Resep Pancake Old Fashioned

77 comments
Hai, Moms, siang ini saya akan berbagi resep pancake old fashioned. Ini adalah pancake yang terlembut, terenak dan terlezat yang pernah saya buat. Dan ternyata, Martha Stewart juga suka banget membuat pancake lembut ini.

Jadi, selama masa pandemi ini, di rumah sudah pasti harus menyediakan cemilan terus, karena anak-anak di rumah dan alhamdulillah udah lupa jajan. Tapi tetap saja, ya, mereka seringkali kehabisan stok cemilan. Walhasil, saya harus menyediakan cemilan sendiri. Dari mulai spons cake, Tilapia Mashed Poatatoes, Empek-empek. dan lain-lain.

Resep Pancake Old Fashioned
Gambar  RitaE Pixabay

Alhamdulillah anak saya, S5, hobi memasak. Jadi, dialah yang sering memberi ide cemilan baru dan membantu saya memasak cemilan. 

Nah, salah satu resep pancake ini, tak sengaja saya dapatkan dari allrecipes  by Chef Jhon. Eh ternyata bu Martha Stewart juga menshare resep serupa. Dan resep pancake yang satu ini benar-benar membuat saya jatuh cinta. Selain karena teksturnya yang lembut kayak squisy, fuwa-fuwa kata orang Jepang mah, juga rasanya lezat!

Saya sering membuat pancake, dengan berbagai panduan resep dari teman. Dan resep inilah yang paling juara. Anak-anak juga suka banget, sampai ketagihan. Tadinya S5 membuat satu resep, lalu lama-lama jadi 2 resep. Saking ingin pada makan banyak. Hihihi.

Pancake

Mungkin Moms sudah kenal banget dengan pancake ya. Tapi, tidak ada salahnya kita mengenal pancake lebih dalam, yuk.

Pancake buatanku
Ini pancake buatanku setelah beberapa kali membuat, pancakenya cantik
Pancake ternyata berasal dari bahasa Belanda, "Pannenkoek" dibaca Panekuk. Pancake adalah jenis cemilan yang berasal dari adonan antara campuran tepung terigu, gula, garam, mentega, telur dan susu. Cara memasaknya dengan memanggang di atas api kecil. Pancake bisa dimakan dengan toping selai strawberry, cokelat, keju slice atau pun madu.

Di Indonesia ada kue Serabi, cara memasaknya pun hampir sama dengan pancake, tapi bahan dasarnya berbeda. Pancake menggunakan tepung terigu, sementara kue Serabi menggunakan tepung beras. Nah, resep-resep lain jika sekiranya Moms ingin tahu cemilan yang lain, bisa melihat di label resep atau kuliner, yaa.

Resep Pancake Old Fashioned

Resepnya mudah banget dan bahan-bahannya mudah didapatkan. Moms dan anak-anak tidak akan kesulitan dalam membuat pancake yang lezat ini.

Bahan-bahan Pancake Old Fashioned

  • 1 1/2 cups tepung terigu
  • 3 1/2 sdt backing powder (saya hanya pakai 3 sdt)
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 1/4 cups susu cair 
  • 1 butir telur
  • 3 sdm butter dicairkan (saya pakai margarin)

Cara membuat Pancake Old Fashioned:

  1. Siapkan wadah, masukan tepung terigu, backing powder, gula, garam, aduk hingga rata.
  2. Lalu, buat lubang di tengah, masukan telur dan susu. Aduk hingga rata. Terakhir masukan butter atau margarin cair. aduk lagi hingga rata. 
  3. Panaskan wajan. Beri sedikit margarin untuk awalan, sedikit saja yaa. Kalau ada pakai spray gitu.
  4. Kecilkan api, tuang sesendok sayur adonan ke dalam wajan. Tunggu sampai bagian bawah berwarna kecokelatan. Balik agar bagian atas pun matang.
  5. Lakukan seperti di atas sampai adonan habis.

Saran Penyajian

Sajikan selagi hangat dengan topping  sesuai selera. Kalau saya lebih suka diguyur madu, karena lebih mudah penyajiannya dan menambah nilai gizi dari madu. Selain itu dengan mengkonsumsi madu, saya bisa mengurangi asupan gula, karena gula di dalam madu, gula yang sehat. Video di bawah ini, Pancake buatan saya untuk pertama kali. Tampilannya memang belum cantik, tapi teksturnya sudah fuwa-fuwa, lho.


Nah, Moms, demikianlah resep Pancake Old Fashioned ini. Mudah sekali, kan, cara membuatnya. Semoga pancake old fashioned ini menjadi favorite keluarga moms di rumah dan menambah semangat seluruh keluarga, terutama anak-anak dalam masa pertumbuhan (doyan makan banyak! hihihi).

Salam hangat,

Sri Widiyastuti 

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia sebagai diaspora.Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

77 comments

  1. aduh resepnya zangat jelas yah kak. Makasih banyak kakak. Suka pancake tapi nggak pernah buat. ingin rasanya kubuat sendiri agar bsa makan lebih banyak dan kebersihannya terjamin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak kalau bikin sendiri tetjamin higinitasnya dan lebih puas karena banyak hehe

      Delete
  2. Wah terbayang lezatnya sarapan pancake hangat di pagi hari..atau sebagai teman minum teh di sore hari. Terima kasih resepnya, mba.

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah nyobain bikin pancake, tapi aku seneng bikin bolu. Thanks resepnya mbak, mau cobain pake resep ini deh.

    ReplyDelete
  4. pancake ini sama wafel sebenernya bisa pakai adonan yang sama nggak ya mbak? saya belum pernah bikin wafel soalnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pancake saya sudah sering buat tapi wafel belum pernah hehee kebetulan anak saya rikues wafel, kalau bisa saya mau pakai adonan yg sama hahahaa

      Delete
    2. Bisa kak. Aku malah kepikiran, jangan jangan resep pulls juga sama karena rasanya jadi kayak pulls juga.

      Delete
    3. Pukis. Duh nih auto type beneran ngeselin deh haha

      Delete
  5. dari kemarin pingin banget bikin pancake. lah apas ada resepnya wkwkwk fix bikin nih hehe

    ReplyDelete
  6. saya suka juga ama pancake. ibu suka membuat di rumah secara rutin dan lumayan sering sih. tapi belum pernah bikin, ternyata bahan-bahannya lumayan mudah ya dicari, dan cara buatnya juga cukup mudah sepertinya, wajib coba ny mumpung masih stay at home

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, gampang banget ini Dan Cepat membuatnya, cepat habisnya juga hihi

      Delete
  7. Baca resep ini jadi pengen buat pancake deh, pemakaian baking powder pengaruh juga rupanya ya biar pancakenya kelihatan tebal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak dan gula agar kulitnya jadi berwarna cokelat cantik

      Delete
  8. Nah bikin pancake di rumah itu udah ada wacananya dari dahulu, tapi belum sempat buat hihihi. Biasanya kalau sore, anak-anak suka ingin ngemil, buatin pancake aja ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya selama pandemi Saya juga gak berenti terus aja di dapur hihi

      Delete
  9. Wah si bungsu yang suka bikin pancake nih mba soalnya dia suka, tapi kelihatannya bahannya lebih sederhana. Pake resep ini pastinya lebih enak ya...hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya silakan mbak, pasti ketagihan pengen buat terus deh

      Delete
  10. wahh jadi pengen coba resepnya juga deh. Anak dan suamiku pasti suka nih :)

    ReplyDelete
  11. Aku juga kalo bikin pancake, pake resep old fashioned aja. Anak-anak dan suami suka. Etapi beberapa waktu lalu temen jual tepung premix. Aku coba bikin, anak-anak dan suami suka. Enak katanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, dulu saya juga suka pakai tepung yang premix, tapi sejak di rumah aja, jadi harus kreatif

      Delete
  12. Jadi pingin bikin juga, penasaran se-fuwa-fuwa apa teksturnya. Jujur saya tak begitu senang makan pancake, beberapa kali makan rasanya terlalu manis jadi eneg gitu. Nggak tau kalau ini, tepungnya 1,5 cups, gulanya 1 sdm kayaknya manisnya 'mondo-mondo'. Bahannya cuma itu aja mbak? Wah, ternyata simpel yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes mbak, aku juga skrg sedang mengurangi gula. jadi makan pancake ini tu, suka banget ga terlalu manis, nanti topingnya aja dikasih madu biar tambah lezat

      Delete
  13. aku juga suka buat di rumah mba.. anak - anak suka banget soalnya. Biasanay aku pakai extra cheese. Mana foto hasil masak pancakenya mba hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mbak, belum aku upload hiihhi, ntar aku tambahin yaa hasilnya

      Delete
    2. sudah dimuat ya mbak, hasilnya cantik banget setelah beberapa kali membuat

      Delete
  14. Belum pernah coba bikin pancake yang ini nih, dari dulu pengen makan tp belum nemu resep yang ngeeh, untung mampir di blog Mba nih, mau cobain recook

    ReplyDelete
  15. Saya gagal-gagal terus nih bikin pancake yang empuk dan lembut. Yang teksturnya pas deh pokoknya. Hahaha. Tiap jadi tuh, adaaaaa aja kurangnya.

    ReplyDelete
  16. Bisa banget ini ditiru..
    Pancake ini makanan terbaik untuk anak-anak nyemil. Karena bikinnya mudah dan masaknya pun anak-anak bisa sendiri, hehhee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak dan mengurangi jajan di luar juga kan jadinya

      Delete
  17. ya ampun pancake kalo dinikmati sore hari pasti enak banget sambil ngobrol sama suami pulang kerja, mau cobain juga nih mba :) makasih nih resepnya komplit :)

    ReplyDelete
  18. Aku pernah bikin ini di rumah. Gampang bgt ya ternyata bikin pancake. Next time aku mo bikin lagi untuk sarapan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, gak mengganggu waktu kita karena cepat dan mudah buatnya

      Delete
  19. Waah thanks for sharing Kak resepnya wajib dicatet nih hehe, aku pun seneng toppingnya pake madu juga umm yummy

    ReplyDelete
  20. Owhh so fluffy . Kebayang lembut dan manisnya dan enaknya kalau udah berbaur di mulut and boom . Haduh sayangnya aku cuma bayangin aja huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe biar gak kebayang bayang, eksekusi kaka hihihi

      Delete
  21. Ini favorit banget di rumahku karena selain emang mudah bikinnya dan bisa dikreasikan dengna toping yang disuka anggota keluarga di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mbak, bisa dikasih toping misis juga atau cokelat cair

      Delete
  22. Aku pernah bikin juga tapi belum berhasil mbak. Hasilnya selalu gosong dan kurang manis hahaha. Aku coba resep ini deh nanti :)

    ReplyDelete
  23. aku selama ini klo bikin pancake pake tepung instan mbak, ternyata bikin srndiri cukup mudah ya...
    kapan kapan aku coba resepny

    ReplyDelete
  24. Ternyata bikin pancake itu gampang ya Mbak. Selama ini aku seringnya beli 😅 kapan-kapan resepnya mau aku coba biar gak beli pancake terus.

    ReplyDelete
  25. Langsung dibintangin, besok mau coba eksekusi ah. Resepnya simple tapi kok bikin ngiler ya. Bakal asyik buat camilan sore sambil ngeteh ini sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang emang yang simple itu enak kak, aku juga demen banget di rumah bikin pancake tapi belakangan suka aku kasih biscoti cream gitu biar endul.

      Delete
    2. mak wiwid, iya, ini simple banget dan gak pake lama buatnya

      Delete
    3. iyes mak chichie. paling suka aku yang simple simple. btw apa itu biscoti yaa?

      Delete
  26. Mbak ini cup nya ukuran seberapa ya, aku gak bisa membayangkan cup ukuran besar apa kecil hehehe mungkin bisa di ganti satuan sendok atau gram nya brp mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. cup yang untuk masak itu lho mbak, nanti aku foto dan masukin ya, kelupaan terus kalau pas udah posting, eh cupnya blm ditambahin hihihi

      Delete
  27. Aku sering jg sih bikin panecake tp kok hampir ga pernah sama hasil. Dan rasanya dr sekian kali buat.
    Mungkin krn konsistensi takarannya atau gimana yaa... Mau ah nyobain biar dpt menul2 kayak ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, kalau kebanyakan air, jadinya kayak dadar gulung hihihi harus pas takaran susu cairnya. kalau saya skrg ga pakai takaran sendok biasa tapi pakai takaran cup yang ada bbrp size itu lho

      Delete
  28. Sudah lama juga nggak bikin pancake, baca ini jadi pengen bikin buat camilan nanti sore sebagai teman ngopi. Resepnya Martha Stewart ini emang anti gagal ya, Mbak. Kapan hari aku nyoba bikin resep pastanya juga enak. Tapi gimana caranya bisa menul-menul gitu, Mbak. Soalnya tiap bikin pancake suka kempes hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya dari backing powdernya mbak, mungkin mbak kurang ukuran backing powdernya.

      Delete
  29. For this, the old fashion way is the best indeed. My kids love that pancakes as well

    ReplyDelete
  30. hwaa ada pancakenya mam shaki... comot atu ahh.
    aku suka banget bikin pancake. waktu itu bikin tapi males motret, jadi resepnya belum pernah tayang. selanjutnya, malas melanda, bikin pancake pake tepung instan hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, salah satu kerempongan bikin konten masak teh, pepotoannya yaa hihihi

      Delete
  31. Saya juga suka yang old fashioned begini, Mbak. Cuma saya seringnya gak pakek gula, jadi dominan gurih. Manisnya sih dari madu atau selai rmahan aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini gula yang udah minimalis banget. cuma supaya bawahnya gosong aja.

      Delete
  32. Pas banget aku lagi berniat bikin pancake nih mba, gara-gara kemarin sempat icipin pancake di kafe baru dekat rumah. Makasih resepnya ya, bahannya gampang & semua ada di rumah. Tinggal eksekusi nih. Yeay!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah senangnya bisa jajan pancake. sipp mbak eska, moga berhasil ya

      Delete
  33. Pancake ini salah satu camilan favorit anak dan suka saya bikin karena mudah, nggak rempong. Yang rada lama sih saat nuang di teflon hihihi ... Kalau saya suka bikin pancake buttermilk (tapi buttermilknya itu campuran susu sama perasan jeruk :D) rasanya enaak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah boleh dicoba nih, pake perasaan jeruk ya? aku pernah lagi baca dikasih parutan kulit jeruk. wih membayangkannya aja udah kerasa enaknya. thanks rekomennya mbak

      Delete
  34. Wkkkkkk fuwa fuwa kayak brand name cheese cake kekinian negeri matahari terbit!

    Dan setelah baca ini, baru tahu fuwa fuwa itu artinya ringan dan lembut yaaa Tuti... aku sih masih suka makan pancake, tapi yang aku buat dari resep instannya pondan, hanya kadang diberi tambahan esens pandan biar tambah oishiii

    semoga ga males cobain resep dikau ini!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiihhi wah belum pernah nyoba pakai tepung pondan nih, boleh uga sekali kali nyobain yang instan.

      Delete
  35. Selalu suka sama pancake mbak, apalagi ditaburi gula putih halus. Dijamin anak di rumah langsung tandas 🥰

    ReplyDelete
  36. Biasa pakai tepung premiks instan pancake Haan atau Pondan tapi hasilnya memang ga maksimal. Mau bikin pakai resep Mbak Tuti ah...Secara anakku teruma si sulung suka bangets pancake, karena jaman TK di Amerika bebekelan sarapan pancake niru temen-temennya. Disiram maple syrup biasanya

    ReplyDelete
  37. Simpaaaann resepnyaaa, akhir pekan depan mau eksekusi, i love pancake. Dikasih topping madu, ovomaltine, selai stroberi, duuh enak bangeeeetttt

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email