May 26, 2018

# Kue Kering Nastar # Kuliner

Ini Dia 4 Trik Mudah Membuat Nastar yang Anti Gagal



Hai Mom, sudah mempersiapkan kue apa untuk lebaran? Upss .. puasa baru aja 10 malam pertama, sudah ribut kue lebaran. Gimana sih Mom? xixi 

Kenapa saya bertanya soalan ini? sebab kadang Mom tentu di dalam hati yang terdalam ingin dong membuat sendiri kue. Yah .. sekadar setoples atau dua toples gitu untuk orang-orang tercinta. Nah, agar membuat kue gak pake drama gagal, ini ada 4 trik dalam membuat kue nastar yang anti gagal.

Mom, semua orang tentu kenal dan juga menyukai kue kering bernama nastar, kan? karena memiliki cita rasa manis dan juga gurih. Kue kering satu ini sangat populer lebih-lebih di lebaran atau hari raya Idul Fitri yang dijamin setiap rumah akan menyediakannya di meja makan dan meja ruang tamu. Termasuk ke dalam kue kering klasik yang disukai oleh semua kalangan, sehingga banyak penjual kue yang menjajakannya di setiap Ramadhan.

Nastar, kue klasik yang enaknya everlasting (credit:selerasa.com)
Kue kering satu ini memiliki adonan yang sama persis dengan kue kering jenis lainnya hanya saja memiliki isian berupa selai nanas. Selai nanas inilah yang memberikan sensasi manis saat menggigitnya dan bercampur dengan rasa gurih dari keju di dalam adonan maupun sebagai taburanya. Beberapa ibu memilih membeli jadi di pasaran sehingga praktis tinggal disajikan saja kepada tamu. Namun beberapa ibu lainnya memilih membuatnya sendiri untuk bisa berhemat sekaligus memastikan kuenya sehat.

Trik Membuat Kue Kering Satu Ini

Bagi yang memilih membuatnya sendiri tentu perlu tahu trik sukses membuat kue kering ini, karena meski prosesnya simpel tetap saja banyak yang mengaku gagal. Trik berikut wajib Anda adopsi supaya tidak gagal lagi:

1.       1. Memakai selai nanas homemade,

Isian kue kering klasik ini adalah selai nanas dan menjadi kesalahan jika mempergunakan selai dalam kemasan yang dijual bebas di pasaran. Selai ini biasanya lebih banyak mengandung air dan gula sehingga terlalu manis dan encer. Supaya rasa kuenya nikmat baiknya meluangkan waktu membuat selai nanas sendiri, sehingga teksturnya pas begitupun dengan rasanya.

2       2. Mempergunakan gula halus,

Dalam pembuatan nastar yang enak dan sempurna Anda pun ternyata musti memperhatikan jenis gula yang dipakai. Disarankan untuk lebih memilih gula halus ketimbang gula pasir, karena meski sama-sama manis. Namun membuat adonan kue dengan gula pasir cenderung tidak larut dan tidak tercampur rata di dalam adonan. Maka ganti memakai gula halus supaya tercampur rata dan hasilnya lebih lembut.

3       3. Memakai mentega berkualitas,

Memakai bahan adonan kue yang berkualitas memang selalu menjadi kunci sukses membuat pastry, termasuk kue kering berisi selai nanas ini. meski tersedia di pasaran dan siap makan, namun kue buatan toko online bisa jadi lebih enak buatan tangan sendiri. Supaya semakin enak pastikan memakai mentega berkualitas, dan kombinasikan dengan margarin agar teksturnya lembut namun tetap renyah. Perbandingannya adalah margarin 1:1 jadi misalnya margarin 50gram maka menteganya pun 50gram.

4       4. Mengaduk adonan secukupnya saja,

Dalam pembuatan kue kering akan mampu menghasilkan kue yang renyah apabila adonan tidak diaduk secara berlebihan. Sewaktu membuat adonan usahakan untuk diaduk memakai spatula atau secara manual memakai pengocok telur. Bukannya memakai mixer, karena diaduk sebentar saja asal tercampur sudah pas dan kalau berlebihan nantinya malah bantet dan keras. Maka aduk sebentar saja dan kemudian langsung dicetak lalu dipanggang.

Kue kering berisi selai nanas ini memang terlihat simpel namun enak dan proses pembuatannya ternyata punya resiko gagal yang cukup tinggi. Selain isian yang terlalu banyak sehingga retak dan kurang memberi lapisan kuning telur sehingga tidak mengkilap. Bisa jadi kuenya akan keras dan tidak terasa nyaman ketika dikunyah maka perlu teliti saat membuat kue kering ini. 

Beberapa tips di atas insyaAllah membantu Mom membuat nastar yang anti gagal dan mengalahkan produk situs belanja online yang dikemas dengan cantik.

Jadi, sudah siap, kan, Mom membuat kue nastar? Jangan lupa bagikan pengalamannya kepada saya ya, dengan berkomentar di bawah ini. Salam hangat, sehangat kue nastar ^_^

8 comments:

  1. Udah bikin mbak Sri?
    Wah aku mau donk dianterin setoples nastar di rumah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ngirim ngirim mbak. Cicip harus ke rumahku hihi

      Delete
  2. hmm, cocok nih buat nanti lebaran, terimakasih udah share tips nya bu...

    ReplyDelete
  3. Aahh..menggoda banget nastarnyaaaa..
    hmmm, lapaaar...

    ReplyDelete
  4. iyah yah mbak kalau selainya bikin sendiri rasanya emang jauh lebih enak...
    terima kasih resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.kualitas selai juga terpercaya karena buatan sendiri kan.juga kehalalannya

      Delete

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @ceritaummi

Follow Us @tutiarien