May 10, 2019

Nasi goreng, salah satu kuliner Nusantara yang cara membuatnya mudah tapi rasanya mengena di hati.

Tak hanya enak dimakan saat sarapan pagi jelang anak anak pergi ke sekolah, tapi nikmat juga disajikan saat bersantap sahur di bulan Ramadhan.

Sekarang bumbu nasi goreng instan banyak dijual di pasaran. Banyak macamnya lagi, ada nasi goreng bumbu ayam, nasi goreng rica rica, nasi goreng bumbu balado dan lain lain. Sekali sekali saya memakai bumbu instan juga. Tapi gak sering.

Saya suka nasi goreng buatan mama. Setiap mama membuat nasi goreng, saya membantunya di dapur. Bumbu yang dipakai hanya bawang merah, kocokan telur lepas, kecap dan gula garam saja. Tapi rasanya .. Hmm .. sampai setua ini saya terus saja kangen dengan nasi goreng mama saya. 

Sekarang, saya membuatkan nasi goreng dengan resep mama saya untuk anak anak saya. Alhamdulillah setiap kali masak nasi goreng itu, anak anak saya makannya lahap. Tidak pernah ada sisa nasi di piring mereka. Berbeda jika mereka makan nasi dengan lauk pauk, nasinya ambil sedikit dan akhirnya ngemil lauk pauknya. Nasi putih kurang laku di sini hehe jadi harus diakalin sama uminya, dibuat nasi goreng atau dijadikan nasi kepal/onigiri ala Jepang.

Nah seperti apa resep spesial nasi goreng kecap ala mama saya? Ini dia.

Nasi Goreng Kecap Spesial

Nasi goreng kecap spesial
Bahan:
Nasi
5 siung bawang merah iris tipis
Kecap secukupnya
3 butir telur dikocok lepas
Garam secukupnya
Minyak untuk menumis secukupnya 

Cara memasak:
1. Tumis bawang merah sampai wangi. 
2. Masukan telur aduk aduk sampai matang.
3. Masukan nasi. Aduk lagi sampai rata.
4. Masukan kecap aduk rata 
5. Masukan garam aduk hingga rata. 
6. Sajikan dengan potongan mentimun, tomat dan telur atau tempe tahu, goreng ayam.

Nah, itu dia resep Nasi Goreng Kecap Spesial ala rumah saya. 

Selamat mencoba!

Coba juga resep yang lain, yuk!
Resep Soto Ayam Santan
Resep Buka Puasa: Gado-gado Ala Skippy Peanut Butter

18 comments

Gak ada bosennya kalau makan nasi goreng, kayanya menu ini paling simple dan banayk yang suka juga ya. Kalau aku biasanya tambah krupuk

REPLY

Nasi goreng kecap adalah favorit saya karena bikinnya mudah dan sederhana. Sayang saya jarang stok kecap karena kerap lupa beli. Jadinya nasgor biasa. Memang benar anak-anak lebih suka nasgor daripada putih.

REPLY

Nasi goreng ini favoritnya keluarga apalagi kalau mau makna sahur. Hehehe. Saya gak telaten jadi gak pakai bumbu iris, selalu siap bumbu instan saja. Tapi satu bungkus dibuat untuk 2 sampai 3 kali. Masaknya sedikit sih

REPLY

nasi goreng makanan paporit aldebaran, dan kifah juga buat sarapan sebelum berangkat sekolah

REPLY

MashaAllah.. sudah lama banget aku ngga makan nasi goreng.. selama ramadan ini aku mengurangi nasi hehe.. tapi boleh lah nanti untuk mengobati rasa kangen sama nasi goreng aku buat sendiri.. InshaAllah kalo buat nasi goreng sendiri aku bisa.. yumie..

REPLY

Anak-ankku suka bangeet.. Fried rice will always be their favorite and we can have that morning noon and night LOL

REPLY

simple ya nasgor jadi menu andalan apalagi kalau stok nasi masih banyak. Tapi ... aku ga terlalu suka kalau nasgor kecap. Lebih suka pakai saos tomat.

REPLY

Aku kalau bikin nasi goreng sukanya bumbu ulek. Kalau iris belum pernah. Mungkin nyoba apalagi kalau males ulek karena tangannya cape

REPLY

Pasti ini nasi goreng yang dimasak pake cinta. Meskipun sederhana, tapi nggak bosen2 makannya. Kalo saya, biasanya memasaknya pake margarin biar lebih gurih lagi :)

REPLY

Nasi goreng salah satu menu kesukaan anakku, Sola, loh mbak. Udahlah masaknya gampang, ga pake ribet, trus dia makannya lahap, mamak bahagia hahahaha

REPLY

Nasi goreng favorit suami ga boleh pakai kecap, haha
Soalnya khawatir dia kemanisan kayak istrinya, hihi.

REPLY

Wah nasi goreng memang favorit keluarga biasanya kalau persediaan masakan utk sarapan sdh kosong jdlah membuat nasi goreng.

REPLY

Gampang banget bikinnya kalo nasi goreng untuk anak-anak ya. Ya pegel itu ngaduknya wkwk.

REPLY

Menu penyelamat waktu sarapan atau makan malam kalo nggak ada menu lainnya. Tapi aku bikinnya pasti pakai bawang putih juga mbak, trus dikasih cabe nya yang banyak, karena anak-anak suka pedes, hihii

REPLY

anak-anakku suka banget nasi goreng kecap begini, apalagi kalau ditambah jagung pipil, masing-masing anak bisa habis 2 piring :))

REPLY

Enaak~
Aku juga suka nasi goreng dengan cita rasa manis kecap begini..
Tapi kalau di rumah, justru nasi goreng bikinan suami yang enak bangeett..

REPLY

Nasgor kecap favoritku nih. Enak tambah timun, tomat dan telur. Jangan lupa kerupuknya

REPLY

Wah gampang banget ya mba cara bikinnya, jadi pengin cobain kalau tanpa cabe rasanya gimana ya.

REPLY

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien

Sri Widiyastuti . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates