October 01, 2019


Hai, Moms. Hari ini mau memasak apa, Moms? Gimana kalau kita masak Steak Ikan Tilapia Bumbu Rempah, aja? Cara memasaknya mudah, gak lebih dari 10 menit, tapi tanpa preparationnya ya hihihi

Yup, kebayang memang rempongnya, ibu-ibu merencanakan menu setiap harinya. Karena menyajikan makanan sehat dan enak di rumah, tentu saja menjadi tugas bagi seorang ibu. Apalagi dengan cuaca saat ini yang ekstrim banget, siang panas banget, menjelang pagi, dingin banget.

Nah, kondisi cuaca yang seperti ini tentu saja membutuhkan asupan nutrisi yang baik agar imunitas tubuh kuat. Jadi, saya membuat menu untuk keluarga, Steak Ikan Tilapia bumbu Rempah. Rempah-rempah yang saya campurkan dalam steak ikan Tilapia adalah merica dan biji pala. Keduanya dipercayai selain memberi aroma wangi pada masakan, juga memberi kehangatan, mengatasi hidung tersumbat, mencegah kerusakan sel, melancarkan pencernaan, meningkatkan fungsi otak dll.


Ikan Tilapia atau ikan Nila sumber protein dengan nilai gizi yang tinggi, dipercayai dapat menunda penuaan dini dan mencegah kanker prostat.

Yuk, Mengenal Ikan Tilapia

ikan tilapia merah
Ikan Tilapia atau Ikan Nila dalam bahasa Indonesia, memiliki nama ilmiah Oreochromis Niloticus.  Dulu, ikan ini banyak dibudidayakan oleh orang Mesir di zaman Mesir kuno. Orang Mesir membudidayakan ikan Nila/Tilapia di sepanjang sungai Nil. Makanya mungkin, mengapa nama ikan ini bernama Ikan Nila, karena dulunya dia berasal dari Afrika, yaitu dari sungai Nil. Lalu ikan ini juga bisa ditemukan di Palestina, Israel, Yordania, Suriah dan Lebanon.

Ikan Nila/Tilapia merupakan salah satu spesies ikan air tawar. Ikan Nila/Tilapia bisa hidup di dalam danau, kubangan, dan aliran sungai yang dangkal. Ikan Tilapia ini dibudidayakan kebanyakan untuk dieksport ke luar negeri, jarang sekali dijual di dalam negeri. Oleh karena itulah, saya juga baru tahu kalau ikan nila adalah ikan tilapia hehhe maklum kudet hihi 

Untung sekarang ada produsen Ikan Tilapia di Indonesia sekarang, namanya Regal Springs yang telah mengembangkan bisnisnya diolahan ikan sejak tahun 1988. Saya membeli Ikan Tilapia di Transmart Taman Yasmin Bogor. Harganya lagi promo nih, dari harga Rp34,000 turun jadi Rp28.900 perpack berat 200gr (1 ikan bisa buat 2 steak), lumayan lho dapat diskon sekitar 6000an. Lumayan, tho? saya abis ini mau nyetok lagi karena anak anakku sukaak banget.

Ikan Tilapia di Transmart
Dulu waktu di Malaysia saya pernah beli juga ikan Nila/Tilapia merah di Aeon Jusco di deket rumah saya. Mayan mahal harganya, lho. Mungkin karena kualitas ekport ya, jadinya harganya mahal. Tapi harga berbandinglah dengan rasa dan lezatnya ikan ini. Apalagi durinya besar-besar jadi mudah mengolahnya dan memakannya.

Baca juga Resep Soto Ayam Santan

Jujur anak-anak saya ini pemakan ikan semua. Tapi saya males mengolahnya, karena pertama ikan kalau digoreng perlu effort yang besar banget, perlu tutup panci, helm dan kabur dari dapur hahaha (ada yang sama moms? kelakuan emak emak hihihi)

Terus yang kedua, males banget ngambilin durinya. Tapi, mau gimana lagi, anak anak daripada keselek duri coba. kan ga enak duri dalam daging. Jadi meskipun jadinya emak tukang cabutin duri dan makan telat, padahal udah pengen makan pake ikan dan nyocol sambel haha kudu rela mencabuti duri ikan dulu.

Ikan Tilapia tanpa duri
Yepp .. sekarang saya telah bebas dari kerepotan itu, karena sudah ada ikan Tilapia yang boneless, alias kagak ada durinya. Tinggal cuci bersih, kasih bumbu rendaman dan goreng dengan margarin dua sendok.

No drama drama lagi. Makan bersama keluarga pun jadi nikmat.

Baca juga: Cara Manis Menghidupkan Tradisi Makan Bersama

Kandungan Gizi Ikan Tilapia 

Kandungan gizi Ikan Tilapia per 100gr
Selain tinggi protein dan rendah lemak, ikan tilapia juga kaya dengan vitamin D. Ikan ini juga mengandung vitamin B12, kalium, selenium, fosfor, omega-3, omega-6, dan niasin. 

Nah, ini dia resepnya, Moms. Caranya mudah banget dan cepat saji. Kalau mau makan masakan restoran, ini resepnya. Selain enak, nikmat juga sehat.

Steak Ikan Tilapia Bumbu Rempah
(2 porsi)

Bahan rendaman:

  • 4 buah bawang putih 
  • 1/4 sdt merica
  • 1/4  buah pala
  • 1 sdm kecap manis.

Bahan bahan ini diulek dan dicampur. Keluarkan fillet ikan Tilapia, cuci lalu belah menjadi dua (pipih). rendam sampai bumbu meresap selama 1 jam.

tutup ikan yang dimarinet dengan plastik biarkan selama 1 jam sampai bumbu meresap

Saus:
  • 2 sdm margarine 
  • 1 buah bawang bombai iris 
  • 1 sdm kecap asin
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm cuka (opsional)
  • Gula dan garam secukupnya
  •  200 ml air
  • 1 sdm tepung maizena diencerkan dengan 2 sdm air

saus steak ikan

Cara membuat saus:

  1. Panaskan margarine lalu tumis bawang bombai sampai harum. 
  2. Masukan air, kecap asin, kecap manis, cuka, dan gula garam. 
  3. Setelah mendidih, masukan cairan maizena dan aduk cepat.
  4. Angkat.



Menggoreng bistik ikan Tilapia:

ikan tilapia sedang digoreng
  1. Panaskan wajan, masukan 2 sdm margarin, masukan ikan.
  2. Bolak balik ikan, masak ikan tilapia sampai matang. Tidak lama kok, kurang lebih 5 menit kalau ga salah ya. Ikan ini cepat matang.


Cara menyajikan:

  1. Siapkan piring, tata steak ikan tilapia di piring. Sajikan steak ikan Tilapia dengan kondamen seperti buncis, wortel yang dikukus dan kentang goreng. 
  2. Guyur dengan saus bistik.
  3. Nah, siap dinikmati bersama keluarga, deh. 


Alhamdulillah anak anak sukaa karena daging ikan tilapia lembut. Selain itu, saya juga tidak perlu menggoreng ikan dengan banyak minyak goreng, karena ikan ini lekas matang hanya dengan dimasak dengan 2 sendok makan margarin saja. Bumbu rempahnya juga meresap dan mampu menghangatkan badan. 

Gimana, Moms? ada cara yang lebih sehat lagi dari menu ini? Sharing, yuk! 

19 comments

oalaaah aku baru tau ikan ini dr mesir. aku suka ikan nila krn durinya ga banyak daaaan namanya sama ama aku hahahahah... biasanya dimasak bakar ama mama, pake sambel kacang ato kecap. blm prnh sih dijadiin steak gini. tp kayaknya memang enaaaak :D. aku save dulu resepnya mba ;)

REPLY

ikan tilapia ini kesukaan aku mbak, soalnya di bikin sop enak, dipepes enak, di bakar juga enak :) makanya aku suka stok di freezer hahahaa

REPLY

wahh aku suka banget ikan nila, makasi resepnya berguna banget ni, mau aku praktekin ah semoga enak aku yang bikin

REPLY

noted resepnya nih, nanti libur ku eksekusi ah kebetulan anakku suka banget sama ikan termasuk olahan steak ikan ini, pasti seneng kalau ibunya masakin. Thanks resepnya mbak.

REPLY

Ku kira ikan apa ternyata ikan nila ya kak hehe jadi laper liat steak jam segini. Jarang soalnya yg buat steak ikan gini

REPLY

Aku kudet banget baru tahu ada menu makanan seperti ini. Liat fotonya sih jd ngiler pengen icip juga 🤭

REPLY

Aku ngeliat ini langsung auto ngiler loh. Apalagi steak ikan, yummy bangetss.. makasih resepnya, mau aku praktekkan hehe

REPLY

Asyikkk! Resepnya lengkap banget, mbak. Bisa nih disontek buat masak juga kapan-kapan. Pagi-pagi belom sarapan buka post-nya mbak, jadi keroncongan deh, wkwkwkkkk

REPLY

oalah tilapia tuh nila toh. kalau udah ada bentuk fillet mah gak ribet sama duri3 lagi. hmmm enak dagingnya lembut

REPLY

Baru tau nih sama ikan Tilapa, ternyata kandungan protein di dalamnya tinggi ya. Bisa jadi pilihan menu keluarga

REPLY

Page artikel ini sepertinya wajib banget aku kasih star alis di-bookmark soalnya aku lagi perlu resep2 gini. Lagi belajar keras buat bisa masak. hihi.

REPLY

aku baru denger nama ikan ini Mba, mungkin sering lihat saat belanja ikan tapi ga tahu namanya dan wow kandungan gizinya banyak juga ya

REPLY

wah enak nih kalau udah ada ikan yang boneless, tinggal dimasak ya kak XD Mau cobain ah resepnya, makasiih kaak :D

REPLY

awaknya bingung ikan tilapia tuh apa hehe ternyata ikan nilaa. wah resepnya harus di catet nih karena kareanya ikan nila dirumahku cuma digoreng aja 😁

REPLY

enak banget beb keliatannyaaa, bikin laper deh huhuhu, thanks beb infonya, kebetulan aku lagi belajar masak jadi bisa ikutin resep kamu hehe :D

REPLY

waaah praktis banget jadinya yaa, kapan kapan mau bikin juga aaah, aku suka bangt sama ikan hehehe

REPLY

Terima kasih ya mbak buat resepnya, Aku jadi pengen eksekusi resepnya Mbak dan pengen nyobain juga rasanya seperti apa

REPLY

Kayaknya pengen banget deh nyobain resep ini , kebetulan dirumah ku juga pada suka makanan ikan

REPLY

Ikan tilapia ini enak. Dagingnya padat dan slrasanya juga gurih. Anakku suka makannya. Bisa dijadiin macem-macem yaa

REPLY

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien

Sri Widiyastuti . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates