June 16, 2019


Hai, Moms, apa kabar? Lebaran masih hangat diperbincangkan, apalagi isi dari pertemuan selama lebaran bersama keluarga, sahabat dan handai taulan, ya. Banyak yang dibicarakan, dari mulai ngobrolin tentang anak, pekerjaan, hasil pilpres, kesehatan orang tua, perumahan dan lain-lain. Kalau dijadikan buku, topik-topik perbincangan ini tentu saja bisa jadi beberapa serial buku plus dengan pernak perniknya, hihihi.

Ada satu topik yang menarik buat saya yang masih aja tinggal di Perumahan Mertua Indah alias belum punya rumah sendiri. Kalau ada yang ngomongin soal rumah, kadang suka sensi juga sih saya heuheu maklum, syirik tanda tak mampu wkwkwk

Saya pernah mengikuti launching expo perumahan. Berbicara tentang perumahan, saat ini, selain rumah, apartemen menjadi salah satu bentuk hunian yang mulai banyak diminati, terutama di kota-kota besar, seperti Surabaya, Bandung dan terutama Jakarta. Maklum, kan sekarang lahan sudah mulai berkurang, sementara kebutuhan akan perumahan setiap tahun terus meningkat, maka solusi salah satunya adalah dengan membuat perumahan ke atas, alias rumah susun untuk kalangan menengah ke bawah dan apartemen untuk kalangan menengah ke atas.

Bagaimana kalau kemudian setelah membeli rumah apartemen, terusnya enggak kerasan dan ingin menjual apartemen? Ada solusinya. 

Sama halnya dengan memasang iklan rumah tapak, Moms yang ingin menjual apartemen juga bisa memanfaatkan situs jual beli properti seperti 99.co Indonesia.

Menggunakan media online seperti ini bisa jadi langkah yang sangat mudah agar properti cepat laku.
Namun sebelum memasang iklan, banyak hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan sebelum Moms melakukan promosi.

Simak dulu yuk, uraian berikut

Sebagai penjual, tentu Moms ingin properti terjual dengan harga terbaik.

Pada dasarnya yang memengaruhi harga properti baik apartemen maupun rumah di antaranya adalah:

Lokasi dan Akses


Biasanya orang tertarik untuk membeli apartemen karena lokasi dan akses apartemen dibangun di sekitar daerah perkantoran, dekat kampus dan fasilitas sosial lainnya. 
Ini menjadi insight bahwa dalam pembangunan sebuah apartemen, kedua hal ini menjadi pertimbangan utama seseorang. 

Fasilitas

Moms mungkin sudah sering melihat penawaran apartemen yang disertai dengan fasilitas yang disediakan oleh pengembang atau pengelola. Hal ini menunjukkan bahwa orang-orang yang memilih tinggal di apartemen adalah orang-orang yang menyukai gaya hidup praktis. Maka, mau tidak mau Moms juga harus memerhatikan tentang fasilitas ini apa saja yang terdapat di apartemen ini. 

Biasanya yang suka dengan gaya hidup praktis ini adalah orang-orang yang lahir di era milenial. Fasilitas yang mereka butuhkan biasanya seperti wifi yang kenceng, co-working space, kafe, kamar yang simple tapi elegan dan dekat dengan fasilitas transportasi (moda) seperti kereta dan busway.

Selain itu, sebuah apartemen biasanya memiliki fasilitas lengkap seperti sarana olahraga, kolam renang, taman bermain, dan fasilitas lainnya, termasuk ada fasilitas berupa layanan keamanan 24 jam, area parkir memadai, laundry dan sebagainya.

Fasilitas-fasilitas seperti ini membuat apartemen akan memiliki nilai lebih di mata calon pembeli.



Spesifikasi Bangunan

Layaknya pembelian properti pada umumnya, kulitas dari material yang digunakan juga jadi nilai tambah bagi dari properti. Selain itu yang tak kalah penting adalah faktor pengembang.

Dalam dunia properti, ada sejumlah pengembang yang sudah dikenal namanya. Dan biasanya mereka yang sudah memiliki nama baik, tidak akan mempertaruhkan image mereka dengan membangun apartemen secara asal-asalan.

Jadi wajar saja ya, jika semakin dikenal dan bagus track record-nya, tentu tingkat kepercayaan calon pembeli akan makin tinggi. Bahkan banyak juga pembeli yang tidak masalah jika harga properti dari pengembang ini lebih tinggi dibanding yang lain.

Bicara keunikan dari apartemen dibanding rumah tapak, salah satunya terletak pada posisi unit apartemen. Bahkan harga unit apartemen dalam satu tower pun bisa berbeda-beda.  Penyebabnya bisa karena ukuran, jumlah ruangan dan fasilitas, hingga posisi unit apartemen tersebut.

Soal posisi unit, ini juga bisa berbeda-beda di setiap wilayah. Di Indonesia sendiri banyak yang memilih unit di lantai atas karena dianggap lebih nyaman dan tidak bising serta view-nya lebih menarik.

Faktor view pun ikut memengaruhi harga apartemen. 

Misalnya unit dengan view kolam renang atau view perkotaan biasanya punya harga lebih tinggi. Sehingga kebanyakan, harga unit apartemen di lantai teratas lebih mahal dibanding yang di lantai bawah. Hanya saja, fenomena belakangan justru unit apartemen yang di bagian tengah lebih banyak peminatnya. Dengan alasan, unit di bagian tengah ini bisa jadi jawaban bagi yang merasa lantai bawah terlalu bising, sementara lantai atas terlalu memakan waktu untuk mengaksesnya.



Nah, bagaimana cara memasang iklan di  www.99.co/id ? Caranya mudah saja, Moms.

Siapkan Data Produk

Prinsipnya dengan beriklan online seperti di 99.co Indonesia, Moms harus bisa menarik perhatian orang, salah satunya lewat kata-kata. 

Masukkan deskripsi dan judul menarik yang akan membuat orang langsung melirik iklan kita. Kemudian yang tidak kalah penting adalah mengisi data-data rinci mengenai properti yang dijual. 
Mulai dari luas bangunan, jumlah ruangan seperti kamar tidur dan kamar mandi serta yang lainnya.

Pasang Foto Terbaik

Selain kata-kata, ada cara yang tak kalah pentingnya untuk menarik pembeli di iklan online. Apakah itu? apalagi kalau bukan foto produk atau properti!

Karena calon pembeli di awal tidak langsung melihat produknya, maka foto yang menarik jadi hal yang wajib dalam menawarkan properti.

Di 99.co Indonesia Moms bisa memasang foto sebanyak mungkin, dan pastikan selain menarik, foto yang digunakan juga harus ‘jujur’ mewakili produk yang dijual. Foto yang dipasang harus  foto yang jelas, dan tidak perlu diedit secara berlebihan. 

Tunjukkan fasilitas dan kelebihan lainnya

Seperti yang disebutkan sebelumnya, saat seseorang mencari apartemen, fasilitas juga menjadi pertimbangan mereka.

Nah, di sini tugas Moms harus bisa mengemas deskripsi fasilitas semenarik mungkin. Apa saja fasilitas yang tersedia di apartemen, termasuk juga soal lokasi dan akses yang mudah ke berbagi tempat publik.

Dengan begini Moms selain menjual properti juga sudah menawarkan peluang investasi bagi mereka yang membeli properti

Karena properti yang berada di lokasi strategis akan mengalami peningkatan harga secara signifikan, sehingga cocok dijadikan sebagai investasi.

Kenali Target Pasar

Pasar dari properti yang Moms miliki bisa diketahui dari kondisi apartemen mulai dari ukuran, luas bangunan hingga lokasi. 

Misalnya apartemen dengan satu kamar tentunya lebih cocok bagi mereka yang tinggal sendiri atau pasangan tanpa anak.

Atau kalau apartemen yang Moms miliki berada dekat ke lingkungan perkantoran, maka otomatis yang berpeluang besar tertarik membeli apartemen adalah mereka yang bekerja di area tersebut.
Kalau menawarkan ke target yang sesuai dan jelas seperti di atas, tentu peluang terjualnya properti akan lebih besar, ya, kan?

Tetapkan Harga

Survei adalah koentji!

Banyak faktor penentu untuk menentukan harga sebuah apartemen. Selain mencari harga pasaran di kawasan itu, juga perlu perbandingan dengan apartemen lain yang memiliki fasilitas dan spesifikasi sama.

Untuk dua poin terakhir, Moms bisa saja meminta bantuan agen properti.

Kalau ingin menjual sendiri, berarti bisa sekedar berkonsultasi saja pada agen. Tapi jika ingin menyerahkan proses penjualan sepenuhnya ke agen properti, ini bisa jadi langkah praktis lho!
Karena semuanya akan diurus oleh mereka. Mulai dari menetapkan harga, dimana agen properti memang sudah ahlinya dalam hal ini, hingga mencari target pasar yang sesuai.

Ini karena agen biasanya punya database klien, jadi mereka bisa memilih sejumlah orang yang bisa jadi calon pembeli potensial.



Nah, jadi gimana? mudah, kan, Moms? 

Untuk bisa membuat iklan, Moms tinggal daftar aja, gratis! Lalu ikuti panduan yang sudah disediakan di 99.co Indonesia.

Ya, bisa dibilang memasang iklan tanpa biaya ini menjadi kelebihan utama dari media online. Jadi tak berlebihan jika  kini banyak yang memilih iklan di media digital karena tidak adanya bayaran. 

Berbeda dengan iklan konvensional yang masih harus mengeluarkan biaya dalam jumlah tertentu.
Lalu, setelah mendaftar gratis, saatnya mengisi data yang menjelaskan kondisi apartemen, termasuk spesifikasi seperti luas, ruang yang tersedia, fasilitas dan sebagainya.

Di sini Moms juga perlu mengisi informasi seperti harga, alamat dan nomor kontak di kolom yang tersedia. Selain mengisi semua data yang dibutuhkan, termasuk judul dan deskripsi yang sebaiknya dikemas semenarik mungkin, jangan lupa memasang foto.

Seperti yang tadi sudah disebutkan, sebaiknya pasang foto yang jelas dan juga menarik.

Maka tak ada salahnya juga sih mengeluarkan effort dikit untuk menghasilkan foto yang bagus dan kece, yaitu dengan menggunakan perangkat yang memenuhi standar pemotretan dalam hal ini untuk mendapatkan tampilan foto bagus dan juga mewakili apartemen secara keseluruhan.

Oya, sebelum membuat iklan, penting banget memastikan apartemen dalam keadaan yang terawat baik.

Jangan sampai masih ada kerusakan atau kekurangan, terlebih ketika calon pembeli survei langsung ke apartemen. Ini tentu saja akan mengurangi minat mereka pada apartemen yang kita tawarkan.

Kalau perlu lakukan tata ulang agar apartemen bersih, rapi dan terlihat baru. Lalu karena apartemen memiliki ukuran yang cenderung terbatas, maka sebaiknya lakukan beberapa cara untuk membuatnya terkesan lebih lapang. Misalnya dengan menyingkirkan barang-barang yang tidak diperlukan, dan memberikan pencahayaan yang cukup.

Jangan lupa siapkan juga dokumen legalitas terkait properti, bahkan kalau bisa serahkan juga bukti pembayaran tagihan listrik maupun air dan Iuran Pengelolaan Apartemen (IPL). 

Jadi, Moms, sudah siap memasang iklan di 99.co Indonesia?

26 comments

wah makin banyak website yang memudahkan kita buat menjual aset kita ya mbak, kalau jaman dulu kan harus pasang iklan di koran yang nominalnya lumayan :)

REPLY

Era teknologi digital sekarang ini beneran mempermudah pengguna buat melakukan apapun ya, sampai-sampai sekarang ada platform buat jual apartemen yang terpercaya lho :)

REPLY

kalau di Aceh Mba, khususnya di Banda Aceh kontrakan/ kosan laris manis.
(masyarakat Aceh lebih milih kontrakan dibandingkan apartemen, jadinya gak ada apartemen di sini, hehe)

REPLY

Mudah banget ya mau jual apartemen bisa pakai situs terpercaya seperti ini. Jadi bisa menjangkau para calon pembeli lebih luas lagi ya.

REPLY

Baru tau nih cara biar cepat laku jual apartemen hehe aku belum punya apart sih tp mayan nih jadi tambah info lho

REPLY

Skrng pasang iklan properti bisa online dan terpercaya ya. Baru tau website 99.co ini mbak. Soalnya susah susah gmpng klo mau jual properti. G kaya jual rumah tinggal gitu hehe

REPLY

Pasang iklan saja, gak dikenakan biaya yaa..
Bagaimana kalau sudah laku?
Dikenakan biaya marketing kah?

REPLY

Zaman sekarang udah serba canggih dan praktis mau jual aset tinggal di 99.co aja yang ngebantu banget buat jual apartemen udah terpercaya pula

REPLY

Enak ya jaman sekarang dimudahkan dengan startup dan jasa untuk membantu menjual aset. Anw semua hal ini penting yaa untuk diperhatikan kalau mau menjual tempat tinggal. :D

REPLY

Sekarang apa-apa makin mudah ya, mbak. Termasuk ngejual apartemen. Tinggal klik-klik, semua beres. Life in this digital era~

REPLY

Jadi sekarang untuk menjual properti tidak susah lagi ya karena sudah ada banyak layanan dan website yang bisa membantu

REPLY

Nama web nya bagus ya mbak 99 gampang diinget jadinya sekarang pasang iklan properti makin mudah ya aku baru tahu ada web ini

REPLY

Selain alasan di atas, sepertinya interior apartemen juga mempengaruhi mahal tidaknya apartemen ya Mb. Tentu lokasi dan akses yang mudah terjangkau juga.
Selama ini sih belum pernah tinggal di apartemen, wong ga punya ahahaha tapi emang bagus2 sih. Btw thanks tipsnya supaya bisa cepat jual apartemen or rumah

REPLY

Jadi bisa pasang iklan dengan nyaman ya mbaaa. Dan trusted pula! Apalagi bener banget jaman milenial ini, yg d cari it wifi kencang, co working space

REPLY

Makin banyak anak muda yg milih tinggal di apartemen. Simple dan semua fasilitas biasanya sudah tersedia. Dan hadirnya 99.co Indonesia akan jadi alternatif yg menarik

REPLY

Sangat membantu ya mba. Kalo soal wifi aku pun meski ga stay di apartemen. Mau dong yang kencang apalagi melambung. Btw ini keren infonya mak. Lengkap

REPLY

Wah telat tau ini mba, udah keburu sold kemarin apt di kemayoran

REPLY

Iya nih kalau mau juala apartemen memang juara banget di 99.co ini, beberapa temenku udah pernah nyobain jual soalnya dan kata mereka oke

REPLY

Karena bisa buat iklan apartemen di 99.co, kalau mau cari apartemen bisa juga berarti ya Mbak. Tapi apa di sana bisa jualan rumah juga? Hhe

REPLY

Ternyata bisa ya mbak Sri cepat laku, bTW aman tapi kan? Soalnya kwatir kl gak aman ya mbak. Tipsnya boleh juga nih mbak, jadi solusi

REPLY

mantep ni jadinya skrg jual aset sendiri jadi semakin mudah karna banyak wbsita yang bisa bantu kita bikin iklan sendiri

REPLY

Kemaren aku sharing sama bang eka soal apartemen ini, tepatnya investasi dan gimana sistem penjualannya... 😁😁

Dan lumayan tertarik tentang apartemen ini, walaupun nentinya mungkin akan tinggal di Kawasan Mertua Indah Permai juga 😂

REPLY

Praktis banget jual beli apartemen secara online, harus jujur dengan apa yang kita jual ya..untung ada websitenya jadi memudahkan banget

REPLY

Ini hampir sama dengan market market jualan onlen ya. klo yg sebelumnya khusus buat rumah tapak. klo ini khusus apartemen aja ya mba?

REPLY

Wah pengen banget punya apartemen untuk investasi, semoga ada rezekinya bisa punya properti di Bogor atau Bandung aamiin

REPLY

Wah dulu beberapa teman saya kerja di sini, kantornya di BSD kan. Tapi saya pribadi belum pernah berjualan properti di sini sih. Maklum masih nabung buat cicilan rumah hehehe.
Salam kenal mbak

REPLY

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien

Sri Widiyastuti . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates