May 30, 2018

# Anyang-anyangan # ekstrak cranberry

Uri-Cran dan Gaya Hidup Sehat Bebas Anyang-anyangan


Hai, Moms, apa kabar? Masih semangat, kan, puasanya? Selama berpuasa, jangan lupakan hak tubuh, ya. Istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi dan minum minimal 8 gelas setiap hari. Gaya sehat ini, penting banget!

Jangan lupa asupan cairan selama berpuasa ya Moms. Minum ketika bangun tidur, ketika habis makan sahur, pas imsak, maghrib ketika hendak berbuka dan habis makan, 2x habis makan cemilan. Pas mau tidur malam. Atau sesuai kondisi Moms. Atur aja yang penting asupan cairan terpenuhi 6-8 gelas per harinya. Karena kekurangan cairan bisa menyebabkan anyang-anyangan loh dan kalau sudah parah bisa terkena infeksi saluran kemih. Waspada ya, Moms.

Ya, sebagai wanita, kita harus senantiasa memerhatikan kondisi tubuh kita, di mana pun, kapan pun dan dalam keadaan apa pun. Kalau tidak, hmm ... penyakit degeneratif akan mudah mendekat! Serem, kan, Mom. Belum uzur, eh maksudnya belum tua, kita udah sakit-sakitan. Saya mengingatkan, bukan berarti saya sudah perfect ya, Mom. No body perfect! Tapi, dengan menulis reminder ini, paling enggak, ini juga menjadi pengingat diri saya untuk terus senantiasa menjaga gaya hidup yang sehat agar tubuh tetap bugar. Apalagi sekarang usia saya sudah masuk usia cantik. Kalau tidak dijaga benar-benar, kerasa banget, produktifitas menurun sebab kondisi tubuh tidak sehat.

saya selalu bersemangat dalam beraktifitas (doc.pri)
Dalam sebuah penelitian, disebutkan 50-60% wanita mengalami anyang-anyangan. Anyang-anyangan adalah suatu kondisi dimana kita merasa ingin buang air kecil terus menerus, disertai dengan nyeri dan tidak lancar. Beberapa faktor penyebab anyang-anyangan adalah menahan pipis dan kurangnya asupan cairan/kurang minum.

Dulu, saya pernah mengalami anyang-anyangan. Benar-benar tersiksa banget. Setiap habis berkemih, eh ingin lagi, ingin lagi. Jadi bolak balik ke kamar mandi. Salah saya juga kurang memerhatikan asupan cairan ke dalam tubuh. 

Beberapa hari kemudian dengan rutin minum air putih, yang biasanya cuma segelas sampai 3 gelas sehari, saat anyang-anyangan saya minum setiap kali setiap selesai berkemih atau buang air kecil. Alhamdulillah, akhirnya anyang-anyangan pun hilang. 

Tapi eh .. eh .. kena lagi, anyang-anyangan datang berulang. What happen? Aya naon? Padahal saya sudah menghindari toilet kotor, minum teratur, tapii ..

Ternyata minum air putih saja tak cukup. 

Saat sakit anyang-anyangan teman saya merekomendasikan prive Uri-cran. Suplemen kesehatan yang mengandung ekstrak Cranberry yang dipercayai dapat mengobati dan mencegah anyang-anyangan. Saya minum 2 gelas sehari selama saya sakit anyang-anyangan. Alhamdulillah, setelah saya minum larutan uri-cran, anyang-anyangan pun hilang dan tidak kembali lagi.


Mengapa Uri-cran dapat menyembuhkan sekaligus mencegah anyang-anyangan? Dan apa benar anyang-anyangan sebab kurang cairan dan menahan pipis?

Alhamdulillah pada tanggal 26 Mei 2018 yang lalu, saya berkesempatan hadir dalam undangan Blogger Gathering dan Talkshow Uricran yang diadakan oleh Uri-Cran bekerjasama dengan Blogger Perempuan di Ballroom Harris Hotel, Kelapa Gading, Jakarta.

Hadir dalam acara ini dr.Boy Abidin, SpOG(K), seorang dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi. Beliau juga terkenal dengan sebutan dokter Oz Indonesia karena menjadi presenter di acara dokter OZ Indonesia di sebuah chanel televisi.

dr. Boy Abidin, SpOG(K) atau dokter OZ Indonesia (doc.pri)
Dokter Boy hadir untuk menyampaikan sebuah tema kesehatan kewanitaan yang sangat penting sekali, yaitu kesehatan kandung kemih. Tema hari itu, Pentingnya Menjaga Kesehatan Saluran Kemih pada Wanita. Dan pertanyaan dibenak saya pun terjawab sudah.

Dari pemaparan dokter Boy, diketahui bahwa 50-60% wanita yang mengalami infeksi saluran kemih dan  25% wanita pernah mengalami infeksi saluran kemih berulang. 


Apa itu infeksi saluran kemih? Infeksi saluran kemih adalah infeksi akibat ada koloni kuman di saluran kemih yang masuk secara hematogen (aliran darah) dan ascending (menjalar ke atas).

Dibanding pria, wanita lebih rentan terkena infeksi saluran kemih. Mengapa demikian? karena sistem urinary wanita lebih pendek dari pria. Salah satu gejala awalnya sering disebut anyang-anyangan atau rasa ingin buang air kecil terus menerus disertai nyeri dan tidak lancar.

Sistem urinary wanita dan wanita. Terlihat ya bedanya
Nah, jika Moms pernah mengalami anyang-anyangan, jangan didiamkan ya Moms, sebab hal ini akan menyebabkan infeksi saluran kemih menjadi bertambah parah. Infeksi saluran kemih ini sekarang tak hanya mengenai orang dewasa saja, tetapi juga mengenai anak-anak dan ibu hamil.

Penyebab infeksi saluran kemih 80% karena adanya bakteri E-coli yang menempel pada dinding saluran kemih/saluran kencing. Nah, bakteri E-coli ini jahat banget! Dia akan menempel di dinding sel epitel saluran kemih. Bagaimana kuman jahat ini bisa masuk ke dalam saluran kemih kita?

Bakteri E-coli bikin emak emak galau .. Kowaiii ..
Ini dia cara dia menyusup ke dalam, yaitu ketika kita sedang istinja tau membersihkan daerah kewanitaan setelah BAK atau BAB. Pada saat-saat tertentu kita terpaksa harus bertemu dengan situasi dimana kita harus mengeluarkan BAK di tempat umum. Dan karena terburu-buru, jadi tidak bersih. Beberapa keadaan di bawah ini yang kemungkinan besar menyebabkan kuman masuk ke dalam saluran kemih.
  1. Arah proses pembasuhan setelah BAB yang tidak benar. 
  2. Air untuk membasuh yang tidak bersih
  3. Sering menahan buang air kecil
  4. Toilet yang tidak bersih
hati-hati kalau pernah ke mall atau ke tempat umum dan terpaksa bertemu dengan hal ini, bisa jadi kena ISK

Menurut dokter Boy, kalau kita terpaksa harus ke toilet umum dan buang air kecil di sana, pastikan membawa air dalam botol sendiri, membawa handuk kecil agar area bekas pipis kering dengan melap dengan handuk kecil itu. Jangan lupa basuh dari arah depan ke belakang.

Apakah boleh memakai sabun antiseptik untuk membasuh miss V? Boleh asalkan PHnya PH yang disarankan dan aman diperuntukan miss V. Agar sabun tidak mengganggu flora yang Allah ciptakan dengan sedemikian sempurnanya untuk melindungi bagian intim dari seorang wanita.

Waspada jika, Moms pernah ke mall atau ke tempat umum dan terpaksa harus BAK atau BAB di toilet umum dan mengalami satu atau dua gejala di bawah ini, kemungkinan besar Moms terinfeksi bakteri E-coli saluran kemihnya.

Organ tubuh bagian bawah
  1. Nyeri saat BAK (disuria), rasa panas di urethra.
  2. BAK lebih sering sampai di malam hari (nocturia), jumlah urin sedikit
  3. Tidak dapat menahan rasa ingin BAK
  4. BAK tidak tuntas/anyang-anyangan
  5. Nyeri pada bagian perut bagian bawah
  6. Demam ringan dan tidak enak badan

Organ tubuh bagian atas
  1. Demam tinggi dan menggigil
  2. Hilang nafsu makan
  3. Mual dan muntah
  4. Nyeri pada pinggang (lokasi ginjal)

Moms kalau ada gejala di atas, harus waspada ya, kemungkinan besar, Moms terkena infeksi saluran kemih. Segeralah terapi agar anyang-anyangan hilang dengan minum larutan uri-cran. Jika gejala tidak hilang dalam 3x24 jam, hubungi dokter. Karena jika dibiarkan akan berakibat terkena infeksi saluran kemih yang lebih parah.

Tanda seseorang wanita mengalami ISK yang parah salah satu tandanya adalah keluar cairan keputihan yang tidak normal, berbau dan gatal. Tidak bisa diobati dengan hanya dibasuh dengan produk pembersih kewanitaan. Kalau sudah sakit, harus berobat ke dokter, ya Moms.

Menurut dokter Boy, ada 4 penyebab Infeksi Saluran Kemih;

1. Kurang Minum

kurang minum meyebabkan anyang-anyangan
Menurut dokter Boy, kurang minum dapat menyebabkan anyang-anyangan. Mengapa demikian? Karena kurangnya air dalam saluran kemih, menyebabkan koloni kuman mengendap dan berkembang biak di saluran kemih sehingga menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK).

Untuk menghindari ISK, minum air sebanyak 2-3 liter/hari agar saluran kemih sehat dan jauh dari ISK. Jika sudah terpapar kuman (bakteri E-coli) dokter biasanya memberi antibiotik untuk membunuh kuman dan memberi paracetamol untuk meredakan demam.

2. Sering Menahan Pipis



Menahan air kencing terlalu akan menyebabkan infeksi saluran kemih. Hal ini disebabkan karena koloni kuman di sekitar pembukaan urethra cenderung masuk ke dalam karena kita tahan. Jadi kalau sederhananya, yang seharusnya dikeluarkan, eh ditahan. Akhirnya kuman-kuman malah berkembang biak dan menyebabkan ISK.

Berkemih adalah salah satu cara untuk membantu kita membuang bakteri di dalam saluran kemih. Jika lama ditahan, memberi kesempatan kuman E-coli berkembang biak.


3. Diabetes

Mengapa diabetes juga bisa menyebabkan infeksi saluran kemih? Menurut dokter Boy, seorang pengidap diabetes, sistem imunitas tubuhnya menurun. Selain itu juga, orang yang terkena diabetes mengalami kerusakan syaraf sehingga tidak bisa mengosongkan saluran kemih dengan tuntas. 

Nah, ketidaktuntasan dalam berkemih ini menyebabkan mengendapnya kuman di dalam saluran kemih dan menyebabkan infeksi saluran kemih.

4. Kehamilan

Kehamilan pun disebut menyebabkan infeksi saluran kemih. Sekitar 10% ibu hamil mengalami infeksi saluran kemih. Kadang kita maklum jika ibu hamil jengjeriheun atau anyang-anyangan,  karena ibu hamil biasanya kandungannya menekan kandung kemih. Padahal perlu diwaspadai pula sebagai penyebab anyang-anyangan. Karena anyang-anyangan pada ibu hamil itu berbahaya sekali terutama kepada janin.

Oleh karena itu, jika merasa ingin pipis tapi tidak bisa disertai dengan nyeri, maka mungkin ibu hamil terkena ISK. Segeralah meminta pertolongan dokter agar ISK bisa diobati segera agar tidak menyerang bayi di dalam kandungan.

Nah, Moms, kurang minum menjadi salah satu menyebabkan anyang-anyangan. Jadi, yuk kita ubah pola hidup kita. Dengan minum secara teratur, insyaAllah penyakit saluran kemih akan menjauh. Terutama untuk ibu hamil. Ibu hamil harus cukup cairan dan senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan, terutama saat di jalan, pasti paling males, kan, mau ke toilet, akhirnya menahan pipis dan mengurangi minum. Karena jika bumil terkena ISK sangat berbahaya kepada kesehatan bayi yang sedang dikandungnya. Beberapa hal yang patut diwaspadai adalah sepeerti gambar di bawah ini:

ISK pada ibu hamil, serem ya, Moms
Infeksi saluran kemih pada ibu hamil, resikonya kepada janin akan fatal, karena akan menyebabkan beberapa hal di bawah ini:
  • Bayi lahir prematur
  • Berat badan bayi lahir rendah 
  • Preeklamsia
  • Hipertendi
  • Gagal ginjal
  • Kematian janin
Duh, serem ya, Moms. Lebih baik mencegah daripada mengobati ya, Moms. Ayo kita ubah gaya hidup kita, agar terhindar dari infeksi saluran kemih yang berulang. 

Apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan mengobati anyang-anyangan pada wanita?

Ini yang bisa kita lakukan dalam mencegah infeksi saluran kemih sekaligus mengobati anyang-anyangan pada wanita agar tak datang  berulang-ulang.
  1. Minum air putih kurang lebih 2-3 liter/hari
  2. Menjaga organ intim
  3. Hindari menahan BAK
  4. Bersihkan dari depan ke belakang
  5. Gunakan pakaian dalam dari bahan katun
  6. Konsumsi buah Cranberry

Mengapa harus mengonsumsi buah Cranberry untuk mencegah anyang-anyangan? 

Karena buah Cranberry telah lama diteliti dan dipergunakan di Amerika dan terbukti efektif mencegah infeksi saluran kemih karena keunggulannya.

Cranberry atau nama latinnya Vaccinium Macrocarpon adalah sejenis buah yang banyak ditemukan di Amerika dan selalu dipergunakan sebagai pelengkap sajian hari-hari besar tertentu.

buah cranberries (credit farm fruit)
Buah ini tergolong dalam jenis berry dan termasuk dalam makanan sehat. Setiap cangkir cranberry mengandung 25 kalori. Dalam setiap buahnya, cranberry mengandung 80% air dan 10% karbohidrat. (wikipedia).

Selain itu Cranberry juga mengandung Proantocyanidin (PAC), yaitu jenis tanin yang terkondensasi bahan aktif dalam cranberry yang menghambat pelekatan bakteri E-coli di sel epitel saluran kemih.

Lalu, apakah kita harus ke Amerika dulu untuk mendapatkan buah Cranberry ini? jauh bener, yak!

Tenang saja Moms. Moms gak perlu ke Amerika untuk mendapatkan buah cranberry. Sebab Combiphar telah memproduksi Uri-Cran, dimana kandungannya Uri-Cran ini adalah ekstrak Cranberry. Jadi kita bisa mencegah infeksi saluran kemih dengan Prive Uri-Cran. Ekstrak Cranberry-nya bekerja aktif menjaga kesehatan saluran kemih sekaligus membebaskan kita dari gangguan anyang-anyangan.

uricran membantu saya bebas dari anyang-anyangan (doc.pri)
Moms, yang bisa kita lakukan untuk mencegah infeksi saluran kemih yang berulang dengan cara mengubah pola hidup dengan pola hidup yang sehat dan minum Uri-cran yang mengandung ekstrak cranberry.

Keuntungan minum ekstrak Cranberry dibandingkan dengan pemberian antibiotik adalah cranberry tidak menimbulkan resistensi antibiotik. Cranberry memang bukan obat antibiotik, tetapi suplemen makanan untuk kesehatan organ kewanitaan, jadi enggak bakalan kita kena resistensi antibiotik. Ekstrak Cranberry dengan  kandungan Proantocyanidin (PAC) 36 mg menjadi pilihan  sebagai profiliaksis infeksi saluran kemih.

saya dan uricran (doc pri)
Anyang-anyangan jangan dibiarkan, Moms, karena akan berakibat infeksi saluran kemih yang lebih serius. Biasanya dokter akan meresepkan antibiotik untuk membunuh kumah jahat, bakteri E-coli yang terlanjur masuk ke dalam saluran kemih kita. Dari pemaparan di atas, ternyata gak perlu antibiotik untuk melenyapkan bakteri E-coli di dalam saluran kemih kita. Dengan minum Uri-cran yang mengandung ekstrak cranberry, insyaAllah bakteri E-coli dapat dicegah menempel di saluran kemih. Minum Uri-Cran, anyang-anyangan pun hilang!

Uri-Cran tersedia dalam bentuk kapsul dan powder sachet. Moms bisa memilih satu dari dua sediaan ini untuk mencegah dan mengobati anyang-anyangan. 

Sediaan Prive Uri-Cran berbentuk kapsul
  • Komposisinya: 250 mg Ekstrak Cranberry
  • Dosis : 1-2 kapsul/hari
  • Isi per-box: 30 kapsul
sediaan cranberry kapsul (doc. pribadi)
Sediaan Prive Uri-Cran Plus berbentuk powder sachet
  • Komposisi: 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus achidopillus, 0.1 mg Bifidobacterium bifidium
  • Dosis: 1-2 sachet/hari
  • Isi per-box: 15 sachet/box
uricran sediaan powder sachet (credit web uricran)
Prive Uri-Cran tersedia di Guardian, Watson, Century, Vibva Health, Apotik Kimia Farma dan apotik lainnya di dekat kota, Moms. 

Untuk informasi lebih lengkap Moms bisa melayari

Web Uricran: http://uricran.co.id/
Facebook: http://www.facebook.com/priveuricran/
Instagram: http://www.instagram.com/uricran.id

 Moms, yuk kita ubah gaya hidup kita dengan gaya hidup sehat,  mencegah lebih baik daripada mengobati, kan?

36 comments:

  1. Iya nih kudu jaga kebersihan organ vanita ya biar terhindari dari ayang-ayangan apalagi akibatnya ngeri banget hiks...makasih informasinya Mbk, lengkap bikin makin waspada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak harus perhatian dengan kesehatan organ kewanitaan karena salah satu cara untuk menikmati hari dgn bahagia ya sehat semuanya

      Delete
  2. Aku pernah cobain uricran ini, emang bener mbak,enakeun.. soalnya aku sering nahan pipis, apalagi kl lg nyusuin, takut anak bangun. Tp Tp ak ak mi uricran gak gampang anyang-anyangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bunchy saya juga merasakan kebaikan uricran jadi ga gampang anyang anyangan

      Delete
  3. Ga enak banget kena Anyang-anyangan ini. Btw ciyeeee jilbab metah

    ReplyDelete
  4. Uri Cran rasanya enak dan seger, udah cobain nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hu um kalau aku minum nya dingin dingin segerr

      Delete
  5. Iya nih, harus banyak minum dan jangan menahan BAK, ya mbak

    ReplyDelete
  6. Saya nih males ba get minum air putih. Ternyata malah bisa menyebabkan anyang2an ya.. aah jadi ngeri. Rajin minum aah.

    ReplyDelete
  7. Aku dulu sering anyang-anyangan, sakit banget, nyiksa.
    Alhamdulillah sekarang udah enggak lagi

    ReplyDelete
  8. Dulu pernah anyang anyangan duh ngga enak banget deh rasanya, sekarang ngga mau nahan pipis takut.. Alhamdulillah ya sekarang ada obat untuk mengatasi anyang anyangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak jadi membantu banget keluar dari masalah anyang anyangan

      Delete
  9. Anyang-anyangan memang bikin nggak nyaman ya. Urican memang tepat buat atasi anyang anyangan

    ReplyDelete
  10. Aku pernah juga anyang-anyangan mba Sri.. Waktu itu pas masih menyusui.. Emamg kurang minum sih, apalagi kebutuhan minum mesti banyak kan.. Suh, gak enak banget.. Akhirnya sekarang aku jadi rajiiin banget minum air putih.. Belum pernah nyoba uri-cran, tapi bagus nih Ada obat buat ngatasin anyang-anyangan dengan cepat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain mbak.. Enak kok rasanya. Seperti minum jus gitu.

      Delete
  11. Aku pernah ngerasain nahan buang pipis saat mudik dan rasanya enggak karuan :(
    Jadi tau rasanya anyang-anyangan itu gimana, efek nahan pipis hikhik. Alhamdulillahnya ya sekarang udah ada Prive Uri-Cran solusi mengatasi anyang-anyangan :)

    ReplyDelete
  12. Minum uricran penting bgt utk pencegahan. Daripada sudah muncul anyang2an dan tersiksa ya.

    ReplyDelete
  13. Poin 1, 2 dan 4 pernah aku alami.rasanya itu memang nggak enak banget, sakit, nyeri. Dulu sih bingung mau minum obat apa. Sekarang sudah kenal Uri cran jadi tahu deh solusinya.

    ReplyDelete
  14. Toilet umum yg sering kusinggahi memang kadang-kadang ngeri liat gayungnya, tapi mau gimana lagi kalo udah kebelet pipis. Untung ada prive uricran ya, solusinya praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. Aku juga serem kalau pas mau pipis di toilet umum. Ga lagi deh

      Delete
  15. Aku termasuk yg agak jijik'an sampai kadang nahan pipis kalau gak nemu toilet bersih di perjalanan, huhu.
    Untungnya gak sampai anyang2an,tapi tetap harus waspada mengingat bad habbitku itu. Syukurlah ada Uri-Cran ya dg segala manfaatnya. Enak pula rasanya, kusukaaa :)

    ReplyDelete
  16. Buah Cranberry emang bagus buat menghilangkan bakteri di urin ya mbak, sayang mahal, untung ada Uricran yang bisa mengolahnya, jd kalau anyang2an cukup minum uricran.
    Tapi moga gak pernah kena anyang2an lagi yaaa

    ReplyDelete
  17. Seru ya acaranya Ummi, nambah wawasan banget nih, makin aware sama masalah BAK, anakku terutama tuh yaa, suka nahan pipis, udah ku bilangin sih, nggak enak kalau kena anyang-anyangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk nunu.. Kudu ekstra memerhatikan kesehatan saluran kemih. Karena kalau sudah sakit kita yg rugi

      Delete
  18. mba sriiii aku kapok beneran masalah anyang anyangan ini gak enak pisan. tapi obatnya ini enak loh hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uricran bisa dikonsumsi sebagai suplemen mbak. Menyehatkan saluran kemih dan saluran pencernaan juga

      Delete

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @ceritaummi

Follow Us @tutiarien