December 21, 2018

# Cookies # Monde Boromon Cookies

Momen Berharga Melatih Motorik Si Kecil


Moms, tentu punya momen berharga dalam hidup mommy, ya, kan? 

Alhamdulillah, saya pun punya banyak moms. Salah satu momen berharga itu momen dimana saya dapat mendampingi tumbuh kembang si kecil. Melatih motorik si kecil  dan mencatat setiap tumbuh dan berkembangnya dari hari ke hari, bulan ke bulan dan hingga dia mencapai usia mandiri.

Saya bersyukur sekali dapat mendampingi tumbuh kembang anak-anak saya dari si sulung, sampai Saki, si bungsu. Melihat sendiri proses mereka belajar tidur miring di usia 0 bulan, membalikkan badan/telungkup di usia 3 bulan, kemudian mengangkat kepalanya, merangkak, kemudian duduk dan berdiri, berjalan sendiri, berlari ke sana- ke mari dan mendengar tawa cerianya saat bermain.

saking excitednya, Saki ketawa gemas gitu hihihi (doc pri)
Baru-baru ini saya bertambah bahagia banget, karena putri saya, Saki (22 bulan) sudah dapat  memanggil saya "Umi". Hal yang saya tunggu-tunggu sekali, setelah stimulasi yang dilakukan. Biasanya hanya mulutnya saja yang bergerak setiap kali memanggil Umi, mengikuti mulut saya. Saki lebih mudah mengucapkan mama dan papa dibandingkan umi dan abi. Tapi kemarin itu sungguh, pencapaian yang luar biasa pada Saki. Ia bisa memanggil saya dengan Umi dan memanggil Abinya, Bii ...

Ia juga bisa memanggil nama panggilan kakak-kakaknya dengan baik, Teteh, abang, kakak, Sarah (Salah . masih cadel) dan memanggil Piye (Pee) ...

bermain seluncuran di taman bersama kakak (docpri)

Saki juga paham, namanya Saki. Untuk mengetahuinya, saya menyebutkan nama-nama kakak, dan Saki akan menunjuk, demikian juga jika di sebut, "Saki?" dia menunjuk dirinya sendiri.

Inilah yang disebut kecerdasan bahasa. Saki sudah memahami tentang dirinya dan orang lain. Saki juga mengerti dana paham apa yang dibicarakan oleh orang-orang di dekatnya.

Salah satu kecerdasan bahasa  Saki yang menggemaskan adalah ketika ia mulai cerewet sekali bertanya, apa? 

Ia bisa mengulang, pertanyaan apa? terhadap benda yang dilihatnya atau percakapan yang di dengarnya. hihihi Gemess bangett ^_^

Belum lagi ulahnya yang sekarang banyak gaya banget. Dari mulai salto, joget-joget kalau mendengar suara musik, melompat-lompat di tempat tidur dan kemampuannya naik-naik sudah tidak bisa dipungkiri lagi, sebab dari usia 7 bulan, dia sudah pandai manjat tempat tidur atau teralis jendela kamar. Sungguh saya sangat terpesona dengan kemampuan-kemampuan seorang bayi yang bertahap menjadi anak balita ini. Amazing! MasyaAllah ...

Sekarang Saki berusia 22 bulan, sebentar lagi 2 tahun. Semakin hari, semakin lincah saja. Tidak mau diam. Agar Saki tumbuh sehat dan berkembang sesuai usianya, saya berusaha menstimulasinya dengan baik. Baik itu menstimulasi kecerdasan akalnya, fisiknya, sosial emosinya dan juga  kemampuan motorik halus dan motorik kasarnya.

Stimulasi Motorik Halus Si Kecil Usia 2 Tahun

Motorik halus adalah kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil dan  kordinasi mata dan tangan.

Keterampilan ini meliputi: menggenggam benda di tangannya, meremas, memasukan benda ke dalam mulutnya, menyobek kertas, menempel, memegang pinsil/krayon atau spidol, membuka pakaian sendiri, memakai kaos kaki dan sepatu sendiri, menyusun balok.

serius banget menulis mengikuti kakaknya (doc pri)
Saki suka sekali bermain menyusun balok dan menyusun puzzap. Dia kerap bermain dengan kakak-kakaknya. Saki juga suka meniru kakaknya yang sedang menggambar. Apa saja ditirunya. Bermain rumah-rumahan, menyiapkan kue dalam piring mainan dan memberikannnya kepada saya. 

main rumah-rumahan, setelah itu makan snack kesukaan ^_^
Dari permainan itu, sekarang Saki bisa minum dengan gelas tanpa tumpah dan makan sendiri dengan tangan. Stimulus yang didapatkan Saki dari bermain rumah-rumahan ternyata memiliki dampak yang signifikan terhadap kemampuan motorik halusnya.

