January 27, 2019


Hai, Moms, apa kabar? Apakah moms pernah mengukur kepintaran si kecil? Seberapa penting sih kita sebagai orang tuanya mengetahui sejauhmana kepintaran si kecil dari hari ke hari, dari bulan ke bulan dan dari tahun ke tahun?

Kalau menurut saya, sangat penting!

Kenapa kita perlu melakukan tes atau evaluasi terhadap anak usia dini (early childhood) -Fyi, anak usia dini itu usia 0 - 8 tahun (AS) / versi indonesia 0-6 tahun-

Menurut literatur yang saya baca, perhatian para ahli, guru dan orang tua tidak hanya tentang bagaimana bayi (infant) dan anak-anak (young children) tumbuh dan berkembang, tetapi terhadap usaha untuk mengatasi permasalahan pada perkembangan dan proses belajar anak, dikemudian hari.

Sudah hampir setengah tahun ini saya belajar tentang pentingnya assesment atau penilaian pada anak usia dini. Hal ini dilakukan agar orang tua (di rumah) dan guru (di sekolah) mengetahui sejauhmana pencapaian tumbuh kembang anak. Karena setiap anak harus tumbuh dan berkembang sesuai dengan tahapan usianya.

Bagaimana kita tahu kalau anak kita ada masalah dalam perkembangan jika kita tidak pernah mengukurnya atau menilainya. Cara menilainya yaitu dengan misalnya menstimulasi anak dengan beberapa latihan yang bisa melejitkan 3 potensi kecerdasan dalam dirinya, yaitu akal, fisik dan sosial.

Sehingga kita para orang tua dapat mengetahui apa saja yang masih kurang dan apa saja yang sudah tercapai pada tahapan perkembangan anak kita. Jika ada yang masih kurang, kita bisa membantu anak dengan cara menstimulasi kecerdasannya dengan rekomendasi dari pakar tumbuh kembang anak.

Nah, beberapa waktu lalu, saya mencoba mengukur kepintaran si kecil dengan Kalkulator AFS di web www.parenting.club.

Apa itu Kalkulator AFS?

Kalkulator AFS atau Kalkulator Akal Fisik Sosial adalah tool yang dikreasi dan diverifikasi oleh Dr. Ahmad Suryawan, dr., SpA(K), Dokter Spesialis Anak-Konsultan tumbuh kembang pediatri sosial.

Kalkulator ini dapat membantu Moms and Dads menilai tingkat sinergi Akal Fisik dan Sosial si Kecil usia 6 bulan sampai 7 tahun.

Bagaimana cara kerjanya?

Moms jawab pertanyaan sesuai dengan jenjang umur si Kecil di sini dan temukan hasil serta rekomendasi yang tepat untuk mengembangkan sinergi Akal Fisik Sosial si Kecil.

Langkah-langkahnya:

1. Moms buka https://www.parentingclub.co.id/, nanti akan terbuka seprti ini.


Sebelumnya Moms harus mendaftarkan diri dulu, registrasi dengan mengisi data Moms dan data si Kecil. Setelah terdaftar, Moms bisa membuka laman parenting club dengan hanya mengklik misalnya buka dengan FB atau dengan username yang didaftarkan.




2. Klik di laman web, pilih laman  Anak, kemudian klik di Kalkulator Akal, Fisik, Sosial.


Nanti setelah itu, moms akan dibawa ke laman tes kalkulator AFS. Moms jawab dengan jujur semua pertanyaan yang diajukan seputar kepintaran si kecil dari usia 1-2 tahun.

3. Nanti Moms akan melihat ada nama si Kecil di dalam laman Kalkulator AFS itu. Klik di "tambahkan data anak dan kenali kehebatannya." Lalu jawab semua pertanyaan seputar tumbuh kembang si kecil yang telah dikuasainya.



4. Nanti setelah Moms telah menajwab semua pertanyaan, maka Moms bisa membaca hasilnya.

Ini lamannya Saki, saya sudah melakukan tes kalkulator AFS. Nah, ini hasilnya.

Lima langkah ini mudah banget, dan Moms bisa mengetahui tumbuh kembang si Kecil dengan mengulang setiap tahunnya, atau sesuai dengan keinginan Moms, nanti ini akan berlanjut hingga dia besar.


Nah ini hasil putri saya, Saki. Alhamdulillah Saki sudah memenuhi 100% dari kepintarannya, berikut ini ada hasil dan rekomendasi stimulasi yang disarankan oleh pakar. Oiya, Moms juga bisa melakukannya lewat laptop atau web lho. seperti yang saya lakukan ini :-)









Yuk, Moms kita mulai biasakan mengukur kepintaran si Kecil. Dukung sinergi kehebatan Akal, Fisik dan Sosial si Kecil dengan mengenali kehebatan yang dimilikinya dan berikan stimulasi terbaik untuk jadikan hebatnya beda.

35 comments

Wah bermanfaat sekali ilmunya Mbk, mau ikutan tes kecerdasan Aisyah dong

REPLY

makasih mbak Naqi, iya bisa dong untuk Aisyah. coba deh

REPLY

Bagus nih mbak, paramaternya juga ga susah2 banget. Memudahkan para orangtua

REPLY

Zaman udah maju banget ya mbak harus mengikuti perkembangan biar anak gak ketinggalan. Keren kalkulator AFS nya nanti aku mampir buat cek juga

REPLY

Waktu anak pertama saya masih bayi, DSA udah mengingatkan supaya jangan sering-sering mendengar apa kata orang. Mendingan langsung tanya ke ahlinya aja. Jadi, saya pikir mengukur kepintaran si kecil memang penting. Sebelum kita bertanya lebih lanjut ke dokter (bila diperlukan), mending cari tau dulu lewat kalkulator ini

REPLY

Jazakillah khair mba ini manfaat banget ilmunya 😍 selama ini aku ngecek kpsp aja, atau via apps primaku. Jadi pengen segera meluncur ke kalkulator AFS nya 😍

REPLY

Aku pernah coba ini mba di Parenting Club dan hasilnya si kecil juga memuaskan dan tidak ada yg ketinggalan. Mengukur kecerdasan anak sangat penting untuk menonjolkan apa yg diminati serta bakatnya kelak.

REPLY

aku pakai kalkulator AFS juga nih buat mengukur sinergi kecerdasan SID. alhamdulillah hasilnya oke dan dapat ide stimulasi.

REPLY

Waaaw keren bangeeet, ternyata ada yang test semacam itu. Bisa dicoba di ponakan dan anak-anak murid nih! Makasih bund sharingnya...

REPLY

Saqi cantik dan menggemaskan, saya adi pengen hamil lagi agar bisa ngasih adik pada Palung, he he.
Bagi saya mengukur potensi lecerdasan si kecil itu penting banget. Sayang saya telat tahu. Mengapa tidak dari dulu kala Palung TK dan saya senewen banget dengan perlakuan gurunya yang kurang memahami ilmu pedagogik dan psikologis anak.
Kalkulator AFS bisa membantu para orang tua yang butuh ketenangan jiwanya bahwa anaknya tak seperti yang dilabeli orang lain. Bukankah kecerdasan itu bersifat majemuk jadi ada banyak potensi anak yang belum terasah dengan baik.
Palung sudah tes IQ dan ternyata 112. Di atas rata-rata namun malah dianggap kurang cerdas dan lambat, padahal ada banyak faktor mengapa anak bisa demikian. Misal tak nyaman di sekolahnya kala TK jadi gitu.
Semoga Palung tetap cerdas dengan cara tersendiri dan bisa menemukan potensi diri. Saya belum coba kalkulator AFS-nya. Semoga nanti bisa cek bagaimana ebenarnya Palung itu, ya. Lagi sibuk BW dan belum menulis untuk setiap hari isi blog.

REPLY

Penting banget ya mbak mengukur kepintaran si kecil. Dan alangkah bahagianya bila kita bisa mendampingi tumbuh kembang anak, karena masa emas anak (golden age) hanya berlangsung sekali seumur hidup, tentunya harus kita stimulasi dengan baik. TFS ya mbak.

REPLY

Wah, asyik sekali sih sekarang udah ada kalkulator akal fisik sosial yang bisa memudahkan para ibu.

Zaman aku mah paling cuma dari kartu imunisasi doang, sekian bulan harus udah bisa ini dan itu hehe. Harus segera inform buat adek ku yang punya bayi nih

REPLY

Kalau gak salah sejak lahir kepintaran bayi juga diukur ya melalui tes apgar.
Pengukuran dilakukan supaya tau perkembangannya ya, kalau ada keterlambatan bisa distimulasi untuk mengejar ketertingalannya.
Enaknya sekarang informasi bisa didapatkan dengan cepat ya termasuk ada kalkulator AFS ini.

REPLY

Sebagai ibu kita gak boleh cuek dgn kepintaran si kecil yah kak dgn berasa bodoh, ykin klu gk ad ap2nya, bisa saja ad ap2. Beruntung bgt bisa kenal dgn aplikasi Afs ini 😊

REPLY

Ini bisa untuk mengukur kecerdasan anak hingga usia berapa tahun mba? duh jadi kepo sama hasil kepintaran anak-anakku.. suka banget dengan inovasi dan teknologi baru ini.. beneran dapat membantu para orangtua untuk mengetahui kondisi kepintaran anak, sosial dan juga fisik anak

REPLY

Ini hanya untuk balita yaa, Mba? Anak saya udah tujuh tahun nih, tapi penasaran juga pengen ngukur kepintarannya :)

REPLY

memang penting untuk mengukur sudah sejauh mana perkembangan anak kita yaa, Mba. Agar kita, sebagai orang tuanya bisa memberi stimulasi yang tepat :)

REPLY

Mengukur dan mengecek pencapaian tumbuh kembang anak memang salah satu bentuk kepedulian orang tua kepada anak.
Kalkulator ini sangat membantu buat semua orang tua ya, tugas ngecek tumbang anak jadi lebih mudah.

REPLY

Semudah sekali mengukur perkembangan anak sosial, akal dan fisik.

Ini akan membuat para mom jadi ada ukuran tentang si anak. Apalagi AFS tidak perlu download untuk mengetahui perkembangan anak.

REPLY

Halo Ummi Saki, Aku baru tahu kalau kita bisa ukur kepintaran anak ya. Biasanya pakai perkiraan sendiri saja. Oh ya sama kayak pertanyaan mba Elly, usia berapa kepintaran anak bisa di ukur ?

REPLY

Sepakat mba, usia 0-8 tahun itu pondasi penting banget untuk masa depan anak, mulai dari aspek kognitif, fisik, emosi, adab, semua dimulai di usia itu. Aku penasaran dengan kalkulator AFSnya, tapi gagal terus setiap register :(

REPLY

Beberapa waktu lalu sempat mau coba kalkulator AFS ini tapi nggak bisa karena ternyata untuk usia 6 bulan ke atas. Alhamdulillaah bayi saya sekarang udah genap 6 bulan. Nanti mau coba lagi deh, jadi penasaran dengan hasil pengukurannya.

REPLY

Aku udah pernah ngukur kecerdasan anakku pake ini Mba. Udah lama kayaknya kan ini ya. Btw emang penting sih tes kecerdasan anak, biar bisa kita stimulasi lagi ya

REPLY

Senangnya ya ada Kalkulator AFS yang bisa digunakan ibu-ibu milenial mengecek kecerdasan anak-anak. Eh Saki kok bikin gemes sih makin gede makin cantikkk sholehah ya mbak

REPLY

Ini serius bisa ikut kecerdasan amak Mbak? Secara umum aja atau emang udah lebih spesifik Mbak...?

REPLY

Menarik sekali, Mbak. Aku mau coba registrasi juga ah di parentingclub. Etapi kok deg2an ya, takut ada yang nggak sesuai dengan yang seharusnya. :( Anyway, makasih infonya ya Mbak.

REPLY

Wah membantu sekali ya buat kita untuk memantau tumbuh kembang anak 😍

REPLY

Kalkulator AFS ini bisa banget membantu moms mengetahui standar perkembangan anak sesuai usianya ya. Enak sekali tinggal mengikuti panduannya aja dan kita para orang tua jadi tau apa saja yang bisa dilakukan untuk menstimulasi kecerdasan anak.

REPLY

Keren nih klkultor AFS penemunya jg keren banget ngebantu banget para ortu menilai kecerdasan anak dgn paraeter yg mudah dimengerti..

REPLY

Wahh bisa ya? Pengen deh ngukur buat Shakila dan kezia. Cuss deh nanti ke websitenya buat ngcecek.

REPLY

Membantu banget nih kalkulatornya buat para orangtua. Paramaternya sederhana dan mudah dipahami

REPLY

Wah bisa diukur gtu ya mbak? Langsung keluar pula penjelasannya. Bagian serunya kita dikasi rekomendasi gmn caranya stimulasi anak. Thanks infonya ya mbak :D

REPLY

Panduan banget buat aku yang belum memiliki momongan, biar nambah wawasan ini soal kepintaran sikeci. Makasih mba Sri udah dishare tentang ilmu parenting ini. Bermanfaat dan semoga aku bisa menerapkannya nanti

REPLY

ahhh aku mau coba ini ahhh
anakku dua
jarak usianya berdekatan tapi perbedaan mereka dari segi kepintaran pasti berbeda ya udah nunjukin juga sebenarnya tapi biar lebih akurat kucoba inih deh aplikasi AFS

REPLY

Kalkulator AFS ini mmg manfaat banget ya. Ku udah coba dan hasilnya alhamdulillah oke hehehe. Makasi share infonya mba. 🤗🤗

REPLY

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien

Sri Widiyastuti . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates