July 11, 2017

# Keluarga # Wisata air

Bermain Air di Zam-zam Tirta


Bermain adalah kebutuhan dasar yang diperlukan oleh anak-anak untuk tumbuh kembangnya. Dengan bermain anak-anak bertambah pengetahuannya dan juga kemampuan motorik kasar dan halusnya.

Salah satu yang disukai anak-anak adalah bermain air. Pakar tumbuh kembang anak sepakat bahwa ada banyak manfaat bermain air untuk anak-anak. 

Nah, seminggu setelah lebaran yang lalu, saya mengantar anak-anak bermain air di Zam-zam Tirta Bogor. Sebuah kolam renang dan wisata air yang terletak di daerah Ciomas Bogor.

Agak kesiangan saya berangkat dari rumah sekitar pukul 11 lebih dan sampai di sana menjelang shalat Dzuhur. Zam zam Tirta memiliki dua pintu masuk. Pintu masuk utama untuk para pengunjung yang menggunakan motor, pejalan kaki atau angkutan umum. Sementara pintu yang kedua letaknya 100 meter dari pintu masuk pertama. Ini khusus untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. 
Tempat pembelian tiket
Tiket masuk ke dalam kolam wisata air Zam-zam Tirta ini cukup murah Rp30.000/orang. Anak yang membayar penuh, anak yang memiliki tinggi badan 80 CM ke atas. Anak yang tinggi badannya kurang dari 80 Cm gratis. Wooo ... Asyik ya. 

Waktu lebaran kemarin, tiketnya dihargai Rp40.000/orang dengan fasilitas setiap pengunjung diberi Teh Botol Sosro gratis. Jadi anggap saja tiketnya adalah Rp30.000 dan membeli Teh Sosro Rp10.000 hehhee

Namanya liburan setelah lebaran, kolam renang Zamzam Tirta penuh! Baik di dalam.kolamnya hingga di sekitar kolam. Masing masing pengunjung memanfaatkan liburan bersama keluarga di tempat wisata air tersebut. 
Kolamnya penuh orang
Saya seperti biasa bertugas menjaga barang keluarga. Sementara anak-anak dan suami bermain di kolam. Duduk bersama dengan keluarga kakak dan adik yang juga bergabung dalam wisata air pada hari yang sama.

Zam-zam Tirta memiliki beberapa wahana bermain air, salah satunya adalah waterboom. Ada yang kecil dan ada juga yang besar. Ada kolam renang kecil dan kolam renang untuk dewasa. Kolam yang cetek untuk balita sampai untuk orang dewasa. Di sekitar kolam renang juga disediakan gazebo yang bisa disewa seharga Rp70.000 per-unit. Biasanya gazebo ini cara menyewanya dengan membooking sebelum datang ke kolam.
Gazebo
Di dalam area kolam wisata Zamzam tirta ini juga disediakan musholla yang berada fi sebelah kanan pintu masuk kedua. Tempatnya lumayan bersih. Tapi untuk tempat wisata yang pengunjungnya banyak, surau ini terasa kecil sekali. Sebelum anak anak masuk ke kolam, mereka mengerjakan shalat Dzuhur dulu bersama ayahnya.

Selain disediakan musholla atau surau, Zamzam Tirta juga menyediakan Food Corner yang berada di sebelah kanan pintu masuk pertama dengan  beragam kuliner khas Jawa Barat. Ada batagor, siomay, bakso, cireng dan aneka minuman tersedia di sana.
Food corner
Di sebelah kiri pintu masuk utama terdapat ruang ganti dan bilas yang dipisah antara laki laki dan perempuan. Ruangannya memanjang berdampingan dengan tempat penitipan barang dan penyewaan ban atau pelampung. Sayangnya tempat bilas perempuan pencahayaannya kurang. Sehingga di dalam tempat itu terasa remang remang. Oiya di dalam tempat ganti dan bilas itu juga menjadi satu dengan toilet. Jadi, harus sabar ya yang kebelet BAK atau BAB hehe
Tempat bilas dan toilet
Tempat bilas dan ganti juga disediakan didekat kolam renang ukuran 90 cm. Letaknya bersebelahan dengan musholla. Tempat bilas yang di sini lebih kecil tapi bisa menjadi alternatif saat semua tempat bilas penuh.

Berjalan ke atas di dekat tempat meluncur waterboom utama dan terbesar, ada space bermain anak anak. Di sana ada ayunan, jungkit-jungkit dan mini labyrin. Alhamdulillah, anak anak puas bermain di sana. 
Arena bermain
Oiya di pintu masuk pertama juga ada ruang kesehatan yang menyediakan ruang P3K. Saat kami bermain air ada anak yang jatuh. Mungkin terpeleset hingga dahinya bocor dan berdarah. Alhamdulillah langsung ditangani cepat oleh petugas P3K.
Biaya penitipan
Di depan kolam renang besar yang ada waterboomnya petugas life guard juga berjaga mengawasi pengunjung. Setiap saat, peluitnya akan memberi tanda kepada pengunjung yang kurang memerhatikan keselamatannya dan pengunjung lain.
Sebelum pulang goto bersama dulu

Hmm .. Meski saya suka bermain di Zamzam Tirta, ada hal yang menjadi pengamatan dan perhatian saya. Ingin sekali meminta kepada pihak pengelola untuk membuat peraturan larangan merokok di dalam area bermain anak. Meskipun itu untuk umum tetapi kebanyakan yang bermain adalah anak anak. Menjadikan tempat wisata sehat bukankah itu adalah tujuan utama dibukanya sebuah tempat wisata? Apalagi tempat wisata keluarga. Sangat berharap akan ada banyak lagi tempat wisata yang ramah anak. 

12 comments:

  1. Waaa Bogor ada ini ternyata, mau ah kapan kapan kesana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk kak. Nanti saya jadi guidenya deh

      Delete
  2. Kirain Zam-zam beneran mba,, hehe unik juga namanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehhe iya kak.mirip sama air zamzam ya

      Delete
  3. wah asyik ya tempatnya. terimakasih infonya :)

    ReplyDelete
  4. ahh mau juga donk ke sana Mbaa..pengen mainan aiir eeaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ayuk mbak main air di deket sini. Ntar saya jadi guides deh ;)

      Delete
  5. Baru tahu ada zam-zam tirta ini
    Tapi kok jauh ya di Bogor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe deket makk. Bulan aja dari sini keliatan. Ntar kalau mau berenang di sini aku tunjukin tempat tempat yg bagus dan murah

      Delete
  6. Kalau namanya zam-zam tirta berarti berenangnya pakai air zam-zam dong *laughing :D

    coretanhatiukhti.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekadar nama mbak, untuk menaikan trafic pengunjung hhehe semakin unik semakin orang ingin datang. Ya, kan? makasih sudah mampir mbak Tishya :-)

      Delete

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @ceritaummi

Follow Us @tutiarien