar juga effortnya ya hehhe

Apa saja layanan di Halodoc?


Tiga fitur layanan halodoc

Ada tiga layanan di Halodoc: Hubungi Dokter, Apotik Antar dan Lab Service. Semua dapat diakses 24 jam seminggu lewat handphone di genggaman. Jadi sehat tanpa ribeut itu sungguhan lo!

Hubungi Dokter


Hubungi dokter halodoc
Adalah layanan yang memfasilitasi para pengguna untuk berinteraksi langsung dengan ribuan dokter di melalui video call, voice call dan chat. Aplikasi Halodoc memiliki tim medis dari dokter umum, spesialis anak, internis hingga spesialis mata yang online 24 jam.

Apotik Antar



Layanan ini membantu para pengguna dalam membeli suplemen, vitamin dan obat dengan resep dokter yang cepat, aman dan nyaman. Layanan ini juga bisa diakses 24 jam.

Halodoc bekerjasama dengan Go-Jek. Selama ada apotik di dekat rumah kita yang bekerjasama dengan Go-jek, insyaAllah kita akan terlayani dengan baik, tanpa harus keluar rumah. Biaya pengantarannya juga gratis!

Lab Service


Lab service
Halodoc bekerjasama dengan Prodia dalam memberikan kemudahan bagi pengguna untuk melakukan pengecekan kesehatan di rumah atau di kantor dan melakukan cek darah atau urine. Saat ini fitur lab baru dapat dipergunakan oleh pengguna di sekitar Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan.

Nah, Moms, Untuk mengenal Halodoc lebih jauh lagi, Moms bisa mengakses Halodoc di website Halodoc  
website halodoc yang bisa diakses 24 jam lewat komputer (docpri)
Oiya Moms, di Website Halodoc, Moms juga bisa membaca artikel kesehatan sesuai minat Moms, lo. Ada artikel tentang Ibu dan Anak, Kecantikan, Kehamilan. Ada beberapa fitur dalam website Halodoc, seperti gaya hidup, wanita,  penyakit, obat dan vitamin, aplikasi dan jadwal dokter.

Semua akan terjawab dengan mengenai kesehatan Moms, anak dan keluarga. Lengkap banget, tidak perlu keluar rumah Moms untuk mengakses layanan kesehatan. Jadi, tunggu apa lagi? Baca artikelnya di web dan download sekarang aplikasinya di google play atau Apps store. Jangan lupa intip-intip info seputar halodoc di IG dan Facebook, kadang halodoc bikin kuis menarik lo, Moms.

IG: @halodoc
Website: https://www.halodoc.com/ 
Facebook : https://id-id.facebook.com/HalodocID/
#HalodocHariAnak
#PakeHalodoc
#HalodocxMBC

Follow Us @tutiarien