aXo1ROaM90rrPonD2hJx7xmRHgpeNsWcuj6lcvtc

Memilih Kacamata sesuai Bentuk Wajah

Memilih kacamata sesuai bentuk wajah. Ini cerita dua tahun lau. Ketika negara api belum menyerang. Eh, pandemi belum datang. Tahun 2019 kana? Waktu itu saya membetulkan kacamata yang patah sebelah gagangnya ke sebuah optik langganan pak suami. Tempatnya di jalan Merdeka, Bogor, sebelahan dengan toko alat jahit langganan saya.

Maklum Bogor kota kecil. Jadi kalau yang sering ke Bogor pasti tahulah ya jalan Merdeka itu di mana. Kalau dari Stasiun Bogor, ambil arah ke dramaga. Jalan aja ke arah bawah. Udah sampai ke jalan Merdeka. Bogor mah bisa disusuri dengan jalan kaki. Banyak spot yang indah juga - yah selain yang kumuh juga pasti masih ada, ya -

Oiya, sekarang di Bogor sudah ada alun-alunnya lho. Tepatnya di depan Masjid Agung Bogor yang baru saja selesai dipugar. Letaknya itu bekas Taman Ade Suryani. Kalau yang gak tau mungkin bisa nanya taman topi. Nah di situlah letaknya. 

Namun demikian, karena pandemi, saya belum bisa menengok alun-alun Bogor yang cantik itu. Saya mengetahuinya dari postingan instagram teh Rani. Jadi kangen jalan-jalan hiks. Kalau dari Stasiun mah dekat banget karena berada di belakang stasiun bogor persis. Lihat dari postingan IG teh Rani, beneeran indah alun-alunnya. Moga masih kebagian indahnya hihihi maklum deh, kalau baru baru emang bagus, ke sininya, banyak yang belum sadar keindahan alias di rumah segala fasilitas umum.

Oke, balik lagi ke cerita suami dan owner optik kacamata. 
 
Selama kami menunggu gagang kacamata dibetulkan, pak suami mengobrol dengan ownernya nanya-nanya harga frame kacamata. Wah tumben nih si Abi, kok royal amat hihihi tapi aku aneh aja. Biasa deh, kalau saya mikirnya, tentu ada pengeluaran tak terduga yang kudu dikeluarkan saat itu juga. Langsung muter deh otak bangkir hihi
 
"Lho, kan kacamataku masih bisa diguna, Bi?" protes saya.

Pak suami cuma ketawa kecil. Terus jawabnya begini, "Ya gapapa, kan nanya aja". Lempeng.

Eh ternyata obrolan itu berlanjut serius. Saya diminta mencoba frame kacamata yang ditunjuk pak suami. Lalu ketemulah frame kacamata dari plastik dan bentuknya agak membulat. 

Pak suami memuji frame kacamata itu. "Udah, yang ini aja, jadi keliatan lebih muda kalau pakai frame kacamata yang ini." katanya.

Saya langsung memandangi wajahnya. Cius? Jadi maksudnya aku keliatan tua gitu pake kacamata yang lama? Huh! Saya pura-pura cemberut.

Kata pak owner, kalau sudah berumur - Catet, berumur haha (nyengir gak rela) kemampuan mata makin melemah. Mungkin ada kenaikan plus minusnya. Ya udah, akhirnya saya diperiksa matanya. 

Dan hasilnya plus minus serta silindernya nambah 0,5. Pantesan agak gak jelas pakai kacamata yang dulu. Tapi masih tahan sih, sebab saya sayang dengan kacamata itu. 

Kacamata yang penuh kenangan manis. Saya membelinya ketika saya tinggal di Malaysia. Dibeli dari hasil menjual naskah buku cerita anak ke penerbit Malaysia. Alhamdulillah ada yang nyangkut juga. Hanya saja, itu buku sampai sekarang belum juga terbit. Saya belum dapat update dari penerbitnya terkait itu. Kadang juga nama kita emang gak disebut, karena kan udah dijual putus. Ya sudahlah, yang penting duitnya dah cair. Iya, kan hehe

Oke, bay de wey bas wey.

Saya udah ketar ketir aja, kudu rogoh dompet lagi nih. Sudah suuzon pasti saya akan ditodong di tempat. "Suka nodong ga kira kira nih!" gerutu saya.

Eh ternyata prasangka saya salah. Pak suami mengambil amplop di kantong kemejanya. 

"Nih pas banget deh, buat belanja kacamata!" katanya sambil menempelkan amplop berisi uang ke tangan kanan saya.

Wih, supraise banget. Gak nyangka, emang sudah direncanakan sama dia belanja kacamata! Emang pak suami kalau ada maunya, langsung kontan dia mah hihi 

Cita-cita pak suami, ingin istri keliatan muda. Jadi kacamata diganti sama dia. Aku mah pasrah aja, yang penting jadinya kece, hehe.

Jadi gimana? Beneran keliatan mudakah saya pakai kacamata bulat ini? Haha aduh malu sebenernya mah 😆

Memilih Kacamata Sesuai bentuk wajah
Bagaimana, cocok tidak kacamata ini dengan bentuk wajah saya?

Tips Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah

Dalam memilih kacamata, penting banget menyesuaikan dengan bentuk wajah. Jadi, tentu saja karena kita perlu menyesuaikan dengan wajah, kita perlu mengenali dulu bentuk wajah kita. Dulu saya pernah belajar tentang bentuk wajah waktu kuliah di busana. Moga dengan pengetahuan tentang bentuk wajah ini akan dapat menentukan dalam memilih kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah.

1. Bentuk Wajah Oval

Bentuk wajah oval adalah bentuk wajah yang ideal sekali. Jadi namanya bentuk wajah yang ideal, tentu saja mau pakai kacamata bentuk apa saja akan cocok di wajah oval ini. Makanya beruntung sekali ya jika kita memiliki bentuk wajah oval ini karena kita akan leluasa memilih kacamata dengan bentuk apa saja. Bulat, kotak, lonjong, cocok aja. 

2. Bentuk Wajah Kotak

Bentuk wajah kotak ditandai dengan garis rambut dan garis rahang yang lebar. Bentuk wajah kotak sebaiknya menggunakan frame kacamata yang  bentuknya lonjong atau bulat untuk menyamarkan bentuk wajah yang kotak itu. 

Jadi kalau merasa wajah kotak, jangan memilih bingkai kacamata yang kotak juga yaa. Karena nanti dobel kotak gimana, coba hehee

3. Bentuk Wajah Bulat

Bentuk wajah bulat ini ditandai dengan garis rambut yang lebar dan penuh/temben di bawah rahang pipi. Kebayang ya wajah bulat anak-anak, ya. Lucu dan menggemaskan.

Nah, untuk kamu yang punya wajah yang bulat, sebaiknya memilih bingkai kacamata yang bentuknya persegi dan kotak. Bentuk bingkai kacamata yang kotak dan persegi ini akan memberi kesan wajah lebih panjang. Hindari warna bingkai/tangkai kacamata yang berwarna hitam dan tebal, karena akan mempertajam garis wajah yang bulat. 

4. Bentuk Wajah Persegi Panjang

Bentuk ini beda dengan bentuk kotak, ya. Beda juga dengan oval. Jadi bentuk kacamata yang sebaiknya dipilih adalah bentuk kotak dengan gagang kacamata yang pendek. Dengan demikian wajah yang panjang akan tampak lebih lebar dan lebih pendek. Perlu diingat adalah jangan memilih bingkai kacamata yang lebih lebar dari wajah. Karena akan membuat wajah menjadi tambah besar.

5. Bentuk Wajah Segitiga

Nah, ini bentuk wajah yang unik sekali. Bentuk wajah ini ditandai dengan dahi yang sempit dan lebar di bagian rahang dan dagu. 

Pilih kacamata yang bentuknya, bagian atas kacamata lebih lebar dibandingkan dengan bagian bawahnya. Hal ini dimaksudkan agar memberikan kesan seimbang di wajah. Menyamarkan bentuk wajah kita yang segitiga.

6. Bentuk Wajah Wajik/Berlian

Nah bentuk wajah ini lebih unik lagi. Bentuk wajah ini lebar di tengah dan mengerucut ke bagian dahi dan dagu. 

Untuk bentuk wajah wajik ini, sebaiknya memilih frame kacamata yang sama dengan bentuk wajah segitiga. Bentuk frame kacamata yang lebih lebar di bagian atas dibandingkan bagian bawah.

Nah, Moms, demikianlah tips memilih kacamata sesuai bentuk wajah. Semoga bermanfaat untuk Moms atau teman-teman yang sedang mencari kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah dan tentu saja yang stylist yaa.

Salam manis,

Sri Widiyastuti

Related Posts
Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia sebagai diaspora.Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

42 comments

  1. Sejak punya suami berkacamata aku baru tahu bun kalau ternyata milih kacamata itu ga boleh asal. Aku sangka cukup pilih kacamata yang sesuai dengan permasalahan mata kita aja tapi ternyata disesuaikan juga ya dengan tipe wajah kita. Suami aku termasuk yang susah cari kacamata. Soalnya tipe wajahnya unik juga ditambah dia mah orangnya pemilih klo ke barang mngkin krn tipe perfeksionis itu. Jdi aja susah nemu kacamata yang pas hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya enggak ada pakemnya sih mbak, cuma kala pengen keliatan pas dengan wajah kita kan lebih baik yaa. Karena kadang kacamata itu kan semacam aksesoris juga gak cuma sebagai pelengkap kekurangan mata kita mbak

      Delete
  2. Eh, iya lhooo, ternyata milih kacamata ada strateginya yaaa
    ga boleh asal comot doang.
    apalagi, buat emak2 kayak kita tuh, kudu pilih yg bisa bikin tampak makin muda

    ReplyDelete
  3. AKu sudah 2 tahun belakangan pakai kacamata khusus baca mbak. AKu plus 1 hahaha jadi mau ga mau kudu pakai deh. Sempat bingung pilih frame yang sesuai bentuk wajah. AKu akhirnya pilih yang model kucing hihii soalnya selain unik dan lucu, di mukaku juga cocok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, saya juga pakai kacamata plus juga, sebelumnya pakai yang progresif, tapi ternayta plus minusnya dah tambah, jadi perlu kacamata baca yang terpisah juga akhirnya

      Delete
  4. Bener banget nih pilih frame kacamata emang perlu teliti..Selain bentuknya harus menyesuaikan sama bentuk wajah..saya juga pilih yang gak berat/ringan..lalu...harganya yang ramah di kantong

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya, berat ringan plus ramah dikantong juga yaa, sepakat!

      Delete
  5. Aku wajah oval mba dan emang banyak yang bilang pemilik wajah oval tuh bisa dipakai kacamata jenis apapun. Tapi jujur aku pernah pakai ukuran agak gede kok malah nggak pas di wajahku. Heheheh. Tapi aku liat mba Saki kacamata barunya di ok banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajah Umi ayash kan mungil, jadi memang jangan pakai yang terlalu besar framenya. cukup menutup bagian mata aja biar keliatan lebih cantik dan anggun

      Delete
  6. Kalau aku memilih kacamata berdasar feeling mba, hahaha... Alhamdulillah kepake terus sampe sekarang. kalau lihat oppa korea gitu pakai yang frame tipis bentuk bulat kok keren, kadang pengen, Tapi tahu diri aja, kan wajahku bentuknya beda sama mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu saya juga gitu mbak tapi jadinya enggak kelar kelar hihii, karena banyak banget pilihan yang suka banget hihihi

      Delete
  7. aku milih kacamatanya sesuai modelnya mba bukan karena bentuk muka wkwkwk kebalik ya..bagus sih mba ini cakep, aku juga pengen ganti yang kecil framenya

    ReplyDelete
  8. Nah iya, Mbak, katanya kalau mau pilih kacamata itu sebaiknya disesuaikan dengan bentuk wajah. Supaya keliatan tambah cantik

    ReplyDelete
  9. Setuju Kak, kalau bentuk wajahnya bulat tapi pakai kacamata yang bulat juga jadi kelihatan tambah bunderrr. emang baiknya pakai frame yang kotak. Tapi jujur nih saya juga gak terlalu bisa memilih frame yang cocok, harus ngajak teman buat liatin cocok enggaknya, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya, harus ada mata kedua ya agar bisa ngasih komentar pada kacamata yang dipilih.

      Delete
  10. Cocok! Jadi lebih fresh gitu pilihan suamimu. Hehehe

    Enaknya udah paham ya bentuk wajah begini maka cocoknya frame yang seperti apa. Nah kalau aku nerima frame bekas dari saudara aja, mbak. Harga frame kan lumayan. Jadi cukup beli lensanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cocok, frame bekas juga oke banget yaa. iya sih ya harga frame sekarang beragam, tapi skrg kan ada bantuan dari BPJS yaa, jadi kita tinggal nambah dikit kalau kemahalan

      Delete
  11. Ah senangnya yang abis ditraktir kacamata baru sama suami, hihiii
    Wajahku bulat loh mbak, jadi menggemaskan yaa? Dan bener sih aku kan dulu sempat pakai kacamata, memang yang cocok itu model kotak. Dan dulu aku pilih warna pink kecoklatan gitu, karena emang gak suka warna frame hitam

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe alhamdulillah mbak, pas banget aku lagi butuh kacamata eh dibeliin baru.
      jadinya pas ya mbak Wati, meski belum baca artikel ini, sudah pas pilihan kacamatanya. Btw iya mbak, mbak wati menggemaskan sekali. apalgi ada andeng-andeng di dagunya, tambah cantik

      Delete
  12. Alhamdulilah ikut seneng rejeki istri sholeheh di kasih surpraise Suami maak.

    ReplyDelete
  13. Wah mak pas banger nih aku lagi selabil itu antara ganti frame atau tetap pakai frame lama dan hanya ganti lensanya aja

    ReplyDelete
  14. Wah ternyata bentuk wajah bisa mempengaruhi pemilihan bentuk kacamata ya, soalnya aku kalau milih kacamata asal cocok dan harganya pas dikantong, langsung bungkus. Tapi memang sih ada bentuk tertentu yang bikin wajah jadi aneh pas dipake...hehehe. Terima kasih mak , infonya.

    ReplyDelete
  15. Memang aslinya Mbak Tuti awet muda, makin muda pakai kacamata ini. Cantik dan pas ini..Pas pilihan Pak suami nih. Memang kalau frame disesuaikan bentuk wajah makin pas ya dilihatnya. Cocok ke wajah kita

    ReplyDelete
  16. Aku udah ganti2 frame kacamata. Dan memang ngaruh sih hasilnya di wajah kalo memilih itu disesuaikan dengan bentuk wajah. Andalanku sekarang frame persegi karena wajahnya bulet hahaha

    ReplyDelete
  17. Aku donk...suka ribet kalau milih kacamata.
    Sama, suamiku juga tipe ribet kalo milih kacamata. Jadi gak jarang malah beli 2, alasan buat gonta-ganti.
    Aku sejak anak gede-gede, jadi jarang ganti kacamata, alhamdulillah.
    Dan wajah bundar seperti aku gini sungguh sulit memilih frame yang pas agar gak terlihat chubby.

    Kak Sri pinter banget memilih frame.
    Dan memberikan tips buatku di blogpost ini. Aku catatnya nih.. nanti pas beli kacamata, jadi gak ribet lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, siap ganti kacamata dong nanti ya hehe

      Delete
  18. Uhuuy yang dipuji suamiii :D
    Au rencananya juga mau ganti frame yang mirop kyk punyamu agak buletan gtu mbal, kyknya lg trend zaman now haha
    Memang kdu diperhatikan betul bentuk frame ini ya supaya terlihat cocok dan gak malah kelihatan aneh di wajah :D
    TFS tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, aku awalnya juga lihat orang pakai kok bagus, eh pas dipake aku enggak cocok, ternyata karena faktor bentuk wajah juga ternyata kan. Btw selamat hunting kacamata mbak April!

      Delete
  19. Emang sih kalau ada kacamata itu lebih asik banget dan aku sendiri masih suka pakai kacamata juga dan membantu banget

    ReplyDelete
  20. makasih mbaaa..aku juga sekarang punya kacamata banyaaak ajaah hehehehe.. soalnya asli sering ganti - ganti dan kadang eksperimen dengan bentuk kacamata yang aneh hehehe

    ReplyDelete
  21. terima kasih mba ulasannya, aku pengguna kacamata, suka ganti-ganti gaya, lebih sukanya sih yang gede sebab sangat membantu melindungi mata saat berkendara motor dari debu. Yang belum dapat sampai saat ini adalah kacamata yang model pak sandiaga uno, hahaha

    ReplyDelete
  22. Bahas soal kaca mata saya jadi ingat, mau ganti kaca mata juga.

    Memilih kaca mata yang pas di wajah buat saya tuh butuh waktu banget. Dulu awal-awal pakai kaca mata, pas milih-milih frame, ampun deh. Beberapa frame saya coba, kok aneh di wajah.

    Akhirnya jatuh di model yang bulat.

    ReplyDelete
  23. wah, makasih Mbak sharingnya. selama ini kalau beli kacamata ya beli karena suka sih, hahaha... tapi setelah nyoba dari yang bentuk kotak sampai bulat, aku ngerasa lebh pede kalau pakai yang bulat sih..

    ReplyDelete
  24. Buat orang berkacamata, berkat benda itu kesan wajah kita jadi berbeda dan jadi alat bantu melihat ya mba, makanya bentuknya benar2 disesuikan dengan wajah kita ples karakter sih menurutku, untung pilihanmu dipuji suami ya mba artinya pas sama kamu hehehe

    ReplyDelete
Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien