November 26, 2018

# Hotel di Bogor # Hotel Murah

Wisata Edukasi di Kebun Raya Bogor


Hai, Moms, jumpa lagi dong dengan saya. Apa kabar, Moms? Alhamdulillah kabar saya dan anak-anak sehat semuanya.

Hari ini anak-anak kelas 1 SMP, kelas 5  SD dan kelas 2 SD, ujian akhir semester pertama, Moms. Susyah banget ya meminta anak-anak belajar untuk ujian di sekolah. Kalau anak saya alasannya sudah belajar di sekolah, kenapa belajar lagi di rumah. hihii .. bener juga ya, moms.

Akhirnya, saya tanya jawab aja, kayak lagi ngobrol gitu. Daripada mereka gak persiapan sama sekali. Paling enggak sudah berusaha, tinggal tawakal menunggu hasilnya. Betul, gak, moms? 

Ih, moms, gak kerasa ya, setengah tahun ajaran itu sebentar lagi akan berakhir. Siap-siap bagi raport dan liburan deh. Apalagi liburan semester satu ini pas banget dengan libur akhir tahun ya dan lumayan panjang. Kalau moms, mau berlibur kemana?

Ke Bogor aja sih, moms! Ke kota kelahiran saya.Sekarang makin banyak lho tempat wisata keluarganya. InsyaAllah liburan bersama keluarga akan menyenangkan!

Sekilas Tentang Kota Bogor

Dikutip dari Wikipedia, Kota Bogor adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini terletak 59 km sebelah selatan Jakarta, dan wilayahnya berada di tengah-tengah wilayah Kabupaten Bogor. Dahulu luasnya 21,56 km², namun kini telah berkembang menjadi 118,50 km² dan jumlah penduduknya 1.030.720 jiwa.

Kisaran suhu udara di Kota Bogor adalah 23 derajat celcius. Curah hujan lumayan tinggi di Bogor, oleh karena itu Bogor dikenal sebagai The Rain City atau Kota Hujan. Selain itu kota ini juga mendapat julukan Kota Petir, karena  berpotensi petir terbesar di Indonesia bahkan di dunia (versi The Guiness of Book).

Moms, saya lahir dan besar di kota Bogor (Bouitenzorg kata orang Belanda hehe). Dahulu, kota ini terkenal dengan lagu, "Bogor kota indah sejuk nyaman", airnya dingin dan jernih, udaranya sejuk dan bersih. Tapi sayangnya sekarang, dampak pemanasan global menyebabkan suhu kota Bogor meningkat agak panas dari sebelumnya, meskipun airnya tetap dingin tapi agak keruh, mungkin sebab pemakaian air sudah melewati ambang batas, sementara pemeliharaan air tanah kurang diperhatikan. Biasanya sih ini terjadi sesudah hujan deras, dan keruhnya itu pada pagi hari.

Saya mencintai kota Bogor sebagaimana saya mencintai diri saya sendiri. Kadang, saya sedih banget dengan pembangunan kota yang tidak diimbangi dengan memerhatikan dampak pembangunan pada lingkungan sekitar. 

Tapi moms, jangan kuatir, sekarang kota Bogor sudah sangat cantik dan tertata dengan baik. Sekarang ada trotoar yang lebar banget di sepanjang jalan Haji Djuanda Kebun Raya Bogor, melingkar ke arah jalan Jalak Harupat (Sempur)  seputar istana Bogor dan terus ke jalan Oto Iskandar Dinata (Kebun Raya pintu Pasar Bogor) sebagai trek pejalan kaki, orang yang joging dan para pesepeda. 

Jadi, mau berlibur di mana kita? Saya ingin merekomendasikan moms sekeluarga untuk berwisata edukasi di Kebun Raya Bogor. Pokoknya seru banget menjelajahi Kebun Raya Bogor bersama keluarga.

KEBUN RAYA BOGOR

Kebun Raya Bogor (credit: Travelnezia)
Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor adalah sebuah kebun botani besar yang terletak di pusat Kota Bogor, Indonesia. Luasnya mencapai 87 hektare dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. 

Kebun Raya Bogor ini tidak pernah sepi dari pengunjung, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Paling  banyak pengunjung adalah di hari Sabtu dan Minggu. Setiap hari Kebun Raya Bogor buka dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 16.00 petang.

Untuk masuk ke Kebun Raya Bogor, ada 3 pintu yang bisa dilewati. 

Pintu 1 atau pintu utama.

Kebun Raya Bogor - Pintu 1 (credit: treveltodayindonesia)
Pintu ini terdapat di depan Pasar Bogor. Moms, kalau mau ke sini dari Jakarta atau daerah lain, keluar dari pintu TOL Bogor, dari lampu merah dari arah keluar TOL Pajajaran belok ke kiri menuju arah Bogor Botani Square. Setelah itu, di Tugu Kujang atau depan Botani Square belok kiri lagi menuju arah jalan Otista (Pasar Bogor). Nanti setelah ini ambil posisi mobil di kanan ya, karena Kebun Raya Bogor terletak di kanan jalan. Setelah itu belok kanan ke pintu gerbang Kebun Raya Bogor.  

Jika naik kereta, turun di Stasiun Bogor, kemudian lanjut naik angkot (angkutan umum) nomor 02. Angkot ini berwarna hijau dan banyak lalu lalang di depan stasiun. Moms minta turunlah di Pasar Bogor depan klenteng. Kemudian moms menyebrang jalan ke arah Kebun Raya Bogor. Naik angkot kisarannya Rp3.500,- hingga Rp5.000,-

Kalau moms naik taxi online sekitar Rp35.000,- atau ojek online Rp16.000,-.

Pintu 2


saya dan S4 di depan pintu 2 anatar Istana Bogor dan Kantor Pos (Doc.pri: Sri Widiyastuti)


Pintu 2 ini terletak di sebelah Kantor Pos jalan Haji Djuanda. 

Biasanya kalau ada rombongan anak-anak sekolah dengan naik bis lewat pintu 3 ini. Karena anak anak wisata edukasi juga ke LIPI di depan istana Bogor.

Kalau moms naik kereta, turun di stasiun Bogor, jalan dulu ke arah PLN. Nah, dari situ, moms bisa naik angkot 02, turun di depan Kimia Farma atau BCA. Menyebaranglah moms ke Kebun Raya pintu 3. Jarak tempuh hanya 5-10 menit dari stasiun Bogor (kalau gak macet dan gak ngetem angkotnya ya hihihi)

Jalan kaki juga bisa sih moms dari stasiun, tapi gempor hihii ...


Naik taxi online kisarannya Rp16.000,- kalau ojek online Rp7000,-

Pintu 3

Pintu 3 terletak di depan Lippo Mall Pajajaran atau Rumah Sakit Siloam Bogor (eks. Internusa Pajajaran).

Jika naik kereta, turun di Stasiun Bogor, kemudian lanjut naik angkot (angkutan umum) nomor 02. Angkot ini berwarna hijau dan banyak lalu lalang di depan stasiun. Moms minta turunlah di depan Lippo Mall Pajajaran atau RS Siloam Pajajaran. Kemudian moms menyebrang jalan ke arah Kebun Raya Bogor. Naik angkot kisarannya Rp3.500,- hingga Rp5.000,-

Kalau moms naik taxi online sekitar Rp19.000,- atau ojek online Rp9.000,-.

Kalau sudah di depan pintu masuk. Beli tiket sesuai jumlah keluarga. Anak usia 1 tahun - 5 tahun sepertinya sih tidak dikenakan biaya alias gratis. Tapi coba di cross check ya, moms.

Tiket masuk ke Kebun Raya Bogor setiap hari sama.
Wisatawan lokal Rp14.500,-/orang
Wisatawan asing Rp26.000,-/orang
Mobil masuk Rp30.000,-
Parkir kendaraan roda 2 Rp5.000,-

Peraturan di dalam Kebun Raya Bogor tidak boleh membawa sepeda dari luar, karena pihak Kebun Raya menyediakan penyewaan sepeda dengan biaya Rp5.000 sahaja. Tiket masuk ini sudah termasuk masuk ke Museum Zoologi.

Apa saja yang bisa dilakukan di Kebun Raya Bogor?

1. Hanami atau piknik seperti orang Jepang. 

Hanamian ala Bogorians hehe (doc.pri: sri widiyastuti)
Sebelum menjelahi Kebun Raya Bogor, saya sarankan moms gelar tikar dulu di bawah pohon dan nikmati makan siang yang dibawa dari rumah. Kalau kelupaan tidak membawa tikar, jangan kuatir moms, di Kebun Raya ada ibu atau bapak tukang asongan yang menyewakan tikar.

Karena moms, untuk menjelajahi Kebun Raya Bogor dibutuhkan stamina yang kuat dan perut yang kenyang hihihi agar semangat eksplorasinya.

2. Menjelajahi taman bunga Anggrek


Saya dan dua sahabat saya, mbak Linda dan mbak Tridi (doc. pri)
Kalau moms pecinta tanaman Anggrek, Kebun Raya Bogor bisa jadi surga moms, lho. Ada area khusus taman Anggrek ini. Moms bisa melihat betapa banyak spesies tanaman Anggrek di Indonesia dan dikumpulkan di taman ini. 

Di dalam museum Anggrek ini juga terdapat foto-foto ilmuwan botani yang mengembangkan tanaman Anggrek di Kebun Raya Bogor dan kronologinya. Bisa menjadi wisata edukasi keluarga juga lho.

Kalau moms, mau langsung ke Taman Anggrek ini, moms masuk ke pintu 3, di depan Lippo Mall jalan Pajajaran atau Rumah Sakit Siloam Jala Pajajaran Bogor.

3. Menjelajahi Museum Zoologi


Museum Zoologi (doc. Sri WIdiyastuti)
Menjelajahi Museum Zoologi juga merupakan wisata edukasi untuk anak-anak. Ada replika hewan-hewan di seluruh Indonesia seperti, Kelelawar, Harimau, Kerbau, Monyet, spesies ikan, spesies serangga, spesies binatang melata dan yang paling spektakuler adalah melihat tulang ikan Paus.

rangka paus biru (doc.pri: sri widiyastuti)

ada keterangannya kenapa paus biru terdampat di pulau jawa (doc.pri)

4. Menjelajahi Herbarium


Herbarium KRB (credit. brilio.net)
Museum Herbarium buka dari jam 08.00 - 16.00, moms bisa melihat koleksi herbarium di dalam Kebun Raya Bogor dalam sebuah tempat yang berbentuk kubah kaca setengah lingkaran raksasa. Ini adalah wisata edukasi paling menyenangkan bagi anak-anak.

5. Berfoto di spot foto instagramable


Tugu baru di KRB (doc.pri: Sri Widiyastuti)
Moms dan keluarga bisa berfoto di area ini sekitar lapangan rumput. Ada tugu baru yang dibangun. Ada air mancur yang memancar. Buat piknik juga asyik di sini. Masuk ke sini lewat pintu 3.

Selain itu, ada spot lainnya di dekat pintu 1.  Terdapat pigura besar yang menghadap ke danau yang indah berhiaskan tanaman teratai. Berjalan sebentar saja ke depan, moms bisa melihat istana Bogor dari dekat. Istana Bogor dengan Kebun Raya hanya terpisahkan oleh danau saja.

Ini yang namanya foto di Pigura raksasa hehhe (doc. Sri Widiyastuti(
Kalau moms terlupa membawa kamera, moms bisa minta difoto oleh para penjaja jasa fotografi di sekitar itu. Cuma saya lupa harganya berapa satu lembar foto ya.

Ada jembatan merah yang fenomenal. Moms bisa berfoto di sini bersama keluarga.

6. Melihat situs makam keluarga ilmuwan Belanda.


makam Belanda (doc: Sri Widiyastuti)
Tak jauh dari istana Bogor, di dalam Kebun Raya juga ada makam keluarga ilmuwan Belanda. Sering juga di sebut Makan Belanda. Makan ini terawat rapi dan bersih. Tertulis nama-nama ilmuwan di nisan. 

7. Bermain di lapangan rumput yang luas


Saya , mbak Tridi sekeluarga dan mbak Linda di lapangan rumput KRB (doc. Sri Widiyastuti)
Anak-anak moms juga akan puas banget berlari dan bergulingan di atas karpet alami ini. Moms bisa duduk duduk santai sambil memerhatikan anak-anak bermain. Di dekat lapangan itu ada danau yang bersih dan indah. Terkadang air mancurnya hidup, menambah semarak suasana.

Fasilitas Kebun Raya Bogor

Toilet

Paling kesal kalau toilet di tempat umum sudahlah bau, kotor eh bayar juga.

Di Kebun Raya Bogor sudah tidak ada yang seperti itu. Sekarang ke toilet gratis! Selain gratis, toilet pun dipelihara sehingga keadaannya bersih dan wangi. Yah, meskipun tetep saja sih becek mah, iya hehhe tapi jauh lebih baik dari sebelumnya.

Masjid

Di Kebun Raya Bogor juga ada masjid yang terletak di dekat Taman bunga Anggrek. Di dekat masjid ada toilet juga. Mukena disediakan, tapi alangkah bijaknya jika membawa mukena sendiri.

Kafe dan Restoran

Di dalam Kebun Raya ada Kafe Daun. Moms kalau tidak membawa makanan dari rumah, silakan mencicipi kuliner Bogor di Kafe Daun. Letaknya tak jauh dari tempat anak anak bergulingan di lapangan rumput yang luas. 

Kalau tidak mau makan di kafe, di sekitar lapangan rumput pun ada penjual es krim dan mobil kafe. Moms bisa berbelanja minuman dan makanan ringan di kafe mobile ini. Cuma, ya gitu deh, perlu merogoh kocek lebih dalam hihihi

Mobil Keliling

Moms kalau lelah berjalan, karena area Kebun Raya ini luas banget. Bisa naik mobil keliling. Biayanya sekitar Rp30.000,-/orang. Lumayan menghemat energi dan menghemat waktu hehe

Sepeda Sewa

Anak-anak ingin bersepeda, moms bisa menyewa sepeda Rp5.000/unit. Anak-anak akan happy banget bisa mengeksplorasi Kebun Raya Bogor dengan bersepeda. 

Oiya tempat persewaan sepeda dan mobil keliling ada di dekat Pintu 1 ya moms. Di dekat Grand Garden Cafe ke arah Museum Zoologi. 

Wah .. seru banget ya, moms berwisata edukasi di Kebun Raya Bogor.

Tapi, apa mungkin satu hari kelar berkeliling Kebun Raya? 

Kayaknya enggak deh, moms.

Moms kudu menginap di Bogor. Rencanakan tak hanya berwisata edukasi di Kebun Raya Bogor tapi ke tempat wisata lainnya di Kota Bogor. 

Wisata murah meriah banyak kok moms di dalam kota Bogor. Seperti Lapangan Sempur, memberi makan Rusa di depan istana Bogor atau ke Taman Ade Irma Suryani atau Taman Topi.

Di kota Bogor sekarang sudah banyak pilihan hotel untuk menginap, terutama di dalam kota Bogor. Sekarang zamannya online moms. Jadi moms bisa booking hotel saat merencanakan liburan akhir tahun nanti sambil melihat dan membandingkan harga. Biasa kan moms, liburan kudu sesuai budget hhehe

Untuk mencari Hotel di Bogor, kalau saya sih rekomendasikan www.pegipegi.com. Moms bisa mendapatkan sesuai dengan keinginan moms, seperti  hotel murah, hotel unik, hotel dengan kolam renang pribadi atau hotel terbaik di kota Bogor.

Hotel di dekat Kebun Raya ada Amaris Hotel. Lokasinya dekat banget dengan Kebun Raya Bogor, Kampus IPB Baranangsiang, Bogor Botani Square dan Lippo Mall. Dekat juga ke jalan tol.

Klik di situs www.pegipegi.com cari hotel di Bogor
Tadi saya intip Hotel Amaris sedang ada offer lho, moms. Semalam cuma Rp368, 928,- asyik ya. Deket banget ke Kebun Raya, tinggal loncat aja kalau mau hihihi

Caranya mudah banget moms. Moms tinggal klik saja www.pegipegi.com/hotel/bogor. Nanti keluar deh seperti gambar seperti di bawah ini. 

Hotel Amaris Bogor di www.pwgipwgi.com
Selanjutnya, intip deh kamarnya. Sesuai enggak dengan keinginan moms. Kamarnya nyaman banget. Ada spesial promo lho di Hotel Amaris.

kamar di hotel amaris

Jika kamar sudah sesuai, klik lagi fasilitas. Fasilitasnya oke juga yang ini, moms!

Ini dia fasilitasnya. Oke juga, kan!
Selain itu ada hotel lainnya di sekitar Kebun Raya Bogor, seperti Hotel Permata Bogor, Hotel Asana Grand Pangrango, Hotel Royal Bogor, Malabar Park, Mirah Sartika Hotel, Whiz Hotel Pajajaran dan Zest Hotel Bogor.

Jadi, moms, tunggu apalagi? Yuk booking hotelnya sekarang juga di pegipegi.com dan selamat berlibur!

Jangan lupa kontak saya ya, moms, siap deh jadi tour guide ^_^


2 comments:

  1. sayangnya KRB banyak nyamuk. Pastikan mengoleskan lotion anti nyamuk sebelum kesini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, nyamuk kebun itu, besar-besar. makasih tipsnya yaa :-)

      Delete

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien

Follow Us @tutiarien