IDN Creative Berbagi Strategy Marketing di Bulan Ramadhan

21 comments

 

IDN Creative berbagi strategy marketing

Hai, Moms, jelang Ramadhan, IDN Creative berbagi strategy marketing di bulan Ramadhan, lho! Bagi Moms yang sedang menjalankan bisnis, tentu saja wajib membaca artikel ini sampai tuntas.

Bulan Ramadhan ini banyak sekali memberikan keuntungan bagi umat Islam. Sebut saja, ketika kita beribadah, berpuasa, berbuat baik, bersedekah, tidur, makan dan melakukan pekerjaan lainnya karena Allah semuanya diberi pahala berlipat ganda.  Dan kalau Moms, jeli, bulan Ramadhan juga banyak sekali memberikan keuntungan dalam berbisnis, baik itu bisnis pakaian, bisnis kue lebaran, bisnis perjalanan, dan bisnis lainnya.  

Nah, untuk menentukan bisnis apa yang menguntungkan, tentu kita harus mengetahui strategy marketing yang harus dijalankan. Untuk itu, yuk Moms, kita ketahui apa sih strategy marketing yang dilakukan IDN Creative di bulan Ramadhan?

IDN Creative berbagi Strategy Marketing di bulan Ramadhan

Moms, menurut IDN Creative, salah satu yang harus dilakukan dalam mengelola bisnis adalah perhatikan pola perilaku masyarakat di bulan Ramadhan. Tentu saja hal ini menjadi penting mendapatkan perhatian yang lebih, karena selain perubahan perilaku dalam hal ibadah di bulan Ramadhan juga terdapat perubahan perilaku pada tingkat konsumsi masyarakat, baik berupa konsumsi makanan maupun konsumsi lainnya, misalnya belanja pakaian, pernik dekorasi rumah dan berbagai kebutuhan yang dirasa perlu di bulan Ramadhan dan menjelang lebaran.

Nah, selain pola perilaku masyarakat juga pangsa pasar harus diperhatikan. Pada masa sekarang ini, di mana saat ini adalah masanya kaum milenial dan generasi Z, maka keduanya harus mendapat perhatian juga agar bisnis kita mendapat perhatian dari kedua generasi ini.

Strategy Marketing yang dibagikan oleh IDN Creative adalah sebagai berikut:

1. Berbicara dengan Bahasa Mereka

Yup, ini yang pertama. Berbicaralah dengan bahasa mereka. Apa sih kira-kira yang lagi trend dipergaulan anak-anak milenial dan generasi Z? Nah, itu yang harus Moms pelajari. Agar nantinya, ketika melakukan promosi brand atau barang yang Moms jual menarik perhatian anak-anak milenial dan generasi Z. Tentu Moms juga harus pandai menyembunyikan usia yaa, kudu berjiwa muda ini, kan. Apa yang perlu dilakukan? Tentunya harus banyak-banyak membaca info terkait anak milenial dan mengikuti trend pergaulan anak milenial dan generasi Z dong, yaa.

2.  Go hyper-local, go hiper-relevant

Nah, Moms tentu harus melakukan survey dulu ya, untuk melakukan ini. Misalnya dengan mencari data tentang apa sih makanan yang disukai anak milenial dan generasi Z di bulan Ramadhan? Nah dari hasil pencarian ini, Moms bisa membuat konten promosi dengan menyambungkan antara kesukaan milenial hal ini akan berpengaruh pada output yang dihasilkan yang lebih optimal.

Pada intinya sih, kekuatannya ada di storytelling, buat cerita yang tepat, kepada orang yang tepat dan waktu yang tepat. InsyaAllah hasilnya akan manis sekali.

3. Menyesuaikan Cerita

Jadi Moms, dalam membuat konten buatlah cerita yang menyentuh audiens secara personal. Dengan demikian akan lebih terasa hasilnya daripada membuat konten cerita yang isinya general. Misalnya seperti dalam artikel yang berjudul "5 Resep Takjil yang Bikin Ingat Masa Kecil" yang dipublikasikan di IDN Times. Lalu untuk menghasilkan output yang optimal, sajikan juga konten dalam bentuk video. Dengan demikian pesan yang dibawa oleh brand akan lebih terasa dan menjangkau audiens dengan lebih luas jangkauannya dan lebih beragam.

Moms mungkin bertanya-tanya, apa sih IDN Creative dan IDN Media? Oke, tak kenal maka tak sayang, kalau begitu, kenalan dulu, yuk!

Tentang IDN Creative dan IDN Media

IDN Creative adalah agensi digital multi-platform yang fokus pada brand storytelling, kreasi konten dan aktivasi online.

Sementara itu 

IDN Media adalah perusahaan media platform untuk milenial dan generasi Z di Indonesia, dengan lebih 60 juta Montly Active User (MAU). Visi IDN Media adalah mendemokratisasi informasi dan membawa dampak positif kepada masyarakat.

Oke, Moms, semoga artikel IDN Creative berbagi strategy marketing di bulan Ramadhan ini bermanfaat untuk Moms yang sedang merintis bisnis di bulan mulia ini. Semoga sukses ya. Dan jangan lupa, tetap fokus pada ibadah di bulan Ramadhan, berpuasa dan membayar zakat fitrah.

Selamat menyambut bulan Ramadhan. Mohon maaf lahir batin, Moms

Salam manis,

Sri Widiyastuti

Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia sebagai diaspora.Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

21 comments

  1. Anak muda sekarang kreatif-kreatif, supaya nyambung dengan mereka, kaum 'tua' ini harus memahami pola pikir mereka caranya dengan mencontohkan hal-hal baik yang dikondisikan dengan keadaan masa kini. Kayak IDN Times ini, beritanya mengerti yang dimaui anak-anak sekarang

    ReplyDelete
  2. Asik, asiiikk kalo yg kasih materi dari IDN Creative, pastinya mantuull ya Bund.

    Ini advise menarik buat para pengelola bisnis, yaitu perhatikan pola perilaku masyarakat di bulan Ramadhan. Tentu saja hal ini menjadi penting mendapatkan perhatian yang lebih, karena selain perubahan perilaku dalam hal ibadah di bulan Ramadhan juga terdapat perubahan perilaku pada tingkat konsumsi masyarakat,

    ReplyDelete
  3. Bagus sekali yang dilakukan IDN Creative ini. Selalu update juga ya mba. PIlihan banget untuk berbagi informasi

    ReplyDelete
  4. wah, terimakasih sharingnya mbaaa.. semoga ramadhan tahun ini penuh berkah ya ..

    ReplyDelete
  5. Selamat menyambut bulan Ramadhan juga ya mbak. Konten2 menyentuh seperti layaknya bercerita lebih enak dibaca dibanding tulisan dengan banyak data ini itu. Menurut aku ya.. kadang suka atau tidak tergantung selera pembaca juga ya

    ReplyDelete
  6. Cocok nih tipsnya buat entrepreneur kaya aku. Makasih, ya, Moms. Semoga penjualan di bulan yang penuh berkah nanti meningkat dan mendapatkan barokah dari-Nya. Aamiin.

    ReplyDelete
  7. Kalau saya kayaknya tinggal tanya ke anak-anak saya. Kebetulan mereka generasi Z. Mencari tau tentang dunia Gen Z, suka langsung tanya ke anak :)

    ReplyDelete
  8. Noted mba makasih sharingnya, jika kita berbisnis dan target market golongan milenial makadih harus paham ya tentang anak milenial ini

    ReplyDelete
  9. riset kecil kecilan tapi berguna banget ya, semoga yang merintis bisnis di bulan Ramadhan ini semakin sukses...

    ReplyDelete
  10. noted! insightful banget ni terutama yang bagian hyperlocal, kadang selama ini ga spesifik targeting marketnya.... makasi sharingnya ya mbaaa :)

    ReplyDelete
  11. Aku termasuk ya
    ng salut banget dengan IDN media. Mba. Dia semua lini dibabat habis, edukasinya mereka ini keren banget

    ReplyDelete
  12. Bulan penuh berkah ya mbak, yang menjalankan bisnis di bulan ini juga Insya Allah berkah. Perlu banget aku nih tau strategi marketing dari IDN Creative

    ReplyDelete
  13. Suka materi konten yang dibikin IDN Creative. Sebagai digital marketing ethusiast wajib banget dapet ilmu strategi marketingnya. Thanks for sharing mba.

    ReplyDelete
  14. Sharing IDN Creative berguna banget mbak untuk yang mau bisnis di bulan Ramadhan. Setiap memulai usaha, kita perlu riset dulu supaya tahu kebutuhan konsumen seperti apa.

    ReplyDelete
  15. Keren ya IDN. Ide-ide marketing dan digital marketing-nya bagus-bagus. Gak pelit ilmu pula nih IDN. Patut diterapkan nih tipsnya.

    ReplyDelete
  16. IDN group ini keren yaa sekarang ada IDN creative pula.. semoga terus berkembang dan sukses, yang pasti juga membawa manfaat untuk milenial dan gen z. thankss sharingnya mba

    ReplyDelete
  17. Pas kapan aku baca thread di Twitter tentang strategi marketing. Beberapa poinnya sama Mba, salah satunya yang pakai bahasa mereka. Ibaratnya tempatkan diri kita di posisi konsumen, kira2 mereka mau apa, gitu ya Mba. Penting banget nih buat dibaca para pelaku usaha.

    ReplyDelete
  18. Wah menarik nih ilmunya, jadi bisa diterapkan untuk jualan saat ramadhan nanti

    ReplyDelete
  19. Wuahhh makasih IDN Creative..yang sudah baik sekali mau berbagi strategi marketingnya. Semoga dengan begini, para pemilik bisnis bisa memaksimalkan kemampuannya

    ReplyDelete
  20. Bisa jadi berkah bisnis di bulan ramadan dan memang dibutuhkan strategi marketing agar para pelaku usaha semakin mantap

    ReplyDelete
  21. tidur aja jadi bernilai ibadah, apalagi emang ibadah ya Mbak, dan bisnis (berniaga) adalah salah satu pekerjaan yang disenangi Allah, tentunyaa juga akan bernilai ibadah nih apalagi jika bermanfaat buat sesama ya ;)

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email