Baru-baru ini saya memergokinya sedang mencoret-coret kuku jari kakinya dengan spidol. Rupanya dia meniru kakaknya yang suka mewarnai kukunya dengan spidol seperti kutek.

kreatifitas Saki, memegang spidol dan mewarnai jari kakinya (docpri) - motorik halus
Lihat! Betapa seriusnya dia mewarnai kuku jari kakinya. Macam beauty stylist aja ya!

Ya, ampun, anak zaman sekarang, pandai banget menirunya hihihi

DIY membuat Puzzle dari Kardus Bekas Kukis Boromon untuk si Kecil.

Saki suka banget main puzzle, jadi saya buatkan puzzle dari kardus bekas kemasan Monde Boromon Cookies. Gambarnya lucu, jadi si kecil pun suka.

Alat dan bahan:
Gunting, lem, spidol, kardus bekas kemasan Boromon Kukis dan kardus bekas.

Alat dan bahan membuat Puzzle usia 0-3 tahun
Cara membuatnya:
1. Gunting kemasan Monde Boromon Kukis sesuai keinginan.


2. Tempelkan pada kardus bekas yang lebih tebal. Gunting mengikuti kemasan Monde Boromon.


3. Buat pola puzzle. Karena ini untuk anak usia 0-3 tahun, buat pola yang sederhana dan beri tanda dengan menuliskan angka di belakangnya.


4. Gunting sesuai pola.

5. Puzzle cantik pun sudah jadi! Mari bermain puzzle.


Stimulasi Motorik Kasar Si Kecil Usia 2 Tahun

Motorik Kasar adalah kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot-otot besar. Misalnya seperti berdiri, duduk, berlari, bermain bola, melompat, memanjat dan merayap.

Saki sejak usia 7 bulan sudah pandai memajat tempat tidur dan teralis jendela kamar. Terkadang saya suka kaget dengan bayi, tidak hanya bayi laki-laki yang suka memanjat, bayi perempuan pun sama saja hehe 

Sekarang Saki suka banget turun naik tangga. Kalau ada tangga di tempat bermain, pasti yang ditujunya pertama kali adalah tangga. Selalu waspada, jangan meninggalkan si kecil sendirian, karena meskipun langkahnya sudah mantap, dia tetap harus diperhatikan.

naik turun tangga, kesukaan anak usia 1-2 tahun (docpri)
Saki juga suka bermain salto. Awalnya dia membungkukkan badannya, terus menempelkan kepalanya di bawah dan melebarkan kakinya, setelah itu dia menjatuhkan dirinya bergulung. Dia melakukannya tertawa-tawa, saya yang deg-degan hihihi

Ternyata kemampuan ini menunjukan bahwa otot-otot seluruh tubuhnya dapat berfungsi dengan baik. Koordinasi tangan dan kaki normal.

Saki suka melompat-lompat, katanya seperti kodok. Saki juga suka merangkak kalau ada kucing.  Dia meniru semua yang dilihatnya. Sampai akhirnya saya terinspirasi membuat sebuah lagu:

Lompat .. lompat .. lompat.. lompat .. lompat .. lompat
Lompat .. lompat .. lompat .. lompat.. lompat ...lompat .. lompat ...

jongkok ..jongkok ..jongkok ..jongkok ...jongkok ..jongkok 
jongkok..jongkok..jongkok..jongkok...jongkok...jongkok ..

lari .. lari..lari..lari..lari..lari..
lari..lari..lari..lari..lari..lari

Lagu ini sukses membuat anak-anak saya terhibur, karena Saki pandai melakukan apa yang disebutkan pada lirik lagu ...hihihi

Kemampuan Saki yang terbaru adalah berjalan di tepian jalan. Ini melatih keseimbangan tubuh berjalan di jalan yang sempit tanpa jatuh. 

Waktu itu, saya mengajak anak-anak menonton kakak Saki yang nomor 4 latihan karate. Kemudian setelah itu, kami tidak langsung pulang, tapi bermain dulu di sana.

Kakak-kakak berjalan di tepian jalan pembatas trek orang berlari dan pejalan kaki, Saki melihatnya dan dia pun meniru kakak-kakak melakukan latihan keseimbangan itu. 

Saki berlatih keseimbangan (docpri)
Setiap langkah yang dilakukannya dia nampak senang dan bersemangat. Jadi, akhirnya saya bergantian dengan kakaknya menemani Saki berjalan di trotoar kecil itu, sampai dia puas.

bolak balik sampai puas hehhe (docpri)
Setelah capek bermain, waktunya snack time!

Untuk mendukung tumbuh kembang Saki yang optimal, saya pilih-pilih dong snack yang dimakannya. Snack itu harus halal, sesuai dengan snack anak usia 1-2 tahun dan aman.

Makan snack Monde Boromon Cookies. Bermain makin semangat ^_^
Saya memberikan snack kesukaan Saki, Monde Boromon Cookies. Snack ini tak hanya disukai oleh Saki saja, tapi juga kakak-kakaknya pun sukaa ... heuheu

Jangan lupa mencuci tangan dulu ya. Kalau tidak ada air untuk mencuci tangan, saya biasanya membawa tisu basah untuk membasuh tangan Saki dan kakak-kakaknya. Baru kami makan.

Monde Boromon Cookies

Monde Boromon Cookies ini adalah kukis yang dipersembahkan oleh Monde spesial untuk anak-anak usia 1 - 5 tahun. Terbuat dari saripati kentang, gula dan telur. 

Monde Boromon Cookies, cookies spesial anak usia 1 - 5 tahun (doc.pri)
Monde Boromon Cookies ini gluten free dengan tambahan madu dan minyak ikan. Kukis ini juga memiliki tekstur yang lembut dan mudah mencair di mulut. Bentuknya bulat dan pas banget dengan jari-jari Saki. Jadi dia gak kesulitan saat memegang kukis dan memasukannya ke dalam mulutnya. Setelah ada di dalam mulut Saki, kukis akan segera meleleh, jadi aman banget, anak tidak akan tersedak sebab makan kukis berbentuk bulat ini. Mudah banget dikunyah dan ditelan.

Gluten Free, saripati kentang, ditambah madu dan minyak ikan (docpri)
Monde Boromon Cookies ini dulu juga menjadi pilihan saya saat si kakak sulung dan kakak tengah masih kecil. Waktu itu kami tinggal di Jepang, dan kukis ini menjadi snack anak-anak saya.

Teksturnya yang lembut dan mudah meleleh di mulut membuat saya merasa aman memberikan kukis ini. Makanya, si kakak dan si teteh sepertinya ingat dengan kukis masa kecilnya dan jadi ikut-ikutan makan kukis enak dan lezat ini. 

Oiya, dalam setiap 20 gr atau 1 bungkus cookies ini mengandung 3 mg omega-3 dan 3 mg DHA. Kedua zat ini penting banget dikonsumsi oleh anak-anak karena merupakan sumber nutrisi untuk otak.

nutrisi facts pertakaran sajinya 20gr (doc pri)
Selain itu, Monde Boromon Cookies ini sudah bersertifikat halal, jadi moms tidak perlu khawatir dengan status kehalalannya ya.

Halal desu ^_^ alhamdulillah (docpri)
Setiap pack Monde Boromon Cookies berisi 6 x 20 gr. Kemasannya kecil-kecil gitu tapi isi banyak. Cukup refresentatif, satu genggaman balita usia 1 -2 tahun. Moms, bisa membeli Monde Boromon Cookies ini secara online atau di toko-toko terdekat dengan harga Rp12.500 sahaja.

Boromon Kukis di Jogja Bogor 

Untuk mengetahui lebih jauh lagi mengenai Monde Boromon Cookies ini, moms bisa melayari:

Website Monde www.mondebiscuit.com 
IG: MondeBoromon
FB: Monde Boromon
Twitter: @mondeboromon

Nah, Moms, memberikan stimulasi untuk tumbuh kembang anak yang optimal tentu saja menjadi tugas kita sebagai orang tua ya, moms. Dan tak kalah pentingnya adalah memberikan makanan dan minuman yang mendukung kesehatannya. 

Tak bisa dipungkiri anak-anak kan suka banget makan cemilan, ya, Moms, maka menjadi tugas kita juga mencarikan cemilan yang berkhasiat untuk  kesehatan tubuhnya, dapat melatih motoriknya serta aman dikonsumi.

Setuju, moms?!

97 comments:

  1. Momen yang ditunggu2 adalah manggil ibu.. Aku juga dulu gitu, tapi yang fasih duluan manggil bapak. Ibunya telat, huhu nggak papa deh

    ReplyDelete
  2. Ulasannya lengkap dan menarik. Iya mom yah, anak-anak itu cenderung makan cemilan, saya juga ada kemenakan yang suka banget ngemil, tapi kadang diwarning sama ibunya sendiri, lbh khatr dengan kandungannya sih, saya mw rekomendasikan boromon ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup .. kukis boromon cemilan sehat buat anak anak

      Delete
  3. Gemes banget itu perosotannya. Di mana sih?

    Btw snack kesukaan anak2 juga tuh Boromon. Enaknya beli 1 aja isinya banyak 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di taman Sempur mbak, di Bogor sekarang ada taman yang ramah anak, Alhamdulillah jadi bisa ajak main si kecil di sini.

      Iya, ini Snack kesukaan semuanya hehe

      Delete
  4. Kalau anak-anak saya, motorik halusnya bagus, motorik kasarnya kurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak, distimulasi lagi agar keduanya terasah seimbang

      Delete
  5. Boromon Cookies ini bener-bener jadi rebutan kami bertiga deh, saya, si sulung dan si bayi.
    Ternyata seenak itu ya hihihi
    Udah gitu, gluten free, jadi gak was-was ngasih ke anak.

    Ngemil Boromon Cookies, bisa jadi momen kebersamaan dalam melatih motorik anak.
    Secaraaa... saya punya pengalaman sedih tentang si sulung yang kurang keseimbangannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget mbak, untuk bayi baru belajar makan pun ini aman. Saya sudah mencobanya untuk si sulung waktu dia bayi. Alhamdulillah aman

      Delete
  6. Wahh saya juga suka biskuitnya, karena enak dan lumer dimulut hahaha

    ReplyDelete
  7. Kalo anak2ku masih pada balita kayaknya bakalan suka nih biskuit ini

    ReplyDelete
  8. Momen bahagiaku pas anak sembuh dsri sakit.... bahagia banget liat mereka senyum kembali setelah sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, itu juga salah satu kebahagiaan ya buat seorang ibu

      Delete
  9. Saki lucu banget, seumuran deh sama putriku. Akupun menantikan kapan dia bisa memanggil bunda. Sehat2 terus yaa 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Tante, salam manis buat temannya saki

      Delete
  10. Duh Saki.. kok kita samaan sih, suka makan biskuit Boromon juga :D

    ReplyDelete
  11. Ini biskuitnya lumer banget di mulut emang, cocok banget buat yang udah MPASI sih. Enak lagi beli sekotak isinya banyak wkwkwkkw.

    ReplyDelete
  12. Duh anaknya pintar meniru kakak ya. Pengen sehebat kakak yang aktif.

    Melatih motorik sang anak bisa di mana saja yang mudah di lakukan sang anak.

    Habis melatih motorik halus dan nunggu kakak selesai latihan makan Monde.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, lagi suka meniru semua kegiatan kakak. Tapi jadinya cepat belajar dia

      Delete
  13. Wah kemasannya lucu! Bisa buat referensi camilan ponakan nih

    ReplyDelete
  14. Wah pintarnya Saki. Monde Beromon enak nih ya kayaknya, di Kudus belum nemu ih sayangnya

    ReplyDelete
  15. monde boromon cookies ini kubaca-baca review katanya lumer di mulut ya mb.. jadi aman insyaallah dikonsumsi anak. dan kerennya lagi gluten free. udah pasti jadi cemilan pilihan untuk anak.

    ReplyDelete
  16. De saki pinter sehat terus yaa. Pinter deh bisa salto hihi. Boromon ini juga kesukaan anak saya,biskuitnya enak dan lumer dimulut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka banget dia salto, pengen jadi pebalet kali ya hihi

      Delete
  17. Iya Saki udah makin ceriwis. Terakhir ketemu di acara apa ya di Cikini, dia ngomong aja sepanjang acara. hehehe
    senang ya melihat pertumbuhan anak-anak. Selalu ada hal mengejutkan.
    SID juga tiap hari melatih motorik kasar dan halusnya, nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ketemu pas acara halodoc ya. Anak anak mmg cepet banget tumbuhnya ya, tetiba dah gede aja

      Delete
  18. Kayanya hampir semua anak2 suka warnain kuku yaaa. Ponakanku dulu suka minta dikutekin. Kalau nemu spidol langsung dikasih ke kuku. Lucu deh. Monde Boromon enak

    ReplyDelete
  19. Aku ngemil Boromon habis sebungkus. Eh, Budhenya jufa nyomot sebungkus. Waktu habis si K ngambek. 😂😂😂😂

    ReplyDelete
  20. Saki lucu, gemes. Btw itu snack monde boromon sepertinya enak ya mbk. Jd pengen beli untuk ponakan. Makasih loh ya infonya

    ReplyDelete
  21. Senangnya Saki sudah bisa panggil umi, siap-siap banyak tanya ya nanti udah lancar ngomongnya. Perkembangan motorik tiap anak memang beda & unik

    ReplyDelete
  22. Biskuitnya enak nih dan cocok jadi cemilan si kecil kalau lagi santai .

    ReplyDelete
  23. Camilan ini cocok banget anak-anak ya. Harganya pun murah dan terjangkau dan cookiesnya itu lucu dan imut banget bentuknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bentuknya imut imut kayak yang makan snacknya hehe

      Delete
  24. Keponakan ku juga sama, lagi suka mewarnai anggota tubuhnya pakai spidol hehehe bukan tembok aja yanh di coret

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ga cuma tembok, kuku juga diwarnain, sprei, lantai .. kreatif pisan hehe

      Delete
  25. Beruntung ya jadi balita zaman now.
    Banyak produk inovatif yang mendukung fase tumbung kembang mereka.

    ReplyDelete
  26. Memperhatikan tumbuh kembang anak-anak memang jadi momen yang gak akan pernah terlupakan ya...
    Terharu kalau lihat anak bisa melakukan sesuatu yang baru.

    ReplyDelete
  27. Melatih motorik anak bisa dengan melakukan banyak kegiatan menarik seperti bermain ya, Mbak. Setelah itu makan snack bareng-bareng, deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, pekerjaan yang menyenangkan sekaligus membahagiakan

      Delete
  28. Kesukaan anakku juga nii, dan kesukaan ibunya jg krn harganya pas di kantong. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Jadi ga susah nyari Snack sehat dan praktis bawanya

      Delete
  29. Wah Saki lagi lucu2 nya ya..jd inget pertama kali dipanggil umi sama anak.sulung..sejuta rasanya hehe..

    ReplyDelete
  30. Boromon ini temen quality time aku & anak2. Suka ngemilin ini bareng2 sambil mewarnai atau baca buku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, ga kerasa mainnya jadi tambah menyenangkan

      Delete
  31. Sakii mau dunk snacknya. Saya suka snack ini juga walaupun udah bukan anak-anak. Soalnya enak dan lembut.

    ReplyDelete
  32. Blm pernah liat Boromos cookies tp bust bunda cocok juga nih x ya aplg ksdang asam aamvung naik, ya ngemil Boromos coekies tepat banget agar nyaman pencernaan n lambung. Mudah2an.

    ReplyDelete
  33. Kenapa, ya, anak-anak suka berjalan di atas pembatas track? Semacam senang karena bisa seimbang kali, ya.
    Oh, ya, aku juga suka biskuit ini. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tantangan buat dia karena kalau jalan di tempat yang datar udah bisa, jadi pengen bisa di tempat yg begitu

      Delete
  34. wah mba aku juga nunggu nih jadinya si bungsu kapan bisa panggil bunda padahal anaknya baru 8 bulan hahha seneng y mba pas anak bisa manggil ibu kekita :)
    btw aku juga pengen cobain boromon kata teman kantor juga enak banet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru 8 bulan mbak, saki bisa bilang umi setelah 20 bulan hihi tapi tiap anak beda sih, tergantung stimulasi juga ya. Semangat mbaakk

      Delete
  35. Monde Boromonnya boleh saya camil nggaj yaa, haha. Keknya enak itu. Anakku yang uda gede aja masih suka camilin ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe boleh aja sih, cuman buat kita kita mah 1 box kurang kali wkwkwk

      Delete
  36. Saki lucu banget, gemesin ya, anak usia 2 tahun memang lagi masa eksplorasi kali ya, dan cookies boromon cocok nih untuk anak usia 2 tahun apalagi bentuknya lucu dan unik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa .. buket buket gitu. Gampang megang sendiri

      Delete
  37. Jadi pengin beliin buat Sultan (2th3bln) & Syasa (4th2bln).
    Oiya Mba, bisa coba juga manjat dinding pake Poin Panjat.hehe..
    Tapi kayaknya terlalu ekstrim ya?
    Asyik klo di rumah ada home climbing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sering lihat seliweran ada yg jual, tapi bingung saya mbak, kalau beli buat si kecil, ntar kakak nya yang make hihi

      Delete
  38. Jadi pengin beliin buat anak saya. Masih balita mereka Syasa (4thn2bln) & Sultan (2thn3bln). Oiya klo ada home climbing kayaknya asyik juga ya Mbak? Di dinding dipasangi Poin panjat. Emang termasuk olah raga ekstrim sih,..hehe..
    Oiya Boromon kukis belinya dimana?

    ReplyDelete
  39. coret2 badannya sendiri itu termasuk ngelatih motorik halus,,, anakku hobi banget tuh mbak coret2 perutku hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun, perut mbak norma Asyik kali ya, kayak kanvas xixixi

      Delete
  40. Aku dan anakku juga sukaa ama cemilan ini mba, apalagi produknya monde hehe

    ReplyDelete
  41. Saki makin pinter deh. Dulu pas awal ketemu masih digendong, trus belajar jalan,skrng jangan2 larinya kenceng banget hehe. Camilannya Saki kyk kakak Dema nih, Boromon jg :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, anak anak rasanya cepat besar yaa .. asyik nih kalau ngedate sama kakak Dema bisa bareng makan boromon

      Delete
  42. Menstimulasi anak itu memang seru ya karena membuat kita jadi lebih kreatif, dan bondingnya itu loh

    ReplyDelete
  43. Stimulasi motorik kasar dan halus memang perlu dilatih agar anak makin lincah dan tumbuh sesuai usianya ya. Enak nihhhh klo nyemilnya pake Boromon, kandungan gizinya oke banget ada minyak ikannya juga yang baik untuk pertumbuhan anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, snack ini cocok banget buat anak anak

      Delete
  44. Saki kayak mas Milzam dan Naufal, suka main salto waktu kecil dulu. Semangat sih kalo anak cowok, energinya nggak abis-abis

    ReplyDelete
  45. Wah, makin pinter pastinya ya si kecil dengan aktivitas2 ini. Anakku juga seneng kalo main2 kayak gini. Emaknya aja nih yang kayaknya kudu rajin. :D

    ReplyDelete
  46. suka banget aku mba sama tulisannyaaa. berguna banget walaupun aku belum punya buntut tapi bisa tau macem2 soal parenting dari sekarang biar nanti ga kaget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak, betul banget. Saya dulu waktu single juga suka baca baca buku parenting.

      Delete
  47. Masya Allah makin pinter aja sih Saki, jaid kangen main sama Saki. Apalagi kalau jalan-jalan bawa Boromon makin seru ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Tante Naqi. Iya, kangen main sama kakak Aisyah juga. Asyik main sambil ngemil.boromon yaa

      Delete
  48. Ini snack nya ponakan ku..jangankan ponakan aku juga kadang suka ngambilin snacknya ponakan hihi enak sih

    ReplyDelete
  49. Naqib dulu termasuk yang terlambat jalannya, tp ngomongnya cepet dari umur setahun udah jelas, anak memang beda2 dan aku takjub liat saki udh lancar jalan 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya anak perempuan lebih cepat dari anak laki laki, nanti ketika Akil baligh baru kelihatan percepatan pertumbuhannya anak laki laki dibanding anak perempuan

      Delete

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien

Follow Us @tutiarien