April 26, 2018

# jajanan sehat # kesehatan

Tips Memilih Jajanan Sehat Untuk Anak



Hai, Mom, apa kabar?

Alhamdulillah, kalau kabarnya baik ya. Mom, apa sih yang ada dibenak, Mom, kalau ada yang bertanya, jajanan sehat apa yang paling disukai anak-anak? Pasti jawabannya, cokelat, es krim, permen ... yah memang, kesukaan anak-anak di dunia itu mudah ditebak ya. Es krim, cokelat, permen, itu mah emaknya juga suka, ya, kann ...

Jika berbicara tentang jajanan anak, saya jadi teringat pada acara Festival Jualan di sekolah anak saya yang nomor 5. Sarrah, kelas 1 SD. Pada hari Selasa yang lalu dia kebagian berjualan di sekolahnya. Meski pemberitahuannya sudah dari berbulan yang lalu, yang namanya lupa, ya lupa hihihi


sarrah sedang berjualan jajanan sehat di sekolahnya (credit miss ziah)

Karena sudah tidak cukup waktu, saya pun memeras otak, jajanan sehat apa yang patut dijual di sekolahnya Sarrah. Yang kira-kira laku dan disukai anak-anak. Eh tentunya jajajan sehat dong ya.  Saya pun mencoba mengingat-ingat apa yang disukai anak-anak. Akhinya pilihan saya jatuh pada cokelat sereal dan susu cair. Ya, kedua jajanan ini termasuk ke dalam jajanan yang sehat dan harganya pun terjangkau. Saya pun berbelanja ke pasar. Malam harinya saya dan anak-anak menyiapkan keperluan berjualan untuk esok hari. Shofi anak saya yang ke-4 membantu saya menimbang sereal dan memasukan keduanya ke dalam plastik. Sarrah membantu saya menyematkan harga di setiap kantong.  Masing-masing dihargai Rp4.000,-. Alhamdulillah dengan bekerjasama pekerjaan pun lekas selesai.

ekspresi saat baru dapat uang (credit miss ziah)

Keesokan harinya, Sarrah bahagia sekali karena dia berhasil berjualan jajanan sehat di sekolahnya. Uang pertama yang didapatnya dia cium, saya jadi teringat polah saya dulu, waktu kecil, persis!

sarrah menghitung uang hasil berjualannya (credit miss ziah)
Nah kembali lagi ke jajanan sehat, saya sebenernya lebih suka menyediakan jajanan buatan sendiri untui anak anak. Selain lebih sehat juga menghemat uang belanja bulanan. Tapi bagaimana kalay pada kenyataannya anak-anak saya juga suka banget jajan di luar. Nah inilah saat ujian sebagai orang tua sedang berlangsung hihi kudu bijak menghadapi anak yang mulai bisa belanja ke warung sendiri.

Seperti anak anak saya, Kalau ke rumah neneknya pasti yang dituju duluan warung. Kebetulan warung itu ada di dekat rumah orang tua saya. Biasanya ketika mereka jajan saya ikuti mereka dan menyimak apa saja yang dibeli oleh mereka. Pertama mereka melihat kemasannya, dicarinya logo halal. Kalau sudah ketemu, mereka meminta persetujuan saya. Kebanyakan sih jajanan mereka rekomendasi dari saya. jadi mereka ingat, mana jajanan yang boleh dan mana yang tidak.

Beda lagi ketika mereka mulai sekolah. Jajanan di sekolah lebih variatif lagi. Dari mulai snack kering, es krim, kue ape, telur gulung, crepe, bubur ayam, es kelapa, es warna warni, semua ada. serba bermacam-macam. Setiap hari saya memberi mereka uang jajan. Tidak besar, hanya Rp5.000,- saja. Saya juga membawakan mereka bekal ke sekolah. Berharap mereka kenyang makan bekal dan uangnya utuh dan mereka bisa menabung. Tapi namanya anak-anak, pasti kan ikut temannya. Mereka pun jajan di sekolah. Biasanya mereka laporan, mereka menghabiskan uang jajannya untuk jajan apa saja di sekolah. Saya pun tidak jemu untuk memberikan informasi seputar kehati-hatian dalam membeli makanan dan minuman agar mereka terhindar sakit.

Permen susu Pindy, kesukaanku!

Nah, salah satu jajanan yang paling  disukai itu permen, sama dengan saya, dari sejak kecil, mereka itu sukaa banget permen. Dari yang jenisnya loly pop atau permen kojek, marshmallow,  permen yang bentuknya kayak biji kacang (jelly bean), permen yang seperti kristal, permen karet dan permen susu yang lunak.

Kalau dulu kita aman aja ya makan permen gak waswas. Lah sekarang, permen aja ada narkobanya. Jadi harus ektra ketat memilihkan jajanan sehat untuk anak anak.

Permen Susu Pindy, Permen Lunak Rasa Susu

Ada permen susu yang lunak yang anak-anak dan saya sukai, permen Pindy namanya. Permen Pindy ini adalah permen lunak rasa susu. Awal nyoba permen ini enak banget. Ada tiga varian rasa, permen susu cokelat, permen susu strawberry dan permen susu original. Anak anak suka ketiga varian permen pindy. Saat pertama kali makan permen ini, si abang Syauqi memberikan pandangannya,"ehm .. permennya enak, Mi. yang rasa cokelat enak. yang rasa strawberry juga enak, kerasa banget rasa strawberrynya." begitu katanya.

Saya pun menggodanya,"Betul, ke?" saya pun mengambil satu buah permen dan memakannya bersama anak-anak. Hmm .. memang benar, permen Pindy ini enak. Saya mencoba yang cokelat dan strawberry, benar, kerasa cokelat dan strawberrynya.

"Gimana Mi? enak kan?" tanya si abang memastikan.
Saya mengangguk setuju. Mulut saya penuh, sementara permen Pindy mulai lumer di dalam mulut saya.

Tiga varian permen susu Pindy, original, cokelat dan strawberry

Ketiga varian dari permen Pindy ini enak. Rasa susunya kerasa banget. Begitu juga dengan permen pindy cokelat dan strawberry, rasa cokelat dan strawberrynya kerasa banget. Hal penting yang selalu saya jaga dalam membeli makanan dan minuman jajanan untuk anak-anak saya adalah memastikan  logo Halal ada atau tidak di bungkus kemasan. Alhamdulillah, permen Pindy sudah bersertifikat halal, jadi insyaAllah aman, halalan thoyyiban untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Saya juga akhirnya mengikuti IG Permen Susu Pindy di instagram. Kalau Mom mau juga, silakan follow @permenpindy_id setiap waktu ada penawaran menarik seperti promo dan kuis dari permen susu  Pindy, lho. 

Emangnya gak takut anak anak sakit gigi?

Enggak dong. Menurut dokter gigi tempat saya memeriksakan gigi, tidak apa apa makan permen asalkan rajin menggosok gigi sehari minimal 2x. Jadi, tak.perlu cemas, asal tidak berlebihan saja dan rajin menggosok gigi. Jadi sebelum dan sesudah makan permen, saya selalu mengingatkan anak-anak saya untuk menggosok gigi. Anak-anak boleh makan permen dengan perjanjian, mereka mau menyikat gigi sebelum tidur dan sesudah makan.

Tips saya dalam memilih jajanan sehat untuk anak-anak

Mom, dalam memilih jajanan sehat untuk anak, saya selalu memikirkan banyak hal. Karena jika tidka dilakukan, sama juga kita sedang meracuni anak-anak kita dengan makanan dan minuman yang dapat mengganggu kesehatannya. Baik yang berdampak jangka pendek maupun jangka panjang. Ini dia beberapa tips yang sering saya lakukan dalam memilih jajanan sehat untuk anak-anak saya.
  • Anak-anak saya ajarkan membeli jajanan yang dikemasannya sudah berlogo HALAL. Hal ini saya lakukan sejak mereka kecil. Hingga hari ini, mereka tidak akan membeli jajanan baik itu berupa snack kering atau minuman yang tidak berlogo halal.

Logo halal di kiri bawah kemasan. Membuat hati tenang.
  • Memastikan jajanan anak bukan jenis jajanan yang mengandung pemanis buatan. Biasanya di kemasan produk jajanan tertulis, produk ini mengandung gula buatan. Kalau tidak ada tulisan itu, artinya produk ini aman sebab tidak menggunakan gula buatan atau pemanis buatan, jadi aman dikonsumsi anak.
  • Memerhatikan masa kadaluarsa jajanan. Biasanya tertera dengan jelas, dibungkus kemasan makanan atau minuman.
  • Memerhatikan informasi nilai gizi dibalik kemasan. Hal ini penting dilakukan agar kita mengetahui jajanan anak itu memberikan nutrisi atau tidak kepada anak kita.
komposisi di sebalik kemasan
  • Memerhatikan  komposisi dari makanan atau minuman yang akan dikonsumsi anak-anak sebagai jajanan mereka. 
  • Perhatikan kemasan apakah ada yang bocor atau kembung, karena kemasan yang rusak akan berakibat pada kualitas makanan atau minuman yang ada di dalamnya.
  • Jika membeli jajanan makanan tradisional, saya selalu mengingatkan kepada anak-anak agar membeli pada pedagang yang tidak merokok, tidak meludah sembarang dan gerobaknya bersih.
Nah, Mom, sedikit pengalaman saya saat mendampingi anak-anak dalam memilih jajanan sehat bagi mereka. Semoga dapat bermanfaat ya. Salam sayang selalu ^_^




18 comments:

  1. Ini permen Pindy kesukaaan aku nih mbaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong umi Alida, saya dan anak anak juga suka permen ini. Gak nempel di gigi

      Delete
  2. Senang banget di Sekolah Sarrah ada Market Day gitu jadi anak belajar jualan dan tentu pilih dagangan sehat ya. Mau juga permennya ya Sarrah.

    ReplyDelete
  3. waah jadi pengen makan permen pindy niih kayaknya enak yaa Mbak

    ReplyDelete
  4. Jangankan anak-anak, yang udah tua kayak aku aja suka permen susu Pindy ini mbak...hehe

    ReplyDelete
  5. Makasih mbk infonya, msebagai orang tua memang sangat penting untuk meperhatikan jajanan anak y mbk.

    Ngomong2, permennya enak tuh kayakny. hihi

    ReplyDelete
  6. Oalah, aku baru tahu! maklum aku dan anakku ga suka makan permen, tapi ini akan aku catat dan aku jadiin rekomendasi kalau-kalau anakku ingin jajan permen yang sehat, BTW Kakak Sarrah bahagia sekali sampai cium uang, hihi.. Hebat jualannya! BTW dia kibas-kibas uangnya sambil bilang "laris manis" engga?

    mampir-mampir ya kak ke blogku : www.feylovechandra.wordpress.com
    salam hangat dari fey yang selalu hangat ^_^
    (emang microwave ~) hahaha

    ReplyDelete
  7. Aisyah juga suka permen susu nih perlu banget deh referensi permen anak

    ReplyDelete
  8. Permen enaaak nih... cocok buat hadiah ponakanku yang suka ngemil kalau bareng aku 😁

    ReplyDelete
  9. Permen pindy buat saya penasaran mba. Itu mirio seperti yupp kah mba.

    ReplyDelete
  10. Tempo hr aku cari di Medan apalagi Marelan belum ada lah mb permennya, atau apa aku harus ke hutan eh ke pusat kota Medan, ya? Hehe kayaknya enak ya si Pindy

    ReplyDelete
  11. Permen. Jajanan yang cocok untuk segala usia. Siapa sih yang gak suka manis-manis? Semut aja suka. Hehe

    ReplyDelete
  12. Aku juga suka permen ini.. btw namanya teacher ya sama dengan aku ya.hehehe

    ReplyDelete
  13. ya ampuuun ini permen bikin pengin aja deh.. aku suka susu soalnya

    ReplyDelete
  14. Saki bagi dong permennya buat annasya

    ReplyDelete
  15. penting banget ya, mbak mengajarkan anak memilih jajanan yang sehat untuk mereka biar nanti tidak asal dalam membeli jajanan

    ReplyDelete
  16. Wah arul harus nyoba permen ini nih, makasih infonya mbak..

    ReplyDelete

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien

Follow Us @tutiarien