aXo1ROaM90rrPonD2hJx7xmRHgpeNsWcuj6lcvtc

Manfaat Belajar Coding untuk Anak

Buat Moms lagi bingung mau ajak anak aktivitas apa pekan ini. Mendingan baca manfaat belajar coding untuk anak dulu deh. Pasti bakalan dapat ide banyak untuk aktivitas dengan kesayangannya.

Belajar coding untuk anak itu ternyata mudah, lho. Saya sudah membuktikannya, lho!

"Wah, ternyata mudah, ya, membuat game di Scratch!" seru saya senang. 

"Ih, memang mudah, Mi! Umi mah baru tahu, sih!" balas anak saya Sarah. 

Hehehe begitulah, Umi. Memang serba baru tahu. Ini anak yang jarak usianya jauh dari Umi, dah tahu aja meski pun baru belajar dalam hitungan jam.

Sore itu, Sarah, 10 tahun, baru saja mengikuti kelas belajar coding untuk anak usia 10-14 tahun bersama Kak Gita dari Hacktiv8. Wah, Sarah senang sekali. Karena selain mendapatkan teman baru, juga bisa belajar hal baru. Belajar coding untuk anak. Output dari kelas ini adalah anak bisa membuat game sederhana menggunakan aplikasi Scracth.

Belajar Coding untuk Anak
Kelas Zoom interaktif belajar coding untuk anak
Dalam belajar coding untuk anak ini, Kak Gita mengajari Sarah dan teman temannya langkah-langkah membuat game sederhana. Dimulai dari pengenalan apa itu belajar logika dan basic programing, membuat game dengan coding dasar, lalu membuat game sederhana dengan aplikasi Scratch dan membuat catch game 2 players. 

Wah, sungguh sore yang produktif sekali! 

Pengalaman mengikuti kelas membuat game untuk melatih motorik anak bersama Hacktiv8 ini wroth it banget. Jadi tentu saja kalau disimpan sendiri, kan, sayang, ya. 

Nah Moms, jika Moms, tertarik untuk mengikuti belajar coding untuk anak SD-SMP teruskan  membaca Review HACKTIVKIDZ ini ya, Moms. Banyak informasi yang bakalan membuat Moms tertarik memasukan anak les coding anak yang bisa diikuti lewat online. Pengalaman mengikuti kelas membuat game untuk melatih motorik anak bersama Hacktiv8 ini wroth it banget. Jadi tentu saja kalau disimpan sendiri, kan, sayang, ya.

Apa sih Coding itu?

Coding menurut Kak Gita adalah cara manusia berkomunikasi dengan komputer. Jadi, agar komputer mengerti apa yang kita inginkan, dibuatlah sebuah program. Jadi, sederhananya, coding adalah bahasa pemograman. 

Dengan memahami bahasa pemograman komputer, kita bisa memerintah atau menyuruh komputer untuk melakukan sebuah gerakan seperti yang kita inginkan. Wah, menyenangkan nampaknya ya, jika kita bisa bersahabat dengan komputer.

"Kita bisa membuat sebuah permainan dengan membuat programnya lewat komputer, ya Umi!" demikian sambut Sarah. Ternyata dia mulai paham mengapa dia enjoy belajar coding sore itu.

Syaratnya adalah kita memahami bahasa pemograman itu yang berupa kode-kode. Makanya bahasa pemograman itu disebut juga coding, pengkodean. 

Wah asyik ya, kalau belajar bahasa pemograman untuk anak-anak. Jadi belajar coding jadi jauh lebih mudah dimengerti dan menjadi menyenangkan!

Apa Tujuan Belajar Coding untuk Anak?

Tujuan belajar coding untuk anak menurut saya macam-macam sih. Ada yang untuk mengalihkan anak dari main game terus di hape. Ada yang ingin memberikan kegiatan yang produktif untuk anak dan lain sebagainya.

belajar coding untuk anak SD-SMP
Sarah sedang belajar membuat game menggunakan aplikasi Scratch

Kalau saya sendiri, mengajak anak belajar coding adalah untuk memberikan pengetahuan baru terkait teknologi yang mereka pakai setiap hari. Seperti gadget dan komputer. Apalagi sekarang kan udah era 4.0 dan sedang menyongsong society 5.0 di mana nantinya kita itu akan berhadapan dengan robot, eh bahasa pemograman tiap hari.

Alhamdulillah dengan belajar coding untuk anak bersama Hacktivkidz, Sarah jadi semakin tahu, bahwa, dia juga bisa membuat game sendiri. Seperti halnya main game di Mine Craft, kita bisa membangun sebuah game menarik lainnya buatan sendiri. Kalau di Mine Craft kan kita main permainan yang sudah dibuat orang lain. 

Dengan belajar coding, Sarah bisa membuat permainan sesuai keinginannya. Dan tentu saja permainannya akan lebih menyenangkan, lebih menantang, memberi kepuasan dan meningkatkan kepercayaan pada dirinya.

Tujuan dari belajar coding ini adalah anak bisa menyelesaikan problemnya sendiri dengan cara computational thinking. Jadi akhirnya anak-anak bisa menyelesaikan masalahnya dalam kehidupan ini dengan cara yang kreatif, inovatif dan produktif.

Manfaat Belajar Coding untuk Anak

Seperti kata Sarah, setelah belajar coding untuk anak SD dan SMP dia bisa membuat game sederhana. Langkah-langkahnya juga mudah sekali. Saya juga sudah mencobanya. Dan memang benar, mudah!

Makanya dia betah banget mengikuti kursus coding untuk anak, karena memang menyenangkan dan membuat ide-idenya tersalurkan dalam membuat game yang dia inginkan.

Manfaat belajar coding untuk anak
sumber: HACKTIV8
Apa saja sih manfaat dari belajar coding untuk anak? Beberapa  manfaat belajar coding untuk anak sudah dituliskan di bawah ini:

  1. Bahasa pokok masa depan. Secara anak-anak Gen Z native digital. Jadi bahasa mereka nanti kemungkinan adalah bahasa pemograman.
  2. Meningkatkan soft skill anak, seperti berpikir logis, sitematis, berani mencoba.
  3. Menumbuhkan kreativitas anak dengan membuat permainan game sendiri.
  4. Skill jangka panjang. Belajar coding akan menjadi bekal keterampilan anak di  masa depan.
  5. Menjadi anak problem solver. Anak menjadi lebih tangguh dan unggul.
  6. Membantu anak berinovasi.

Nah, demikian Moms, beberapa manfaat belajar coding untuk anak. Banyak ya manfaat belajar coding. Dulu saya juga pernah belajar coding di Coding Mum. Mungkin sekitar tahun 2018 gitu, lah. Iya belajar coding untuk emak-emak seperti saya. Waktu itu barengan saya di Coding Mum itu, ada mbak April Hamsa,  Mbak Eni Martini, Mak Nurul Gie, Mama Ina dan banyak mama lainnya.

Tujuan mengikuti Coding Mums agar saya bisa membuat website sendiri dan bisa membaca bahasa pemograman. Yah, secara sekarang kan semuanya serba digital, yaa. Kalau tahun 2000-an belajar coding gak senyaman sekarang yaa. Banyak banget bahasanya yang bikin rambut keriting. Nah, pada tahun 2018 ketika saya belajar coding, lumayan sederhanalah bahasanya. Sudah lebih mudah. Meski tetep aja, rambut keriting hihihi

sekolah coding anak
Lihat expresinya Umi dan Sarah, beda banget, yaa. Sarah santai, Umi butuh anti-aging hihihi

Dan, saya menemukan bahasa pemograman yang lebih mudah lagi setelah ikutan belajar sama anak saya. Bikin game menggunakan Scratch dengan bahasa coding.

Asli mudah banget!

Moms tidak perlu menginstal aplikasi apapun jua. Karena kita belajar codingnya menggunakan laptop atau PC. Pakai HP juga bisa sih. Hanya saja kita kemungkinan akan kesulitan karena ini kita sedang membuat sebuah aplikasi juga, kan. Jadi butuh wide screen.

Nanti anak-anak akan diajak untuk step by step mengikuti Kak Gita membuka sebuah website menuju Scratch. Lalu, langsung praktik mengenal berbagai command atau perintah dalam bahasa pemograman komputer. Hal ini untuk memudahkan kita membuat sebuah program atau game yang akan kita buat nantinya.

Awalnya membuat game 1 players. Yaitu membuat Kucing bergerak.

kursus coding untuk anak
Membuat si kucing bisa bergerak dan bersuara
Kemudian mulai deh yang paling menarik itu membuat game 2 players. Sarah waktu kemarin itu agak ketinggalan juga. Tapi alhamdulillah kak Gita mau mengulang lagi.

Les Coding Anak
Ini game yang menantang juga menyenangkan, 2 players games

Nah, gambar di atas itu hasil game 2 players yang diajarkan sama Kak Gita. Jadi ketika suntikan mengenai virus Corona, virusnya hilang. Keren, ya!

Sekolah Coding Anak

Setelah mengikuti kelas trial gratis dari HACKTIVKIDZ itu, saya jadi browsing dong. Beneran penasaran. Apa ada sekolah coding untuk anak? 

Eh ternyata, ada Mom!

Wah senangnya. Akhirnya saya berselancar deh di Sekolah Coding Anak.  Ternyata sekolah coding anak ini adalah bernama Hacktiv8.

Apa itu Hacktiv8?

Hacktiv8 adalah tempat kursus pemograman Online yang berkantor di Jl. Iskandar Muda No.7, RT5/RW9, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Belajar di Hacktiv8 tidak perlu berbasic IT, karena Hacktiv8 memiliki kelas program belajar programming untuk pemula sampai siap kerja. 

Hacktiv8 sudah terdaftar di CIRR, yaitu standar global yang dikembangkan oleh sekelompok ebsar sekolah coding yang percaya pada trasparansi outcomes pembelajar coding.  

Ini adalah referensi penting buat Moms yang berminat memasukkan anak ke les coding anak Hacktiv8. InsyaAllah lulusannya terpercaya di bidang coding di Indonesia.

Bagaimana Cara Belajar di Hacktiv8?

Belajar di Hacktiv8 dilakukan secara online dua arah dengan instruktur dan kurikulum yang terupdate. Salah satu kelas pemula yang diselenggarakan oleh Hacktiv8 adalah HACKTIVKIDZ.

Cara belajar coding untuk anak yang dilakukan di HACKTIVKIDZ adalah sebagai berikut:

  1. Kelas Imajinatif .Nah nanti anak-anak akan diajarkan sesuai dengan kemampuannya masing-masing. 
  2. Instruktur seru. Ada instruktur yang menemani anak-anak belajar.
  3. Pelajaran Menarik. Mengajarkan anak-anak untuk belajar berpikir kritis, logis dan sistematis.
  4. Belajar Sambil Bermain. Membebaskan anak-anak untuk mengembangkan imajinasinya dalam praktik membuat sebuah program.

Kurikulum Belajar Coding untuk Anak di Hacktiv8

Kurikulum Hacktivkidz
Kurikulum Hacktivkidz. Sumber: Hacktiv8

Nah, ketika scroll di websitenya Sekolah coding anak, saya menemukan kurikulum yang menarik. Ada 3 level kurikulum untuk anak.

1. Level Up With Coding for Animation

  • Belajar block coding dengan animasi
  • Pengenalan coding dasar
  • Membuat animasi dengan aplikasi Pictoblox
  • Membuat efek suara pada animasi
  • Membuat program animasi dengan storytelling.

2. Level Up With Coding for Art

  • Belajar menggambar dengan coding
  • Memainkan efek suara pada animasi
  • Menggambar animasi dengan aplikasi Pictoblox
  • Memberikan berbagai latar dengan animasi

3. Level Up With Coding for Games

  • Belajar logika programming
  • Mengenalkan konsep komputer untuk membuat game
  • Praktik coding dasar untuk membuat game
  • Membuat game sederhana dengan aplikasi Pictoblox
  • Membuat beragam game dengan storytelling

 Wah menarik semua ya, Saya juga sudah download materi-materinya di website Hacktiv8. Semoga ada rezekinya Sarah bisa mengikuti ketiga kelas ini. Kebetulan dia memang suka menggambar. Tentu saja, dengan mengikuti kursus coding untuk anak, keterampilan menggambarnya bisa lebih naik level lagi. Terus bisa membuat game juga. Agar dia semakin percaya diri pada kemampuannya.

Nah, demikian Moms review HACKTIVKIDZ dan manfaat belajar coding untuk anak. Pengalaman mengikuti kelas membuat game untuk melatih motorik anak bersama Hacktiv8 ini sungguh luar biasa dan berkesan. Anak tak hanya diajarkan untuk paham bahasa pemograman, tapi juga melatih motorik halusnya. Klik Kelas Trial Gratis jika Moms berminat memasukan putar-putrinya mengikuti belajar coding untuk anak SD-SMP. 

Oiya kelas trial gratis itu jadwalnya tanggal 18 Desember pukul 10.00 -11.30 bersama Kak Seven. Jadi, yuk daftarkan putra-putrinya, jangan sampai ketinggalan!

Salam Bahagia Selalu,

Sri Widiyastuti

Related Posts
Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia sebagai diaspora.Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

56 comments

  1. mak, aku dan suamik ada rencana kursusin anak coding gitu, karena udah keliatan nih anakku suka banget ngulik games dan hal-hal yang berbau coding

    ReplyDelete
  2. Nama anak kita mirip mbak. Kemarin Sara anakku juga ikutan ini. Tertarik lihat kakaknya belajar coding. Kalau di rumahku, malah si adik bercita-cita mau jadi pembuat game. Alhamdulillah zaman sekarang ada kursus coding anak kayak di Hacktiv8

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah .. ketemu dong ya anak anak kita kemarin hehe

      Delete
  3. Wah, ada kelas trial gratis dari HACKTIVKIDZ nih. Bener deh kudu dicoba dulu ya siapa tau anak yang tadi nya kurang berminat belajar coding eh jadi kepengen banget :) Zaman sekarang anak2 tertantang untuk serba bisa ya mbak. Bikin game sendiri tentu membanggakan yaaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, tapi mbak Nurul mah anaknya udah pada gadis dan jaka yaa hehe

      Delete
  4. Masya Allah zaman serba canggih ya, anakku juga suka nih diajak belajar coding semoga ke depan bisa makin sukses bikin games hehehe

    ReplyDelete
  5. Anakku kebetulan sekolah di SD yang basicnya coding dan teknologi. Sempet kaget karena baru tahu ada ya SD yang udah belajar coding dan robotic gini, haha.
    Cuma emang kalau berkaitan dengan teknologi gini harus rajin mengulang dan praktek biar nggak lupa, padahal saat ini PTM juga masih terbatas banget kan.
    Kepikiran mau les in tapi nggak tahu di mana. Nah pas banget ini baca Hacktiv8. Sabi lah dicoba buat anakku

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mbak, agar menjadi expert harus sering latihan

      Delete
  6. Zaman dunia digital ini semuanya bisa ya kita akses dengan mudah termasuk belajar coding. Kalau dulu mendengar coding duh rasanya ruwet tapi sekarang dibikin mudah dan cara belajarnya pun fun.
    Anak saya suka main gim online dan tertarik juga dengan coding. Ini bisa jadi referensi saya, apalagi ada Level Up With Coding for Games yang cocok untuk si kakak.

    ReplyDelete
  7. Seruuu banget belajar coding ternyata yaaa
    anak2 kita yg digital native ini pasti makin hepi manakala diberikan kesempatan belajar coding
    coba ntar aku crita ke anakku, ahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, bisa mengasah keterampilan dan kreativitas anak

      Delete
  8. Alhamdulillah mba manfaat sekali. Anak saya udah di level bikin game dan ia menikmati

    Semoga anak kita bisa expert

    ReplyDelete
  9. Anakku juga belajar coding dan coba bikin game sendiri. Sempet jadi aku liat model kaya mario bross gitu, cuma ada salah sedikit pas naik jembatan harusnya dia naik ke atas, malah jalan di bawah jembatannya. Akhirnya diulang lagi katanya ada yg salah sedikit. Aku support malah, dari yang bikin game biasa, nanti lama2 bisa keasah

    ReplyDelete
  10. Menyenangkannya jika masih anak-anak sudah tertarik beolajar coding. Nantinya, akan lebih mudah melanjutkan ke jenjang berikutnya.

    ReplyDelete
  11. cuma buat anak mba? aku kayaknya perlu belajar coding juga ini hahaa biar tampilan blog lebih menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada mbak buat ornag dewasanya juga. klik ada hacktiv8

      Delete
  12. Ternyata yg bs melatih motorik bukan hanya memainkan game nya tapi jg saat membuat game dg pakai coding. Keren deh anak belasan tahun sekarang kan udah mahir pakai gadget dan pemanfaatan jd maksimal karena coding bs bikin game jg

    ReplyDelete
  13. Wah menarik sekali nih mbak, dengan belajar coding anak gak cuma main game aja tapi belajar bikin game yaaah. Pastinya akan memicu mereka untuk lebih kreatif deh. Duh pengen cobain juga buat anak aku nih, kebeneran dia hobi banget main game nih

    ReplyDelete
  14. Kirain belajar coding gini baru bisa setelah remaja atau dewasa, ooo ternyata bisa dimulai sejak anak masih usia SD yaa.. Bener juga nih, melatih anak untuk berpikir sistematis sejak dini.

    ReplyDelete
  15. Anakku kemarin ikutan ini juga.. klo anak2 pahammya cepet ya mba, aku aja butuh roaming untuk bisa paham. Beda jaman itu mungkin yaaa

    ReplyDelete
  16. Seneng banget lihatnya kalau anak-anak sekarang pada semangat belajar coding. Soalnya ini tuh ilmu yang pasti akan berguna di masa depan. Melihat perkembangan teknologi dan internet kini makin pesat. Adik aku juga pengin belajar coding, Mbak. Ntar aku tawarin coba kelas trialnya deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, secara sekarang semua serba digital yaa. Nanti besarnya bisa jadi programmer

      Delete
  17. Dari dulu pengen ajak Alde les coding tapi belum tertarik belum kebayang kali ya kayak apa lesnya lebih baik langsung ikut trial class Desember ini ya Teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Deka, hayuk Alde ikutan kelas coding, menyenangkan bisa coding dan bisa buat game sendiri

      Delete
  18. Seru ya sekarang, anak2 aja udah belajar coding. Andai aku udah belajar coding sejak dulu ya, utak atik blog ga pakai pusing 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe sama mbak, saya juga kepengen banget bisa coding nih, tetep aja udah ikutan belum paham juga

      Delete
  19. Anakku nih ikutan kelas coding dan pemrograman robot. Seneng banget liat anak-anak antusias belajar teknologi kayak gini. Apalagi kalo anaknya memang punya minat ke situ

    ReplyDelete
  20. Waktu aku 10 tahun dulu taunya cuma main karet,pegang komputer yang DOS aja baru kelas 3 kayaknya. Eh anak sekarang umur 10 tahun udah belajar bikin game. Luar biasa deh. Kira2 untuk kelas coding untuk dewasanya ada juga nggak sih mbak. aku tertarik juga

    ReplyDelete
  21. Coding adalah kemampuan yang wajib dikuasai di era digital seperti ini ya mbak
    banyak sekali manfaat yg anak dapatkan dengan bermain coding ini

    ReplyDelete
  22. Kagum banget sama anak-anak zaman sekarang.
    MashaAllah~
    Dan beruntung bisa difasilitasi belajar di HACKTIVKIDZ yang sesuai dengan kegemaran anak-anak dalam problem solver.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak sekarang udah lebih familiar dengan piranti2 digital ya. Sekalian aja diarahkan agar nantinya berguna di masa depan, ga sekadar bisa ngegame aja. Kalau bisa ya sekalian bikin gamenya gitu yaa..

      Delete
  23. Umi sih baru tahu serunya bikin game sendiri, hihi ... SID yang masih anak TK pernah belajar coding tapi aku pilihkan yang unplugged coding, mbak. Nanti insya Allah saat SD barulah coba yang Scratch ini. Makin mudah, drag and drop bisa buat game sesuka hati.

    ReplyDelete
  24. Dengar istilah coding aja rasanya sudah keriting mbak, haha..

    Memang sesuatu yang sulit-sulit harus dikenalkan pada anak sejak dini biar nanti bersamaan dengan bertambahnya usi, pemahamannya juga lebih terasah. Sekarang belajar membuat game, nanti besar bisa jadi developer game, Aamiin

    ReplyDelete
  25. Wah, keren banget yaa..
    Coding adalah bahasa masa depan, masa dimana 10-15 tahun mendatang adalah dunia yang dipenuhi dengan anak-anak masa sekarang yang kritis dalam berpikir dan memecahkan persoalan.

    ReplyDelete
  26. di era digital seperti sekarang yang begitu maju dan tak terbendung, anak - anak kita juga sudah harus adjusting dengan segala perkembangan ini.. termasuk lewat coding ya

    ReplyDelete
  27. Wah jadi tambah pingin belajar coding nih untuk anak-anak saya juga. Mau juga nyobain trial classnya. Pasti anak-anak suka. Makasih sharingnya, Mbak. Nice review!

    ReplyDelete
  28. nanti kalau udah SD aku juga mau ngenalin anak2ku ke dunia coding dan dunia digital. biar kita bisa memanfaatkannya dengan baik dan gak terjerumus sama keburukan di dunia maya

    ReplyDelete
  29. setuju banget aku mbaaa, coding memang akan jadi "bahasa baru" untuk masa depan ya, bagus banget kalau mulai terbiasa memahaminya sejak kecil

    ReplyDelete
  30. Kalau dengar kata coding rasanya udah mumet duluan ahahaha.. Tapi sekarang sepertinya nggak zaman ya mbak. Buktinya, anak anak sekarang bisa belajar coding dan bisa bikin game sendiri. Keren banget

    ReplyDelete
  31. Duh jadi pengen daftar kelas gratisnya deh, biar anak coba dulu... Tapi tanggal 18 ada acara keluarga...
    Padahal seru banget pastinya ya tuh...

    ReplyDelete
  32. Banyak sekali manfaat yang didapat dari belajar coding khusunya untuk anak ya mbak. Selain melatih fokus juga ketelitian anak.

    ReplyDelete
  33. Sangat terinspirasi sekali dgn minat yang dimiliki anaknya utk mau balajar Coding. sangat besar manfaatnya dan dampaknya, salah satunya biasa buat program sendiri.

    ReplyDelete
  34. OMG terlihat susah di maataku tapi di mata anak anak kok yoooo..... mudah banget!

    Coding seperti dunia matriks ya Tuty, jadi kalau kita melihat dengan "kacamata" dunia itu, semua seolah kayak tergambar dengan apik ---- tinggal aplikasikan ke apa yang anak ingin buat!

    ReplyDelete
  35. Asyik ya kalau melihat anak-anak antusias belajar coding di HACKTIVKIDZ ini. Malah ortunya juga bisa ikutan belajar dong ya, masa mau kalah sama anak jaman now

    ReplyDelete
  36. Menarik banget memang dan iya bahasa pemrograman terlihat lebih mudah dgn adanya coding anak2 ini. Akupun jg mulai paham dikit2 dr ini. Seru banget sih emang yaa

    ReplyDelete
  37. emang kudu sekarang koding buat anak soale masa depan mereka akan erat sama ini
    cuma aku deg2an harganya :") lesnya kan lumayan. kalau anaknya ga semangat pedih bayarnya
    tapi kepengennnn

    ReplyDelete
Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien