January 18, 2019

# Cara berhenti merokok # makanan sehat

Kamu Ingin Berhenti Merokok? Coba deh Konsumsi 8 Makanan Sehat Ini!


Dulu, papa saya perokok berat. Rasanya tiada hari tanpa melihat beliau mengepulkan asap dari mulutnya. Seiring dengan perjalanan usia, papa mulai mengurangi merokok. Beliau membeli cangklong yang ada filter rokoknya. Katanya agar segala macam keburukan rokok bisa difilter dulu sebelum dihisap ...

Yaelah, papa, padahal sama aja, nanti itu asap pasti sampai juga di dalam paru-paru papa sebelum dikeluarkan.

Saya sering mengingatkan papa agar berhenti merokok. Kuatir dengan kesehatannya. Papa saya hanya tertawa kecil.
"Asem mulut kalau enggak merokok!" katanya.

Alhamdulillah, lama-kelamaan, papa berhenti sendiri dari merokok. Tapi, yang namanya bekas perokok, tentu saja hasil dari merokok bertahun-tahun itu akhirnya terlihat juga. Papa sering sesak nafas dan batuk-batuk karena paru-parunya terganggu. Beruntung papa tetap sehat di masa mudanya dan memiliki anak banyak (saya 7 bersaudara), karena mama saya subur banget, sampai tua (usia 49 tahun), mama masih hamil (anak terakhir yang dikuret kembar, tapi kata dokter bisa fatal akibatnya kalau mama hamil lagi, lagipula mama saya pakai IUD tetap hamil, IUDnya diambil dan kehamilan digugurkan, setelah itu mama disteril).

Sekarang papa telah tiada. Beberapa hal yang memengaruhi kesehatannya di masa tua adalah dampak merokoknya di masa muda. Sekarang papa telah tenang. Semoga kami bisa bertemu kembali di Surga Allah yang indah. aaminn ..

Merokok, satu hal yang paling saya benci di dunia ini. 

Gemes enggak banget, kalau lagi di angkot atau publik area, terus ada yang merokok. Duh, enggak banget deh. Saya sering menegur supir dan bapak-bapak yang sengaja merokok di dekat anak-anak. Dampak bahaya paparan rokok kepada perokok pasif juga amat berbahaya.

Terkadang, saya suka heran deh sama orang yang sepertinya berpendidikan, bisa membaca, tapi merokok di area yang jelas-jelas udah ada peraturannya, seperti di sekolah, di kampus, di angkutan umum. 

Merokok merupakan salah satu kebiasaan tidak sehat yang masih banyak digemari oleh banyak orang.  Kebanyakan perokok mengaku berhenti merokok adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Alasannya merokok semacam tuntutan gaya hidup atau life style anak muda zaman sekarang. Selain itu, dengan merokok, mereka juga akan terlihat lebih percaya diri dan lebih bersemangat. Makanya, kebanyakan mereka jadi enggan untuk mengubah gaya hidup begini. Padahal, jika kamu tahu betapa menderitanya nanti 10 atau 20 tahun kemudian akibat dampak dari kecanduan merokok ini, mungkin kamu akan berpikir ulang.

Untuk berhenti merokok ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Misalnya dengan mengganti merokok dengan mengemil makanan sehat. Ada beberapa makanan yang bisa mengurangi efek kecanduan rokok sehingga bisa membantu mengurangi kebiasaan buruk tersebut sedikit demi sedikit. 

Lalu apa saja jenis makanan-makanan tersebut? 

1. Susu

foto dari hallosehat.com
Minum susu ketika hasrat ingin merokok menggebu dapat membuat perokok kehilangan selera untuk merokok. Menurut pengakuan perokok, setelah minum susu mereka tidak dapat mendapatkan sensasi menyenangkan saat merokok. Minuman menyehatkan ini membuat seseorang tidak dapat menikmati rokok dengan baik.

Kebanyakan perokok mengatakan bahwa susu membuat rokok menjadi terasa pahit dan hal tersebut dapat membuat perokok menjadi malas merokok untuk sementara. Lakukan terus menerus sehingga keinginan merokok akhirnya berhenti total.

