Imunisasi II

Imunisasi II

Post a Comment
Alhamdulillah jawaban tentang "misteri imunisasi bayar" terjawab sudah. Hari Rabu yang lalu, akhirnya saya mendapatkan jawaban dari kedua sensei nihonggo saya di Kokusai Ryukaikan Utsunomiya. Jawaban Yamane sensei dan Miyamoto sensei tentang imunisasi sama dengan dugaan saya sebelumnya. Mungkin untuk orang-orang dewasa yang kebetulan belum mendapatkan imunisasi tersebut. Yah..jawaban merekapun seperti itu.

Jadi daftar harga imunisasi yang tertera di papan pengumuman itu adalah diperuntukan untuk orang-orang yang belum pernah mendapatkan imunisasi (orang dewasa). Karena di Jepang, imunisasi untuk bayi dan balita gratis. Kalaupun bayar, kemungkinan besar adalah rumah sakit yang tidak menjadi rujukan pemerintah. Pemerintah biasanya menyertakan daftar rumah sakit/klinik yang bisa didatangi untuk imunisasi dalam amplop besar.

Selain daftar rumah sakit, juga disertakan kartu hijau ber ID anak, form isian untuk imunisasi BCG dan polio, penjelasan tentang BCG dan polio dll. Kartu hijau ini senantiasa harus dibawa ketika anak di imunisasi, biasanya IDnya akan ditanyakan dalam mengisi form isian tersebut.

Ketika anak akan diimunisasi, perlengkapan yang harus dibawa:
1. Boshitecho
2. Hokensho
3. Kartu hijau
4. form isian (kalau sudah diisi dirumah, kalaupun belum biasanya di klinik atau tempat imunisasi/kokumin senta/hoken senta disediakan)


Utsunomiya, 22 Januari 2007
*Ini akibat ngerti kanji sepotong-sepotong nih...:D ALhamdulillah ada yang bersedia jadi transleter tiap kali ada surat-surat**
Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

Post a Comment