Rumah Zakat Targetkan Bantu 1 Juta Penerima Manfaat Terdampak Pandemi di Bulan Ramadhan

45 comments

 

Bahagia Bersama Ramadhan

Rumah Zakat Targetkan Bantu 1 Juta Penerima Manfaat Terdampak Pandemi di Bulan Ramadhan. Hai, Moms, apakah sudah siap lahir batin menyambut bulan suci Ramadhan yang akan segera tiba bulan depan? MasyaAllah ya, alhamdulillah tak terasa kita sebentar lagi memasuki bulan yang mulia di mana di bulan itu pahala dilipat gandakan. Semoga kita semua diberi kesempatan Allah dapat beribadah dengan khusu di bulan Ramadhan tahun ini, ya Moms. Yuk, kita berdoa dulu sebelum membaca artikel ini sampai tuntas, doa menjelang bulan Ramadhan.

Allahumma bariklana fi Rajab wa Sya'ban wa ballighna Ramadhan.Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban dan jumpakanlah kami dengan bulan Ramadhan.

Mengenai persiapan menyambut bulan suci Ramadhan, biasanya saya dan anak-anak bersih-bersih rumah, lalu menghiasnya dengan berbagai dekorasi pengingat bahwa akan tiba bulan suci Ramadhan. Anak saya juga membuat target-target yang ingin dicapai di bulan Ramadhan nanti. Biasanya kami lakukan seminggu sebelum  bulan Ramadhan tiba agar anak anak bersemangat!

Rumah Zakat

Nah, alhamdulillah, tahun ini saya dapat mengikuti pers conferencenya Rumah Zakat. Dalam kegiatan ini Rumah Zakat melaunching gerakan Bahagia Bersama Ramadhan dan melaunching aplikasi Rumah Zakat terbaru, Digital Islamic Style (DIS). InsyaAllah kegiatan ini menjadi bekal untuk saya dan keluarga dalam menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan. Biasanya kita sudah mulai menetapkan akan menyalurkan Zakat Fitrah keluarga kemana? alhamdulillah dari mengikuti kegiatan ini saya mendapatkan banyak insight terkait penyaluran Zakat Fitrah saya dan keluarga.

Lembaga Amil Zakat  (LAZ) Rumah Zakat

Moms, sebelumnya mungkin kita perlu berkenalan dulu kali ya dengan LAZ Rumah Zakat. Karena ada peribahasa yang mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang. Rumah Zakat adalah lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak, sedekah dan dana sosial lainnya melalui program-program kemanusiaan dan pemberdayaan masyarakat. Rumah Zakat berdiri sejak 2 Juli 1998 dilandasi oleh semangat untuk menjadi NGO terbaik dalam menyalurkan kebahagiaan antara donatur dan penerima manfaat. Rumah Zakat juga berkomitmen menjadi lembaga zakat yang terpercaya, progresif dan profesional. Rumah Zakat juga terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak demi terciptanya pemberdayaan masyarakat Indonesia.

Visi Rumah Zakat adalah menjadi lembaga Filantropi Internasional yang berbasis pemberdayaan yang profesional. Hingga akhirnya Rumah Zakat mengalami 5 kali transformasi dan terakhir pada tahun 2020 Rumah Zakat bertransformasi menjadi World Digital Philantrophy Intitutional serta mendapatkan penghargaan sebagai 1st Champion Indonesia Original Brand Award dan GIFA Excellence Award in Zakat Management 2020. Suatu pencapaian yang luar biasa ya, Moms.

Oke, lanjut!

Gerakan Bahagia Bersama Ramadhan

Gerakan #BahagiaBersamaRamadhan adalah gerakan yang digulirkan oleh Rumah Zakat sempena menyambut bulan suci Ramadhan tahun 2021. Hadir dalam konferensi pers ini perwakilan dari MUI, bapak Guntur Subagja Mahardhika, Sekretaris Lembaga Wakaf Majelis Ulama Indonesia (LW-MUI) dan Nur Efendi, CEO Rumah Zakat.

Guntur Subagja Mahardhika

Dalam kesempatan itu, Guntur Subagja menyambut baik digulirkannya gerakan #BahagiaBersamaRamadhan ini sebagai wujud dari solidaritas kemanusiaan melalui pemberdayaan masyarakat yang profesional. Oleh karena itu, Guntur Subagja berpesan untuk menyalurkan zakat kepada Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang kredibel dan dapat dipercaya seperti LAZ Rumah Zakat. Ada tiga pesan beliau yaitu:

  1. Salurkan zakat pada Lembaga Amil Zakat yang ada ijin dan kredibel, bisa bertanggungjawab pada penyaluran zakat.
  2. Banyak masyarakat lain tidak terjangkau oleh kita akan mudah dilakukan oleh LAZ yang memiliki jaringan luas. Penduduk miskin di pulau Jawa 7 persen sementara itu di luar Jawa 15 persen. Maka LAZ menjadi tempat yang tepat untuk menyalurkan zakat. Rumah zakat menjadi motor.
  3. Tidak ada alasan untuk tidak menyalurkan zakat karena LAZ sekarang memiliki produk digital yang memberikan kemudahan pada masyarakat untuk menyalurkan zakat, infak, sedekah sehingga kegiatan zakat, infak dan sedekah bisa menjadi aktifitas sehari-hari kita untuk membantu masyarakat lainnya. Nah kegiatan ini bisa dilakukan lewat LAZ terpercaya seperti Rumah Zakat.

Menurut Nur Efendi, Rumah Zakat meluncurkan gerakan #BahagiaBersamaRamadhan sebagai upaya untuk mengajak masyarakat untuk berbagi kebahagiaan kepada sesama. Nah di bulan Ramadhan ini Rumah Zakat targetkan 1 juta penerima manfaat terdampak pandemi di bulan Ramadhan ini, khususnya kepada warga yang berdomisili di 1.686 Desa Berdaya. Hal ini sesuai fatwa MUI No.23 tahun 2020, pemanfaatan harta ZIS dapat digunakan untuk penanggulangan wabah Covid-19 dan dampaknya, maka Rumah Zakat akan terus berupaya membantu masyarakat yang terdampak pandemi.

Selama pandemi Covid-19 Rumah Zakat telah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan pengetahuan, jaminan kesehatan dan jaminan kesejahteraan kepada masyarakat melalui berbagai upaya pemberdayaan sebagai berikut:

  1. Edukasi, ini dilakukan RZ agar masyarakat mengetahui protokol kesehatan di masa pandemi dan menjaga diri dan keluarganya dari jangkitan penyakit berbahaya selama pandemi.
  2. Bantuan kesehatan pada masa pandemik
  3. Jaminan sosial, dengan memberikan bantuan makanan agar yang terdampak tidak kelaparan, terutama pada keluarga yang terdampak Covid-19 dan bantuan ekonomi pada UMKM. Mendorong UKMN dan mendampingi pemberian modal, agar UMKM dapat terus bergerak, agar mereka bisa menjalankan usahanya. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa tulang punggung ekonomi Indonesia adalah UMKM. 
  4. Ketahanan pangan, dengan cara menyiapkan stok pangan dalam jangka panjang, untuk mengantipasi pandemi yang belum usai.

Adapun program istimewa di bulan Ramadhan antara lain Berbagi Buka Puasa, Kado Lebaran Yatim, Bingkisan Lebaran Keluarga, Syiar Qur’an, Ramadhan Bebas Hutang, dan Janda Berdaya. Program Ramadhan tersebut merupakan program yang cocok untuk disalurkan kepada masyarakat terdampak pandemi di masa resesi. Selain itu ada pula program lumbung pangan yang bertujuan untuk menjaga ketersediaan pangan masyarakat Indonesia. Saat ini telah ada 19 lumbung pangan yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. 

DIS: Digital Islamic Style

Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan, Rumah Zakat meluncurkan Digital Islamic Style (DIS), sebuah aplikasi untuk menemani umat muslim dalam beribadah. Terdapat berbagai fitur dalam DIS yang dapat membantu umat muslim beribadah di bulan Ramdhan yakni dzikir & doa, Al Qur’an digital, waktu sholat, arah kiblat, kajian Ramadhan, dan Donasi ZISWAF.
Digital Islamic Style

Fitur DIS diharapkan dapat menjadi teman ibadah kita semua di bulan Ramadhan. DIS akan membantu mengingatkan kita untuk melakukan rangkaian ibadah di bulan Ramadhan mulai dari jadwal imsakiyah, berzikir, sholat, hingga berbagi kepada sesama. DIS menjadi salah satu kemudahan berdonasi bagi masyarakat karena terdapat fitur untuk memunaikan ZISWAF hingga laporan perkembangan donasi masyarakat. 

Sekarang menyalurkan ZISWAF semakin mudah karena kemudahan teknologi, jadi benarlah kata pak Guntur di atas, tidak ada alasan untuk tidak menyegerakan diri untuk menyalurkan ZISWAF karena kita tidak perlu ke kantor atau melakukan transaksi offline dan capek mengantri. Karena sekarang sudah ada aplikasi Digital Islamic Style yang bisa diunduh di Play Store dan mudah digunakan.

Ada pesan dari pak Nur pada closing statement kemarin, "momentum kita untuk memberikan kebahagiaan kepada sodara kita, memastikan sodara kita kenyang, ketika kita juga kenyang. Di bulan baik ini mari kita berbahagia bersama, membahagiakan sodara kita yang terdampak Covid 19. Semoga Allah mengangkat pandemi Covid 19 dari Indonesia karena sedekah kita.

Mari bebaskan negeri kita dari pandemi Covid 19 dengan bersedekah semoga Allah lepaskan bala dari negeri kita lewat sedekah kita kepada sesama.

Salam Bahagia Bersama Ramadhan

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia sebagai diaspora.Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

45 comments

  1. Masya Allah. Semoga target dari Rumah Zakat bisa tercapai. Aamiin. Oh iya, aplikasi DIS ini membantu banget. Bisa baca Al-Qur'an di manapun dan kapanpun dengan mudah. Terus juga kalau lagi di luar dan mau sholat suka nggak tau arah kiblatnya mana. Nah, kalau bisa dicek pakai aplikasi DIS kan enak. Hehe

    ReplyDelete
  2. Insya Allah targetnya 1 juta penerima manfaat tercapai ya mbak, apalagi di bulan Ramadan penuh berkah ini.
    Penyaluran zakat melalui lambaga yang kredibel lebih dipercaya masyarakat jadi gak disalahgunakan dan tepat sasaran

    ReplyDelete
  3. wah rumah zakat keren, bagus kampanyenya karena memang sejujurnya sejak pandemi banyak banget yang terdampak perekonomian keluarganya :(

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah ya sebentar lagi memasuki bulan ramadhan. Semoga program yang diadakan oleh rumah zakat bisa berjalan lancar ya mba.. dan kita bisa turut kontribusi juga.. :D

    ReplyDelete
  5. Insya Allah didapatkan target tersebut ya di bulan Ramadan ini. Istinewa banget bulan Ramadan apalagi Rumah Zakat juga meluncurkanb Digital Islamic Style yang bisa digunakan oleh kita ya untuk membantu umat muslin beribadah, dan informasi penting lainnya termasuk donasi

    ReplyDelete
  6. Bangga bangeettt dgn kiprah Rumah Zakat, ya.
    Terus melaju, memberikan kontribusi terbaik.
    karena memang fastabiqul khoirot adalah kunci utk jalani hidup yg makin berkah

    ReplyDelete
  7. Bahagiaa baca ini. Semoga makin banyak orang tergerak untuk berbagi melalui Rumah Zakat yaa. Soalnya beneran banyak banget yang terdampak pandemi. Apalagi banyak juga yang di PHK kan. Jadi kita kenyang, saudara kita di luar sana juga kenyang. Mau juga ahh pakai app DIS buat ramadan ini

    ReplyDelete
  8. maasyaallah dengan adanya campaign seperti rumah zakat tentunya bisa membantu banyak saudara kita yang membutuhkan, terlebih menjelang ramadan, sepanjang ramadan, dan setelah lebaran ya

    ReplyDelete
  9. semoga target dan nilai mulia dari Rumah zakat ini bisa terpenuhi yaaa dengan baik. Mari berbagi

    ReplyDelete
  10. target ini mustinya bisa tercapai insya Allah ya mba kalau banyak yang bergabung dan membantu mewujudkannya

    ReplyDelete
  11. Gak terasa sebentar lagi sudah masuk bulan puasa yah mbaak, puasa kedua di masa pandemi nih hiks. Untunglah ada Rumah Zakat yang bisa membantu kita untuk tetap beramal dengan program #BahagiaBersamaRamadan yaah

    ReplyDelete
  12. Harus banget nih instal aplikasi DIS apalagi udah mendekati bulan puasa, pasti akan membantu banget di bulan puasa nanti.

    keren banget ya aplikasi ini, dan sekaligus mengingatkan kita tentang berkah dari sedekah.

    semoga nanti kita bisa menjalani bulan Ramadhan dengan penuh keberkahan dan mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya amin.

    ReplyDelete
  13. Semoga target rumah zakat tahun ini tercapai ya. Barokah buat semua

    ReplyDelete
  14. TArget bisa membantu banyak orang ini sungguh mulia. Semoga Allah kabulkan dan semoga menjadi berkah ya. Aamiin

    ReplyDelete
  15. Gerakan bahagia bersama Rumah Zakat ini inspiratif banget. Banyak yang tentunya terbantu dengan Rumah Zakat ini

    ReplyDelete
  16. Rumah zakat kaya gini bantu banget ya. Jadi kita gak perlu ribet. Tinggal bayar zakat dan mereka yang akan menyalurkan. Btw, boleh juga nih aplikasi Digital Islamic Style ini. Lumayan buat temani kita saat Ramadan

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah sekarang semakin mudah untuk kita menyalurkan ZISWAF. Semangat Ramadan tahun ini semakin diringankan untuk berbagi, Amiiiin

    ReplyDelete
  18. masyaallah, semoga apa yg ditargetkan oleh ZISWAF tercapai ya mbak
    agar banyak yg menerima manfaat, semoga Ramadhan ini makin banyak yg berbagi

    ReplyDelete
  19. Gerakan #BahagiaBersamaRamadhan semoga membawa berkah bagi banyak orang ... nantinya bisa dipantau di Digital Islamic Style ya.

    ReplyDelete
  20. Salut banget sama Gerakan Bahagia Bersama Ramadhan Rumah Zakat ini, apalagi dengan target bantu 1 juta yang menerima zakat bagi mereka yang kena dampak pandemi. Semoga terwujudd.

    ReplyDelete
  21. Aku kayaknya harus download aplikasi Digital Islamic Style biar memudahkan untuk beribadah. Terutama nanti di bulan Ramadhan yang sebentar lagi tiba.

    ReplyDelete
  22. Masya Allah. Selalu terharu dengan gerakan-gerakan sosial membantu sesama. Semoga berkah untuk semuanya. Aamiin

    ReplyDelete
  23. Masha Allah Ramadhan semakin dekat. Rasanya selalu bahagia kalau mengingat sebentar lagi bulan mulia datang. Program program kebaikan biasanya mulai bertebaran. Membawa banyak berkah untuk kita semua.

    ReplyDelete
  24. Ramadhan adalah bulan penuh berkah, apalagi jika di imbangi dengan kegiatan yang bermanfaat dengan selalu berbagi kepada sesama
    Alhamdulillah saat ini peluang untuk berbagi pun terbuka semakin luas terlebih dengan dukungan perangkat digital jadi kian mudah

    ReplyDelete
  25. Semoga target Rumah Zakat tercapai ya Teh, aku suka infak di sini soalnya mudah dan selalu dapat laporannya dengan detail setiap bulan

    ReplyDelete
  26. Salut untuk Rumah Zakat dengan program-programnya. Memang sekarang menyalurkan ZISWAF semakin mudah karena kemudahan teknologi ya , jadi enggak ada alasan lagi untuk tidak berbagi

    ReplyDelete
  27. Wahh baru tahu rumah zakat ada aplikasinya. Fitur2nya jg banyak banget. Jadi gampang bayar zakat

    ReplyDelete
  28. semoga target satu juta penerima manfaat ini tercapai ya mbak, pasti akan sangat membantu di masa pandemi seperti ini....

