Jalan-jalan ke Alun-alun Bogor

19 comments

 Hallo Moms, assalamu'alaikum! Kalau ke Bogor, jangan lupa jalan-jalan ke Alun-alun Bogor, yaa. Alhamdulillah kota kecil tempat kelahiranku sekarang tambah cantik dengan berbagai spot taman yang bisa dipakai bermain bersama keluarga atau tempat joging, olahraga ringan dan rekreasi.

Jalan-jalan ke Alun-alun Bogor
sumber foto dari Kompas Megapolitan

Hal ini dirintis sejak 2011 lalu menjelang Adipura hingga hari ini, Bogor semakin meningkat fungsi publik, estetis dan ekologisnya. Alhamdulillah. Senang sekaligus bangga. 

Meskipun demikian, tetap saya kangen dengan jembatan melengkung yang terbuat dari kayu. Sepertinya jembatan itu dibuat pada zaman penjajahan Jepang. Saya suka melewati jembatan itu dengan kakek pulang pergi berjalan kaki ke sekolah.

Di bawah jembatan itu ada jalan kereta. Jalan keretanya sekarang masih ada namun sudah jadi jalan kereta dua jalur. Makanya jembatan itu dibongkar karena pendek dan kayunya sudah rapuh.

Padahal kalau jembatan pelengkung itu masih ada dan dilestarikan. Jembatan itu mirip dengan jembatan yang ada di Jepang, lho. Mungkin bisa jadi salah satu spot cagar budaya yaa. Sayangnya memang jembatan itu tidak terpelihara. Ketika saya kecil, jembatan itu banyak bolongnya, jadi kuatir juga lewat situ karena di bawahnya jalan kereta api aktif. Dulu saya menyebut keretanya itu Si Kuong, lucu yaa.

Itu keadaan Bogor zaman dulu, ya. Mari kita langsung aja jalan-jalan ke Alun-alun Bogor.

Sejarah Alun-alun Bogor

Alun-alun Bogor ini dahulunya adalah Taman Ade Irma Suryani, tempat wisata keluarga bagi keluarga di Bogor. Terkenal juga dengan nama Taman Ria Bogor. 

Taman Ria Bogor memang taman wisata yang kecil di tengah kota Bogor. Meski demikian, terdapat berbagai macam wahana permainan yang membuat anak-anak betah bermain di sini.

Ada permainan bombom-car, perahu, kereta mini,  gajah, komidi putar, kolam bola, sepeda gantung, kuda poni, flying fox, naik kuda dan ada panggung terbuka setiap minggunya.

Tiket masuknya juga relatif murah sekitar IDR12.000/orang. Untuk menaiki masing-masing wahana ada tiketnya lagi, berkisar IDR6000 - IDR 12.000, cukup terjangkau untuk keluarga menengah ke bawah.

Di depan Taman Ria, ada Taman Topi. Disebut taman topi karena taman ini toko di dalamnya berbentuk topi. Unik banget taman ini.

Sebenarnya Taman Topi ini namanya Plaza Kapten Muslihat. Di depan Taman topi berdiri patung Kapten Muslihat menjadi ikon Taman Topi dalam beberapa dekade.

Sekarang kita tidak melihat patung Kapten Muslihat, salah satu pahlawan dari kota Bogor ini berdiri di sana. Kabarnya nanti patung itu akan diberdirikan lagi di tengah-tengah jalan perempatan Merdeka dan jembatan merah. 

Sekarang Taman Ade Irma Suryani dan Taman Topi sudah tidak ada lagi, diganti dengan Alun-alun Bogor. 

Alun-alun Bogor Ikon Baru Kota Bogor

Alun-alun Bogor diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pada tanggal 17 Desember 2021. Konsep Alun-alun Bogor itu sendiri menghadirkan Bogor tahun 1881-an.

Alun-alun Bogor

Alun-alun Bogor dibuat dengan konsep integrasi antara stasiun dan masjid yang sekarang memang sudah mulai dipercantik pembangunannya.

Alun-alun Bogor di buka untuk masyarakat sebagai tempat rekreasi keluarga, olahraga, dan kegiatan lainnya oleh masyarakat tanpa dipungut biaya alias gratis.

Di dalam alun-alun Bogor terdapat berbagai macam alat olahraga semacam yang ada di gymnasium dan beberapa mainan anak-anak seperti ayunan dan perosotan.

Ada kamar mandi juga untuk yang ingin membuang hajat kecil dan ada wifi gratis bagi yang suka bersosial media.

Alun-alun Bogor dengan luas 1,7 hektar ini berada di depan Stasiun Bogor dan di samping Masjid Raya Bogor yang masih dalam tahap pemugaran. 

Letaknya yang strategis di dekat Stasiun Bogor, Pasar Anyar dan pusat pemerintahan Kota Bogor, menjadikan Alun-alun Bogor menjadi tempat rekreasi keluarga yang menyenangkan.

Bagaimana Cara ke Alun-alun Bogor?

Sekarang warga Bogor yang ingin ke Alun-alun Bogor bisa menggunakan BisKita. BisKita ini bis TransPakuan yang dijalankan oleh Pemda Bogor dengan biaya yang masih gratis alias 0 rupiah.

BisKita bisa diakses dari berbagai tempat di kota Bogor. Saya sendiri selalu menggunakan BisKita di halte depan Puskesmas Merdeka. Kita hanya tinggal melihat kode bis yang tertera di bis. Misalnya K1, K2, sampai K6. Saya menggunakan BisKita dengan kode K5. Rute bisa dibaca di artikel saya terdahulu tentang pengalaman naik BisKita.

Jika naik BisKita, turun di halte depan Bapeda, dulu BisKita berhenti di depan Alun-alun Bogor, sekarang sudah tidak ada lagi, karena semua diarahkan di halte Bapeda.

Selain menggunakan BisKita, kita juga bisa menggunakan angkot hijau dengan nomor 02, 03, 10, 07 dan 12. Tarif angkot sekarang untuk umum IDR5000 dan pelajar IDR4000.

Selain angkot, bagi yang rumahnya di luar Bogor bisa menggunakan kereta commuter line. Turun langsung di depan stasiun dan keluar dari pintu utama di depan Alun-alun Bogor.

Sekarang Stasiun Bogor sudah semakin cantik dan bersih. Apalagi akses pintu keluar langung ke ALun-alun Bogor, ketika keluar dari stasiun kita akan disuguhi dengan pemandangan alam yang asri dan taman yang luas untuk sekadar bernapas lega sejenak di keriuhan sesaknya di dalam kereta.

Bisa jajan kuliner khas Bogor di depan Alun-alun Bogor yang berjajar rapi. Ada asinan Bogor, ada Talas Bogor, Batagor, Siomay, dan berbagai souvenir khas Bogor, seperti kaus Alun-alun Bogor dan berbagai souvenir lainnya.

Kuliner khas Bogor

Kalau mau ke Pasar Anyar bisa berjalan kaki sejauh 500 meter saja. Enak banget sekarang, Alun-alun Bogor menjadi sarana ekosistem yang memadai untuk kesejahteraan warga Bogor.

Hotel di Dekat Alun-alun Bogor

Jika Moms ingin menginap di dekat Alun-alun Bogor, Moms bisa menginap di Hotel Salak The Heritage Bogor, Hotel Mirah Sartika, Royal Hotel Bogor, dan Hotel Sahira Butik Hotel. Kisaran harga penginapannya IDR 273.000 - IDR 570.000 per malam.

Alun-alun Bogor dan Usaha Melestarikan Alam Kota Bogor

Dulu Bogor adalah kota kecil yang sejuk dan nyaman, seperti yang sering disebutkan di dalam lagu mars Kota Bogor. Dan itu juga yang saya rasakan sejak saya kecil. Hanya saja sekarang Bogor sudah mulai "hareudang" panas, karena kemungkinan karena efek dari pemanasan global juga.

Semoga dengan hadirnya alun-alun Bogor dan penanaman pohon di sekitar Alun-alun membuat kota Bogor akan selalu bisa bernafas dengan oksigen yang penuh dan efek pemanasan global akan sedikit diminimalisir.

Jadi, hayuklah, Moms ajak keluarga jalan-jalan ke Alun-alun Bogor.

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

19 comments

  1. Lah... aku malah fokus pertama sama tukang jualan, berarti kalau main ke Alun-alun Kota Bogor nanti gak usah khwatir karena bisa sambil main dan jajan juga ini ya.

    ReplyDelete
  2. Jadi pengin ke Bogor niiihh.. tapi Bogor udah ga sesejuk dulu ya mba? Dimana-mana sekarang udah mulai gerah aja hawanya. Kalau Semarang mah jangan ditanya, dari jaman dulu mpe sekarang awet panasnya hehehee...

    ReplyDelete
  3. nah aku nih lagi butuh banget jalan-jalan dan merasakan hal baru, gapapa deh ke alun-alun Bogor, banyak jajanan

    ReplyDelete
  4. Oh baru buka ya. Taman bogor. Pantesan kok gak tahu Mpo padahal Mpo bolak balik ke Bogor. Nanti main-main ah ke alun alun bogor. Dari statiun bogor cuma jalan kaki doang. Hemat di ongkos

    ReplyDelete
  5. Kangen sekali sebenarnya sama Taman Topi, eh udah jadi alun2,tapi yaaa namanya juga zaman, semua berubah yang penting berubahnya juga demi kebaikan masyarakat.
    Seneng main ke alun2 ini, tinggal naik KRL nyamoek deh ya :D

    ReplyDelete
  6. Suka banget kalau sedang safar, cari alun-alunnya.
    Karena selain dekat dengan Masjid Agung kota tersebut juga pasti banyak jajanan khas daerah tersebut.
    Terbukti di Alun-alun Bogor yang berjajar banyak kuliner khas Bogor yang nikmaattt~

    Sambil menikmati keindahan kota Bogor dan berbaur dengan masyarakat Bogor yang pastinya ramah.

    ReplyDelete
  7. Seru juga ya mbak, jalan jalan ke alun alun Bogor
    Luas ya, anak anak bisa puas lari lari
    Lalu banyak penjual jajanan juga
    Kalau Surabaya, alun alunnya Indoor

    ReplyDelete
  8. Aku sering ke Bogor tapi belum pernah ke alun-alun Kota Bogor. Seringnya mager karena jalanan kota selalu macet dengan angkot, hihiii. Eh tapi asik juga ya fasilitas di sana, ada wifi yang bisa diakses pengguna media sosial

    ReplyDelete
  9. Wah, keren banget ya Alun-alun Kota Bogor. Makin ke sini makin banyak fasilitasnya. Selain itu makin cakep.

    Terus menuju ke sana mudah banget, bisa naik angkot atau BisKita. Tarifnya murah meriah pula.

    Jadi kangen Bogor nih. Dulu hanya main di Puncak aja.

    ReplyDelete
  10. Kota Bogor makin cantik aja mbak, aku belum pernah main ke alun-alunnya nih, ramai juga ternyata ya ada permainannya juga. Jadi sekarang ikon barunya itu alun-alun ya, mampir ah ke sana kalau ke Bogor

    ReplyDelete
  11. Alun-alun Bogor lengkap juga ya. Wisata muter-muter seharian di sini kayanya seru. Kalau lapar pun banyak gerobak jual makanan. Cape, ada penginapan. Asyik betul

    ReplyDelete
  12. Waktu masih tinggal di Jakarta, pernah beberapa kali ke Bogor, tapi belum pernah ke alon alonnya. Padahal asik ya tempatnya.

    ReplyDelete
  13. Integrasi seperti yg diceritakan ini menjadi hal yang menarik ya, Mak. Aku belum oernah ke alun2 sana. Padahal yaa sempat samlai bogor.

    Alun2nya cantik banget, Mbak. Pedagang kaki lima-nya juga rapih.

    ReplyDelete
  14. Integrasi seperti yg diceritakan ini menjadi hal yang menarik ya, Mak. Aku belum oernah ke alun2 sana. Padahal yaa sempat samlai bogor.

    Alun2nya cantik banget, Mbak. Pedagang kaki lima-nya juga rapih.

    ReplyDelete
  15. Alun aluun bogor pengen banget kesana tapi pas hbs ujian anak2 tar...pengen ala2npiknik disana sambil.

    ReplyDelete
  16. banyak orang jualan jajanan nih, penting ini demi keamanan perut hahaha. kayak di alun-alun Jogja banyak wisata kulinernya juga

    ReplyDelete
  17. Seru nih jalan ke sini bareng keluarga, tempatnya luas, banyak jajanannya pula. Terakhir ke Bogor tuh tahun 2015, itu juga cuma ke Taman Safari, gak kemana-mana lagi. Huhuhu

    ReplyDelete
  18. Wah, cantik dan bersih ya Mbak alun-alun kota Bogor. Banyak spot menarik, wahana bermain, sampai jajanan atau makanan khas Bogor mudah didapat di sana. Paket komplit kalau ke Bogor, nih :)

    ReplyDelete
  19. cakep sekarang ya alun2, aku baru sekali main ke sana

    ReplyDelete

Post a Comment

iframe komentar