Resep Tilapia Mashed Potatoes Cream Cheese

31 comments

Hai, Moms, sore ini saya akan share Resep Tilapia Mashed Potatoes Cream Cheese favorit keluarga. Cara membuatnya mudah sekali dan persiapannya juga tidak lama. Cocok sekali menjadi kudapan di tengah pandemi Covid-19 yang entah kapan akan usai. Karena masakan ini tak hanya bisa menjadi teman sarapan saja, tapi juga cocok untuk cemilan di waktu antara jam makan siang dan kudapan sore.


Tilapia Mashed Potatoes Cream Cheese

Menurutku kudapan yang satu ini sudah lengkap sekali kandungan gizinya, karena ada karbohidrat, protein hewani, protein nabati, lemak, sayuran dan rempah. Selain lezat, kudapan ini pun bergizi tinggi.

Maklum saat ini, kita harus senantiasa menjaga kesehatan jasmani dan rohani. Sehingga dibutuhkan makanan yang tak hanya cukup kandungan gizinya, mengenyangkan dan menyenangkan!

Apa saja sih bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat kudapan sehat ini?

Ini dia bahan utama resep Tilapia Mashed Potatoes Cream Cheese

Ikan Tilapia

Saya pernah membahas tentang Ikan Tilapia di blog ini, karena saya pernah juga mengikuti Cooking Competition tahun 2019 lalu yang diadakan oleh Regal Springs Better Natur Tilapia. Nah, tahun ini Regal Spring juga mengadakan kompetisi serupa, dan saya ikutan lagi dong. Saya juga share resep andalan saya yang saya ikutkan dalam kompetisi ini.

Alhamdulillah, tahun lalu saya masuk 20 orang nominasi dan berhak mengikuti kelas memasak bersama Chef Norman Ismail. Seru banget kelas memasaknya dan saya sangat terkesan dengan masakan Chef Norman yang spicy. Cerita keseruannya juga sudah saya ceritakan di cerita Cooking Class With Chef Norman Ismail. Resepnya Chef Norman, memang sih spicy semua, tapi entah kenapa saya sukaa! 

Jadi, Ikan Tilapia atau ikan Nila kata orang Sunda, mah, memiliki tekstur daging yang pejal, sedikit tulang dan cepat masak. Meski demikian saya masih aja malas masak ikan karena gak mau ribeut sama tulang ikan. Tapi ... sekarang saya tidak risau lagi, karena ada Naturally Better Tilapia Fillet dari Regal Springs.

Ikan Tilapia fillet ini praktis digunakan memasak apapun, mau dijadikan steak, mashed potatoes, mangut, bola-bola ikan dll bisa banget!

Kandungan gizi ikan Tilapia ini pun tergolong tinggi kalori dan rendah lemak, jadinya bagus banget dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang tua.

Kita membutuhkan 2 belah ikan Tilapia, atau 200 gr dalam resep ini.

Kentang

Kentang sering disebut makanan pengganti nasi, karena mengandung karbohidrat. Di masyarakat Eropa, kentang merupakan makanan pokok mereka. Kalau di Indonesia, biasanya kentang dikonsumsi untuk orang yang sedang melakukan diet. 

Nah, kentang juga banyak digunakan untuk membuat keripik, dan campuran membuat donat, roti, bubur kentang, sup dan mashed potatoes. Beberapa resep yang saya ulik dari bahan dasar kentang ini kebanyakan memang tergolong makanan berat dan mengenyangkan.

Dalam resep ini, kita memerlukan 1 kilogram kentang yang sudah dikupas dan dikukus. 

Susu

Susu yang digunakan bisa susu cair bisa susu bubuk yang dicairkan, yaa. Tetapi menurut saya sih, lebih gurih menggunakan susu cair. Apalagi kalau susu sapi murni, yaa. Hmm .. gurihnya tuh terasa banget!

Saya menggunakan susu bubuk jika stok susu cair habis dan atau ingin menghabiskan susu bubuk plain di rumah hehe jadi mana saja bisa digunakan, ya. Dalam resep ini kita membutuhkan 400 ml susu.

Jagung Manis

Saya pernah makan jagung manis tanpa perlu dimasak dahulu. Iya, waktu itu saya diajak suami saya fieldtrip ke puncak, tepatnya ke kebun pertanian Sidogiri, puncak. Di sana saya menginap satu hari kemudian melanjutkan perjalanan lagi ke Waduk Jatiluhur. Waktu itu saya masih pengantin baru, jadi inget banget apa saja yang kami lakukan selama perjalanan itu, sambil malu-malu hahha salah satuny menggerogoti jagung manis ini. 

MasyaAllah, takjub banget dengan hasil pertanian kita. Beneran lho, saya baru pertama kali makan jagung manis langsung dari kebunnya dan gak perlu dimasak. Udah kayak buah aja itu jagung. 

Nah, manfaat jagung ini banyak banget, selain menyehatkan pencernaan juga bisa menjadi vitamin mata, mencegah anemia, menyehatkan jantung.

Semangkuk jagung manis cukup untuk memberikan rasa manis di dalam mashed Potatoes yang akan kita buat nanti.

Daun Bawang

Daun Bawang selain memberikan rasa pedas dan wangi pada masakan, manfaatnya juga tak kalah banyaknya. Sama dengan jagung, daun bawang bisa menyehatkan jantung. Bagi yang berat badannya berlebihan dapat menurunkan BB dan juga mengandung antioksidan.

Cukup segenggam daun bawang iris untuk membuat masakan kita wangi. 

Keju Cheedar

Keju Cheedar biasanya dijual dalam bentuk kotak panjang. Saya selalu menyediakannya di rumah tak hanya sebagai campuran kudapan atau pasta spageti tetapi juga anak-anak saya suka mengemil keju cheedar.

Manfaat keju untuk anak-anak antara lain menjaga kesehatan gigi, tulang, otak dan kardiovaskular, serta membentuk sel tubuh yang kuat.

Dalam resep ini, saya menggunakan Keju Cheedar sebanyak satu mangkuk.

Mustard 

Mustard, Moster, Mustar semuanya sama, yaitu bumbu  populer di Eropa yang berasal dari biji Sawi. Kata kita mah, Mustard teh rempah-rempahnya orang Eropa. Rasanya agak pedas menyengat seperti Wasabi di bumbu Jepang.

Saya memakai Mustard hanya menggunakan dua sendok makan. Rasanya, ga berasa bagnget sih, karena setelah dicampur dalam cream cheese rasanya malah menjadi gurih, enak, apalagi tambahan rempah kita, merica, kalah si mustard mah hiihi

Kenapa saya tetap menggunakan mustard dalam resep ini? karena saya ingin rasa eropanya masih ada. Simple ajaa.


Resep Tilapia Mashed Potatoes Cream Cheese


Jadi, bagaimana cara membuatnya?

Oke, Moms, mari kita masak!

Cara membuat Tilapia Mashed Potatoes Cream Cheese

1. Panaskan oven agar ketika selesai menyiapkan semua bahan, kita tinggal memasukannya ke pemanggang.

2. Kupas kentang, lalu rebus dan tiriskan. Lalu tumbuh atau haluskan dengan penghalus kentang selagi masih panas. Kemudian beri sesendok margarin/mentega dan 4 sendok makan susu. Taburi sedikit merica. Aduk hingga rata dan sisihkan.

3. Rebus ikan Tilapia dengan sedikit susu selama 2-3 menit. Lalu susun ikan ke dalam wadah tahan panas. Sisihkan.

4. Panaskan wajan dengan sesendok mentega/margarin, lalu tambahkan 25 tepung terigu aduk hingga rata dan masukan sisa susu dan susu yang bekas merebus ikan. Aduk hiingga merata. Masukan mustard dan masukan keju cheedar. Aduk hingga rata dan menjadi cream cheese yang lezat, jangan lupa beri merica secukupnya. Masak selama 3 menit.

5. Susun jagung manis dan daun bawang di atas ikan. Lalu masukan cream cheese ke dalam wadah menutupi ikan, jagung dan daun bawang. Lalu timpa dengan kentang sesendok demi sesendok. Atur sedemikian rupa. Ratakan dengan garpu agar atas adonan menjadi sedikit bergelombang. Tambahkan keju cheedar. 

