January 27, 2019

# Kalkulator AFS # Parenting

Apakah Kepintaran Si Kecil Harus Diukur?


Hai, Moms, apa kabar? Apakah moms pernah mengukur kepintaran si kecil? Seberapa penting sih kita sebagai orang tuanya mengetahui sejauhmana kepintaran si kecil dari hari ke hari, dari bulan ke bulan dan dari tahun ke tahun?

Kalau menurut saya, sangat penting!

Kenapa kita perlu melakukan tes atau evaluasi terhadap anak usia dini (early childhood) -Fyi, anak usia dini itu usia 0 - 8 tahun (AS) / versi indonesia 0-6 tahun-

Menurut literatur yang saya baca, perhatian para ahli, guru dan orang tua tidak hanya tentang bagaimana bayi (infant) dan anak-anak (young children) tumbuh dan berkembang, tetapi terhadap usaha untuk mengatasi permasalahan pada perkembangan dan proses belajar anak, dikemudian hari.

Sudah hampir setengah tahun ini saya belajar tentang pentingnya assesment atau penilaian pada anak usia dini. Hal ini dilakukan agar orang tua (di rumah) dan guru (di sekolah) mengetahui sejauhmana pencapaian tumbuh kembang anak. Karena setiap anak harus tumbuh dan berkembang sesuai dengan tahapan usianya.

Bagaimana kita tahu kalau anak kita ada masalah dalam perkembangan jika kita tidak pernah mengukurnya atau menilainya. Cara menilainya yaitu dengan misalnya menstimulasi anak dengan beberapa latihan yang bisa melejitkan 3 potensi kecerdasan dalam dirinya, yaitu akal, fisik dan sosial.

Sehingga kita para orang tua dapat mengetahui apa saja yang masih kurang dan apa saja yang sudah tercapai pada tahapan perkembangan anak kita. Jika ada yang masih kurang, kita bisa membantu anak dengan cara menstimulasi kecerdasannya dengan rekomendasi dari pakar tumbuh kembang anak.

Nah, beberapa waktu lalu, saya mencoba mengukur kepintaran si kecil dengan Kalkulator AFS di web www.parenting.club.

Apa itu Kalkulator AFS?

Kalkulator AFS atau Kalkulator Akal Fisik Sosial adalah tool yang dikreasi dan diverifikasi oleh Dr. Ahmad Suryawan, dr., SpA(K), Dokter Spesialis Anak-Konsultan tumbuh kembang pediatri sosial.

Kalkulator ini dapat membantu Moms and Dads menilai tingkat sinergi Akal Fisik dan Sosial si Kecil usia 6 bulan sampai 7 tahun.

Bagaimana cara kerjanya?

Moms jawab pertanyaan sesuai dengan jenjang umur si Kecil di sini dan temukan hasil serta rekomendasi yang tepat untuk mengembangkan sinergi Akal Fisik Sosial si Kecil.

Langkah-langkahnya:

1. Moms buka https://www.parentingclub.co.id/, nanti akan terbuka seprti ini.


Sebelumnya Moms harus mendaftarkan diri dulu, registrasi dengan mengisi data Moms dan data si Kecil. Setelah terdaftar, Moms bisa membuka laman parenting club dengan hanya mengklik misalnya buka dengan FB atau dengan username yang didaftarkan.




2. Klik di laman web, pilih laman  Anak, kemudian klik di Kalkulator Akal, Fisik, Sosial.


Nanti setelah itu, moms akan dibawa ke laman tes kalkulator AFS. Moms jawab dengan jujur semua pertanyaan yang diajukan seputar kepintaran si kecil dari usia 1-2 tahun.

3. Nanti Moms akan melihat ada nama si Kecil di dalam laman Kalkulator AFS itu. Klik di "tambahkan data anak dan kenali kehebatannya." Lalu jawab semua pertanyaan seputar tumbuh kembang si kecil yang telah dikuasainya.



4. Nanti setelah Moms telah menajwab semua pertanyaan, maka Moms bisa membaca hasilnya.

Ini lamannya Saki, saya sudah melakukan tes kalkulator AFS. Nah, ini hasilnya.

Lima langkah ini mudah banget, dan Moms bisa mengetahui tumbuh kembang si Kecil dengan mengulang setiap tahunnya, atau sesuai dengan keinginan Moms, nanti ini akan berlanjut hingga dia besar.


Nah ini hasil putri saya, Saki. Alhamdulillah Saki sudah memenuhi 100% dari kepintarannya, berikut ini ada hasil dan rekomendasi stimulasi yang disarankan oleh pakar. Oiya, Moms juga bisa melakukannya lewat laptop atau web lho. seperti yang saya lakukan ini :-)









Yuk, Moms kita mulai biasakan mengukur kepintaran si Kecil. Dukung sinergi kehebatan Akal, Fisik dan Sosial si Kecil dengan mengenali kehebatan yang dimilikinya dan berikan stimulasi terbaik untuk jadikan hebatnya beda.

1 comment:

  1. Wah bermanfaat sekali ilmunya Mbk, mau ikutan tes kecerdasan Aisyah dong

    ReplyDelete

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien