Sayangi Ginjal Hindari Dehidrasi

32 comments
Sayangi Ginjal Hindari Dehidrasi
Sayangi ginjal hindari dehidrasi. Hai, Moms, apa kabar? Semoga Moms dan keluarga selalu dalam keadaan sehat, ya. Sakit di masa pandemi seperti ini, kalau bisa jangan deh, karena tentu saja, saat ini Rumah Sakit bukanlah tempat yang aman untuk berobat, kuatir malah mendapat penyakit lainnya, yang lebih parah terinfeksi virus Corona. Jadi, lebih baik menjaga daripada mengobati, kan?
Nah, beberapa waktu lalu, saya pernah ditanya sama kakak, bagaimana cara merawat panggul yang sakit? karena putrinya tiba-tiba mengeluh soal sakit di area panggul. Jujur saya enggak tahu jawabannya, karena memang tidak pernah mengalami sakit di daerah panggul, kecuali ketika menikmati kontraksi saat akan melahirkan dan itu kejadian alami saja, kan, bukan sakit yang disebabkan infeksi. 

Tapi, dulu banget sih, saya pernah sakit di area pinggang ke bawah, sampai saya gak bisa ruku waktu shalat dan itu menyiksa sekali. Saya lupa detailnya, tapi rasanya pinggang itu seperti ditusuk-tusuk, gak bisa makan, gak bisa minum, saya bocor atas bawah. Ternyata saya terkena infeksi kandung kemih. Terus saya browsing dong, apa sih penyebab sakit kandung kemih? ternyata infeksi kandung kemih ada hubungannya dengan penyakit ginjal, lho. 

Apakah Penyakit Ginjal, itu?

Menurut situs kesehatan Halodoc, penyakit ginjal adalah penyakit di mana ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Ginjal adalah dua organ dalam kita yang bentuknya seperti kacang merah atau kacang Bogo kata orang Sunda mah. Letaknya ada di bawah tulang rusuk kita kiri dan kanan. 
ginjal


Fungsi dari ginjal adalah sebagai berikut:
  1. Menghasilka renin, yaitu enzim yang membantu mengatur tekanan darah.
  2. Penghasil senyawa eritropoeting yang fungsinya untuk menjaga produksi sel darah merah terstimulasi.
  3. Menyaring ampas metabolisme tubuh.
  4. Menjaga kadar garam dan mineral di dalam tubuh.  
Jika ginjal sakit, maka akan terjadi penurunan fungsi ginjal dan ini yang mengakibatkan kita mengalami penyakit ginjal gagal ginjal akut. Jika penyakit ini dibiarkan akan mengganggu fungsi organ tubuh lainnya. Penyakit ginjal di awali masuknya kuman-kuman/bakteri dari kandung kemih ke salah satu atau kedua organ ginjal sehingga menyebabkan rasa sakit dengan diawali diare, demam, sering buang air kecil, bau urin yang tidak biasa, mual muntah dan kehilangan nafsu makan. Jika penyakit gagal ginjal akut dibiarkan, maka penyakit ginjal ini akan menjadi kronis dan terjadi penumpukan garam dan mineral seperti batu hingga disebut batu ginjal.

Apakah Gejala Umum Penyakit Ginjal Akut?

Salah satunya adalah kita akan mengalami kekurangan cairan atau yang biasa disebut dehidrasi. Selain dehidrasi, pesakit akan mengalami sakit perut dan nyeri pinggang belakang, hipertensi (mengalami tekanan darah tinggi), mengalami mual dan muntah, dan badannya menjadi gemuk yang tak biasa karena terjadi penimbunan cairan di berbagai bagian tubuh, biasanya kelihatan di bagian wajah.

Beberapa Faktor Penyebab Risiko Penyakit Ginjal Akut

Pada beberapa kondisi, ada beberapa orang yang berisiko mendapatkan serangan penyakit gagal ginjal akut, yaitu sebagai berikut:
  1. Berusia di atas 65 tahun
  2. Mengalami infeksi parah
  3. Mengonsumsi obat-obatan dalam jangka panjang.
  4. Mengalami dehidrasi, dan
  5. Pernah mengalami gangguan penyakit ginjal.

Apakah Penyakit Gagal Ginjal Kronis itu?

Penyakit gagal ginjal kronis adalah kondisi fungsi ginjal yang semakin menurun dan sifatnya permanen. Gejalanya pun semakin bertambah dari gejala umum sakit ginjal akut di atas, ditambah dengan sesak nafas, mual dan merasa kelelahan.

Siapa saja yang berpotensi terkena serangan penyakit gagal ginjal kronis?

  1. Orang yang mengidap Diabetes.
  2. Orang yang memiliki riwayat hipertensi/tekanan darah tinggi.
  3. Orang yang memiliki keluarga dengan riwayat penyakit gagal ginjal kronis.

Apakah Batu Ginjal itu?

Batu ginjal adalah butiran batu yang terjadi disebabkan karena penimbunan garam dan mineral di dalam ginjal sehingga menimbulkan sakit karena iritasi yang disebabkan oleh gesekan batu ginjal yang keluar lewat saluran ureter. Gejalanya hampir sama dengan penyakit ginjal lainnya yaitu terasa sakit ketika buang air kecil, mual dan muntah, merasa lelah karena sulit beristirahat dan bau urin menyengat.
rokok

Bagaimana Mencegah Penyakit Ginjal?

Mulailah dengan pola hidup yang sehat. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit gagal ginjal adalah sebagai berikut:
  1. Hindari dehidrasi dengan banyak minum air putih sebanyak minimal 8 gelas setiap harinya.
  2. Makan makanan yang sehat dan bergizi.
  3. Hindari minum minuman bersoda dan mengandung alkohol.
  4. Hindari rokok, dan
  5. Olahraga secara teratur untuk membangun kebugaran tubuh
Nah, Moms, setelah membaca tentang penyakit ginjal akut ini, lebih baik mencegah daripada mengobati, ya, Moms. Semoga organ ginjal kita selalu sehat dengan pola hidup yang lebih sehat dan teratur minum 8 gelas air setiap harinya. Yuk Moms, sayangi ginjal dengan hindari dehidrasi.

Salam sehat selalu,
Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia sebagai diaspora.Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

32 comments

  1. Ada gak Mbak, solusi terbaik saat harus mengkonsumsi obat-obatan terus menerus supaya tidak merusak ginjal

    Kasihan juga, ada beberapa orang yang harus mengkonsumsi obat-obatan terus menerus, dan rasanya susah sekali mengkontrol asupan air ptuihnya.

    ReplyDelete
  2. Reminder penting nih. Aku suka males minum karena males bolak balik pipis. Padahal penting buat ginjal. Thanks mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi saat dalam perjalanan jauh ya, Mbak. Rasanya malas minum air putih, padahal saat sedang beraktifitas sebaiknya mengkonsumsi banyak air putih ya, Mbak.

      Delete
  3. Ngeri emang ya mba soalnya liat saudara yang kena ginjal tuh udah repot banget makanya kudu dijaga untuk minumnya sesuai dengan anjuran kesehatan

    ReplyDelete
  4. Aku tuh termasuk yang takut kena gagal ginjal. Udah pernah liat sodara dan kenalan harus gagal ginjal. makanya aku slalu usahakan minum air yang banyak

    ReplyDelete
  5. saya selalu minum air putih banyak mba, makanya sering bolak balik ke toilet hahahaa tapi peernya adalah saya juga sering sekali minum kopi, harusnya agak di kurangin ya

    ReplyDelete
  6. Wadu ngeri juga ya penyakit ginjal akut ini
    Setuju jika lebih baik mencegah daripada mengobati
    Dengan pola hidup sehat semoga organ ginjal kita selalu sehat .Aamiin

    ReplyDelete
  7. Batu ginjal kalau bapak mertua aku mbaaa. Dulu aku kira penyakit ginjal dan batu ginjal itu sama ternyata beda ya..moga sehat2 ya kita semuanya mbaaa

    ReplyDelete
  8. dehidrasi ini kerap dianggap sepele ya mba .. padahal banyak bangeet lho dampaknya kalau tidak hati - hati

    ReplyDelete
  9. Wah nambah ilmu lagi nih tentang batu ginjal, jadi inget alm mertua yang wajahnya bengkak karena ginjalnya gak berfungsi baik. Penting ya buat kita untuk terus jaga dari dehidrasi. Makasih mba tulisannya

    ReplyDelete
  10. Sayangi ginjalmu, perlu banget nih kita sering - sering share informasi seperti ini jadi pengingat buat kita semua jangan sepelekan ginjal apalagi kalau sampai kronis

    ReplyDelete
  11. Aku pernah ikutan seminar yg bahas bahaya dehidrasi ini, Mba
    Memang se-NGERI itu deh, efek dehidrasi.
    Semoga kita tetep semangat menyayangi ginjal ya

    ReplyDelete
  12. Harus banget sayangi ginjal kita soale pernah ngerasain anter papa cuci darah selama setahun itu masya Allah perjuangannya luar biasa banget kalau suda yang namanya cuci darah tapi alhamdulillah papa sudah bebas dari cuci darah sekarang karena ubah pola hidup juga.

    ReplyDelete
  13. Kita hidup di tempat yang kaya air, inget2 org yang kekeringan aja, susah minum. Makanya selagi hidup enak jangan sampai skip minum ya mbak Sri.
    Kalau di rumah aku suka takar target minumku pakai botol yang literan itu mbak. TFS

    ReplyDelete
  14. bener niih, air putih tuh penting buanget loh buat tubuh. meskipun sesekali minum minuman manis, air putih min 8 gelas sehari itu penting dibiasakan

    ReplyDelete
  15. duh jadi inget temenku nih mba yang kena gagal ginjal kasian harus rutin cuci darah, pdhl udh transplan ginjal. so, selagi sehat yuk dijaga deh yaaa

    ReplyDelete
  16. Noted Mbak. Penjelasan dan gambaran gambarnya sangat jelas, terimakasih banyak ya Mbak infonya....

    ReplyDelete
  17. Penyakit ginjal memang zaman skrg banyak diderita karna faktor makanan dan gaya hidup

    ReplyDelete
  18. Haturnuhun kak.
    Kalau sudah yang namanya sakit, mashaAllah....memang berat rasanya.

    Sebaiknya memang melakukan pola hidup sehat dan jangan lupa untuk terus minum air mineral minim 8 gelas sehari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baruuuu aja ngobrol sama mas yang sering mengeluhkan kram perut.
      Dari sini, kami menganalisis kalau polah hidupnya yang gak sehat, seperti sering minum soda dan makan gorengan juga yang manis-manis, akan memperberat kerja ginjal.

      Terimakasih kak.

      Delete
  19. Mengingatkan ke Bapakku di Garut dengan kebiasaan kurang minumnya karena kesibukan sebagai Pedagang. Seringkali kalau telponan, pasti diingatkan untuk minum yang cukup, istirahat cukup, jangan sampai ada batu ginjal lagi seperti sekian belas tahun lalu. Semoga kita semua terhindar dari Penyakit2 berbahaya ya Mba, Amiiin Ya Rabb

    ReplyDelete
  20. Hiks
    Ini PR banget buatku karena suka lupa minum air kalau sudah asik ngeblog
    Padahal sudah pernah sakit

    ReplyDelete
  21. Terima kasih artikelnya teh bermanfaat banget sebagai reminder biar rajin minum air putih yang banyak

    ReplyDelete
  22. Kakakku pernah kena batu ginjal ini, dan jalan satu-satunya harus dioperasi untuk mengeluarkannya. Emang sih pola hidupnya kurang sehat gitu, kalau sudah asyik kerja, jadi nggak menyempatkan diri untuk makan minum.

    Semoga kita selalu sehat ya mbak, banyak minum air putih, padahal murah dan gampang aja, tapi sering banyak yang melalaikan

    ReplyDelete
  23. Nah iya, Mbak, kadang kalau udah fokus di meja kerja suka lupa minum, padahal penting sekali untuk hidrasi, ya. Suami saya yang suka lupa minum, harus sering diingatkan karena pernah merasa sakit di sekitar pinggangnya.

    ReplyDelete
  24. Aku pernah ngalamin batu ginjal, sakit banget. Alhamdulillah setelah pengobatan selalu sehat. Jadi harus makin rajin minum lagi.

    ReplyDelete
  25. Lebih baik mencegah daripada mengobati, ini sudah rumus sehat nomor satu.
    Apalagi penyakit pada ginjal. Katanya, ini penyakit "mahal" wallahualam.
    Wah, saya harus rajin olah raga nih dan perbanyak minum air putih, agar bisa terhindar dari penyakit ginjal.

    ReplyDelete
  26. Kalau udsh dehidrasi, ternyata bukan tenggorokan saja yang bermasalah, tapi juga gunjal, yaa. Kuncinya rajin minum air putih dan makan2an yang bergizi ya, Mbak.

    ReplyDelete
  27. Baru baca judulnya aja aku udah merasa tersindir dan khawatir. Soalnya sadar betul kadang minum air tuh kurang dari 8 gelas sehari. Harus lebih rajin nih

    ReplyDelete
  28. temenku pernah cerita kalau dia kurang minum air putih terus ginjalnya kena mbak. aduh serem banget ya kalau ginjal sudah kena, soalnya fungsi ginjal kan penting banget. sejak diceritain itu aku gak pernah menunda minum air putih lagi, soalnya takut kalau ginjalnya yang kenapa-kenapa kayak temenku.

    ReplyDelete
  29. Ternyata salah satu penyebabnya adalah kurang minum yaaa... Duh bahaya sekali nih, hal kecil yang amat mempengaruhi kesehatan kita dalam jangka panjang.

    ReplyDelete
  30. stay safe and stay healthy ya kak

    ReplyDelete

Post a Comment