6. Masukan ke dalam pemanggang dan oven selama 25 menit sampai keju menjadi agak gosong cantik.

7. Karena tidak ada rosemary, saya menaburi Mashed Potatoes dengan irisan daun salam. 

Kenikmatan memakan kudapan ini adalah ketika irisan daun salam ini bercampur dengan kentang dan ikan, lalu bertemu dengan cream cheese yang lembut. Lalu ditingkahi dengan jagung manis dan daun bawang yang menambah rasa. Enak banget!

Jujur, masak hanya satu pinggan enggak bakalan cukup kalau msaak ini, anak-anak saya suka banget dan nagih terus! 

Nah, Moms, demikian resep kudapan sore hari ini, Tilapia  Mashed Potatoes  Cream Cheese ini. Tak hanya nikmat disajikan sore hari tetapi juga kenyang disajikan ketika sarapan. Selamat mencoba!


Salam sayang,

Sri Widiyastuti

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia sebagai diaspora.Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

31 comments

  1. Uchhh ini salah satu makanan fav aku.. jika makan nasi lagi bosan selalu buat mashed potatoes.. tapi sederhana banget ala ala kau.. nah ini resep mbak sri boleh banget aku coba nanti saat bikin mashed potatoes ya

    ReplyDelete
  2. weekend mau coba buat ah, sepertinya mudah hahaa tp kayaknya bentukannya ga bisa secantik ini :(

    ReplyDelete
  3. Ummi Saki makasih resepnya. Udah pengen nyoba dari bbrapa hari lalu. Eh malah masih gagal terus buat mencoba. Ikann inis etauku ya ga amis mba

    ReplyDelete
  4. Maaf aku komentarnya sedikit melenceng.

    Baca Tilapia aku jadi ingat pernah ikut kuisnya di instagram, berhadiah travelling ke Danau Toba sekaligus mengunjungi peternakan ikan Tilapia di sana.

    Sayang aku belum beruntung jadi pemenang utama.

    Alhamdullilah jadi pemenang hiburan dapat e-money dan goodie bag

    ReplyDelete
  5. Klo ga ada ikan Tilapia diganti apa ya mba, yang hasil rasanya serupa? Duh..kemecer deh..

    ReplyDelete
  6. Liatnya aja udah keburu ngiler, enak banget kayanyaaaa. Boleh recook ya bu

    ReplyDelete
  7. Aku suka banget menu mashed potatoes ini...
    Apalagi dicampur jagung dan ikan tilapia.
    Kalau beli ikan tilapia, minta yang fillet gitu yaa...kak?
    Bener-bener tanpa perlu perasa buatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanan yang nutrisinya lengkap.
      Sekali masak, semua terpenuhi.
      Tapi ini memang uda gak perlu pakai nasi lagi yaa...?
      Biar gak double karbo.

      Delete
  8. Masha Allaaaahh, membayangkan aja resepnya.
    Kentang, berpadu dengan susu, dan keju dan jagung manis.
    Itu semacam semua makanan favorit digabungnya, jadi super favorit.

    Btw btw, saya mengernyitkan dahi membaca Tilapia, ternyata ikan Nila hahahaha.
    Ikan favorit anak-anak saya itu mah :)

    ReplyDelete
  9. Sudah semangat mau ikutan bikin kudapan berbahan ikan nila ini. Tadinya biar gak selalu tuh ikan dimasak bakar nila atau goreng nila aja gitu...
    Eh ndilalah, ternyata saya ga punya oven buat manggangnya...
    Batal deh eksekusi resepnya hehehe

    ReplyDelete
  10. Ikan tilapia ini ikan air tawar bukan ya? Penasaran namanya apa ya di Makassar sini. Btw ini resep bisa dimodif sikit nih biar jd menu mpasi bayik yg lagi bosen makan nasi

    ReplyDelete
  11. aku sering beli ikan tilapia ini juga mbak, praktis udah gak ada durinya jadi anak-anak makannya semangat. Aku ikutin ah resep mashed potatoes cream pakai ikan tilapianya

    ReplyDelete
  12. Mudah ya mba cara buatnya, udah lengkap pula kandungan gizinya. Kalau berbahan dasar kentang mix susu gini anak-anak dijamin pasti suka.

    ReplyDelete
  13. Ikan Tilapia aku baru kenal mbak dan lihat tampilan ini enak banget mbak jadi pengen dieksekusi di rumah. Nilai gizinya juga bagus buat keluarga.

    ReplyDelete
  14. Tiap lihat postingan teman-teman di IG tentang Ikan Tilapia, saya tuh sering penasaran pengen beli juga. Penasaran kayak apa sih ikan tilapia itu, ealah sampai suatu ketika baca di mana, ternyata itu tuh ikan nila yaa. Ya ampun..di sini banyak..hampir semua rumah makan menyajikan menu tersebut.

    ReplyDelete
  15. biasanya ikan tilapia sama aku cuma di goreng tepung aja, makanya pas liat menu ini kok unik, mau dicoba pas weekend nanti

    ReplyDelete
  16. Belum pernah nyobain bikin Mashed Potatoes mbak. Tapi kalau bahan ikan Tilapia akan Ikan Nila diganti sama ikan lain yg ada di rumah gitu ya. Bisa apa nggak ya mba? Kali aja bisa, Walau aslinya Ikan Nila di sini juga ada yang jual heheee
    Sepertinya kalau bikin iMashed Potatoes di rumah, para penguni pada doyan nih
    BTW TFS buat resepnya ya mbak

    ReplyDelete
  17. Saya baru tau kalo ikan Nila itu namanya Ikan Tilapia.
    Banyak tuh di Bendungan Bili-bili. Makanya dibuat rumah makan di atas bendungan, menu utamanya ikan nila.

    ReplyDelete
  18. oemjiii liat ini ku jadi pengen buat jugaaa, semoga weekend ini bisa buat jugaaa hihihi, semoga berhasil bikin mashed ptato yang enak hehehe

    ReplyDelete
  19. Mbak aku suka banget lho pada ikan Tilapia ini. Terutama kalau di pesmol. Tapi baru aja tahu dari membaca blog pos ini, ternyata sekarang ada filletny. Hahaha..emang ketinggalan zaman banget saya ini. Ah mau coba juga resep ini. Mumpung masih banyakan nongkrong di rumah :)

    ReplyDelete
  20. Ya ampuuuun cemilan creamy keju giniiiii aku ga akan bisa nolak mbAa:D.

    Aku kayaknya beneran harus beli oven sih. Selama ini ga nyobain masak yg dipanggang, ya Krn ga ada oven. Dulu mikirnya, ga bakal sering kepake, toh aku ga doyan masak juga. Tapi kalo udah liat resep2 yg dipanggang, lgs pengen bangetttttt :D

    ReplyDelete
  21. Aku kira tilapia itu apa ternyta ikan nila �� trnyta masakan ikan kasih cream cheese gini cocok juga ya mba jadi penasaran gmn rasanya

    ReplyDelete
  22. baru liat fotonya aja ngiler, pas baca blognya merasa langsung laper aja nih haha enak banget mbak sepertinya, jd ingin coba buat ini juga dirumah hihi

    ReplyDelete
  23. Dari penampakannya aja uda bikin ngiler kak. Duh pengen coba bikin juga ah. Thanks for sharing

    ReplyDelete
  24. Lihat ini malam-malam bikin ngiler banget doong. Cara buatnya juga lumayan mudah ya mbak

    ReplyDelete
  25. Pakai Oven suhu brp ya mbak, resepnya kliatan sangat menarik. Dan baru denger ada namanya ikan tilapia

    ReplyDelete
  26. Tiap lihat postingan tentang Ikan Tilapia, aku suka sering penasaran pengen beli juga. Gimana rasanya kalau di kreasiin dngn makanan lain 🙈

    ReplyDelete
  27. aku belum pernah makan beginian mba Tuti, penasaran hahha kalau bisa membuatnya sendiri senang ya daripada beli lebih puas makannya

    ReplyDelete
  28. Asli ngences bacanya Teh, aku suka banget ikan, dan mashed potato, penasaran perpaduan keduanya biasanya kan daging sapi cincang yaa

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email