Mau Hidup Lebih Bahagia? Yuk, Coba Terapkan 8 Hal Berikut Ini!

14 comments

Mau Hidup Lebih Bahagia
Mau Hidup Lebih Bahagia? Yuk, Coba Terapkan 8 Hal Berikut Ini! Hai, Moms, apa kabar? Di masa yang serba canggih ini banyak sekali perubahan yang terjadi, mulai dari teknologi hingga gaya hidup. Pada sebagian orang ada yang mudah beradaptasi tapi pada sebagian yang lain ada juga yang kesulitan dalam beradaptasi dengan kebiasaan baru. 

Hal inilah yang membuat beberapa orang merasa khawatir dengan apa yang mereka hadapi. Nah, Moms, agar tidak mudah stres, ada beberapa cara yang bisa Moms terapkan. 

Mau Hidup Bahagia? Terapkan 8 Hal Berikut, yuk!

1. Menerima Kekurangan dan Memaafkan Diri Sendiri

Semua orang pernah melakukan berbagai macam kesalahan. Kesalahan tersebut jangan sampai menjadi batu sandungan. Sebaliknya, jadikanlah kesalahan jadi pelajaran yang membuat Moms lebih bertumbuh. 

2. Berhenti Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain 

Setiap orang memiliki jalannya sendiri, maka sebaiknya berhenti membandingkan diri dengan orang lain. Ada baiknya jika menerima apa yang Moms miliki dan tidak menyesali apa sudah dilakukan selama ini. 

3. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Investasikan kesehatan Moms dari masa muda. Dengan melakukan pola hidup yang sehat, Moms bisa terhindar dari berbagai penyakit yang mematikan seperti jantung dan kanker. 

Beberapa cara yang paling mudah diterapkan adalah dengan memenuhi kebutuhan makanan yang sehat dan bergizi serta rutin berolahraga untuk melancarkan proses metabolisme tubuh.

Dengan menerapkan kebiasaan yang tepat, Moms jadi bisa memberikan manfaat bagi diri sendiri dan orang lain yang pada akhirnya membuat Moms merasa bahagia.

4. Jangan Ragu Untuk Menjauhi Lingkungan yang Buruk 

Tidak semua orang memiliki energi baik untuk kita. Apabila seseorang membuat diri Moms merasa berperilaku tidak benar, maka jangan ragu untuk keluar dari lingkungan tersebut. 

5. Belajar Mengelola Stres 

Tips selanjutnya agar hidup tidak stres yaitu selalu menikmati perasaan sedih maupun senang. Biarkan hati merasakan sedih jika sedang terjadi sesuatu yang dan jangan batasi perasaan yang Moms miliki. 

Bila Moms tidak bisa mengontrol emosi dan pikiran dengan baik, maka stress yang muncul justru akan membawa dampak negatif terhadap kesehatan. Jangan biarkan kebahagiaan Moms hilang begitu saja. Belajar kenali diri sendiri dan temukan arti kebahagiaan yang hakiki!

6. Menghargai Diri Sendiri 

Meskipun banyak kritikan dari orang lain, Moms bisa mencoba untuk lebih tenang dan bersikap baik. Jangan terpengaruh dengan kata-kata orang yang kasar. Hal inilah yang akan membuat hidup Moms lebih berharga. 

7. Komunikasikan dengan Baik

Jangan sampai memendam perasaan diri sendiri dan tidak bisa mengutarakan pendapat. Moms harus lebih berani mengutarakan pendapat atau membicarakan persoalan yang terjadi. Jujur pada diri sendiri, maka kita akan jujur pula pada orang lain mudah mengutarakan pendapat.

Dengan begitu, permasalahan yang ada bisa teratasi karena kedua belah pihak bisa saling mengerti satu sama lain. 

8. Mensyukuri Hal Sederhana

Jangan lupa untuk selalu bersyukur, Moms. Mungkin terdengar sepele, namun nyatanya memiliki dampak yang luar biasa dalam hidup. Cara ini merupakan hal paling sederhana untuk bisa hidup bahagia.

Cobalah untuk mensyukuri setiap hal atau dari hal-hal kecil yang terjadi sepanjang hari. Dengan begitu Moms bisa menemukan kesenangan yang terjadi di setiap harinya. Menurut penelitian, orang yang berbahagia cenderung lebih sehat dan tidak mudah sakit. Karena pikiran dan perasaan kita dapat mempengaruhi berbagai sistem kesehatan dalam tubuh. Jadi, dengan menerapkan kebiasaan yang tepat, hidup kita akan lebih bermakna.

Untuk membantu membuat hidup lebih bahagia, Realfood menginisiasi berbagai program kebaikan yang bisa dikonsumsi selama 12 hari secara rutin dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan harian, Moms. Mari #HidupMelawanWaktu bersama Fit With Realfood.

Salam Sehat,
Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia sebagai diaspora.Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

14 comments

  1. Kalau bisa saya sedikit merangkum, berarti sebagian besar sumber kebahagiaan berasal dari kita sendiri ya mbak. Lebih dekat dengan diri sendiri dan bisa mencintai diri sepenuh hati, sudah modal besar untuk hidup lebih bahagia.

    ReplyDelete
  2. Kakaaa, terima kasih banyaaakkk tipsnya
    belakangan ini, saya ngerasa hidup kok suram benerrr
    setelah kupikir2, iya sih, saya sering FOMO, ngebandingin takdir hidup dengan jalan hidup orang lain :D
    Padahal comparison is the killer of joy yhaaa

    ReplyDelete
  3. Menghargai diri sendiri ini sangat terasa manfaatnya bagi saya. Self motivated, me time, saya akui semua itu ngaruh besar dalam psikologis dan ketenangan diri yg akhirnya bisa mengantar kita ke tujuan hidup dengan maksimal

    ReplyDelete
  4. Mau sekali hidup lebih bahagiaaa, makasih banyak buat tips nya ya mbak. Sekarang sedang belajar memulai untuk menerapkan pola hidup sehat. Pengin sehat2 terus, apalagi saat pandemi seperti sekarang, jangan sampai sakit deh.

    ReplyDelete
  5. terima kasih buat tipsnya mba, memang ya kalau mau hidup bahagia tuh ga boleh liat kanan kiri hahaha fokus sama diri sendiri aja

    ReplyDelete
  6. Ah iya yang delapan ini jurus bahagia banget, terutama mensyukuri hal sekecil apa pun itu yg paling utama...

    ReplyDelete
  7. Komunikasi dengan baik ini sangat dipengaruhi oleh mood dan yang terjadi selama dirumahaja.
    Tapi kudu banget mengelola emosi agar tidak memberikan efek buruk bagi lingkungan. terutama anak-anak dan suami.

    ReplyDelete
  8. Duh, bagus deh tipsnya. Aku nih, masih kacaw di mengelola stress. Huhu, bikin jadi gak bisa ngatur prioritas. Kudu Belajar banyak nih. Padahal suami juga udah banyak WFH. Pekerjaan rumah banyak dibantu juga.

    ReplyDelete
  9. Bersyukur itu memang jadi koentji ya mba... Segala hal yang menurut kita kecil maknanya, sebenarnya disediakan Allah untuk kita manfaatkan dan syukuri. Insya Allah mudah bahagia deh orang yang gampang bersyukur tuh.

    ReplyDelete
  10. Baca blogpostmu ini mbak berasa sedang menengok ke dalam diri sendiri. Dan ya, dari 8 list tersebut, ada beberapa poin yg belum ada di aku. Hiks. Makasih ya, mbak. Tulisanmu jd bahan renungan diriku.

    ReplyDelete
  11. itu poin2 yang tepaat banget dan terus coba aku lakukan selama ini.. makin dewasa dan nambah umur makin sadar yaa mba pentingnya pola hidup sehat lahir dan batin

    ReplyDelete
  12. Makasih banyak mbaaak perkelingnya. Yang poin terakhir itu emang agak2 sulit diterapkan ya apalagi selagi masih pandemi gini. Mesti adaaaa aja yang bikin merasa kurang. Padahal di balik kurang itu kita masih bersyukur diberi kesehatan di masa pandemi begini.

    ReplyDelete
  13. Kadang suka khilaf di poin no 2. Manusiawi banget suka membandingkan diri dengan orang lain. Semoga ke depannya aku bisa lebih baik lagi setelah baca ini. Thank you kak

    ReplyDelete
  14. Terina kasih sudah diingatkan Mbak. Ternyata memang ada banyak hal yang bisa bikin kita bahagia termasuk dengan mensyukuri hal-hal yang sederhana dalam hidup kita seperti yang udah Mbak jelaskan di atas. Poin lainnya juga penting :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email