    ReplyDelete
  29. rumah zakat banyak banget programnya dan selalu update dengan aktivias yang dilakukan ya ummi. Semoga hal kecil yang kita lakukan bisa menjadi solusi untuk sodara yang lain.

    ReplyDelete
  30. Barokallah ya Mba, sekarang semakin mudah untuk bisa membayar zakat, infak ataupun sedekah. Dengan adanya rumah zakt ini semoga makin semangat kita semua.

    ReplyDelete
  31. masyaa Allah, barokallah Rumah Zakat. semoga bisa menjangkau lebih dari satu juta penerima saat ramadhan.. karena kita tahu sendiri ada banyaak sekali yang butuh bantuan sekarang ini.

    ReplyDelete
  32. Harapannya aplikasi DIS nggak hanya kepakai selama bulan Ramadhan yah, bisa jadi teman ibadah di bulan-bulan berikutnya, sukses terus untuk Rumah Zakat dan program-programnya

    ReplyDelete
  33. Keren deh target Rumah Zakat ini. Semoga bisa tercapai ya. Semoga malah bisa melampaui target. Btw, kudu nih kayaknya aku install aplikasi DIS ini. Banyak ilmunya. Mana bisa donasi juga. Cus deh.

    ReplyDelete
  34. Keren RZ. sekarnang ada appsnya juga ya. Jadi semakin banyak apps yg membantu muslim dimanapun berada untuk ibadah sholat, mengaji, dan tentunya zakat 😍

    ReplyDelete
  35. Alhamdulillaah...ikut bahagia baca tulisan ini. Semoga makin bantak yang donate melalui RZ, ya. Semoga kita semua makin dimudahkan rezekinya untuk bisa bantu sesama.

    ReplyDelete
  36. Semoga targetnya tercapai nih. Kudu install dan kabarin sm temen jg nih. Krn kadamg hr gini msh ad yg bingung soal nyalurin ziswaf. Pdhl ada yg praktis.

    ReplyDelete
  37. Ya Allah meuni cepet pisan sampai di Ramadan lagi. Semoga puasa tahun ini dimudahkan. Semoga target 1 juta nya juga tercapai lewat lembaga yang baru ini ya

    ReplyDelete
  38. Jadi Lebih mudah ya mba berkat Rumah Zakat ada gerakan Bahagia Bersama Ramadhan apalgi ada aplikasi Rumah Zakat terbaru, Digital Islamic Style jadi mudah berzakat bisa lewat hp

    ReplyDelete
  39. Senang sekali dengan program Rumah Zakat yang menurutku sangat membantu umaat dimanapun berada. Tepat sasaran dan tanggap dengan apa yang terjadi di sekitar kita.
    Barakallahu fiikum, Rumah Zakat.

    ReplyDelete
  40. Memastikan sodara kita kenyang ketika kita juga kenyang.
    Duh ini makjleb banget. Kadang kita merasa kekenyangan sementara ada orang lain yang mau makan aja lebih² dari yang puasa

    ReplyDelete
  41. masyaalloh sekarang mau zakat jadi mudah ya mba karena ada aplikasi DIS-nya. semoga semakin banyak umat yang berdonasi melalui zakat di sini ya.

    ReplyDelete
  42. Bismillah semoga targetnya nembus dan melimpah, alhamdulillah rumah zakat keren banget ini ya Mba Sri buat mereka yang bingung mau ziswaf ke mana

    ReplyDelete
  43. Marhaban ya Ramadhan. Insya Allah tak lama lagi kita akan kembali bersua dengan bulan suci ini ya mba. Alhamdulillah ada aplikasi yang bisa membantu kita untuk memaksimalkan amalan di bulan suci.

    ReplyDelete
  44. Semoga dimudahkan untuk bisa bertemu lagi dengan Ramadan yang penuh keberkahan yah. Alhamdulillah sekarang ada aplikasi yang sangat membantu dna memudahkan banget ini.

    ReplyDelete
  45. Masya Allah, gak kerasa banget sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadan yah, cant wait.

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email