Pentingnya Probiotik untuk Bayi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan yang Patut Mama Ketahui

Pentingnya Probiotik untuk Bayi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan yang Patut Mama Ketahui

76 comments

Tahukah Mama, ternyata penting probiotik untuk bayi pada 1000 hari pertama kehidupan. Probiotik ini bukan hanya diperlukan oleh anak-anak atau orang dewasa, namun juga diperlukan oleh adik bayi.

So, pengetahuan tentang probiotik untuk bayi di 1000 hari kehidupannya ini patut mama ketahui.

Pentingnya Probiotik untuk Bayi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan
Saya pernah mengikuti sebuah seminar kesehatan yang membahas tentang masalah kesehatan si kecil. Seorang dokter mengatakan bahwa anak yang sering sakit akan mengalami kesulitan tumbuh karena saat anak sakit, anak itu tidak jadi tumbuh karena meskipun anak tetap lincah bermain, tetap lahap makan, tapi makanan yang dia makan bukan untuk tumbuh, tapi untuk melawan sakitnya.
Masuk akal juga, ya, Mam. Meski anak makan dengan lahap, saat anak sakit tentu tidak sebanyak saat anak sehat. Lalu nutrisi dari makanan yang anak makan pun mungkin sedang dibagi-bagikan ke organ tubuh yang sakit agar bisa recovery secepatnya. Sementara nutrisi untuk tumbuh tidak ada.
Jadi inilah alasan mengapa probiotik menjadi penting pada 1000 hari pertama kehidupan anak karena 1000 hari pertama kehidupan anak disebut juga masa emas atau golden period di masa tumbuh kembang anak untuk pondasi kesehatan anak di masa depan. 

Apa itu 1000 Hari Pertama Kehidupan?

1000 hari pertama kehidupan anak disebut juga masa golden age anak. Pada masa ini pertumbuhan anak berada pada fase pertumbuhan yang berlangsung amat cepat.
1000 Hari Pertama Kehidupan
Fase 1000 hari pertama kehidupan anak ini penting sekali karena tidak akan terulang lagi, yaitu pada masa awal masa pembuahan atau terbentuknya janin di dalam kandungan sampai dengan usia anak 2 tahun.

Sederhananya fase 1000 hari pertama kehidupan anak sejak masa kehamilan selama 270 hari, sampai dengan anak usia 2 tahun atau setara dengan 730 hari.

Periode 1000 hari pertama anak, mempunyai dampak yang luar biasa untuk kesehatan masa depan anak dan pertumbuhan anak secara fisik maupun kognitif.

Mengapa 1000 hari pertama kehidupan anak menjadi penting? karena 70% dari kesehatan masa depan anak ditentukan di 1000 hari pertama  dan 80% dari pertumbuhan otak anak terjadi di 1000 hari pertama.

Oleh karena itu, penting sekali ibu mempersiapkan diri ketika berencana untuk hamil untuk menjaga asupan nutrisi karena nantinya akan disharing kepada janin di dalam kandungan. Setelah itu, ibu juga bersiap-siap untuk menyusui si kecil. 

Di dalam al Qur’an, Allah menyuruh ibu menyusui anak-anak dengan ASI sampai dengan 2 tahun karena pada masa ini anak memerlukan nutrisi terbaik yang diciptakan Allah untuk memudahkan orang tua memberikan asupan nutrisi pada anak.

Nutrisi ini akan cukup bila mana ibu menjaga pola makannya dengan mengonsumsi makan dengan pola makan yang seimbang dan cukup gizi. Oleh karena itu penting sekali ibu menyusui untuk menjaga pola makanannya karena akan berpengaruh pada kualitas ASI.

Bayi memerlukan asupan ASI Eksklusif selama 6 bulan, lalu setelah itu mulai diberi makanan pendamping dan ibu tetap meneruskan pemberian ASI selama 2 tahun penuh karena di dalam kandungan ASI terdapat probiotik yang membantu kematangan saluran cerna bayi.

Faktanya: tidak semua ibu hamil dan ibu menyusui memiliki kandungan mikrobakteri baik di dalam ususnya? Mengapa demikian? Karena faktor pola makannya yang kurang diperhatikan.

Nah, untuk menjaga agar ibu juga memiliki kesehatan yang baik ketika menyusui bayi maka ibu hamil dan menyusui penting mengonsumsi probiotik juga karena selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh ibu pasca melahirkan juga ibu memiliki asupan probiotik yang banyak untuk diberikan kepada bayi melalui ASI.
Probiotik untuk anak
Dengan demikian ibu telah menjaga asupan probiotik anak jauh sebelum mereka dilahirkan agar ketika anak lahir ke dunia tumbuh kembangkan menjadi lebih optimal.

Jadi ingat, ya Mam, Mikrobiota sehat pada ibu hamil dan menyusui itu merupakan hadiah perlindungan terbaik untuk 1000 hari pertama anak. 

Apa Sih Probiotik Itu?

Menurut FAO (Food and Agriculture Organization), probiotik adalah suatu mikroorganisme hidup yang bermanfaat bagi kesehatan.

Probiotik memiliki prinsip kerja dengan memanfaatkan kemampuan organisme hidup tersebut dalam menguraikan rantai panjang karbohidrat, protein dan lemak. Kemampuan ini diperoleh karena adanya enzim-enzim khusus yang dimiliki oleh mikroorganisme untuk memecah ikatan. 

Pada manusia, enzim-enzim khusus pemecahan molekul kompleks menjadi molekul sederhana mempermudah penyerapan oleh saluran pencernaan manusia. Di sisi lain, mikroorganisme pemecah ini mendapat keuntungan berupa energi yang diperoleh dari hasil perombakan molekul kompleks.

Selain probiotik juga ada istilah prebiotik. Probiotik dan Prebiotik sebenarnya berbeda satu sama lain.

Prebiotik adalah karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh saluran cerna tapi merupakan makanan probiotik dan dapat dicerna oleh mikroba yang menguntungkan tubuh. Selain itu prebiotik mampu memicu aktivitas dan pertumbuhan yang selektif terhadap bakteri penghuni kolon/usus sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan imunitas tubuh.

Sekarang banyak produk-produk makanan dan minuman yang sudah ditambahkan prebiotik misalnya seperti susu, yogurt, biskuit dan susu fermentasi. Namun prebiotik juga bisa diperoleh dari bahan makanan yang kita makan sehari-hari, Mam, seperti biji-bijian, sayuran (asparagus, brokoli), buah-buahan dan bumbu masak seperti bawang putih, bawang merah, daun bawang. Produk olahan kedelai seperti susu kedelai, tempe, tahu, dan tauco juga kaya dengan prebiotik.

Nah, produk makanan dan minuman probiotik yang diperkaya dengan prebiotik disebut dengan produk sinbiotik. Dengan kombinasi probiotik dan prebiotik ini diharapkan dapat memberikan efek yang baik untuk pencernaan karena makanan atau minuman tersebut mengandung bakteri baik dan juga mengandung makanan untuk bakteri baik tersebut untuk kelangsungan kehidupan microflora di usus yang sehat.

Begitu, Mam.

Probiotik Apakah Obat?

Dari penjelasan di atas, probiotik itu bukan obat, ya. Mam. Sekarang kan banyak beredar suplemen probiotik anak berupa suplemen, makanan atau minuman. BPOM mengkategorikan probiotik sebagai suplemen makanan.
Probiotik untuk bayi
Jika bentuknya seperti kapsul, sirup atau tablet itu hanya untuk mempermudah saat anak mengkonsumsi probiotik saja. 

Nah, saking banyaknya, maka kita juga perlu selektif dalam memilih produk probiotik untuk anak dan probiotik untuk bayi agar tidak salah memilih.

Karena banyaknya produk yang mengklaim mengandung probiotik itu sudah sesuai dengan jumlah probiotik yang direkomendasikan atau memenuhi syarat WHO atau belum? Moms bisa membaca informasi di infografis di atas ya terkait syarat probiotik yang ditetapkan oleh WHO.

Faktor Penting di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak

Ini dia 3 faktor penting yang mempengaruhi 1000 hari pertama kehidupan anak, yaitu nutrisi, genetic dan Mikrobiota Usus.
Probiotik
Perkembangbiakan bakteri baik di usus bayi memiliki kaitan erat dengan kesehatan di 1000 hari pertama anak.

Apa yang terjadi jika Anak kekurangan probiotik?

Anak akan terkena gangguan di saluran pencernaannya, seperti mengalami konstipasi, diare, sakit perut, kolik, kembung dan gumoh pada bayi. 

Hal ini terjadi karena kebiasaan makan yang buruk, hygiene yang buruk, stress, diare, maupun pemakaian obat yang berlebihan sehingga terjadi peningkatan jumlah bakteri jahat (pathogen) sementara jumlah bakteri baiknya sedikit atau malah tidak ada.

Jadi cara mencegah dan mengatasi gangguan saluran pencernaan pada anak adalah dengan menjaga kebiasaan hidup baik dan konsumsi suplemen probiotics.

Ingat, ya, Mam. Anak yang sakit, akan tertahan tumbuh kembangnya. Khawatirnya nanti malah kena stunting, kan. Oleh karena itu penting sekali menjaga saluran pencernaan anak sehat karena berpengaruh pada Kesehatan tubuhnya secara keseluruhan.

Nah, satu-satunya suplemen yang mengandung probiotik yang sesuai dengan rekomendasi WHO yaitu adalah Interlac.

Mengapa Interlac?

Karena INTERLAC® adalah produk impor dari BioGaia, perusahaan Swedia yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics. INTERLAC® adalah satu-satunya produk probiotik di Indonesia yang mengandung probiotik Lactobacillus Reuteri DSM 17938 yaitu salah satu probiotik yang paling banyak diteliti di dunia, dengan efikasi dan keamanan yang teruji klinis untuk segala usia.

Interlac dapat mendukung di 1000 hari pertama kehidupan sebagai suplementasi bakteri baik bagi ibu hamil maupun bagi si kecil.

Kapan Waktu yang Tepat Memberikan Probiotik pada Anak?

Probiotik sebaiknya dikonsumsi mulai dari 1000 hari pertama kehidupan untuk mendukung tumbuh kembangnya si kecil. Interlac oral drops adalah probiotik pertama dengan sediaan oral drops di Indonesia, sehingga cocok terutama untuk bayi baru lahir hingga anak berusia 2 tahun. 

Beda dengan banyak probiotik lainnya, formulasi Interlac oral drops sama sekali tidak mengandung lakstosa sehingga aman untuk bayi yang intoleransi laktosa.

Komposisinya tiap tetes Interlac drops mengandung Lactobacillus reuteri protectis 17938 sebanyak 10g CFU. 1 botol berisi 125 tetes untuk penggunaan 25 hari. Kegunaan suplemen ini untuk membantu memelihara kesehatan pencernaan.

Jadi waktu yang tepat memberikan probiotik Interlac Drops bisa diberikan sejak bayi baru lahir sampai anak berusia 2 tahun. Setelah itu anak bisa meneruskan meminum suplemen probiotik Interlac yang berbentuk tablet dengan rasa buah yang disukai anak-anak.

Memangnya boleh diberikan dalam jangka panjang?

Boleh, Mam. 

Penggunaan Interlac dapat digunakan setiap hari dan jangka panjang, karena Interlac merupakan suplemen bukan obat, konsumsi interlac jangka panjang dapat bantu menjaga saluran cerna dan daya tahan tubuh. Interlac dapat dikonsumsi baik sebelum ataupun setelah makan.

Aman tidak? Karena, kan sediaannya berbentuk sirup?

Interlac drop bentuknya drop, bukan sirup.  Jadi Interlac drop aman. Interlac drops mengandung bakteri baik Lactobacillus reuteri DSM 17938, bukan tergolong dalam sediaan sirup dan tidak menggunakan bahan pelarut seperti produk sirup pada umumnya yang berpotensi mengandung cemaran EG dan DEG.

Alhamdulillah, Interlac Drop sudah diperkuat dengan Surat Keterangan BPOM yang menyatakan Interlac bebas dari EG dan DEG dan cemaran berbahaya lainnya. Jadi Interlac Drop aman, ya, Mam!

Tapi Mam, tetap harus hati-hati ya, Mam. Jangan salah membeli interlac drops untuk anak. DIpasaran itu ada orang yang tidak bertanggung jawab memasarkan interlac drops palsu. Jadi Mam pilihlah probiotik interlac drops asli saja, ya, Mam.

Sekarang tuh, ramai di pasaran dijual produk Interlac Palsu yang dari sisi kemasan sangat mirip dengan Interlac Asli, pastikan belinya di Interbat Official Store di e-commerce kesayangan, atau secara offline di baby shop, viva health, watsons, guardian dan apotek terpercaya. Kalau saya beli di sini Mam https://linktr.ee/interlacprobiotics dijamin aman dan asli!

Bagaimana Cara Memberikan Interlac Drops pada Bayi?

Cara memberikan Interlac Drops kepada bayi atau Anak sangat mudah Mam. Kalau pengalaman saya begini Mam untuk bayi yang belum bisa duduk atau berdiri sendiri.
  1. Siapkan dahulu Interlac Drops, kocok dahulu dan teteskan sebanyak 5 tetes atau yang dianjurkan oleh dokter ke dalam sendok. 
  2. Gendong anak dengan gendongan agar tangannya tidak ikut memegang sendok sehingga cairan tumpah. 
  3. Ajak bicara anak agar dia nyaman, minta ijin menyuapkan Interlac Drops. Selesai!
  4. Boleh berikan air minum agar Interlac Drops lebih cepat masuk ke dalam perut anak.
Untuk anak yang lebih besar. Kita bisa siapkan bersama dengan anak. Langkah-langkah sama, tapi beda dalam perlakuan. Anak bisa didudukan di depan atau pangkuan mam, agar dia nyaman. 

Begitu Mam. 

Untuk keterangan lebih lengkap Mam bisa membaca infografis di bawah ini, yaa. 
Interlac drop asli
Nah, sekarang kita sudah tahu ya Mam, pentingnya probiotik untuk bayi pada 1000 hari pertama kehidupannya karena akan menjadi pondasi Kesehatan anak di masa depannya. 

Alhamdulillah dengan rutin mengonsumsi probiotik anak-anak saya sehat dan jarang sekali kami ke rumah sakit untuk berobat. Apalagi di masa pancaroba ini, kan. Menjaga imunitas anak akan sangat membantu anak untuk melindungi dirinya dari berbagai penyakit yang sedang mewabah saat ini seperti batuk dan pilek yang sering menghinggapi anak-anak.

Untuk Mam, yang ingin mengenal lebih jauh suplemen probiotik INTERLAC, Mam bisa cuss aja ke alamat-alamat sosial media INTERLAC, ya.

Instagram: @interlacprobiotics
Facebook: interlacprobiotics
Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

76 comments

  1. Baru tahu kalau probiotik ternyata bermanfaat banget buat 1000 HPK anak. Ini anakku pas udah gedean baru kukasih probiotik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak anakku yang lain malah setelah anak yang ke 6 lahir baru dikasih probiotik, tadinya mah saya juga ga paham, alhamdulilah seiring waktu, anakku yang nomor 6 sejak bayi sudah diberi probiotik drop interface, kakak kakak juga jadi Keikut minum juga tabletnya. Alhamdulilah

      Delete
  2. 'Makanan yang dia makan bukan untuk tumbuh, tapi untuk melawan sakitnya'

    Iya ya benar juga, makanya orang sakit cenderung turun berart badannya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, makanya kasian kalau anak anak lagi sakit, perlu tambahan nutrisi lebih agar sakit gak kambuh, saat pemulihan juga harus diperhatikan nutrisinya agar tetap sehat dan ceria

      Delete
  3. Probiotik super duper pentiiingg bgt ya mom.
    Alhamdulillah Interlac kasih solusi jitu utk ortu jaman now

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mbak, ternyata sepenting itu yaa peran probiotik inii, mesti cermat sebagai orangtua dan mesti sedia interlac nih untuk menjaga kesehatan saluran cerna anak-anak

      Delete
    2. Ortu kudu Paham.ya mba.
      Supaya bs berikan yg terbaik
      Bagi buah hati

      Delete
    3. Benar banget Moms karena probiotik bisa memelihara kesehatan pencernaan

      Delete
  4. Setuju banget bunda Sri. Bayi memerlukan asupan ASI Eksklusif selama minimal 6 bulan, dan Probiotik sebaiknya dikonsumsi mulai dari 1000 hari pertama. Rifqi waktu kecil juga konsumsi interlac ni. Terima kasih Bunda Sri.

    ReplyDelete
  5. ternyata memang sebagai ibu mesti sedia probiotik ini ya, supaya memastikan saluran cerna anak insyaAllah sehat selalu. sedih kalau sudah terkena gangguan pencernaan soalnya, apalagi kalau masih bayi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi lebih aware lagi untuk para mama yang punya anak batita karena memang masalah pencernaan anak itu penting banget.

      Delete
  6. Mulai dr berapa bulan bayi bisa diberi prebiotik kak? Mengingat bayi blm boleh minum obat kn,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau baca tulisan di atas, boleh dikasih sejak lahir karena interlac drop bukan obat (cmiiw)

      Delete
  7. Fase cepat ya mba tapi penting banget. Aku baru tau pas udah lewat anak pertama deh kayaknya. Pas udah lewat 7 tahun iya aku merasa anak udah stabil, trus dulu ada aja masalah kulitnya. Alhamdulillah udah menghilang. Pemberian interlac dropsnya sangat gampil ya mba, anak2 kalau pakai drop gini jg suka..

    ReplyDelete
  8. Pas masih batita, anakku ada kelainan usus besar yg bikin dia jd ga bisa pup. Seingatku, waktu itu nggak ada dikasih sebangsa probiotik buat membantu dia pup. Tapi ya nggak tau juga sih ya kalau dikasih obat ug lain (sudah lama kejadiannya). Kesehatan pencernaan mmg penting banget buat anak bayi. Lha wong orang dewasa aja tersiksa kalo pencernaannya terganggu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemalsu interlac dan juga obat2 lainnya bener2 jahaaaat. Orang tuh minum suplemen/obat buat nyari sehat, sementara produk palsu malah bisa bikin sakit.

      Delete
    2. Iyah ih aku sedih kalau ada yg gini2 deh, kan kasihan yg tertipu :'( apa coba kandungan yg palsu itu ya. Serem

      Delete
  9. 1000 hari pertama anak penting banget utk diperhatikan ya. Karena dari pengawan asupan makanan dan pencernaannya itu yg menentukan perkembangan dirinya nanti. Dan memang sebaiknya membeli Interlac ini di tempat yg resmi agar jangan smp anak mengkonsumsi yg palsu. Semoga sehat2 selalu ya sekeluarga, amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener. Bagaimanapun, anak gak bisa milih lahir, kita yang mau. Makanya kudu ngasih yang terbaik termasuk nutrisinya. Beli di tempat resmi emang paling aman

      Delete
  10. Jadi mengingatkanku pada masa 1000HPK si kecil, karena ini tuh kalau kata orang-orang merupakan golden age mereka ya mak. Makanya harus diperhatikan sekali untuk memberikan probiotik pada anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1000 HPK penting, pemberian ASI dan mpasi, masa2 itu ya Allah perjuangan para ibu ya. Penting buat tumbuh kembang anak. Alhamdulillah Interlac drop aman dikonsumsi

      Delete
  11. Pas anak2 bayik aku juga selalu nyetok Interlac Drops. Namanya anak2 selalu ada gangguan cerna entah yang diare atau sembelit. Nah interlac ini menjaga kesehatan saluran cerna mereka. Cocok banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener nih, anak-anak tuh selalu ada aja sama pencernaannya jadi ini tuh cara yang terbaik untuk selalu sedia Interlac ya mak.

      Delete
  12. Soal pentingnya probiotik pada anak selalu saya ingatkan menantuku agar memperhatikan baik-baik apalagi di 1000HPK anak. Alhamdulillah cucuku lahir dan tumbuh dengan baik.

    ReplyDelete
  13. Sebelumnya tahu prebiotik secara dasar saja. Cuma mengira susu dan yoghurt yang bagus. Eh ternyata sekarang ada rekomendasi Interlac juga ya ...

    ReplyDelete
  14. Ibu muda sekarang ini makin dimudahkan dengan adanya dukungan suplemen probiotik bagi anak balitanya. Karena kita gak pernah tahu kan ya, kapan anak udah terpenuhi kebutuhan probiotik ini. Bersyukur loh dengan Interlac yang udah lengkap kandungannya

    ReplyDelete
  15. Penting banget ya, Mbak, memberikan asupan yang bergizi pada anak di 1000 kehidupan pertamanya.
    Btw untuk pemilihan suplemen yang mengandung probiotik yang baik aku baru tahu, nih, kalau ternyata Interlac bisa diandalkan :)

    ReplyDelete
  16. probiotik dibutuhkan oleh anak sejak 1000 Hari Pertama Kehidupannya untuk menjaga kesehatan serta memaksimalkan tumbuh kembangnya kelak

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk itu penting bagi semua orangtua terutama ibu, memberikan probiotik pada anak agar tumbuh kembangnya maksimal

      Delete
  17. Interlac bagus kandungannya buat probiotik.pada anak, eeeh ditambah lagi ada khusus bayi. Probiotik sangat berguna bagi tumbuh kembang anak.

    ReplyDelete
  18. Iya pernah dengar juga ada bayi yang probiotiknya mungkin kurang krn lahir caesar dan gak dapat ASI. Maka penambahan suplemen probiotik bisa ditambahkan ya mbak.
    1000 hari pertama kehidupan bayi adalah masa kruisal sehingga sebaiknya anak sehat semuanya di masa itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gemes banget sih ada aja orang jahat yang memalsukan suplemen buat anak kecil, seolah nyawa manusia gak berharga. Kudu jeli dan teliti membeli suplemen probiotik, kalau bisa emang beli di toko resmi yaa.

      Delete
  19. Penggunaan interlac drops ini sungguh praktis yah..
    Sehingga kekhawatiran Ibu mengenai kesehatan cerna anak di 1000 HPK bisa teratasi karena kandungan yang aman pada suplemen Interlac drops.

    ReplyDelete
  20. Kadang orang mikir, 1000 hari pertama anak itu dimulai saat dia lahir. Padahal pas masih janin ya. Semua nutrisinya kudu terpenuhi biar tumbuh dan berkembang sempurna. Siap-siap Interlac deh buat mereka nanti

    ReplyDelete
  21. Iya, 1000 hari pertama kehidupan anak adalah masa-masa penting
    Makanya perlu asupan probiotik agar daya tahan tubuhnya terjaga

    ReplyDelete
  22. Golden age ini tidak boleh dilewatkan ya untuk memaksimalkan perkembangan tubuh kembang anak jadi jangan lupa probiotik ya agar pencernaan anak sehat selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, jangan sampai 1000 hari kehidupan pertama ini anak skait2an, harus sehat. Khususnya saluran cernanya, karena sangat mempengaruhi tumbuh kembangnya.

      Delete
  23. Penting memang untuk update ilmu kesehatan buat anak ya, seperti kebutuhan suplemen probiotik ini, aku paham alasan pentingnya. Kalau anak sudah usia SD apa masih boleh juga minum Interlac?

    ReplyDelete
  24. Golden age 1000 hari pertama, penting memperhatikan asupan gak cuma soal tumbuh kembang motorik anak juga kerdasan iq nya... soal probiotik harus pilih ya=ng tepat

    ReplyDelete
  25. Kalo orang dewasa minumnya yakult. Kalo anak bayi minumnya interlac. Sama2 mengandung probiotik untuk pencernaan

    ReplyDelete
  26. Mbaaa, ini ponakan aku yg kicik2 juga pakai Interlac
    Mama papanya hepiii bgt ada Interlac
    Bikin less worry juga as parents

    ReplyDelete
  27. Saluran cerna pada bayi memang masih sangat rentan ya. Padahal 1000 Hari Pertama Kehidupan sangatlah penting. Makanya harus tau juga nih para ibu tentang pentingnya asupan probiotik

    ReplyDelete
  28. Jadi Interlac dengan kandungan probiotik yang dibutuhkan dan bentuknya drop ya mbak, ini untuk bayi sampai anak usia 2 tahun. Noted deh, aku infoin ke ponakan yang punya baby

    ReplyDelete
  29. Ternyata ya, peranan ibu juga penting ketika hamil. Dan terkadang gak semua ibu hamil bisa memberika probiotik pada kandungannya.

    Kalau gitu, pas anaknya lahir di umur 1 tahunan, kalau perlu konum Interlac.

    ReplyDelete
  30. Bener jg nih. Paling enggak dg usaha asupan probiotik pencernaan anak bs lbh baik. Apalagi pada fase golden age itu emang penting banget

    ReplyDelete
  31. Interlac Drop jadi solusi nih untuk kebutuhan probiotik bayi agar tumbuh kembang anak optimal karena saluran cernanya sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena 1000 hari pertama dikandungan ini akan berpengaruh pada tumbuh kembangnya nanti kalau udah lahir ya mbak, sehingga kebutuhan probiotik penting sejak dalam kandungan

      Delete
  32. Iya, kadang suka sedih ya...
    Masih bayi tapi mudah sekali sakit, terutama diare. Ini kan bikin panik.. Tapi biasanya solusinya "Itu tandanya mau pintar."

    Padahal kudu ada solusi terbaik yakni konsumsi suplemen yang mengandung probiotik yang aman untuk kesehatan cerna bayi di 1000 HPK-nya.

    ReplyDelete
  33. Sedih banget kalo tumbuh kembang anak terganggu gara-gara sering sakit. Apalagi sakit yang berhubungan dengan pencernaan tuh, karena usus bayi masih rentan. Udah bagus dikasih Interlac nih.

    ReplyDelete
  34. masa 1000 hari kehidupan bayi penting banget untuk ibu memperhatikan tumbuh kembangnya terutama dalam kesehatan. Wajib nih menyediakan Interlac ya di rumah

    ReplyDelete
  35. Saya pernah dengar ada dokter anak yang bilang, "Jangan sampai melewatkan nutrisi anak di 1000 HPK. Karena jika terlewat, nggak akan bisa digantikan lagi." Termasuk juga dengan memberikan probiotik untuk saluran cernanya, ya. Terima kasih sharingnya tentang Interlac, Mbak. Jadi ini sudah memenuhi standar dan rekomendasi dari WHO, ya.

    ReplyDelete
  36. Wah ternyata bayi juga perlu probiotik ya. Nanti saya kasih tahu juga ah sodara yg punya bayi

    ReplyDelete
  37. Interlac probiotik membantu Mama menyiapkan 1000 hari pertama kehidupan anak dengan baik ya mbak

    ReplyDelete
  38. Wah ini menambah wawasan banget bagi para buibu, apalagi yang baru saja dapat momongan. Penting untuk dipahami probiotik untuk proses perkembangan anak.

    ReplyDelete
  39. Probiotik ini penting banget buat anak. Aku baru tahu kalau interlac ada bentuk dropnya. Kebetulan anakku konsumsi juga yang bentuk tablet

    ReplyDelete
  40. Seribu hari pertama pertumbuhan anak memang harus dimaksimalkan ya perhatiannya untuk bayi, agar selalu sehat dan tumbuh dengan semestinya. Makasih infonya Mak.

    ReplyDelete
  41. aku tahu interlac ini waktu anak ke-4 alergian. sama dokter diresepin ini untuk mengurangi alergi dan biar pencernaan bagus jg. trus akhirnya kakak2nya jg konsumsi yg tablet. nah skrg anak ke-4 mau 5th masih setia sama interlacnya :))

    ReplyDelete
  42. Ternyata penting sekali ya probiotik untuk anak terutama di 1000 hari pertamanya, untungnya sekarang ada Interlac yg bisa bantu asupan kekurangan probiotik

    ReplyDelete
  43. Sebelumnya aku mau nanya tp kelupaan. Apakah interlac ini dpt dikonsumsi ibu hamil? Temen kantorku kebetulan lg hamil 8 bulan nih, jd siapa tau info ini dpt berguna buat dirinya dan bayi dlm kandungan.

    ReplyDelete
  44. Kesehatan pencernaan emang penting banget sih Mak. Sumber berbagai penyakit lain juga biasanya dari pencernaan sebagai akar permasalahannya. Jadi dengan adanya produk dari Interlac ini diharapkan bisa mengurangi potensi gangguan tersebut ya Mak :))

    ReplyDelete
  45. Interlac ini aman untuk jangka panjang? Ada jeda waktunya gak pas makan? Terus ada yg untuk dewasa juga?

    ReplyDelete
  46. Ini yang paling bikin happy, Interlac amaaan karena sudah diperkuat dengan Surat Keterangan BPOM yang menyatakan Interlac bebas dari EG dan DEG dan cemaran berbahaya lainnya.

    ReplyDelete
  47. Wah aku baru tau interlac ngluarin yg drop biasanya kupake yg tablet buat anak2ku krn udah gedhe ya. Alhamdhulilah balita skr bisa minum interlac drop insyaallah terjaga pencernaannya

    ReplyDelete
  48. Masya Allah jadi jelas ya mengapa nutrisi selama kehamilan itu penting banget, walau kadang mual jadi susah makan. Efeknya bisa terbawa hingga ke bayi yang nantinya dilahirkan. Syukurlah bayi pun ada suplemen seperti probiotik Interlac buat memenuhi jumlah bakteri baik dalam tubuh.

    ReplyDelete
  49. Jadi inget, Interlac ini jadi andalan sewaktu anakku mengalami sakit perut bahkan konstipasi. Juga untuk menjaga imunitas anak sehari-hari. Alhamdulillah cocok dan semoga bisa jadi pondasi kesehatannya kelak. Aamiin!

    ReplyDelete
  50. Emang penting lho 1000 hari pertama kehidupan anak-anak. Sebagai ortu kita juga ngga boleh lengah dengan tumbuh kembang dan kesehatannya. untung ada Interlac ini ya.

    ReplyDelete
  51. Beruntung karena sudah lama kenal dengan probiotik
    Kebetulan juga dengan brand yang sama
    Nah pas nemu lagi artikel yang mengulasnya bikin makin tenang

    ReplyDelete
  52. dengan terpenuhinya probiotik pada 1000 HPK anak maka tumbuh kembang anak bisa optimal ya

    ReplyDelete
  53. Baaru tahu bahwa Prebiotik adalah karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh saluran cerna tapi merupakan makanan probiotik dan dapat dicerna oleh mikroba yang menguntungkan tubuh.

    jadi menggunakan interlac ini men-trigger agar si bakteri sehat ini bekerja yaa

    ReplyDelete
  54. kekurangan probiotik juga ngga bagus ya mbaaa.. Dan 1000 hari pertama memang paling penting yaaa

    ReplyDelete
  55. Yang penting jaga kebersihan dan kesehatan tubuh anak bayik ya mba. Terutama asupan nutrisi pun penting banget jadi perhatian ibu hamil hingga menyusui. Dan untuk pemenuhan probiotik bisa dengan suplemen Interlac

    ReplyDelete
  56. Beruntung dapat info ini sebelum punya anak. Jadi tau kalau 1000 hari pertama penting banget untuk tumbuh kembang anak ke depannya. Salah satu yang penting disiapkan asupan probiotiknya. Udah praktis banget sekarang ada Interlac.

    ReplyDelete
  57. Interlac ini memang bagus banget sih Mam, tapi aku baru tahu kalau Interlac ada yang palsu. Wah, enggak bisa beli di sembarang tempat.

    ReplyDelete
  58. Anak yg kecil dulu kolik mba dan dra memberi probiotik. Memang bagus untuk usus apalagi bayi yg sedang adaptasi pencernaannya.

    ReplyDelete
  59. Masa 1000 hari pertama tidak bisa diulang. Maka harus kita optimalkan dengan nutrisi terbaik

    ReplyDelete
  60. waktu itu kenal sama Interlac pas sekali saat anakku masih dalam 1000 hari pertama mba :) memang ya probiotik tuh penting sekali

    ReplyDelete

Post a Comment

iframe komentar