May 09, 2019


Kuliner Indonesia itu kaya banget. Apalagi dengan dukungan beranekaragamnya rempah, menambah lezat masakan yang terhidang.

Salah satu hidangan yang paling saya suka dari kuliner Indonesia adalah soto. Baik itu Soto mie, soto daging dan soto ayam. Soto ayam juga ada dua macamm, ada yang bening maupun yang bersantan.

Soto ayam juga menjadi menu andalan jika pas harus menghidangkan makan untuk tamu saat pengajian atau lebaran. Selain opor saya sajikan juga soto ayam. Yah, ga lebaran juga, anak anak saya suka banget makan soto ayam. Karena selain enak dan gurih, juga segar.

Ini dia resep soto ayam santan yang biasa saya hidangkan di rumah. 

Soto Ayam Santan 

Bahan:

1 ekor Ayam kampung, bagi menjadi 4 bagian
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
2 cm jahe memarkan
2 batang daun sereh, memarkan
4 sdt garam
1 sdt gula
500 ml santan cair
250 ml santan kental
Minyak goreng secukupnya
20 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdm ketumbar 
3 cm Kunyit, bakar sebentar
50 gr bawang goreng
1 batang daun bawang , iris halus
1 batang daun sup/seledri, iris halus
4 buah Kentang, bersihkan, iris tipis
2 buah Tomat, potong wedge
50 gr bihun, rendam air panas, tiriskan
3 butir telur ayam, rebus, iris 4 bagian
1 mangkok rebusan tauge

Cara membuat:

1. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, dan kunyit.

2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan 2 sdm minyak goreng.

3. Masukkan daun salam, lengkuas, jahe, dan sereh. Tumis hingga harum.

4. Masukkan daging ayam kemudian aduk hingga daging ayam matang.

5. Kemudian tuang air santan cair, garam, dan gula. Aduk hingga mendidih. Matikan api dan angkat ayam. 

6. Goreng kentang yang sudah diiris tipis-tipis. Sisihkan dalam wadah tertutup.

7. Goreng ayam hingga kecoklatan. Lalu suwir daging ayam kecil-kecil.

8. Tuang air santan kental ke dalam rebusan kuah soto pertama. Rebus sembari diaduk hingga mendidih. Angkat.

Sajikan soto selagi panas. Atur dalam mangkok, bihun, tauge, taburi dengan daun bawang, seledri, tomat, suwiran ayam goreng, kentang gorengg oreng, telur dan bawang goreng. Guyur dengan kuah soto santan.  

Jangan lupa, beri air jeruk purut dan  sambal mentah, lebih enak lagi dIberi temukan kerupuk emping. Mantap!

17 comments

Baca resepnya aja udah keliatan segar nih, sotonya. Semacam soto betawi ya, ini?

REPLY

Aku juga suka banget sama soto ayam. Apalagi kalau dimakan pas masih hangat.. jadi pengen makan soto ayam juga deh😁

REPLY

Duh liat gini malem malem jd laper sih. Kliatan ny enak dn bahan bahan nya jg mudah ya.. jd pen coba masak deh haha

REPLY

Aku pecinta soto, sup dan segala makanan berkuah yang segeer mba. Boleh juga dicoba di rumah yaa. Pasti enaak nih

REPLY

aku suka soto mbak, apalagi soto madura, tapi belum pernah coba bikin sendiri, next mau coba bikin soto santan ah :) makasih mbak sudah di sharing resepnya

REPLY

Hmm enak nih Mbaa.. makasi ya resepnya. Kapan2 bisa kucoba kalau lagi kepengen bikin soto yang kuahnya kental. Aku biasanya lebih suka yang bening mba kalau mau kental kasih taburan koya :D

REPLY

wAah asik banget nih ada resepmya jugaa, kapan kapan mau nyobain ah bikin buat suamiku hehehe

REPLY

Wah, aku save ah resepnya. Anakku suka nih makanan-makanan bersantan gini. Aku palingan opor lagi, opor lagi. :D

REPLY

Ini kalau di Bandung bilangnya Soto Ayam Betawi.
Soalnya pakai santan.

Dan memang rasanya jadi gurih, nikmaatt~

REPLY

Aku blum pernah nyoba masak soto pakai santan. Tapi bolehlah ntar aku cobain ya mba. Makasih resepnya :)

REPLY

Catet ni resepnya, secara soto ayam yang kubikin ga pernah pakai santan. Mirip soto banjar bukan ya mba?

REPLY

Soto ayam santan gini kalau dirumah aku lebih sering makan menggunakan lontong. Makanya kadang kalau pas mau masak soto santan gini lebih suka hari Sabtu atau Minggu jadi biar bisa pesan lontong dulu.

REPLY

aku pelajarin ah besok nanti aku coba dikosan, aku suka banget soto yang bersantan gitu soalnya dibanding yang bening

REPLY

Wah, bisa dijadikan contekan masak nih mba. Thanks yaaa... selama ini setauku kalau yang bersantan itu soto daging. Ternyata soto ayam bisa juga diolah pakai santan dan endeuzz begini.

REPLY

Kesukaan saya nih soto santen. Tapi belim bisa bikin. Belum pernah nyoba. Makasih resepnya Mak.

REPLY

wahhh mantap jadi ngiler nih

REPLY

Pengen nyobain mba, kayaknya jadi opor nggak sih? hahahaha
Atau jadi soto betawi pakai ayam ya?

REPLY

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien

Sri Widiyastuti . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates