February 02, 2019

# Belajar Konservasi Hewan dan Alam # ZooMoo

Eksplorasi Dunia Hewan Bersama ZooMoo


“Umi, buayanya makan daging!” 
“Umi, telurnya pecah! Eh, ada anak bebek!”
“Bebek makannya apa, Mi?”

Seru! Si kakak dan adiknya bermain sambil belajar mengeksplorasi  dunia hewan. Seneng banget lihat mereka akur, berdua saling menunjuk hewan-hewan yang ada.

Habis ke kebun binatang, ya, Bun?
Enggak … ini kami lakukan di dalam ruangan. 
Kok, bisa?
Bisa, dong!

Ceritanya begini, pada hari Sabtu yang lalu, tanggal 26 Januari 2019, saya mengajak kakak dan adik menghadiri undangan dari ZooMoo. Hari itu saya diundang untuk mengikuti workshop "The Importance of Teaching Children About Nature and Conservation" di The Den of Kalaha, Kuningan, Jakarta.

invitation ZooMoo for momblogger
Saya dan dua putri kecil saya, berangkat dari Bogor naik kereta pukul 07.05 menit. Menuju ke daerah Kuningan, Jakarta, saya naik kereta jurusan Bogor - Angke (bisa juga naik kereta Bogor - Jatinegara), lalu turun di Stasiun Sudirman. Bisa juga sih naik kereta ke arah kota, lalu turun di Tebet. lanjut dengan taksi online dari kedua stasiun tersebut. 

Drama pagi itu tidak datang dari anak saya, tapi justru dari saya heuheu

Setelah kami duduk manis di kereta. Hawa sejuk membuat saya ingin buang air kecil terus. Di kereta, saya sudah mencoba menahannya hingga ke Depok. Tapi, sampai Pondok China, saya sudah tidak tahan lagi. Saya ajak kedua putri saya turun dan dengan setengah berlari, saya mencari toilet. Alhamdulillah tidak perlu keluar peron, jadinya tetap bisa ke toilet tanpa harus mengeluarkan tiket lagi. 

Pyuhhh ... benar-benar hari yang mengesalkan sekaligus menggelikan!

Untuk memberi reward kepada kedua putri saya yang menunggu, saya belikan mereka roti. Kebetulan mereka merengek ingin membeli cemilan. Jadilah saya belikan roti dulu. Alhamdulillah mereka suka. Apalgi waktu itu lagi ada promo, saya membelikannya lebih banyak, untuk bekal juga menuju tujuan.

Setelah menunggu, tak lama kemudian, kereta pun datang juga. Saya naik kereta jurusan Jatinegara yang lewat di Stasiun Pondokcina. Dan lagi-lagi alhamdulillah, langsung dapat tempat duduk karena banyak penumpang yang care pada ibu membawa anak (terima kasih, ya :-)) 

Akhirnya, sampai juga kami di stasiun Sudirman sebelum pukul 9 pagi. Saya memesan taksi online. Tak menunggu lama, taksi pun mengantar saya ke tempat tujuan.

Suasana pagi di hari Sabtu itu, daerah Kuningan nampak lenggang. Kata pak supir, karena hari Sabtu, jadi jalanan agak sepi. Biasanya di daerah itu sering macet, tapi pagi ini, jalanan sepi sehingga kami sampai di tempat tujuan pukul setengah 10.

Agak kesulitan mencari tempat yag dituju, karena tempatnya belum kami ketahui dan belum familiar. The Den of Kalaha ini berada di sebelah Medikaloka Clinic, jalan Dr. Satrio, Kuningan. Tempatnya agak mencil ke dalam. Tapi setelah masuk, masyaAllah, saya suka sekali dengan tempat ini.

Pohon-pohon tumbuh subur di dalamnya. Ada tempat bersantai keluarga, ada kedai tempat mengoven pizza secara tradisional (tungku besar) dan ada meja-meja besar dan kursi panjang dengan hiasan tanaman di dalam semacam gazebo. Sungguh pemandangan yang indah.

gak bisa tahan kalau lihat tempat yang kece begini, cekrek!
Sayangnya, tempat ini ada sisha-nya. Iya, sisha, alat mengisap ala timur tengah itu. Sayang juga, pemandangan alam ini dicemari oleh asap-asap sisha ya, jadi gak balance gitu. Sayang sekali.

Saya bertemu dengan kak Cacha yang menguncang saya. Kak Cacha menyambut saya dan anak anak dengan ramah. Mempersilkan untutk menunggu karena masih persiapan acara.

Nah, karena acara belum dimulai, jadi saya dan anak-anak berfoto dulu deh. Mengabadikan moment, cekrek!

Instagramable kan tempatnya ... asyik buat foto foto keluarga
Tak lama kemudian, teman-teman moms blogger pun satu per satu datang.  Ada yang mengajak ayah juga. Suasana pun menjadi ramai oleh celoteh ibu dan putra putrinya.

Nah, sementara ayah dan bunda menunggu acara workshop dimulai, anak-anak bermain sambil belajar. Mula-mula mereka mewarnai gambar hewan yang mereka pilih. Ada beberapa gambar binatang bisa diwarnai, seperti ikan, gajah, kupu-kupu dll. Semua alat dan media gambarnya disediakan oleh panitia. 

Mewarnai sambil berkenalan dan saling berinteraksi.
Setelah selesai mewarnai, mereka mengeksplorasi dunia hewan lewat tab. Acara ini juga sebagai bentk sosialisasi ZooMoo, melaunching sebuah aplikasi untuk mengajak anak untuk peduli terhadap alam dan hewan dengan cara konservasi alam dan hewan lewat simulasi game. Game edukatif ini bisa diinstall lewat Google Play Store atau App Store.

Anak anak bermain sambil belajar mengkonservasi alam dan binatang lewat aplikasi ZooMoo
Aplikasi ZooMoo ini diciptakan untuk melengkapi program TV ZooMoo yang telah ada terlebih dahulu. Tujuan dari ZooMoo membuat aplikasi ini adalah untuk memperluas dan memperkuat pembelajaran dan kecintaan anak-anak terhadap dunia hewan. Aplikasi ini mnegajak orangtua untuk berinteraksi, berbicara dan belajar mengenai koleksi hewan bersama anak. 

Bonding orangtua dan anak akan semakin erat ketika anak bermain didampingi orangtua.
Aplikasi ZooMoo ini bisa diakses secara gratis lewat tab atau gadget. Dilengkapi dengan interaksi dua arah yang ramah anak. Aplikasi ini juga menawarkan pengalaman belajar yang menyenangkan untuk anak kerena mereka bisa mempelajari nama-nama dan suara hewan saat menonton video.

Bermain bersama-sama, menumbuhkan keakraban 
Tentang Workshop

Workshop ini diselenggarakan sebagai bentuk keprihatinan ZooMoo terhadap penurunan populasi hewan di dunia ini. Menurut laporan Living Planet 2018 dari WWF, populasi margasatwa menurun sebanyak 60% dalam kurun 40 tahun. Laporan ini mengungkapkan bahwa hilangnya dan berkurangnya habitat alami serta eksploitasi alama adalah faktor utama penyebab menurunnya populasi spesies hewan.

Berangkat dari fakta tersebut di atas, maka sudah menjadi kepentingan kita bersama untuk mengajarkan kepada anak-anak mengenai konservasi alam sejak dini, sehinggga saat beranjak dewasa mereka akan memeiliki rasa tanggungjawa terhadap lingkungannya.

Hadir sebagai narasumber workshop,   Ibu Sally Kailola dari Yayasan Konservasi Alam Nusantara dan Bunda  Merry Inggriani, ibu dari selebgram anak, Baby Moonela dan Miss Stella Brand Manager ZooMoo.

Narasumber: Sally, Merry, Moonela, Stella, MC
Menurut Ibu Sally, anak kita adalah generasi masa depan kita, anak kita adalah calon pemimpin-pemimpin masa depan, kita ingin ketika mereka dewasa, ketika mereka melakukan aktifitasnya, pada saat mereka menjadi pemimpin, mereka dapat memberikan keputusan-keputusan yang baik terkait dengan eksplorasi alam dan konservasinya.

ibu Sally sedang memaparkan pandangannya
Sementara itu, Stella Sett, mengatakan, "Anak-anak pada dasarnya memiliki rasa ingin tahu tinggi dan menunjukkan ketertarikan besar terhadap hewan. Boneka yang dimiliki anak-anak biasanya hewan berbulu dan menjadi teman pertama mereka. Kepada hewan juga anak-anak mudah berempati dan bisa langsung berinteraksi. Ketika mereka beranjak besar, keingintahuan mereka akan semakin tinggi. ZooMoo sebagai chanell pertama preschool yang konsen kepada kehidupan hewan dan alam ingin memberikan tempat tebaik untuk anak-anak untuk meningkatkan AQ anak, kesadaran dan kecintaannya terhadap hewan dan alam dan ini akan menjadikan mereka menjadi cikal bakal masyarakat yang peduli terhadap bumi dan ekosistem di dalamnya."

Ibu Stella sedang menjawab beberapa pertayaan dari MC terkait ZooMoo dan aplikasi terkininya
Melalui workshop ini, ZooMoo dan Yayasan Konservasi Alam Nusantara yang merupakan afiliasi lokal dari The Nature Conservacy Indonesia berbagi cara pendekatan yang menyenangkan untuk memperkenalkan dan menghubungkan anak-anak dengan alam dan hewan. ZooMoo juga mengenalkan nilai dari Animal Quotient (AQ) yang berfokus untuk meningkatkan pengetahuan anak mengenai hewan, mulai dari deskripsi, karakteristik, perilaku serta habitat hewan.

senangnya dapat boneka jari
ZooMoo adalah tivi channel yang konsen pada pembelajaran preschool yang konsen pada dunia hewan dan alam. Selain itu mereka meluncurkan aplikasi baru, game interaktif terkait konservasi alam dan hewan. Ayah dan bunda bisa menginstall aplikasi ZooMoo secara gratis di play store atau google play.

Dalam kegiatan ini, selain anak-anak diajak mengekplorasi dunia binatang dan mengkonservasi alam lewat permainan eduktif, anak-anak juga dikenalkan dengan face painting. Kebanyakan anak-anak meminta digambari wajahnya dengan karater binatang seperti singa, kucing, kelinci dan lain-lain. Kegiatan ini ditutup dengan foto bersama.



Tentang ZooMoo

ZooMoo adalah chanell preschool yang konsen pada dunia hewan. Untuk membantu mengembangkan AQ anak-anak, ZooMoo membawa mereka untuk mengekplorasi dunia hewan melalui berbagai program pilihan yang menghibur, interaktif dan mendidik. Program-programnya menggabungkan footage margasatwa dengan boneka, animasi dan teknik naratif, ZooMoo menciptakan pengalaman menonton sambil belajar yang uni untuk anak-anak.

ZooMoo adalah kolaborasi antara beberapa pembuat film kehidupan alam liar terkemuka, pendidik anak-anak usia dini dan pengembang teknologi. Program-program di ZooMoo untuk menghibur anak-anak dengan keajaiban dunia hewan yang menumbuhkan dan meningkatkan hubungan emosional mereka dengan alam. Beberapa acara ZooMoo yang menjadi favorit adalah Leo The Wildfire Range, Lost!, Clawdia's Amazing African Adventure, Piglet's Adventure Machine dan Ninja Pop.






33 comments:

  1. Channel TV nya ada dimana ya mba? Saya skrg masih diperantauan. Kayanya bagus channelnya. Rencana nya kl ntar pulang ke indo saya ga mau pake channel tv komersil biasa. Pengennya yg edukatif kaya gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada tivi channel berbayar mbak, ada di astro, MNC atau indovision.

      Kalau mau nonton lewat YouTube juga sudah tersedia. Tapi mungkin kalau di YouTube terbatas ya mbak, sebab banyak tayangan baru di tv channelnya.

      Delete
  2. Wah asyik sekali ya ..anak2 jadi makin mudah mengenal binatang2..

    ReplyDelete
  3. wah... useful dan lengkap banget nih si zoomo, ada TV dan aplikasinya.
    kalau lagi luang,aku coba cari info ah soal zoomo

    ReplyDelete
  4. Kalau mau dapetin channelnya gimana mba? btw ini channel tvnya tersedia di youtube juga gak? bagus program2nya edukatif dn pas ntuk tontonan anak

    ReplyDelete
  5. Wah tayangan edukasi banget yah zoomoo apalagi katanya komunikasinya bisa 2 arah yah mba?? Jadi penasaran saya.. cek ahh besok hehe

    ReplyDelete
  6. Wah menarik nih channelnya. Mau nyoba nonton bareng anak2ku ah. Au belajar banyak tentang dunia hewan.

    ReplyDelete
  7. setuju, main game begini sambil didampingi orang tua buat menjelaskan game tersebut. Kalau gini kan ada bonding orang tua dengan anak.

    ReplyDelete
  8. Suka deh dengan konsep ZooMoo ini. Di hari gini, di saat alam sudah mulai mengalami kerusakan, diperlukan manusia2 yang cinta lingckungan. Dan mengenalkan anak ke alam sejak dini, adalah yang paling tepat.

    ReplyDelete
  9. Tempatnya asyik ya tapi aku gak banyak foto-foto hikzz.. ribet juga kalo bawa anak ekek... sesuai banget dgn temanya, ZooMoo.

    ReplyDelete
  10. ZooMoo...namanya kiyuut banget siih...
    Anak-anakku mau gak yaa..mainan lucu begini.
    Hihii~

    ReplyDelete
  11. Channel yang bisa mengenalkan anak-anak lebih dekat dengan dunia satwa ya mbak. Wah di Den Kalaha ya, walaupun panas tapi asri karena tempatnya banyak pohon2 dan bagus utnuk difoto ya, aku pernah sekali event di sana mbak

    ReplyDelete
  12. Wah, gamenya menarik nih. Kalau banyak game anak2 yg edukatif khk gini kan jadinya asyik. Gadgetnya bisa dipakai untuk hal bermanfaat, nggak cm sekadat main game aja. Mo coba download juga ah.

    ReplyDelete
  13. Bagus ya mba aplikasinya tambh edukasi anak dan bisa dimainin secara off line lagi Aman kuato emaknya,,😉

    ReplyDelete
  14. Terntata aku banyak gak taunya. Terimakasih mba informasinya. Karena aku dan anak2 suka dunia hewan. Bakal mantengin youtube zoomo ini

    ReplyDelete
  15. Aihh seru banget acaranya itu anak-anak bisa face art gitu. Bagus ya ada chanel untuk preschool gini anak-anak bisa belajar banyak mengenai dunia hewan.

    ReplyDelete
  16. Wah senangnya anak-anak bisa belajar dan mengenal binatang dengan melihat tv channel ZooMoo ini. Etapi harus install dulu yaa

    ReplyDelete
  17. Ihhh dpt boneka jari. Bahagianya yaaa 😄😄

    ReplyDelete
  18. Waah aplikasinya gratis yaa.. Alhamdulillah makin banyak aplikasi ramah anak yg sangat edukatif. Setelah ini download aah :)

    ReplyDelete
  19. Anak saya punya impian menjadi praktisi penyelamatan hewan, baik yang terancam punah maupun yang tidak. Untuk saat ini salah satu langkahnya adalah mengurangi sampah untuk mencegah hewan mati karena masalah sampah. Nah, ZooMoo kayaknya bisa menjadi media untuk membantu proses belajar anak saya ini. Meskipun usianya sudah besar sih, tapi dia bisa dpt inspirasi dari sana untuk menciptakan konten-konten kreatif. so, makasih banget sharingnya.

    ReplyDelete
  20. Install ah, aplikasi keren begini jangan sampe ga tahu dong. Apalagi bisa buat media belajar anak

    ReplyDelete
  21. Yeay... zoomoo sekarang jadi favorit anak-anak dirumah lho.. apalagi anakku yang kedua itu suka banget sama hewan.. jadi pas banget zoomoo ini untuk dia.. belajar sambil bermain ya bun

    ReplyDelete
  22. ZooMoo bagus yaaaa, offline lagi maininnya, jd ya gak buang kuota inet haha. AKu jg dah ada aplikasinya di hape.
    Anak2 juga jd tambah luas wawasannya ttg dunia hewan :D

    ReplyDelete
  23. Anak-anak saya juga suka dengan hewan. Mereka pasti senang lihat ZooMoo yang konsen pada dunia hewan.
    Eh, tapi anak-anak saya udah besar. Masih mau nonton acara TV untuk anak prescholl gak, ya? Hehehe

    ReplyDelete
  24. aku baru tahu tentang zoomoo ni mba sedih ya berita kepunahan hewan semoga adanya zoomoo bisa bantu berikan edukasi ke anak

    ReplyDelete
  25. aku udah lama euy ngga nonton film anak-anak...tapi makin banyak pilihan yang baik untuk anak-anak. Nanti coba intip aah

    ReplyDelete
  26. ZooMoo buat anak-anak pasti menyenangkan ya ini aplikasinya mba. Ada edukatifnya pula, aku woroin ke ibunya keponakan-keponakanku ah biar belajar dari zoomoo

    ReplyDelete
  27. Waah ini sih Uminya juga seneng ya, hehehe. Anak mudah kenal hewan dengan belajar lewat Zoomoo, belajar jadi menyenangkan. Idenya ini keren ya

    ReplyDelete
  28. Asyik banget ya mba anak2 belajar tentang dunia hewan melalui ZooMoo ini. Jadi enggak sekedar ngapalin aja, tapi juga ada tampilan yang menarik yang bikin mereka mudah ingat.

    ReplyDelete
  29. ZooMoo, coba kudownload, Mbak. Soalnya anakku ini juga mulai bosen nih dengan permainan2 yang ada di tabnya. Semoga dia juga suka.

    ReplyDelete
  30. Setuju banget, terutama pas sampai di sini:

    "... maka sudah menjadi kepentingan kita bersama untuk mengajarkan kepada anak-anak mengenai konservasi alam sejak dini, sehinggga saat beranjak dewasa mereka akan memeiliki rasa tanggungjawa terhadap lingkungannya."

    ReplyDelete
  31. Zoomoo ini bisa dikenalkan ke anak usia 4 tahun gitu ya? Aku jadi penasaran juga mau coba kenalin ke anak karena suka banget sama hewan

    ReplyDelete
  32. ahh aku jadi salah fokus ke mix and match ootd nya mbak
    khimar polcadot coklat itu . cantikkk
    btw kalau anakku pakai Zoomoo dan diajak juga ke sana ihh pasti jingkrak2 deh , seru banget

    ReplyDelete

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien