Tips Merawat Bunga Mawar Kampung dari Serangan Kutu Putih

83 comments
Tips Merawat Bunga Mawar

Tips Merawat Bunga Mawar Kampung dari Serangan Kutu Putih. Hai, Moms, masa pandemi begini, aktifitas apa yang paling menyenangkan selama di rumah saja? Kalau saya cooking and gardening. Suka banget dengan dua aktifitas ini karena bisa dilakukan bersama-sama dengan anak-anak. Iya, ketika berkebun dan memasak bisa dilakukan sambil bermain bersama dengan anak-anak.

Terbayang, kan, selama 6 bulan kita di rumah saja, orang dewasa saja bosan, apalagi anak-anak yang salah satu kebutuhan dasarnya bermain. Agar tidak mati gaya di rumah, tugas ibu benar-benar harus optimal. Kreatifitas di kebun dan di dapur menjadi andalan selama di rumah saja. Ketika saya berkebun, anak-anak juga suka sekali mereka menyiram tanaman. Sekalian bermain air, but its oke. Karena duaninya anak kan bermain, beri saja kebebasan pada mereka, toh waktu main air juga waktu menyiram tanaman. Anak senang dan ibu bahagia. Ituh!

Saya sebenarnya bukan tipe orang yang bertangan dingin ketika berkebun. Beberapa kali saya menanam tanaman, selalu saja gagal. Seperti pohon pepaya, sudah berbuah, eh mati karena diserang hama kutu putih. Saya sayang sekali dengan pohon itu, apalagi anak-anak saya. Sedih sekali ketika mengetahui pohon pepaya itu tergolek layu dan kemudian mati.

Padahal setiap bulan kami mengukur tingginya. Kalau kalian berteman denganku di instagram, pasti pernah melihat postinganku tentang pohon pepaya ini ya.

Alhamdulillah, pohon jambu yang saya tanam  berbarengan dengan pohon Pepaya kuat. Dia termasuk pohon yang tangguh. Sekarang sudah 2 kali berbuah lebat dan semakin sehat dan tinggi. Sayangnya, buah jambu ini banyak ulatnya, karena saya tidak membungkus ketika mulai penyerbukan. Jadi ketika buah jambu itu setengah merah, sudah saya petik, agar ulat tidak punya waktu untuk berkembang di dalam daging jambu. Alhamdulillah bisa makan rujak buah jambu hasil dari kebun.

Nah, baru-baru ini saya juga sedih, karena bunga mawar merah saya juga diserang kutu putih. Saya tidak dapat menyelamatkannya juga. Karena serangan kutu putih ini telah mematikan akar. Saya sedih sekali. Karena ini bunga mawar merah meskipun wanginya tak sekuat mawar kampung tapi dia besar dan cantik. 

Sebenarnya setiap tumbuhan memiliki cara melindungi dirinya sendiri. Seperti bunga mawar, ia memiliki duri, ya. Fungsi duri ini untuk melindungi dirinya. Tetapi, jika serangannya yang dihadapi ribuan seperti hama kutu putih ini, tentu saja bunga mawar pun tidak berdaya akhirnya mati. Sedih.

Setelah kejadian dua pohon saya yang terserang hama kutu putih, saya pun mencari tahu tips merawat tanaman yang terkena hama kutu putih. 

Dan benar saja, si hama kutu putih itu menyerang  bunga mawar kampung saya yang berwarna pink. Berbekal  pengetahuan dari hasil browsing membasmi hama kutu putih, saya siap bertempur melawan hama kutu putih ini.

Tapi, sebelumnya, kita ketahui dulu ya, apa sih kutu putih ini.

Mengenal Hama Kutu Putih

Hama kutu putih ini bernama  Mealy Bug atau dalam bahasa latin  Paracoccus Marginatus, yaitu hama jenis serangga yang memiliki tubuh kecil berlapiskan zat lilin dan  gumpalan seperti kapas putih yang menyelimuti tubuhnya. Kalau bahasa daerahnya biasa disebut kutu kebul, karena bentuk tubuhnya yang jika dipegang ngebul. Hama ini biasanya menyerang tanaman sayuran, buah dan tanaman hias. 


Hama Kutu Putih
Hama kutu putih di batang bunga Mawar credit: youtube


Dalam Jurnal Argoteknologi, Nur Pramyudi (2011) menyebutkan bahwa hama Kutu Putih ini biasanya bergerombol dalam sebuah batang pohon atau di daun, dan jumlahnya bisa ribuan. Kutu betina dapat bertelur hingga 500 telur dan disimpan dalam satu kantong telur dengan siklus hidup selama sebulan.

Hama ini juga sama dengan hewan lainnya, ada jenis betina dan jantan. Fase perkembangannya dari telur, pra dewasa (nimfa), dan dewasa (imago). Telur-telur ini ketika diletakkan di daun akan menetas dalam waktu 10 hari.


Kutu putih ilmu kebun
Penampakan kutu putih credit: Ilmu Kebun

Kutu Putih hinggap di batang pohon dan di bawah daun. Dia mengisap nutrisi tanaman dari pucuk daun, batang, buah hingga ke akar. Serangan pada pucuk daun akan mengakibatkan daun keriting dan gagal tumbuh. Ketika tanaman terinfeksi, batang akan berubah menghitam dengan kondisi kekurangan nutrisi. Sehingga tanaman menjadi rusak dan layu, kemudian tak lama kemudian mati.

Lalu, bagaimana membasmi hama kutu putih jika menyerang tumbuhan?

Setelah saya browsing, alhamdulillah saya menemukan cara yang saya nilai efektif dan efisien dalam menangani hama kutu putih.

Tips Merawat Bunga Mawar Kampung yang Terinfeksi Hama Kutu Putih

Awalnya saya mencoba dengan menyemprot hama kutu putih dengan air bekas cucian beras basi. Tetapi cara ini kurang efektif.

Lalu saya pun mencoba cara lain. Dan akhirnya saya menemukan tips merawat bunga mawar kampung saya yang terinfeksi hama kutu putih. Cara ini sudah saya terapkan dan terbukti efektif. Bunga mawar saya kembali sehat dan berbunga banyak. 

1. Mencuci batang tanaman dengan air sabun.

Ketika hama kutu putih mulai memenuhi batang, terutama batang di dekat akar, cuci batang dengan sabun yang mengandung antiseptik. Caranya: basahi spon dan tetesi dengan sabun sedikit. Lalu remas-remas spon hingga spon berbusa. Kemudian cuci batang tanaman dengan spon sampai kutu putih berjatuhan. 

Cara ini dinilai efektif karena dengan spon bersabun, kutu menjadi mati dan kemudian rontok ke tanah dan menyehatkan batang di dekat tanah sehingga menguatkan akar tanaman.

2. Memangkas batang  tanaman yang terinfeksi.

Cara kedua ini paling efektif dan kita tidak perlu bersentuhan dengan kutu putih. Kalau kalian jijikan, lebih baik dengan cara kedua ini.

Selain memisahkan batang dan  daun yang terinfeksi juga menghindarkan batang yang sehat tertular hama kutu putih.

Dan hasilnya dari kedua cara ini, tanaman bunga mawar kampung saya pun kembali sehat dan berbunga banyak.


Bunga Mawar Kampung di halaman rumahku
Aku dan bunga mawar kampung yang sehat

3. Menyiram tanaman setiap pagi dan petang.

Untuk hasil yang lebih optimal, kakak saya menyarankan untuk menyiram tanaman dengan menggunakan air bekas cucian beras yang ditambahkan dengan sedikit mecin. Ini bisa menjadi pupuk untuk bunga Mawar.  Bunga Mawar  akan menjadi sehat dan berbunga lebat.

Sedangkan, sahabat saya bu Euis, menyarankan untuk menaburkan secara berkala, garam Inggris di tanah sekitar tanaman untuk menyuburkan tanah.

Tips merawat bunga Mawar ini juga bisa dilakukan kepada tanaman hias dan buah lainnya, lho. Saya sudah membuktikannya sendiri dan it's work!

Oiya, untuk Moms yang ingin mengembangbiakan bunga Mawar, tidak perlu gundah. Sekarang sudah tahu ya cara merawatnya. Lagipula bunga Mawar ini bisa dikembangbiakan dengan cara stek batang dan okulasi.

Ketika menyetek batang bunga Mawar, potong batang dengan pisau yang tajam dan lakukan di sambungan batang yang sedang bertunas, nah keberhasilan menanam bunga mawar ditentukan oleh hal ini. dan batang akan  tumbuh dan berakar sehat.

Hanya saja, saya belum yakin sih, dari stek batang akan berbunga lebat. Saya juga belum pernah mencobanya. Tapi kalau Moms ada yang sudah mencobanya, kabari saya, yaa. Siapa tahu ada yang berhasil.

Oke, Moms, inilah tips merawat bunga Mawar kampung dari serangan kutu putih ala saya. Semoga bermanfaat, yaa.

Salam sayang,

Sri Widiyastuti

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia sebagai diaspora.Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

83 comments

  1. ooo itu namanya kutu putih, saya malah nggak tau, taunya kayak sarang laba2 gitu :) TFS ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, sebenernya kalau dilihat dari dekat, kayak ada kutu kutu gitu. aku lagi nyari foto bunga mawar yang terinfeksi kutu belum ketemu di folder foto

      Delete
    2. Kl ada nanti ditambahin disini ya mbak, soalnya saya penasaran 🤣 saya belum pernah liat

      Delete
    3. Sudah aku tempelin kak. Moga ga penasaran lagi yaa hihi

      Delete
  2. Ouwww, baiklaaahh, ini bisa aku share ke ibu mertua yg demen banget per-taman-an gini Mba.
    Karena emang kudu telaten dan paham life hacks nya jugak ya

    ReplyDelete
  3. wa iy bener mi, suka liat aku yg putih2 gtu, kirain bukan hama, ky benda atau sesuatu yg emang ada di situ, tau2 itu penyakit tanaman yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, awalnya sedikit, lama lama semua batang dan daun bisa terinfeksi Dan mati. Harus segera ditangani kalau keliatan ada kutu putih. Minimal dipangkas aja batang yang terkena

      Delete
  4. Cantik sekali bunga mawarnya, sayang kalau pohonnya terserang hama kutu putih ya. Aku suka ngelihat bunga, tapi gak telaten kalau ngerawatnya hahaha. Mamaku yang suka nanam2 bunga dirumah, biasanya air bekas cucian beras juga dibuat nyiram tanaman, tapi gak pake mecin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak, aku juga ga nyangka cepat juga recoverynya. Sampai hari ini bunganya terus bermekaran mbak. Seneng banget. Alhamdulillah.

      Delete
  5. Suami saya juga suka beli mecin. Bukan untuk masakan, tetapi buat pupuk semua tanamannya. Air cucian beras juga sering dipakai untuk tanaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi kedengerannya aneh ya mbak. Tapi it's work ternyata hihi

      Delete
    2. Iya, Mbak. Di rumah saya juga banyak tanaman. Tetapi, agak jarang bunga-bungaan

      Delete
  6. Bunga mawarnya cari banget mbak, btw aku juga menanam mawar di depan rumah mbak dan belum pernah tahu ada kutu putih gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga tidak diserang hama kutu putih ya mbak. Sedih kalau terserangdan mati

      Delete
  7. wahhh ini yg mamaku tanya2 ke aku tp aku tak aku.. thanks mba sharingnyaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi Alhamdulillah sekarang sudah tau yaa. Moga mamanya senang dan tanamannya sehat semua

      Delete
  8. Tanaman di rumah yang terserang kutu putih ini selain tanaman bunga juga pohon mangga. Ternyata bisa menghilangkan kutu dengan cara mencuci batangnya dengan air sabun ya. Tapi gimana caranya mencuci batang, dahan, ranting pohon mangga ya? Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya kalau tanaman yang besar lebih kuat deh Mbak. Pohon jambu saya juga kena dan bisa tetap hidup,besar dan berbuah. Di pohonnya ada banyak semut, mungkin kedua hewan ini perangtiap hari yaa hihi

      Delete
    2. Nah iya, Mbak, selain kutu putih juga banyak semutnya. Hihihi..iya, sepertinya mereka perang tiap hari :))

      Delete
  9. Makasih banget tipsny, kejadian nih pohon jambu saya kena hama putih, nggak tahu caranya, mau praktek ah, oh iya bunga mawarnya cantik, mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pohon jambu kayaknya sih lebih kuat mbak. Coba lihat ada bayak6semutnya ga? Kalau banyak tak perlu Kuatir, Karena semut predator hama kutu putih kalau gak salahyaa

      Delete
  10. Ahhh, jadi inget kebun mawarku yang memenuhi halaman dan garasi yang sebelom pandemi mati kekeringan dan hama kutu putih gitu. Cuma berusia 6 bulanan merawatyaa, itu pun di polybag yang gede2. Udah ku lakukan tips2 di atas Maak, huhuu tapi satu persatu mati kekeringan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedih banget teh, saya juga punya mawar yang merah dan pink tapi bukanjenis mawar kampung. Memang lebih ringkih dan ga tahan ketika terinfeksi hama kutu putih. Batangnya sampai akaar langsung mati, jadi kering deh

      Delete
  11. Dulu pernah punya bunga Mawar, bener masalahnya di hama putih ini... jadi semangat mau tanam bunga mawar lagi, makasih tipsnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama kak, semoga bunga mawarnya sehat semua ya kak

      Delete
  12. Bunga mawar kampung ini bunga yang saya cari-cari karena waktu kecil aku punya pohon ini dan berbunga lebat, tapi skg jarang nemu bunga mawar yg bunganya kayak wkt aku kecil dulu, ternyata ini bunga mawar kampung ya disebutnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, wanginya juga wangi banget. Menurutku dari seluruh bunga mawar hanya bunga mawar kampung yang palingcantik dan wangi. Suka dipakai untuk menaburi kuburan kan mbak? Karena wanginya ini mbak. Sepadan dengan bunga melati.

      Delete
  13. aq baru tahu loh mba kalau mawar pun bisa di tempeli hama gitu yah, nggak terlihat jelas kalau sekilas karena seperti tumpukan kotoran aja yang menempel di batang bunganya yah.. menghilangkan hamanya juga masih mudah yah mba cukup pakai sabun antiseptik salah satunya biasanya mba kalau sudah pernah kena hama terus kita bersihkan apakah akan bisa kena lagi bunga mawarnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya bisa kena lagi karena kan hama itu makluk hidup yaa. Jadi dulu itu yang terinfeksi pohon pepaya, lalu menyebar ke pohon lainnya. Saya waktu itu belum tahu bagaimana menanganinya. Jadi waspada saja jika ada pohon yang ada hama putih, langsung dipangkas saja selagi masihsedikit. Karena kutu betina bisa bertelur 500 telur setiap kali bertelur sebelum menetas harus di musnahkan

      Delete
  14. Selama pandemi ini juga mulai berkebun biar nggak stres2 amat di rumah mulu. Tipsnya boleh juga nih mba, nanti dipraktekkan biar tanaman nggak dimakan sama hama kutu putih. Btw, baru tahu nih tips no.3 yang menyiram tanaman dikasih garam inggris sama air cucian beras dicampur micin. Ntar mau coba juga ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga baru tahu Kak, ini tips dari kakak Kakak saya yang jago berkebun. Moga bermanfaat yaa

      Delete
  15. Pengen deh punya pohon bunga mawar kayak mba sri, di rumahku bunga-bunganya daun semua hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunga mawar kampung termasuk nabemono bunga liar teh, dia juga Kuat dan lebih wangi. Hayuk atuh berkebun bunga mawarbiar ada yang merah merah atau pink hehe

      Delete
  16. Mba Tuti mantep banget i ni tipsnya eheheh aku pernah, pohon mangga depan rumah juga terkena macam klapart putih-putih juga lho Jadi ngerti nih untuk tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dicoba aja Nyi, semoga pohon mangga nya sehat selalu yaa. Saya juga pengen punya pohon mangga cuma belum dapat bibitnya

      Delete
  17. aku baru tau ternyata seperti itu ya kak bentuk hama tanaman, Kalau tips untuk tanaman yang tumbuhnya lama sekali apa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tumbuhan apa ya kak? aku pernah mendampingi anakku buat tugas menanam tanaman, ternyata tanah media menanam berpengaruh pada keberhasilan biji bertunas. Benih tanaman yang ditanam busuk dan tidak tumbuh padahal sudah hampir sebulan. Ternyata busuk. Jadi kualitas tanah berpengaruh, air yang untuk menyiram mungkin kebanyakan.

      Lalu saya ganti media tanam, memakai cocopet kaka, yaitu media yang dibuat dari sekam dan sabut kelapa. Alhamdulillah benih sawi dalam 2 hari sudah bertunas dan sekarnag hari ketiga sudah 5 cm tingginya.

      Delete
  18. Wah baru tahu ka untuk mengatasi hama ini batang tanamannya bisa di bersihkan dengan sabun yg mengandung antiseptik, dulu aku menyorotkan air dengan garam juga.. memang kutu ini senang banget hinggap di tanaman bunga ya.. jd gemes aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, ini salah satu yang work it banget ditanamanku kak. kalau air garam ga pernah malahan.

      Delete
  19. sabun antiseptik itu yg gimana ya mbak? tanaman saya jg banyak kutunya. saya ambilin satu2, katanya bs nular ke tanaman lainnya kan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabun kayak lifebouy, aku pakai lifebouy cair mbak.

      Delete
  20. Geli banget lihat kutu putihnya mbak.
    Harus rajin disiram pagi petang agar terhindar hama.

    ReplyDelete
  21. haduuh kutu putih itu emang nyebelin banget! kutu ini juga ada di kaktus kan ya biasanya, sampe bingung bersihinnya. thank you infonya bermanfaat banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah tahu sih ada di kaktus, tapi beberapa tanamanku kayak pepaya dan jambu juga terinfeksi hama ini, iya bener nyebelin banget kutu ini, pengen takpitesi tapi kowai hiihhi

      Delete
  22. Nah aku niatnya aja mau berkebun gitu mbak udah beli bibit dan lain-lain eh praktiknya belum aja, kalau udah di dalam rumah ke teras pun aku agak malas gak bagus deh ini padahal pingin punya teras puenuh bunga.
    Ternyata mawar juga bisa kena hama ya, aku pernah lihat warna putih-putih itu kirain apa. Alhamdulillah ada tipsnya di sini buat menghilangkan hama putih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, mawar juga rentan kena hama dan ini menular banget dan masif. Kutunya kalau sudah bertelur bisa banyak banget hingga ribuan

      Delete
    2. baca kutu aku langsung merinding mbak. Ternyata kutu tanaman juga bertelur ya hihihi aku pikir kutu rambut aja duh aku merinding laginih padahal cuma nulis aja gak loihat gambarnya

      Delete
  23. Waah di rumah mba Sri ada mawar ya. Khawatir nanam mawar di Depok cepat mati karena hawanya panas. Memang harus telaten ya merawat tanaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mawar kampung mah kuat mbak, dia kan tanaman mawar liar dan bisa hidup di are banyak matahari malahan

      Delete
  24. Astaga baru ngerti kalo yg putih2 itu trnyata hama, thankyou sharingnya kak. Aku jg next time pengen tanam mawar jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, be aware sama yang putih putih ini, karena mematikan banget

      Delete
  25. Hiii..geli juga yaa penampakan hama kutu putih itu kalau dilihat dari dekat. Baru tahu euy kalau mawar tuh rentan banget kena hama. Di rumah gak ada bunga mawar soalnya..

    ReplyDelete
  26. Kudu telaten banget ya nandur itu mab Tuti, semangat kita.
    Tapi aku dah nyerah tiap nandur ayam piaraan mertua memakan segalanya wkwk

    ReplyDelete
  27. Oh....itu hama yaa..
    Aku pikir sarang laba-laba awalnya, kak..
    Ibuku paling rajin cari ulat di daun....dan seneng yaa..menghabiskan waktu bersama tanaman.

    ReplyDelete
  28. Aku baru liat hama kutu putih seperti itu mbak. Sedih ya kalau bunga cakep gitu kena hama mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa ya mbak.. itulah pentingnya perawatan pada tanaman yaa :)
      jadi gak sekadar punya aja, tetapi juga harus dirawat. Agar dapat tumbuh dengan baik dan terlindung dari berbagai hama pengganggu.

      Delete
  29. Tanaman tomat di rumahku ya gitu mba, sering banget diserang kutu putih ini. Sama nggak ya tuh kutunya. Memang harus dibersihkan dengan air satu-satu gitu, ga boleh didiemin aja.

    ReplyDelete
  30. Baru tahu yamg seperti itu toh yang disebut kutu hama putih. Oke noted, artikel berisi cara membasmi juga bermanfaat sekali. Bisa dipraktikkan kalau dapat tanaman muncul hama seperti itu.

    ReplyDelete
  31. Semenjak pandemi ini aku juga lagi senang sekali menanam, terutama tanaman hias. Sekarang kegiatannya bertambah menyiram tanaman, memberikan vitamin dan serum. Selain itu selalu ngecek setiap tanaman agar bebas dari hama dan kutu juga.

    ReplyDelete
  32. oh itu kutu ya ternyata,,haha pernah aku temuin di daun mangga juga tuh, tapi aku pikir itu binatang biasa aja yg nemplok dikala ingin beristirahat..trnyta kutu toh

    ReplyDelete
  33. Saya baru tahu kalau batangnya dicuci pakai sabun bisa membantu mengurangi hamanya. Di rumah ibu bunga mawarnya banyak dan sempat terserang hama kutu putih ini. Udah dipotong gak ilang-ilang, akhirnya dibabat habis tak bersisia. Sayang juga kalau diingat-ingat.

    ReplyDelete
  34. Geli lihat wujud kutunya. Iya, sering lihat bentuk putih-putih yang melekat di pohon atau daun tapi belum lihat kutunya. Ternyata harus serius membasminya ya.

    ReplyDelete
  35. Sama banget nih, aku pun dianggap memiliki tangan yang panas karena selalu mati jika menanam pohon apapun.Akhirnya aku mencoba menanam kaktus dulu, trus berhasil deh. Sejak pandemi mulai nambah beberapa tanaman lagi, alhamdulillah semua sehat. Oh iya kayanya kutu itu juga ada di kaktus deh, cara mengobatinya juga dengan dicuci dengan air sabun.

    ReplyDelete
  36. Aku sebel banget kalau kutu putih ini datang ke tanamanku, kalo yg pendek2 aja biasanya aku semprot air sunlight. Cm susahnya kalo dia berkembang di pohon. Cepat sekali kembang biaknya

    ReplyDelete
  37. Wah aku sering mitesi kutu putih itu kalo nemu di batang tanaman. Gemes juga jadinya aku pun pakai sabun cuci dicampur air cucian beras dan bawang putih yang udah dihaluskan

    ReplyDelete
  38. Baru liat hama tanaman kutu putih apalagi pas closenya. Tipsnya bisa diaplikasiin untuk semua jenis tanaman bunga juga ya mba. Wah, bunga mawarnya sehat terawat apalagi dengan cinta.

    ReplyDelete
  39. Hayaaah itu toh si kutu kutu .. ngeliatnya aja jijik ya Tuti Arien

    daku suka deh sama artikel ini, apa bikin aja buat edukasi anak hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat aja Mak Tanti, pasti pada suka deh, lihat kutu nakal ini hihihi

      Delete
  40. Wah, penampakan kutu putihnya itu bikin geli ya mbak Sri hihihihi :) Iya dong, kan kasihan si mawar udah dipelihara, diurus dan disayang2 jangan sampai rusak dan mati gegara si kutu. SIp2 jadi tau deh cara merawat bunga mawar :) TFS.

    ReplyDelete
  41. eh, saya ada nih mawar kampung di depan rumah...gak merhatiin detail sih, cuma jadi penasaran deh, ada kutu atau engga.... nanti kulihat dan kalau ada kupakai deh tipsnya...makasih ya mba

    ReplyDelete
  42. Suka banget lihat bunga mawarnya. Canti sekaliiii. Tapi memang tantangan banget kalau mawar sama kutu putih ya mbak. Aku baru tau kalau bisa dihilangkan dengan sabun, biasanya dipotong aja.

    ReplyDelete
  43. Wahh cantik bunga mawarnya mbak...
    Jadi pengen punya di rumah...

    ReplyDelete
  44. aku baru tau namanya kuku putih :O terimakasih atas informasinya yaa

    ReplyDelete
  45. Aku kalau nanam mawar malah gak pernah diicip kutu. Jarang banget bisa tumbuh. Baru semi dikit, eh mati. Gak tahu kenapa kaya gitu. Payah, hahaha. Tapi tipsnya dicatat aja ya siapa tahu nanti kalau nanam bisa berhasil

    ReplyDelete
  46. Owalah itu putih2 kirain alami dr batangnya ternyata gak bagus yaaa.
    Disabun jd gak masalah ya Mbak Sri? Ku pikir tanaman gak boleh kena air sabun hehe.
    Mungkin aku pilih cara kedua yang dipangkas itu kali ya, eh tapi eman2 kalau udah ada bunganya hahaha
    oke oke thanks tipsnya :D

    ReplyDelete
  47. Huhuhu, geli liat foto kutu putihnya... Alhamdulillah ya mawarnya bisa kembali sehat...

    ReplyDelete
  48. Saya paling sebel kalau lihat tanaman terkena kutu putih seperti itu. Selain merusak tanaman juga kadang butiran putihnya bertebaran di udara. Mengganggu banget, deh!

    ReplyDelete
  49. Wah, aku baru tahu teh itu kutu putih..ternyata bisa dibasmi dengan air sabun ya mau ngecek tanamanku ah..

    ReplyDelete
  50. Wah boleh-boleh nih tipsnya. Bungaku juga ada kutu putihnya. Jadinya suka males ngerawar bunga. Aku papas habis deh. nanti mau nyobain ah pake tips ini.

    ReplyDelete
  51. Wah, ini bunga yg sering aku liat waktu di rumah mama. Tyt gini ya caranya spy gak kutuan. Tips ini ba buat tanaman lain gak ya?

    ReplyDelete
  52. Wah mbak aku juga lagi nanem mawar. Kebetulan lagu pada bermekaran. Andalanku disiram air di tambahi micin hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email