December 15, 2018

8 Tempat yang Wajib Kamu Datangi di Semarang Sebagai Mantan Mahasiswa

December 15, 2018 32 Comments

Hai, Moms, pernah gak moms merasakan getaran rindu yang hebat ketika tiba-tiba teman-teman kuliah mengirimi foto tempat-tempat yang sering kita datengin waktu kuliah dulu? Duh, rasanya dibawa terbang ke masa silam. Masa dua puluh lima tahun lalu, saat masih ungyu-unyu jadi mahasiswa baru, ketemu teman baru, ketemu suasana baru, kampus baru dan gebetan baru wkwkwk

Kalau sudah begini, harus banyak-banyak berdoa di dalam hati, semoga tidak terjadi cinta lama bersemi kembali, hihihi. Iya, kan, moms, tentu saja kenangan-kenangan manis akan bermunculan manja minta diperhatikan hehhe sementara kenangan buruk dan nelongsonya anak kost justru jadi pemanisnya meskipun sebenernya pait banget heuheu 

Dua puluh lima tahun yang lalu, ada anak perempuan berambut pendek mirip Lady Di, yang baru aja lulus SMA , penampilannya  culun, berkaos oblong, celana panjang jeans putih belel, berjaket hiphop, dengan sendal jepit andalan dan tas pinggang, pergi ke Semarang sendiri. Naik kereta ekonomi. Bawa duit pas-pasan, cuma Rp15.000,- itupun sudah dibelikan tiket kereta Rp9.000 sisa Rp7.000,- entah cukup atau tidak kalau balik lagi ke Bogor dengan uang segitu.

Sendiri di dalam kereta malam ekonomi, hanya dengan satu tekad, ingin berhijrah menuju kebaikan. Alhamdulillah, anak perempuan culun itu diterima di sebuah institut keguruan dan pendidikan negeri di kota Semarang (yang sekarang sudah berganti menjadi Universitas Semarang).

Allah Maha Baik, saat kuliah semester satu, anak perempuan itu mendapatkan hidayah dan mengenakkan pakaian takwa. Ia mengubah cara berpakaiannya dari tomboy menjadi anak perempuan yang feminim dan manis. Alhamdulillah, banyak kebaikan yang diraihnya setelah menjalani kehidupan setelah berhijrah.

Anak perempuan itu saya. Duh, kalau inget waktu itu, tak terasa air mata suka berlinangan sendiri. Allah sayang sama saya. Tanpa pertolongan Allah saya tidak akan menjadi seperti saya yang sekarang.

Saya (tengah) bersama teman-teman kost, 25 tahun lalu di rumah kost Sampangan.
Waktu jadi mahasiswa, meski hidup prihatin sebagai anak kost, alhamdulillah setiap lebaran saya masih bisa pulang ke Bogor naik kereta api ekonomi dan kembali lagi ke tempat kuliah dengan naik  bus ke Semarang

Kalau ingat zaman kuliah dulu, saya jadi ingin banget napak tilas ke Semarang bersama anak-anak saya dan suami. Ingin memperlihatkan tonggak sejarah seorang anak perempuan culun yang bukan siapa-siapa kemudian berubah menjadi seorang ibu pembelajar yang manis dan bersahaja ini (eheemm). 

Terus kalau sudah di Semarang, inilah 8 tempat yang wajib saya datangi.

1. Kampus Berwawasan Konservasi Universitas Semarang (UNNES).

Tahun 1993, saya mengikuti ujian kemasukan universitas negeri (UMPTN) di Semarang. Berbekal tekad yang membaja dan doa dari mama dan papa. Waktu itu saya memilih jurusan Tata Busana (IKIP Semarang) dan Antropologi (UI).   Alhamdulillah, tak sia-sia ujian di Semarang, saya lolos ujian seleksi dan diterima di IKIP Semarang. Mulai saat itu, saya menjadi "Orang Jawa" hehhee 

Pertama kali, saya tinggal bersama dengan kakak saya. Kebetulan, kakak ipar sedang tugas di Karantina Tumbuhan di Semarang. Setelah tugasnya selesai, saya kost di dekat kampus yang dulu masih di Jalan Kelud.

Kampusku sekarang, UNNES (google)
Dari awal perkuliahan, jurusan saya yang sering pindah-pindah kuliah. Dari awal kuliah di Jalan Kelud, terus ke Bendan, pindah lagi ke Gunung Pati. Jadi bingung mau kost dimana. Alhamdulillah, sebagai mahasiswa, dulu saya ada tempat tinggal yang gak bikin bingung, hihihi saya menginap di rumah sahaabat saya yang akhirnya menjadi sodara sepupu, karena menikah dengan sodara sepupu saya hihihi

Itulah, rejeki dari Allah, bertemu dengan orang-orang yang baik dan saudara yang baik.

Sekarang IKIP Semarang sudah berganti nama menjadi Universitas Semarang. Kampusnya di Gunung Pati sudah cantik banget. Makanya saya ingin sekali bisa napak tilas ke sana. Ingin menjejakan kembali kampus yang luar biasa itu. Yang memiliki tanah yang tidak stabil. Kalau naik bis dari Sampangan ke Gunung Pati, bis bisa miring-miring begitu dan tentu saja dengan kondisi jalan yang luar biasa mengerikannya. 

Hiburan satu-satunya adalah pemandangan alam yang indah. Meskipun lelah di dalam bis. Empet-empetan dengan bau kelek mahasiswa, tapi Allah beri kami hiburan pemandangan alam yang masih asri dan menyejukkkan mata.

Dengar dari kabar teman-teman, sekarang Gunung Pati dah banyak perumahan bagus dan tumbuh villa. Ada taman wisata juga, dah rame lah intinya. Jadi makin mupeng kan jadinya heuheu

2. Masjid Jami' Ulul Albab Kampus UNNES

Nah, saya juga ingin sekali napak tilas ke masjid ini. Di masjid ini pertama kali saya dicemplungi untuk berani mengisi sebuah Kajian Muslimah. Waktu itu, saya diminta untuk mengisi Kajian Muslimah tentang Seni Merawat Diri. Yah, karena saya kan kuliah di jurusan Tata Busana, tentu saja saya dekat dengan mata kuliah perawatan diri. Ini dikaitkan dengan seni merawat diri seorang muslimah.

Pertama kali mengisi kajian, tentu saja ini menjadi challenge bagi saya. Tantangannya banyak, salah satunya mengusir grogi dan menumbuhkan percaya diri pada diri sendiri. Jujur, deg-degan banget hahaha sampe kayaknya banyak banget salahnya saat itu.

Sayang, gak ada yang moto hihihi jadi kenangan itu hanya tesimpan indah di dalam hati. Pengalaman pertama yang sungguh bikin malu sekaligus bikin bangga sih hahhaa jadi motivasi untuk terus belajar.

Masjid Ulil Albab (situs masjid ulil albab http://masjid.unnes.ac.id/)

Dulu, saya sempat merasa, kayaknya saya salah ngambil jurusan. Setelah berhijrah saya kebingungan dengan larangan ini dan itu dalam agama. Maklum baru belajar, jadi takut salah melangkah. Tadinya saya mau pindah ke jurusan Bahasa Inggris. Tapi dapat nasehat dari kakak, semua ilmu itu ada manfaatnya. Bisa jadi langsung keliatan bisa jadi ditangguhkan. Dan memang demikianlah adanya. Hingga, alhamdulillah saya bisa menyelesaikan kuliah dalam watu 5 tahun. (lamaa yaa hihihi)

3. Perpustakaan UNNES

Perpustakaan IKIP Semarang atau sekarang namanya UNNES, dulu tempat saya nongkrong nyari bahan skripsi. Kadang juga tempat berteduh dan mendinginkan badan hihihi.

Enak banget hawa di perpustakaan ini. Setelah berjalan kaki jauh dari pintu pagar perpustakaan, begitu sampai di dalamnya, ademm banget.

Pepustakaan ini juga lumayan lengkap juga dan nyaman. Makanya wajib hukumnya saya datang ke perpustakaan ini agar saya bisa merasakan lagi aura 20 tahun lalu ditengah modernisasi saat ini hehhe.

Selain perpustakaan Unnes, saya juga kerap ke perpustakaan daerah Jawa Tengah di jalan Sri Wijaya. Duh kangennya masa-masa jadi mahasiswa. Aroma perjuangannya di mulai di perpustakaan ini. Jadi kangennnn ...

4. Masjid Baiturrahman Semarang

Masjid ini letaknya di jalan utama kota Semarang. Kalau saya lewat ke Simpang Lima, pasti saya sempatkan shalat di Masjid kebanggaan orang Semarang ini. Suasana adem dan menenangkan kalau sudah berada di dalamnya.

Setiap hari Ahad, ada kegiatan drum band di masjid ini. Suka banget melihatnya. 

di Masjid Baiturrahman, 20 tahun lalu :-)
5. Simpang Lima

Kalau sedang jenuh dan ingin refresing, biasanya saya ke Simpang Lima bersama teman-teman. Simpang Lima ini adalah sebuah lapangan yang berada tepat di tengah kota Semarang. Disebut Simpang Lima karena merupakan tempat pertemuan dari lima jalan yang menyatu, yaitu Jalan Pahlawan, jalan Pandanaran, jalan Ahmad Yani, jalan Gajah Mada dan jalan Ahmad Dahlan

Pernah waktu krisis ekonomi tahun 1996, saya dan teman teman menuju ke Simpang LIma untuk mengikuti aksi gerakan mahasiswa untuk reformasi. Waktu itu, lumayan genting juga, hingga akhirnya, saya dan teman-teman tidak jadi berkumpul di lapangan sebab ada informasi, agar mahasiswa perempuan kembali ke kampus. 

Simpang Lima, kini (credit: reviewsemarang.com)
Oiya, di Simpang Lima ini juga menjadi ajang kumpul keluarga yang murah meriah. Di Simpang Lima juga ada Matahari Mall dan Ciputra Mall kalau ga salah ya. Kalau sore dikit aja, banyak warung angkringan yang murah meriah. Tapi awas ya, bagi kita yang muslim, hati-hati, sebab di warung angkringan ini juga menjual masakan Maros (darah yang dibekukan, bentuknya seperti hati) dan daging anjing. Banyak kok kuliner yang halal dan enak di daerah ini. Jadi jangan khawatir yaa :-)

6. Pasar Johar Semarang

Pasar Johar adalah pasar yang sering banget saya datangi bersama teman-teman. Karena kuliah saya di Tata Busana, maka banyak sekali tugas yang berhubungan dengan perkainan dan alat menjahit. Dan itu saya dapat lengkapi di Pasar Johar.

Pasar Johar (situs jejakpiknik.com)
Pasar Johar ini letaknya di kota lama. Berdekatan dengan Lawang Sewu dan Kantor Pos.

Pasar Johar ini adalah pasar terbesar di Kota Semarang. Belanja kain di Pasar Johar ini jadi ajang wisata juga lho. Dulu itu kerudung saya, saya jahit sendiri. Saya beli kainnya di pasar Johar dan itu beneran ngirit banget. Dengan warna kain yang warna warni dan bahan yang bagus, saya bisa menghemat pengeluaran pembelian kerudung lebih banyak.

Makanya dulu saya sempat kaget juga dengan harga kerudung yang harganya hampir seratusan, duh, enak jaman saya dulu, kerudung segi empat ukuan 1,5 x 1,5 M, hanya Rp15,000 sahaja. Tapi kan itu jaman waktu makan di warung bisa 500 rupiah ya hihihi Bayar SPP juga cuma Rp175,000., ye kannn ..

Di Pasar Johar, pernah juga saya kecopetan. Gak ada duitnya sih, pas banget cuma bawa duit 5000 rupiah. Yang saya keselin adalah, itu dompet yang diambil maling, dompet saya dari temen saya yang dari Aberdein, Scotland.  Plis deh, palingan itu dompet dibuang ke tempat sampah karena enggak ada duitnya. Sampai sekarang saya terkenang banget sama itu dompet dan selalu berujung kesel sama copet.

Jadi, be carefull ya, Moms. Tapi sekarang sih katanya Pasar Johar sudah relokasi dan sudah direnovasi ya. Lebih cantik dan lebih aman. Jadi tambah mupeng deh main ke Semarang terus ke Pasar Johar.

7. Kantor Pos Semarang

Nah, salah satu tempat yang wajib saya datangi salah satunya adalah Kantor Pos Semarang. Tempat saya merasa bahagia banget, karena bisa mencairkan wesel yang dikirim oleh papa. 


Kantor Pos Semarang (situs kantor pos Semarang)
Kantor Pos Semarang ini letaknya di kota lama Semarang. Bangunannya besar dan merupakan hasil karya arsitektur zaman Belanda. Kantor Pos ini besar banget dan kalau saya berada di dalamnya, seperti dalam film-film zaman dulu tea. Klasik banget. Meski ada rasa aneh dan agak takut gitu hehe apalagi kalau malem-malem lewat sini. 

Tapi, jujur saya ingin sekali datang lagi ke kantor pos ini. Nostalgia merasakan kebahagiaan sebagai anak kost hihihi Kerasa banget kayaknya setiap perak uang saat itu, beneran bersyukur banget sampai bisa melewatinya masa-masa susah dan senang dengan baik.


8. Lawang Sewu

Lawang Sewu adalah gedung gedung bersejarah di Indonesia yang berlokasi di Kota Semarang, Jawa Tengah. Gedung ini, dahulu yang merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907.

Nah, Lawang Sewu ini yang belum pernah saya datangin nih. iya, beneran, Moms. Lima tahun di Semarang, dan mendengar cerita mistis dari Lawang Sewu membuat saya jeri untuk sekadar lewat di Lawang Sewu.

Lawang Sewu (credit www.ilhamsadli.com)
Lawang Sewu ini sering saya lewati kalau saya hendak ke Pasar Johar. Di sebelahnya Lawang Sewu, kalau tidak salah ada Sinagog juga di dekat situ. Jadi kalau lewat situ kayaknya muram dan suram banget. Itu dulu yaaa ...

Sekarang Lawang Sewu sudah semakin cantik dan tidak menyeramkan. Menjadi salah satu destinasi pariwisata Semarang.

Lawang Sewu di malam hari (credit: www.ilhamsadli.com)

Tuh, cakep ya, Lawang Sewu di malam hari. Sudah enggak mengerikan lagi, kan ya. hehhe Jadi makin mupeng ke Lawang Sewu. Nyesel banget pas jadi mahasiswa saya penakut banget hihhi

Nah, moms, jadi kemana kita berlibur nih? Hayuk kita napak tilas aja, yuk. Sambil memberikan edukasi kepada anak-anak bahwa menjadi mahasiswa perantau dan anak kost yang hidup prihatin itu menyenangkan.

December 11, 2018

Advan S6 4G, Smartphone dengan Teknologi Security Fingerprint

December 11, 2018 0 Comments

Hai, Moms, apa kabar? Jumpa lagi dong dengan saya. Beberapa waktu ini medsos lagi ramai ya dengan keluhan para Mommies yang resah dengan iklan dari sebuah e-commerce yang menampilkan artis Korea dengan pakaian yang berpakaian minim di jam anak-anak kecil nonton film serial anak-anak. 

Lagipula, kenapa juga itu e-commerce dipasang dijam anak-anak gitu ya. Kayak gak ada jam lainnya. Mbok, pihak tivi juga memerhatikan bentuk iklan yang akan ditayangkan. Ramah anak atau tidak.

Untungnya di rumah gak punya tipi. Tapi … ehtapi .. tetap saja, saya suka parno juga sih, kalau anak-anak mulai buka-buka hape, terus main game. Kuatir ada iklan-iklan yang tak senonoh gitu. 

Jadi, akhirnya saya sering mengunci hape saya dengan kode PIN. Tapi … namanya anak-anak pinter banget deh. Kode saya selalu saja bisa dipecahkannya, dari mulai kode PIN dan pola. Semuanya bisa dipecahkan. Kayaknya kudu ganti kode lain neh.

Nah, baru-baru ini Smartphone Advan mengeluarkan smarthphone baru dengan fitur keamanan dengan cara Fingerprint scanner. Wow .. ini dia! Bisa jadi solusi cara mengunci smartphone yang aman dan gak gampang dibobol heuheu

Dulu, sih tahunya teknologi Biometric Used, seperti memakai scan retina, rekam suara, rekam wajah, semua itu saya lihat di film-film kayak Star wars, Star trek gitu ya. heuheu jadoel amat ya tontonannya hihi terus berkembang ke fingerprint, di film Back to The Future 2. Wow .. sekarang malah sekarang teknologinya beneran berkembang ya.

Waktu mudik dari Malaysia ke Indonesia tahun 2013, passport saya sudah biometric juga dengan cara fingerprint. Kantor-kantor juga sudah memakai Fingerprint untuk absen kehadiran. Keren ya.

Nah, teknologi Fingerprint juga dipakai oleh Advan untuk keamanan smartphone Advan S6. Ini salah satu keunggulan fitur Advan S6 yang dapat meningkatkan keamanan penggunaan smartphone, karena dengan fitur keamanan fingerprint, hanya kita saja yang bisa mengakses HP smartphone Advan S6 ini. Karena sidik jari masing-masing orang tentu saja berbeda.



Setelah saya intip-intip Advan S6 ini, Moms, gak cuma fitur yang canggih ini yang dimiliki Advan S6, tetapi dia juga memiliki keunggulan-keunggulan yang lainnya, termasuk harganya yang murah bingit. Kagak ada sejuta, lho, harganya.

Oke deh, mari kita lihat spesifikasinya yang sudah dirangkum dari Smartphoneku dan pastinya lebih lengkap ya ..

SPESIFIKASI ADVAN S6

Advan S6, baru saja release, Moms, masih hangat banget, bulan Oktober 2018. Resolusi layarnya: 960 x 480 Piksel dan memiliki Rasio 18:9. Sistem operasinya IDOS 7.3@Android 7.0 dengan RAM: 1 GB. Dengan tipe baterai: 2200 MAh yang dapat dilepas.


Fitur Multimedianya juga lengkap, dengan sepsifikasi sebagai berikut:

Kamera Belakang : 5MP, GC5025, F2.2, AF. 
Kamera Depan 2MP, GC2385, F2.2, FF
Video 1080p@30fps (Kamera Belakang)
Fitur Lampu Flash 170mA (Kamera Belakang)



GENERAL

Teknologi GSM / HSPA / LTE
Jaringan 4G LTE yang menjadi fitur unggulan dari Advan S6 4G ini, memberikan layanan akses internet yang cepat sehingga membantu banget bagi kita yang sehari-hari bekerja dengan bantuan internet.

Selain itu, juga memiliki Gprs dan Edge. Dilengkapi juga dengan jaringan 2G 900/1800, 850/900/1800/1900 dan jaringan 3G, WCDMA, HSDPA/HSUPA 21Mbps/5.76Mbps, 2100MHZ, 850/900. 

Jaringan 4G FDD LTE, LTE CA4 R9. 150Mbps/50Mbps,Kecepatan 150Mbps



BENTUK MODEL

Dimensi 151.5 X 73.9 X 8.9 Mm
Berat 166 G
Bahan Crystal
SIM SIM Nano Ganda + TF

LAYAR

OS & CPU

MEMORY

Tipe LCD IPS
Lebar 5,34 Inci FWVGA
Resolusi Layar 960 X 480 Piksel, Rasio 18:9
Sentuhan Iya
- TP Sentuh 2,5D
Sistem Operasi IDOS 7.3@Android 7.0
Chipset Spreadtrum - SPM6424 - 21
CPU SC9850KL 1.3G Quad-Core@28nm
Cortex A7
GPU Mali-T820
Kartu Memory MicroSD, Hingga 32 GB
Memory Internal 8 GB
RAM 1 GB

SOUND

Tipe Getaran, MP3, Nada Dering WAV
Loudspeaker Iya, SMART PA
Jenis Jack 3.5 Mm Jack

KONEKTIVITAS

WLAN 802.11 B/G/N 2.4G
Bluetooth BT4.2 Energi Rendah (BLE)
GPS Iya, Dengan A-GPS, GLONASS
Radio FM Radio
Tipe Usb OTG USB2.0
NFC -

FITUR TAMBAHAN

Sensor G-Sensor, Membuka Kunci Sidik Jari,
Buka Kunci Kecepatan
Jenis Pesan SMS (Tampilan Ulir), MMS, Email, Push
Email, IM
Peramban HTML5
Fitur Lainya
- MP3 / AAC / AAC + / AMR
- Kabel USB
- Earphone
- Pengisian Baterai

BATERAI

Tipe Baterai Baterai 2200 MAh Yang Dapat Dilepas
Siaga 200 Jam
Aktif 500 Menit (2G) Dan 200 Menit (3G)

WARNA

Pilihan Warna Black (Hitam), Blue (Biru) Dan White (Putih)

HARGA ADVAN S6

Harga Baru Advan S6 Rp. 870.000.00

Nah, Moms, itulah spesifikasi dari Advan S6 4G. Dari spesifikasi di atas bisa disimpulkan bahwa hape Advan S6 4G ini juga disainnya nyaman ergonomis. Fitur-fiturnya lengkap meskipun harganya murah, beneran gak murahan. 

Apalagi dengan keamanan yang makin canggih, seperti fingerprint ini, keamanan kelas tinggi ini mah ya, dan biasanya ada di hape-hape mahal. Dengan memiliki Advan S6 4G, kita pun punya kesempatan memiliki hape dengan fitur keamanan yang eksklusif dengan harga yang terjangkau.

December 04, 2018

So Good Spicy Chicken Strip, Spicy, Juicy dan Full Meat!

December 04, 2018 4 Comments

Berbicara tentang keanekaragaman kuliner Indonesia, mau diomongin dari pagi sampai pagi lagi juga gak bakalan selesai dalam waktu 24 jam. Indonesia itu kaya banget. Kaya akan rempah-rempah dan bahan makanan yang beranekaragam warnanya. 

Rempah-rempah dari mulai biji pala, merica, cengkeh, adas, lada, kapulaga, kayu secang, bunga talang,  bunga lawang, kayu manis, kapulaga dan lain sebagainya. Jadi gak heran kalau kuliner Indonesia itu terkenal banget dengan bumbunya yang hmm .. mengundang selera makan. 

lada putih -suaraantara.com-
Dulu waktu saya tinggal di Jepang, waktu itu saya kedatangan tamu, teman-teman dari Tokyo pada silaturahim ke rumah saya yang berada di pelosok Utsunomiya Shi. Suami saya memasak Gulai daging Kambing. Dan apa kata temen temen saya, gulai daging kambingnya enak banget. Saya agak tersanjung juga sih, tapi gak mau ngaku-ngakulah ... lah itu buatan tangan suami saya.


Suami saya memang lebih jago masak dari pada saya, dan saya akui banget. Makanya dia dijodohkan dengan saya yang cuma bisa makan, agar bisa saling melengkapi, ye kann hihihi

Di Malaysia dulu pun demikian, mereka juga kulinernya berempah juga. Tapi menurut saya, kuliner Indonesia itu punya ciri khas yang istimewa banget. Meski serupa tapi tak sama. Saya bisa membedakan, mana rendang Padang dan rendang kemasan yang dijual di Malaysia.

Karena ini menyangkut cita rasa dan cita rasa Indonesia itu khas banget dan istimewa.

Saya bersyukur lahir dan besar di Indonesia. Meski akhirnya sempat tinggal di lain negera, kerinduan kepada kuliner Indonesia menjadi salah satu momen tak terlupakan selama di negeri orang.

Nasi kuning berpadu dengan nasi Kisheki han untuk perayaan ultah, ada ayam dan sambel juga heuheu
Sebab itulah, akhirnya saya jadi belajar masak masakan khas Indonesia. Selain untuk mengobati kerinduan pada kuliner Indonesia juga untuk memperkenalkannya kepada teman dan tetangga saya waktu di Jepang, seperti teman dari Rusia, Korea, Jepang, Vietnam, Bangladesh, Malaysia, Amerika dan India.

Mengenang itu semua, saya pernah pada suatu ketika ingin sekali makan ayam goreng dengan sambel terasi buatan ibu saya. Sayangnya, baik itu di Jepang dan Malaysia saya tidak menemukannya. Saya juga enggak pinter banget bikin sambel. Jadi akhirnya, saya hanya bisa menelan ludah saja ketika melihat teman-teman saya menikmati sambel yang bikin "seuhah".

Kumpul-kumpul, makan bersama, menjadi momen indah ketika merantau
Jujur, saya paling ngeri makan sambel hihihi cuma sambel buatan ibu saya yang pas dilidah dan di perut saya. Gak terlalu pedas dan enak banget. Makan sambel pakai nasi panas yang masih "hoka-hoka" panas mengepul begitu, saya bisa makan terus terusan meski cuma tambahannya ikan asin.

Kalau ada sambel, saya palingan cuma colek-colek sabun gitu, gak berani makan banyak-banyak. Kuatir ada pemberontakan dalam perut saya heuheu

Nah, ingat sambel, jadi inget video teaser So Good Spicy Chicken Strip. Kayaknya makan ayam goreng itu enak banget, karena spicy gitu. Sampai yang makannya merem melek dan ngomong sampai kepedasan, Hedass .. henggigit, katanya heuheu

So Good Spicy Chicken Strip #BahasaPedasSoGood
Saya pun penasaran dan bikin challenge sama si Kakak. Kebetulan, Sulung saya itu suka banget makanan yang spicy. 

Saya membeli So Good Spicy Chicken Strip di Giant, Bogor Botani Square. Eh, cuma ada satu bungkus lagi. Kayaknya best seller nih, mpe susyah banget menemukan So Good Spicy Chicken Strip. Cuman sebungkus, gak cukup dong. Saya cari lagi, alhamdulillah ada di Jogja Departemen Store. Oiya, saat saya berbelanja di Jogja, lagi ada potongan harga Rp5.000,- lho untuk pembelian So Good Chicken Nugget, akhirnya sekalian deh, beli chicken nuggetnya.

Sampai di rumah, saya siapkan peralatan masak (kayak mau masak apa aja sih ehhe). Minyak gorengnya yang baru ya, Moms, agar proses menggorengnya lebih sehat.

Pertama-tama saya menggoreng Chicken nugget dulu untuk anak-anak yang kecil. Lalu setelah itu menggoreng Spicy Chicken Strip. Tak perlu lama-lama. Cukup 4-5 menit hingga ayam goreng keemasan.

Sajikan selagi panas dan rasakan sensasinya, hspicy, hjuicy, hedassss, hanas dan hetagihan deh hehehe

Malam-malam, dingin-dingin, saya, si Kakak dan Teteh (dua anak gadis saya) masih melek. Kami saling adu kecepatan makan ayam goreng Spicy Chicken Strip. Suami saya sudah duduk di tempat tidur, jadi malas ikutan. Padahal suami saya rajanya makan makanan pedas juga, mirip sama si sulung hehehe

Dan akhirnya, yang menang challenge itu ... tidak ada .. sebab saya juga gak mau kalah, alhamdulillah perut saya tidak memberontak. Tandanya pedasnya masih dalam taraf aman.

Produk Knowledge

So Good Spicy Chicken Strip
Pertama-tama yang saya cari dari semua makanan olahan siap saji adalah kehalalan produk. Alhamdulillah So Good Spicy Chicken Strip ini sudah ada sertifikat halalnya. Jadi saya sudah tidak perlu ragu lagi atas kebaikan dari makanan siap masak ini.

So Good spicy chicken strip ini terbuat dari  daging paha ayam fillet yang  juicy, berpadu dengan bumbu marinasi pedas spesial, dilapis dengan tepung crispy, menjadikan So Good Spicy Chicken Strip pilihan kaya protein yang lezat, spicy, juicy, crispy, ala restoran dan praktis.

Informasi Nilai Gizi :

Takaran Saji : 100 g
Jumlah sajian per kemasan : 2.5

Jumlah per sajian
Energi total : 250 kkal
Energi dari lemak : 140 kkal
Lemak Total: 16 g / 24 %
Protein: 13 g / 21%
Karbohidrat: 15 g / 4 %
Natrium / Sodium: 500 mg / 33 %

Harga Spicy Chicken Strip ini berkisar antara Rp35.600,- hingga Rp38.000,-. Bisa dibeli secara online juga di Bibli.com, Toped dan Bukalapak atau offline juga. Kalau di Bogor, saya membeli di Giant Bogor Botani Square dan di Jogja Departemen Store jalan Baru Bogor.

Produk baru dari So Good ini, keunggulannya itu Spicy, Cripsy, Juicy dan isinya daging semuah, moms. 

Dan satu lagi keunikannya, makan So Good Spicy Chicken Strip, kita juga jadi kebawa deh ngomong #BahasaPedasSoGood hihi 

Gak percaya? yuk cobain barengan, moms!

December 03, 2018

Hidup Bahagia dengan Jantung Sehat

December 03, 2018 0 Comments

Hai Moms, apa kabar? Semoga moms dan keluarga selalu dalam keadaan sehat wal afiat ya. Tentu kita tidak pernah lepas dari berita baik dan berita buruk ya, Moms. Begitu juga dengan berita teman yang sakit, kemudian meninggal.  Teman yang meninggal mendadak padahal tidak kelihatan sakit yang menahun.

Moms, tentu kita tidak akan pernah mengingkari takdir ALlah, ya. Karena, kita paham, bahwa rejeki, jodoh, ajal, akhir hidup kita, sudah ditentukan oleh Allah yang Maha Kuasa.

Tetapi, dari buku-buku dan artikel kesehatan yang saya baca, saat ini banyak muncul penyakit degeratif yang berawal dari gaya hidup yang kurang sehat. Seperti misalnya, penyakit diabetes, penyakit jantung, penyakit kanker dan lain-lain.

Tentu penyakit-penyakit degeneratif ini mengurangi kebahagiaan kita bersama keluarga. Sedih sekali jika salah satu keluarga kita sakit. Apalagi jika terkenanya langsung stadium 3 atau 4, seperti apa kesedihan kita, ya.

Contoh paling dekat dengan hidup saya adalah saya pernah berada dalam situasi yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Suami saya pernah berhenti jantung beberapa detik.

Ceritanya, pada tahun 2012, saat kami tinggal di Malaysia. Suatu hari, suami saya mengalami keringat dingin yang kami sebab alergi makanan. Karena suami saya mengalami benjol merah dan gatal di bagian wajah dan belakang punggungnya. Kemudian tidak lama kemudian dia mulai berkeringat dingin dan merasa tidak enak badan. Itu berlangsung selama kurang lebih 7 jam. 

Malam hari, suami saya tidak bisa tidur karena merasa lemas dan perasaan tidak enak. Pukul 3 dini hari, suami saya menelpon temannya minta diantar ke klinik di dekat rumah. Dan saat itu saya sedih banget, kami ada mobil tapi saya tidak bisa nyetir mobil huhuhu Tak lama kemudian, teman suami datang dan mengantarnya ke klinik.

Setelah itu, hubungan ponsel saya dengan suami tidak tersambung. Saya telpon berkali-kali tidak diangkat. Saya tunggu beberapa saat, tapi hingga 3 jam, suami saya sama sekali tidak bisa dihubungi.

Saya terus berdoa semoga suami saya baik-baik saja. Saya semakin cemas, ketika anak-anak menanyakan ayahnya, karena tidak ada ketika anak-anak bangun dari tidur. Saya coba menghubunginya lagi, dan tidak ada kabar.

Hingga pukul 6 pagi, suami saya pulang ke rumah masih dalam keadaan lemas dan saya biarkan suami beristirahat lagi.

Setelah suami agak mendingan, saya mencoba menanyai suami, kenapa telpon dari saya tidak diangkat. 

Cerita dari suami saya, ketika sampai di klinik, alhamdulillah ada dokter jaga. Suami saya pun diperiksa, ketika tengah diperiksa, suami saya pingsan. Dokter membawa suami saya dengan ambulance langsung ke Klinik Universitas yang menjadi afiliasi dari klinik kecil tersebut.

Suami saya masuk UGD dan diobservasi hingga 3 jam. Alhamdulillah suami saya langsung ditangani dengan baik dan Allah memberinya kesempatan hidup kembali. Karena kata suami saya, jantungnya sempat berhenti berdetak selama beberapa detik. MasyaAllah ..

Sungguh, itu adalah pengalaman yang sangat berharga bagi kami. 

Setelah kejadian itu, saya dan suami bekerjasama untuk mengubah pola pemakanan suami saya dan gaya hidupnya. Saya lebih memerhatikan pola makan suami, tidak makan nasi dan memilih havermut atau beras merah untuk mengganti nasi. Memperbanyak sayur dan buah dan mengurangi makanan berlemak dan minyak-minyakkan. Suami saya jadi setengah vegetarian, meski masih makan ikan juga, tapi sedikit.

Memang tidak mudah, sebab suami saya suka makanan berlemak dan gurih, tetapi untuk sehat, dia mau makan buah dan sayuran yang saya sediakan. Kadang juga saya sediakan raw juice dan air rendaman/infuse water lemon. 

Alhamdulillah, sekarang suami saya sudah lebih sehat. Meskipun perutnya tetap gendut tapi tidak segendut dulu. Dia juga rajin olahraga. Dan berat badannya sudah agak turun. 

Menurut pengakuan suami, sejak dia meninggalkan makanan yang enak dan nikmat itu, dan lebih banyak makan buah dan sayuran serta rutin minum infused water, olahraga teratur, dia merasa lebih sehat dan bugar.

Alhamdulillah, saya sangat bersyukur dengan progress suami saya sejauh ini yang dari hari ke hari semakin sehat. Itulah yang bisa saya lakukan untuk mensupport suami dan keluarga kecil saya. Karena dengan sehatnya salah satu anggota keluarga menjadi sumber dari kebahagiaan kami.

Follow Us @tutiarien