Kamu Ingin Berhenti Merokok? Coba deh Konsumsi 8 Makanan Sehat Ini!

Kamu Ingin Berhenti Merokok? Coba deh Konsumsi 8 Makanan Sehat Ini!

29 comments

Kamu ingin berhenti merokok? Coba deh konsumsi 8 makanan sehat ini! Dulu, papa saya perokok berat. Rasanya tiada hari tanpa melihat beliau mengepulkan asap dari mulutnya. Seiring dengan perjalanan usia, papa mulai mengurangi merokok. Beliau membeli cangklong yang ada filter rokoknya. Katanya agar segala macam keburukan rokok bisa difilter dulu sebelum dihisap ...

Yaelah, papa, padahal sama aja, nanti itu asap pasti sampai juga di dalam paru-paru papa sebelum dikeluarkan.

Saya sering mengingatkan papa agar berhenti merokok. Kuatir dengan kesehatannya. Papa saya hanya tertawa kecil.
"Asem mulut kalau enggak merokok!" katanya.

Alhamdulillah, lama-kelamaan, papa berhenti sendiri dari merokok. Tapi, yang namanya bekas perokok, tentu saja hasil dari merokok bertahun-tahun itu akhirnya terlihat juga. Papa sering sesak nafas dan batuk-batuk karena paru-parunya terganggu. Beruntung papa tetap sehat di masa mudanya dan memiliki anak banyak (saya 7 bersaudara), karena mama saya subur banget, sampai tua (usia 49 tahun), mama masih hamil (anak terakhir yang dikuret kembar, tapi kata dokter bisa fatal akibatnya kalau mama hamil lagi, lagipula mama saya pakai IUD tetap hamil, IUDnya diambil dan kehamilan digugurkan, setelah itu mama disteril).

Sekarang papa telah tiada. Beberapa hal yang memengaruhi kesehatannya di masa tua adalah dampak merokoknya di masa muda. Sekarang papa telah tenang. Semoga kami bisa bertemu kembali di Surga Allah yang indah. aaminn ..

Merokok, satu hal yang paling saya benci di dunia ini. 

Gemes enggak banget, kalau lagi di angkot atau publik area, terus ada yang merokok. Duh, enggak banget deh. Saya sering menegur supir dan bapak-bapak yang sengaja merokok di dekat anak-anak. Dampak bahaya paparan rokok kepada perokok pasif juga amat berbahaya.

Terkadang, saya suka heran deh sama orang yang sepertinya berpendidikan, bisa membaca, tapi merokok di area yang jelas-jelas udah ada peraturannya, seperti di sekolah, di kampus, di angkutan umum. 

Merokok merupakan salah satu kebiasaan tidak sehat yang masih banyak digemari oleh banyak orang.  Kebanyakan perokok mengaku berhenti merokok adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Alasannya merokok semacam tuntutan gaya hidup atau life style anak muda zaman sekarang. Selain itu, dengan merokok, mereka juga akan terlihat lebih percaya diri dan lebih bersemangat. Makanya, kebanyakan mereka jadi enggan untuk mengubah gaya hidup begini. Padahal, jika kamu tahu betapa menderitanya nanti 10 atau 20 tahun kemudian akibat dampak dari kecanduan merokok ini, mungkin kamu akan berpikir ulang.

Untuk berhenti merokok ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Misalnya dengan mengganti merokok dengan mengemil makanan sehat. Ada beberapa makanan yang bisa mengurangi efek kecanduan rokok sehingga bisa membantu mengurangi kebiasaan buruk tersebut sedikit demi sedikit. 

Lalu apa saja jenis makanan sehat tersebut? 


1. Susu


foto dari hallosehat.com
Minum susu ketika hasrat ingin merokok menggebu dapat membuat perokok kehilangan selera untuk merokok. Menurut pengakuan perokok, setelah minum susu mereka tidak dapat mendapatkan sensasi menyenangkan saat merokok. Minuman menyehatkan ini membuat seseorang tidak dapat menikmati rokok dengan baik.

Kebanyakan perokok mengatakan bahwa susu membuat rokok menjadi terasa pahit dan hal tersebut dapat membuat perokok menjadi malas merokok untuk sementara. Lakukan terus menerus sehingga keinginan merokok akhirnya berhenti total.

2. Popcorn


Pop Corn, foto dari www.earthfoodandfire.com

Popcorn tidak hanya bisa dinikmati untuk menonton film. Akan tetapi bisa juga sebagai makanan pembantu untuk mengurangi rokok. Dengan makan popcorn, tangan akan dibuat sibuk dan perut akan dibuat kenyang.

Popcorn tidak mengandung banyak kalori sehingga kamu tidak perlu takut akan menjadi gemuk, asalkan kamu tidak menambahkan gula, mentega atau garam pada popcorn.

3. Oat


oatmeal, foto dari www.foodnavigator-usa.com
Oat merupakan makanan yang ampuh membantu para perokok untuk berhenti. Sebuah study di Jepang menyebutkan bahwa perokok yang mengonsumsi oat dapat menurunkan konsumsi rokoknya hingga 50%.

Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan ground oat yang dicampur dengan dua mangkuk air rebus. Oat tak hanya dapat menghentikanmu merokok, tetapi kamu juga akan menjadi lebih sehat, bebas kolesterol dan jantungmu sehat.

4. Wortel


Wortel, foto dari alodokter.com
Wortel tidak hanya baik untuk kesehatan mata. Mengonsumsi makanan ini dalam bentuk jus dapat membantu para perokok untuk berhenti merokok. Efek yang ditimbulkan hampir sama dengan susu. Jadi rokok tidak akan terasa nikmat lagi.

Selain itu, mengonsumsi jus wortel secara rutin akan menyehatkan jantung dan menyehatkan mata.Wortel lebih baik dimakan mentah sebagai cemilan dan juga bisa dijus.

5. Seledri


Seledri, foto dari beautinesia.id
Seledri, seperti mentimun, kacang-kacangan, wortel, dan susu juga bisa mempengaruhi rasa rokok. Penelitian menyatakan bahwa rajin mengonsumsi seledri dan yang lainnya bisa menghilangkan kecanduan nikotin asalkan tidak mengonsumsi alkohol.

Hal ini juga menjawab pertanyaan mengapa mengudap batang seledri bisa menurunkan hasrat untuk ngemil.

6. Jeruk


Jeruk, foto dari agrowindo.com
Sama dengan oat, kamu harus mengonsumsi jeruk secara rutin agar hasil yang didapatkan maksimal. Penelitian di Inggris menyebutkan bahwa hal ini tergolong efektif.

Hasil penelitian mengayakan bahwa orang yang minum air jeruk setelah 21 hari sekitar 79% perokok sukses mengurangi konsumsi rokok dan sebagian bahkan sudah berhenti total.

7. Makanan yang Mengandung Alkali

bahan makanan mengandung alkali, foto dari necturazenza.com

Contoh makanan dengan kandungan alkali yaitu brokoli, bayam, alpukat, mentimun dan paprika.

Menurut para ahli, makanan tersebut dapat membantu menahan nikotin agar tidak menggangu sirkulasi dalam darah. Sehingga kamu bisa mengurangi konsumsi rokok dan tidak menjadi perokok aktif lagi.

8. Air Mineral


air mineral, foto dari www.mesinkemasan.co
Air mineral merupakan kebutuhan sehari-hari yang ajaib. Kamu bisa mengurangi efek kecanduan rokok dengan meminum banyak air mineral. Terutama air mineral yang beralkali.

Hal ini karena air mineral dapat menenangkan, menyegarkan, menyembuhkan, dan mendetoksifikasi tubuh. Kamu pun bisa membawa minuman ini, khususnya di tempat-tempat atau area merokok.

Nah, itu dia 8 makanan yang bisa membantumu berhenti merokok. Jangan banyak alasan ya, sudah dibuktikan secara ilmiah dalam penelitian, kok. Cukup konsumsi makanan yang enak dan sehat di atas untuk mengubah pola hidupmu menjadi lebih baik. Sehat atau tidaknya kamu di masa tua, ditentukan pada masa mudamu. 

Jadi, yuk segera ubah gaya hidupmu sekarang juga, agar sehat dan bahagia di hari tua.
Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

29 comments

  1. Setujuu, merokok bisa diganti dengan nyemil buah dan makanan2 sehat lainnya aja ya.
    Memang suka gemes kalo ketemu orang merokok, kena asapnya aku suka pusing. Dulu pernah tuh waktu naik kereta ekonomi (dulu kereta masih belum seperti sekarang yang no rokok), depan dan sebelah kiri kanan merokok semua huhuhu, dan karena aku orangnya sungkanan jadi nggak berani negur, udah kasih kode sih hidung dan mulut kututup pakai tangan, tapi mereka cuek aja ngak peduli, ya udah terima deh kepala pusing sepanjang perjalanan.

    ReplyDelete
  2. Mengemil biasanya jadi salah satu kebiasaan yang dilakukan untuk menghindari atau mengurangi merokok. Tetapi, memang untuk menghilangkan kebiasaan merokok butuh tekad yang sangat kuat

    ReplyDelete
  3. Wah ternyata banyak juga ya cara untuk berhenti merokok, salah satunya dengan mengonsumsi makanan dan minuman itu mbaak, mana enak-enak lagi. Tapi yang paling penting lagi, harus ada niat yang kuat dari perokok itu sendiri juga ya mbak..

    ReplyDelete
  4. Bapak saya meninggal karena TBC, masa mudanya perokok cuma tak merokok di rumah dan di depan anak-anakanya. Sepertinya mungkin telah mengurangi namun tetap berdampak besar kala usia tua.
    Suami perokok aktif, kesal banget tak mau ngikutin saran saya. Mungkin haeus dicekoki susu, jus, sayur, dan buah yang ada dalam tulisan di atas. Kalau mau halus, sediakan borondong jagung dan sesekali bikin oat untuknya.
    Sediakan saja dan jangam ungkit soal agar dia berhenti merokok nanti berontak dan ogah makan yang saya sediakan sesuai saran Mbak Sri di atas, ha ha.

    ReplyDelete
  5. Nah..perlu kuperlihatkan ke adikku nih..dia ngrokoknya susah berhenti padahal sudah batuk2..

    ReplyDelete
  6. Ayah saya pernah cerita mba pas mau mutusin berhenti merokok itu beliau sering beli permen karet. Dan dengan niat yang kuat. Alhamdulillah jadi nurun ke anak anaknya ga ada yang merokok.

    ReplyDelete
  7. Aku juga ga tahan sama asap rokok. Ini yang masih ngrokok itu adekku. Mungkin bisa deh diterapi pakai 8 makanan/minuman ini

    ReplyDelete
  8. aku yang masih merokok berat itu ayahku aloas kakeknya anak2. susah banget dibujuk gak merokok itu. mungkin karena sudah sejak muda jadi tua susah lepasnya ya. padahal pengen banget anak2 jauh dari rokok ini. pengen banget ini di edukasi ke beliau

    ReplyDelete
  9. Jujur ya sampai saat ini aku heran sama orang yang ngerokok, kok mau sih ngebakar uang. Mending uangnya untuk beli beras aja :D

    ReplyDelete
  10. Kalau suamiku dulu, berhenti ngerokok setelah nge-vape. Skrg udh nggak ngerokok sama sekali alhamdulillah aku senang

    ReplyDelete
  11. Jenis makanan di atas sebenarnya baik juga ya dikonsumsi oleh kita yang ingin menjalani pola hidup lebih sehat, btw baru tahu kalau setelah minum susu, rokok jadi terasa pahit, alhamdulillah sih di lingkungan keluarga inti tidak ada yang merokok, baik alm. Bapa, suami, dan adik, kalau keluarga seperti om, ua, ada yang merokok tapi susah juga mengingatkannya

    ReplyDelete
  12. Papa saya juga dulunya perokok berat alhamdulillaah sekarang udah berhenti merokok itu pun setelah merasakan efek negatif dari merokok. Btw saya paling nggak suka juga klu ketemu sama orang perokok

    ReplyDelete
  13. Welcome to the club, Mba!

    Aku juga tuh, gemesnya malah sampai ke tulang sumsum.
    Apalagi kalau merokok di tempat umum, di dekat anak bahkan bayi.

    Ada juga tuh yang tega merokok bahkan sambil menggendong anak atau bayinya.

    Jadi ingat, dulu suami aku juga perokok berat saat aku mengenal pertama kali.
    Bahkan aku kerap menangis plus cekcok karena tak tahu harus bagaimana lagi memberi pengertian agar menghentikan kebiasaan buruknya.

    Sampai suatu hari aku tak tahan lagi, aku memintanya memilih, "Aku atau rokok!"

    Doi kaget tentu saja, dan berjanji!

    Tidak instan memang, pelan-pelan, butuh dukungan dan kemauan keras.

    Mencapai puncak saat aku dinyatakan hamil setelah tahun ke tujuh pernikahan, doi berhasil berhenti total hingga kini memasuki usia pernikahan ke 26 tahun.

    Kini malah gemesnya doi lebih ekstrim sama perokok.

    Kalau ditanya sama sahabat-sahabatnya yang masih perokok berat, gimana kiat kog bisa berhenti total, babang suami sering bilang begini, "Semua tergantung niat!"

    Hmmm... bisa juga nih si abang

    Eh, baidewei, komentarku, bisa jadi 1 artikel nih, bahahaha...

    ReplyDelete
  14. Nice sharing mbak, dirumah aku alhamdulillah ngga ada yang merokok, tapi adik iparku perokok, aku kasih link tulisan ini ke adikku ya mba.. semoga bisa membantu suaminya untuk mencoba cara cara diatas untuk bisa berhenti merokok

    ReplyDelete
  15. Aku harus share ini ke suamikuuuu.. susah banget yaa mba untuk minta para penikmat rokok berhenti dari kebuasaan buruknya. Suamiku sempat berhenti sebentar, sering ngemil dan jadi gemuk plus agak baper hehehe. Musti mulai coba ngemil ini

    ReplyDelete
  16. Artikel ini harusnya di baca sama perokok ya biar mereka sadar dan berhenti ngerokok juga. Tapi kalau sudah ketagihan sama rokok memang agak susah berhentinya .

    ReplyDelete
  17. Paling gak kuat sama bau asap rokok, terutama kalo di tempat umum yang sempit kayak angkot gitu. Bawaannya emang jadi emosi sih mbak.

    Kadang pengen negur, tapi males akhirnya sok tutup hidung sambil aku lihatin aja sih hehehe

    ReplyDelete
  18. AKu gak merokok tapi boleh konsumsi makanan dan minuman itu kan mbak hehehe. Semoga para perokok bisa menghentikan kebiasannya dengan tips ini ya, kesehatan nomor 1 pokoknya. AKu suka jus seledri mbak, ditambah lemon jadi seger.

    ReplyDelete
  19. Meskipun ga merokok kayaknya makannya enak juga nih dicoba hehehe

    ReplyDelete
  20. Wah bener tuh mba Popcron memang bikin sibuk tangan jadi nggak berhenti utk terus beraktivitas ambil popcron lagi hihihi

    ReplyDelete
  21. Makasih mbaaa jadi punya alternatif nih buat adekk, om, bapak yang demen ngerokok mereka harus mulai meninggalkan rokok demi kesehatan

    ReplyDelete
  22. Bapakku dulu juga perokok, beliau berhenti merokok setelah sakit batuk yang datangnya berkala, yaitu 3 bulan sekali. Tapi memang merokoknya jarang-jarang sih... setelah beberapa kali mengalami sakit batuk berkala tersebut, Bapak lalu berhenti merokok sampai sekarang. Dan batuk tersebut tidak pernah menghampiri bapak lagi...
    Btw, aku baru tau kalau batang seledri bisa menghilangkan hasrat untuk ngemil. Kayanya aku butuh nih hehehehe

    ReplyDelete
  23. Perokok aktif nih memang susah banget ya berhentiin habinya kalau memang niatannya tidak dari diri sendiri. Apalagi kalau udah ngumpul dengan teman yang sesama perokok, mau enggak isep-isep kok ya katanya tidak solider :)) Semoga banyak ya yang mau mengubah gaya hidupnya, mengganti kebiasaan merokok dengan konsumsi 8 makanan/minuman di atas.

    ReplyDelete
  24. Suami saya perokok berat, Mba. Udah janji mau berhenti merokok tapi sampe sekarang janji itu belum ditepati juga, huhuhu :(

    ReplyDelete
  25. Sepertinya suamiku harus baca artikel ini nih, kali aja setelah baca dia bisa mengurangi kebiasannya merokok

    ReplyDelete
  26. Abangku susah banget nih mba berhenti merokok. Aku akan share ke dia untuk makan 8 makanan di atas nih.

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah dapat suami yang nggak suka merokok, tapi aku punya adik ipar yang perokok berat. Sehari mungkin bisa habis 2 bungkus rokok, tuh. Coba ntyar aku share info ini ke istrinya, deh

    ReplyDelete
  28. ahhh ada popcorn,
    nanti aku rekomendasikan blog ini
    artikel ini ke sepupuku
    uhu dia susah banget gak ngerokok

    ReplyDelete
  29. alhamdulillah saya sudah bebas dari rokok. memang untuk berhenti merokok bagi para perokok berat memang butuh niat dan kekonsistenan dari dirinya, dan itu tidak dapat instan. Terima Kasih Informasi yang sangat bermanfaat.

    ReplyDelete

Post a Comment

iframe komentar