2. Popcorn

Pop Corn, foto dari www.earthfoodandfire.com

Popcorn tidak hanya bisa dinikmati untuk menonton film. Akan tetapi bisa juga sebagai makanan pembantu untuk mengurangi rokok. Dengan makan popcorn, tangan akan dibuat sibuk dan perut akan dibuat kenyang.

Popcorn tidak mengandung banyak kalori sehingga kamu tidak perlu takut akan menjadi gemuk, asalkan kamu tidak menambahkan gula, mentega atau garam pada popcorn.

3. Oat

oatmeal, foto dari www.foodnavigator-usa.com
Oat merupakan makanan yang ampuh membantu para perokok untuk berhenti. Sebuah study di Jepang menyebutkan bahwa perokok yang mengonsumsi oat dapat menurunkan konsumsi rokoknya hingga 50%.

Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan ground oat yang dicampur dengan dua mangkuk air rebus. Oat tak hanya dapat menghentikanmu merokok, tetapi kamu juga akan menjadi lebih sehat, bebas kolesterol dan jantungmu sehat.

4. Wortel

Wortel, foto dari alodokter.com
Wortel tidak hanya baik untuk kesehatan mata. Mengonsumsi makanan ini dalam bentuk jus dapat membantu para perokok untuk berhenti merokok. Efek yang ditimbulkan hampir sama dengan susu. Jadi rokok tidak akan terasa nikmat lagi.

Selain itu, mengonsumsi jus wortel secara rutin akan menyehatkan jantung dan menyehatkan mata.Wortel lebih baik dimakan mentah sebagai cemilan dan juga bisa dijus.

5. Seledri

Seledri, foto dari beautinesia.id
Seledri, seperti mentimun, kacang-kacangan, wortel, dan susu juga bisa mempengaruhi rasa rokok. Penelitian menyatakan bahwa rajin mengonsumsi seledri dan yang lainnya bisa menghilangkan kecanduan nikotin asalkan tidak mengonsumsi alkohol.

Hal ini juga menjawab pertanyaan mengapa mengudap batang seledri bisa menurunkan hasrat untuk ngemil.

6. Jeruk

Jeruk, foto dari agrowindo.com
Sama dengan oat, kamu harus mengonsumsi jeruk secara rutin agar hasil yang didapatkan maksimal. Penelitian di Inggris menyebutkan bahwa hal ini tergolong efektif.

Hasil penelitian mengayakan bahwa orang yang minum air jeruk setelah 21 hari sekitar 79% perokok sukses mengurangi konsumsi rokok dan sebagian bahkan sudah berhenti total.

7. Makanan yang Mengandung Alkali

bahan makanan mengandung alkali, foto dari necturazenza.com

Contoh makanan dengan kandungan alkali yaitu brokoli, bayam, alpukat, mentimun dan paprika.

Menurut para ahli, makanan tersebut dapat membantu menahan nikotin agar tidak menggangu sirkulasi dalam darah. Sehingga kamu bisa mengurangi konsumsi rokok dan tidak menjadi perokok aktif lagi.

8. Air Mineral

air mineral, foto dari www.mesinkemasan.co
Air mineral merupakan kebutuhan sehari-hari yang ajaib. Kamu bisa mengurangi efek kecanduan rokok dengan meminum banyak air mineral. Terutama air mineral yang beralkali.

Hal ini karena air mineral dapat menenangkan, menyegarkan, menyembuhkan, dan mendetoksifikasi tubuh. Kamu pun bisa membawa minuman ini, khususnya di tempat-tempat atau area merokok.

Nah, itu dia 8 makanan yang bisa membantumu berhenti merokok. Jangan banyak alasan ya, sudah dibuktikan secara ilmiah dalam penelitian, kok. Cukup konsumsi makanan yang enak dan sehat di atas untuk mengubah pola hidupmu menjadi lebih baik. Sehat atau tidaknya kamu di masa tua, ditentukan pada masa mudamu. 

Jadi, yuk segera ubah gaya hidupmu sekarang juga, agar sehat dan bahagia di hari tua.

No comments:

Post a Comment

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien