Mempersiapkan Anak Menghidupkan Bulan Ramadhan

Mempersiapkan Anak Menghidupkan Bulan Ramadhan

15 comments
Al Quran Best Indonesia


Mempersiapkan anak menghidupkan bulan Ramadhan. Subhanallah wal hamdulillah, kita sudah dipenghujung bulan Sya'ban, ya, dan sebentar lagi kita akan menyambut bulan suci Ramadhan. 

Bagi umat Islam, bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa, karena di bulan ini Allah buka lebar-lebar pintu surga dan melipatgandakan seluruh pahala kebaikan, sekecil apapun nilai kebaikan itu. 

Bulan Ramadhan adalah bulan mulia, bulan yang penuh barakah, bulan dimana Allah turunkan Al Quran sebagai petunjuk bagi orang-orang yang beriman. Allah Swt berfirman yang artinya: 

“Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).” (QS. Al-Baqarah: 185).

Seperti kebiasaan menyambut bulan Ramadhan ditahun sebelumnya, saya dan anak-anak menyambut bulan Ramadhan dengan membuat berbagai aktifitas. Tujuan dari aktifitas ini adalah untuk mempersiapkan anak-anak dan keluarga menyambut bulan Ramadhan dengan penuh kegembiraan. Sehingga ketika Ramadhan tiba, anak-anak melaksanakan seluruh rangkaian ibadah di dalamnya dengan perasaan gembira dan bersemangat.

Aktifitas Menyambut Bulan Ramadhan


Ada 4 aktifitas yang sering saya lakukan bersama anak-anak dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

1. Bersih-bersih rumah dan Menghias Ruangan


Rumah yang bersih tentu akan membuat penghuninya betah di rumah, kan? Nah, agar anak-anak bersemangat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, salah satu yang kami lakukan adalah dengan membersihkan rumah dan kamar mereka. Kemudian menghias ruangan dengan pernik-pernik menyambut bulan Ramadhan.

Ide membuat pernak-perniknya saya cari di Pinterest dan browsing di internet, agar anak-anak bisa mendapatkan pernak-pernik yang sesuai dengan keinginan mereka. Misalnya seperti gambar di bawah ini.


Hiasan Dinding
credit: hijablifedotcom

Simple dan mudah membuatnya. Warna-warnanya juga pas banget dengan kesukaan anak-anak saya yang kebanyakan perempuan. Kalau si Abang, dia membuat sendiri dekorasi yang diinginkannya, dari piring kertas bekas dan kertas karton warna-warni.

contoh hiasan
credit: acraftyarabdotblogspotdotcom

2. Mendiskusikan aktifitas di bulan Ramadhan


Kegiatan yang kami lakukan dalam menyambut bulan Ramadhan adalah mempersiapkan aktifitas ibadah selama bulan Ramadhan. Terutama aktifitas yang menyenangkan bagi mereka.

Ini juga penting sekali bagi saya, sebagai orang tua tentu saja saya harus menjadi role model bagi anak-anak. Harus menjadi yang pertama yang menjalankan semua kegiatan yang telah disepakati dan menjalankan target-target pribadi saya juga.

Panduan Ramadhan Adaptasi dari Ramadhan for Kids 


Dalam membuat aktifitas di bulan Ramadhan, saya memakai panduan dari Ramadhan for Kids yang saya dapatkan tahun lalu dari teman saya mbak Irmayana (Jazakillah mbak Irma ^_^). Untuk Moms yang mau memiliki panduan Ramadhan for Kids, boleh komentar di bawah dengan menyampaikan alasan ingin memiliki panduan Ramadhan for Kids.

Guides Book Ramadhan for Kids ini bagus banget. karena berisi tentang tips bagi orang tua saat mendampingi anak melaksanakan aktifitas di bulan Ramadhan, penanda harian, checklist aktifitas, silabus topik harian dan quality time bersama anak-anak. Oiya, Guides book Ramadhan for kids ini untuk anak usia 6 - 7 tahun. Untuk anak usia di bawah dan di atasnya bisa disesuaikan, ya, Moms.

1. Tips bagi Orangtua

Tips untuk orang tua

Tips ini sangat berguna sekali bagi orangtua yang mendampingi anak di bulan Ramadhan. Dengan tips ini, paling tidak, orang tua menjadi tahu apa hal penting yang harus dilakukan saat mendampingi anak-anak dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.

Keberhasilan program di bulan Ramadhan, tentu saja menjadi tanggungjawab bersama, terutama orang tua.

2. Penanda Harian

Penanda harian

3. Checklist aktifitas harian

Contoh Ceklist

4. Silabus Topik Harian

Topik Harian

5. Quality Time

kualiti time

3. Membuat Target dan Agenda Ramadhan 


Di atas sudah ada checklist agenda harian. Untuk itu perlu ditentukan target-target yang ingin dicapai. Misalnya untuk anak yang lebih besar, mengkhatamkan al Quran misalnya 1 kali atau 2 kali. Anak yang lebih kecil membaca al Quran sehari satu halaman, misalnya dan hafalan al Quran satu ayat.

4. Mengulas Keutamaan Bulan Suci Ramadhan


Untuk menuju ketarget-target harian di bulan Ramadhan, saat bersantai bersama mereka saya mengulas tentang keutamaan bulan suci Ramadhan, sehingga mereka paham dan mengerti mengapa mereka berlomba-lomba dalam mencapai target ibadah di bulan Ramadhan dan harapannya mereka istiqomah beribadah setelah bulan Ramadhan berakhir.

Ada tiga keutamaan bulan Ramadhan. 


Pertama, bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al Quran. 

Bulan Ramadhan bulan diturunkannya Al Quran, oleh karena itulah bulan Ramadhan sering juga disebut Syahrul Quran atau bulan Al Quran. Sungguh merugi orang-orang yang tidak mempergunakan waktu-waktu di bulan Ramadhan untuk lebih dekat dengan Al Quran. Membacanya dan memurajaahnya, karena di bulan inilah bulan yang mulia dan penuh dengan keutamaan.

Allah SWT berfirman di surah al Baqarah ayat 185:

“Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).” (QS. Al-Baqarah: 185).

Bahwa Allah menurunkan AL Quran di bulan Ramadhan untuk menjadi petunjuk bagi orang-orang beriman. Disurah yang lain, Allah SWT berfirman di dalam surah AL Qdar ayat 1:

"Sesungguhnya Kami telah menurunkan (Al Quran) pada malam Qadar." 


Kedua, Bulan Ramadhan Syahrul Mubarak, bulan yang penuh berkah.

Rasulullah SAW bersabda, 

"Sesungguhnya telah datang kepada kalian, bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini, diwajibkan atasmu berpuasa."(HR Ahmad).

Pada bulan Ramadhan, umat Islam berlomba lomba dalam melaksanakan ibadah dan berbuat kebaikan. Karena di dalam bulan ini pun ada bulan yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu pada malam lailatul qadar. Dimana setiap pahala dilipatgandakan sehingga inilah yang disebut bulan penuh berkah.


Ketiga, bulan Ramadhan adalah Syahrul Maghfirah, bulan penuh ampunan.

Pada bulan ini, Allah membuka pintu maaf seluas-luasnya untuk hamba-Nya yang bertaubat. Allah menyediakan bulan Ramadhan sebagai fasilitas penghapusan dosa selama kita menjauhi dosa besar. Rasulullah saw bersabda yang artinya: 

”Shalat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadhan ke Ramadhan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi”. (HR. Muslim).

Melalui berbagai aktifitas ibadah di bulan Ramadhan Allah SWT berkenan menghapuskan dosa kita. Di antaranya adalah dengan puasa Ramadhan, sebagaimana sabda Nabi Saw yang artinya:

 “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.(HR.Bukhari dan Muslim).

Begitu pula dengan melakukan shalat malam (tarawih, witir dan tahajud) pada bulan Ramadhan dapat menghapus dosa yang telah lalu. Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang berpuasa yang melakukan qiyam Ramadhan (shalat malam) dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”(HR.Bukhari dan Muslim).

Itulah tiga keutamaan bulan Ramadhan. Dengan mengetahui keutamaannya, tentu saja anak-anak menjadi lebih paham apa dan mengapa mereka harus berbahagia menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Bulan Ramadhan tahun ini saya mengajak anak-anak untuk berlomba dalam mengkhatamkan al Quran. Bagi yang sudah besar (SMA dan SMP), target minimal adalah khatam 1 sampai 2 juz al Quran, sementara untuk yang SD khatam 1 juz. Selain itu mereka juga mendapat challenge untuk menghafal al Quran.

Apalagi sekarang tidak ada alasan lagi untuk tidak memegang al Quran, karena sekarang sudah banyak aplikasi al Quran digital berbasis android yang mudah diunduh. Bisa di playstore atau app store. Yah, daripada mereka menggunakan waktunya dengan hape tapi main game, lebih baik mengarahkanya ke aplikasi Al Quran Digital.


Aplikasi Qur'an Digital QuranBest Indonesia




Berbicara tentang aplikasi Digital Al Quran berbasis android, salah satu aplikasi digital al Quran yang saya rekomendasikan kepada anak-anak dan keluarga saya adalah aplikasi QuranBest Indonesia.

Mengenal QuranBest Indonesia


Apakah QuranBest Indonesia itu?

QuranBest Indonesia adalah Aplikasi al Quran Digital  yang dibuat dengan desain yang terbaik dan menarik berbasis android. Aplikasi al Quran Digital QuranBest Indonesia ini dilengkapi dengan tajwid berwarna sehingga memudahkan pengguna dalam membaca Al Quran. QuranBest Indonesia ini adalah al Quran digital yang diciptakan senyaman membaca al Quran berbentuk cetak.

Gadget al quran


Aplikasi ini bisa diunduh di playstore, appstore atau  di Aplikasi QuranBest Indonesia  setelah itu jangan lupa untuk mendonwloadnya ya, karena membaca Al Quran dengan menggunakan aplikasi QuranBest Indonesia ini membaca Al Quran digital sama nyamannya dengan membaca al quran cetak.

Jadi kalau kita atau anak-anak sedang dalam perjalanan, atau sedang menunggu antrian enggak ada alasan lagi enggak membaca al Quran karena pusing membaca lewat Hape atau ponsel, karena membaca al quran lewat QuranBest Indonesia ini nyaman banget. Senyaman membaca al Quran berbentuk cetak.

QuranBest Indonesia memberi kenyamanan dalam membaca Al Quran. Membuka halaman Al Quran tinggal geser kanan kiri. Selesai membaca kita bisa menandai dengan pembatas yang cantik atau disimpan di bookmark. Ada tajwid, terjemah, murottal dan masih banyak fitur keren lainnya.

Nah, ini beberapa fitur yang membuat QuranBest Indonesia ini nyaman dan tidak ada di aplikasi Quran lainnya:

Fitur Kenyamanan


1. Tampilannya seperti Al Quran Cetak, 


Untuk tampilan Al Quran kita bisa memilih Quran Indonesia atau Quran Madinah.

Al Quran best Indonesia

2. Ada pembatas halaman yang cantik. 


Pembatas halaman ini untuk membatasi halaman yang sudah dibaca. Pembatas ini juga bisa disesuaikan warnanya dan label yang sesuai dengan kebutuhan atau yang disukai oleh pengguna.

Contoh pembatas

3. Tajwid berwarna sesuai standar Indonesia.




4. Ada pengaturan audio murottal MP3 Al Quran


Cara mengatur MP3


Fitur Pendukung


Fitur ini membantu pengguna dalam menyempurnakan ibadah. Karena di dalam fitur ini ada beberapa fitur yang dapat menjadi panduan menegakkan shalat lima waktu tepat waktu, ketika di jalan menentukan arah kiblat dll. Ini beberapa fiturnya:

1. Ada jadwal shalat dan imsakiyah


Ada jadwal shalat

2. Ada kalender hijriyah
3. Ada penunjuk kiblat


Arah kiblat

4. Ada fitur pencarian terjemahan al quran


Fitur terjemahan al quran


Fitur Interaktif


Fitur ini mengajak pengguna untuk saling berlomba dalam kebaikan dan meningkatkan kualitas beribadah. Saya terbantu banget dengan fitur ini karena saya jadi tidak perlu mencatat secara manual kapan saya terakhir membaca al Quran lewat aplikasi Quran Best ini karena ada fitur

1. Target membaca al Quran. 


Target ini memudahkan kita untuk menyelesaikan khatam al quran kapan dan berapa kali khatam.  Jadi aplikasi ini memudahkan kita untuk mereview sudah berapa halaman kita membaca al Quran dalam seminggu.

Target membaca al quran

2. Ada bookmark yang cantik sesuai dengan ayat atau surah pilihan

Salah satu fitur Al quran best

3. Ada konten motivasi pilihan
4. Ada fitur info kajian 
5. Ada kuis islami berhadiah


Untuk konten ini masih dalam penggodogan, tapi insyaAllah fitur ini dalam waktu dekat akan diaktifkan. Bagus ya, aplikasi ini dan tentu saja bermanfaat sekali untuk melengkapi ibadah di bulan suci Ramadhan yang akan datang.

Untuk keterangan lebih lanjut atau jika ingin mengetahui update dari aplikasi Al Quran Digital Quran Best ini, silakan Moms melayari

Instagram MyQuranBest: https://instagram.com/myquranbest
Facebook MyQuranBest:  http://fb.me/myquranbest

Nah, itulah beberapa persiapan dalam menyambut bulan Ramadhan di rumah saya, Moms. Semoga dengan persiapan dari sekarang, saya dan anak-anak akan terpacu rajin tilawah al Quran, belajar membaca al Quran, belajar menghafal al Quran, mendengarkan murottal al Quran di sela waktu luang di bulan Ramadan daannn tentu saja jadi bisa menjaga shalat tepat waktu. Dengan demikian, insyaAllah mendapatkan pahala kebaikan yang banyak untuk bekal di akhirat kelak. Amminn ...

Kalau Moms, apa persiapan yang telah moms lakukan menyambut Ramadhan bersama anak-anak? yuk semangat menyambut bulan penuh berkah dan maghfirah ^_^


Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia. Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

15 comments

  1. Salah satu kegiatan bersih-bersih di Bulan Ramadhan pasti menyenangkan ya mbak. Kalau saya memang selalu menantikan bulan puasa walaupun saya Kristen. Hal ini dikarenakan melihat tetangga yang seirama menjalankan ibadah, belum lagi jajanan di bulan puasa itu banyak banget dan enak-enak. Untuk aplikasi Al-Quran ini akan di share ke tetangga mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak Arda,iya di bulan Ramadhan itu, salah satu berkahnya adalah banyak disajikan kuliner ramadhan yang beragam rasa dan aroma. Dan kadang hanya ada di bulan Ramadhan saja hehe

      Delete
  2. Mbak, ramadan tahun ini aku mau ngajarin anakku, usia 3,5 tahun untuk lathan berpuasa meskipun sampai jam 10. Biar latihan sejak dini. Aku baru beru panduannya nih. Baca-baca pengalaman ibu - ibu lainnya.

    ReplyDelete
  3. Persiapan bulan Ramadhan yang selalu dinanti. Berkah bulan Ramadhan. Dan aplikasi yang sangat membantu banget

    ReplyDelete
  4. Jadi kepikiran mau bikin checklist ramadhan juga untuk anak-anak, kebetulan ramadhan ini mau saya ajarkan berpuasa. Mau download juga ah aplikasi Quranbest fitur-fiturnya bagus.

    ReplyDelete
  5. Mbaa aku udah download aplikasi ini dan suka banget. Membaca ayat ayat Al Quran juga jadi nyaman di layar handphone

    ReplyDelete
  6. Dengan mendownload aplikasi Quran Best ini kita bisa membaca alquran dimanapun dan kapan pun yaa, Mba. Apalagi saat ramadhan, dari pada make smartphone untuk hal gak berguna mending waktunya digunakan buat ngaji :)

    ReplyDelete
  7. Fitur-fitur dalam aplikasinya lengkap sekali ya Mbak. Semoga banyak yang pakai untuk semakin memperdalam ajaran agama :)

    ReplyDelete
  8. Iyaa...kak, biasanya kami juga membuat hiasan di depan rumah yang menandakan Bulan mulia, Buan Ramadhan.
    Tapi tahun ini, belum.
    Karena berbarengan dengan anak-anak ujian akhir dan yang kecil mengikuti perpisahan sekolahnya (TK).

    Bersama QuranBest, mari kita raih target-target tilawah harian kita.
    Bismillahi..

    ReplyDelete
  9. masyaAllaha ini bagus bangt fiturnya ya bisa memudahkan kita dan anak untuk mempalajari agama

    ReplyDelete
  10. Quranbest Indonesia pasti banyak yg download nih. mumpung moment puasa sebentar lagi. Ibadah harus lebih fokus lagi. fitur2 yg ada di aplikasi lengkap dan sangat dibutuhkan sekali. Thank ya infonya.

    ReplyDelete
  11. Aku dan anak² rencananya besok Mba, kan libur tuh, jadi mau bersih² rumah dan mendekor agar Ramadan semakin meriah dan anak² jadi makin semangat.

    Bismillah, semoga Ramadan kali ini kita bisa lebih baik ya Mba :)

    ReplyDelete
  12. Ramadhan sbentar lagi, emang wajib sbg ortu meperkenalkan anak ttg keutamaan bulan suci Ramadhan ya mbak Sri...
    AKu udah install aplikasi Al Qurannya, alhamdulillah membantu banget utk mengaji saat lg di perjalanan.

    ReplyDelete
  13. Mba, aku contek ya tips2nya untuk anak2 ini. Bisa banget kuaplikasikan ke anak2ku. Bagus2 nih aktivitasnya. Mau juga instal Quran Best agar anak makin giat bertilawah, enggak cuma nganggur2 manja pas liburan bulan Ramadhan.

    ReplyDelete
  14. Bersyukur banget ada aplikasi semacam ini
    jadi memudahkan kita sebagai umat muslim untuk memperbanyak ibadah ya Mba Tuti

    ReplyDelete

Post a Comment

iframe komentar