aXo1ROaM90rrPonD2hJx7xmRHgpeNsWcuj6lcvtc

Percaya Diri menjadi Moderator Setelah Mengikuti Kursus Online Gratis di QuBisa

 Yes, alhamdulilah! Akhirnya, Moms, saya bisa dong percaya diri menjadi moderator setelah mengikuti kursus online gratis di QuBisa. Padahal sebelumnya saya pernah cerita ya, sering banget merasa insecure dan mengalami kebingungan saat berbicara di depan umum. Terkadang juga hilang orientasi ketika sudah di atas panggung dan tidak tahu apa yang akan dibicarakan. Padahal sudah melakukan persiapan dari jauh hari. 

QuBisa Kursus Online Gratis
 Jadi, ceritanya, tanggal 27 November 2021 lalu, saya diajak kolaborasi di acara Obrolan Inspiratif Guru yang diadakan oleh komunitas Langkah Guru. Jujur waktu saya pertama kali ditawari bu Mira, founder langkahguru menjadi moderator, ada gentar juga di dalam hati. Bisa enggak ya? Karena saya belum pernah punya pengalaman sebagai moderator. Biasanya saya tahu beres saja, jadi narasumber. 

Tapi akhirnya saya terima juga tawarannya. Saya itu termasuk orang yang ingin mencoba hal baru. Karena itulah saya pun menguatkan hati. Bertekad untuk bisa menjadi moderator yang baik. 

Dan apa hasilnya?

Pada debut pertama menjadi moderator itu, alhamdulillah saya menuai pujian dari ibu founder penyelenggara acara.

"Bu Sri, terima kasih, ya. Penampilan Bu Sri tadi bagus banget!" ujar teman saya, Bu Mira, founder langkahguru. Wah, saya senang sekali. 

Percaya diri menjadi moderator
Saya saat menjadi moderator di acara obrolan inspiratif guru

 Saya jadi teringat beberapa hari sebelum acara itu, saya pun mencari tahu, bagaimana sih mengatasi insecure saat berhadapan dengan orang banyak. Saya sudah pernah menjadi narasumber dalam berbagai webinar atau seminar yang diadakan baik online maupun offline. Saya pernah jadi narasumber untuk webinar mempersiapkan anak pada zamannya.   

Juga pernah menjadi narasumber MBKM dan penguasaan Skill Abad-21 di kampus tercinta UIKA. Tapi mengapa, kecemasan dan ketakutan itu tetap ada?

Alhamdulillah secara tak sengaja, ketika saya blog walking ke blog teman blogger, dia menulis artikel dengan tema memulai karir lebih percaya diri bersama aplikasi siap kerja QuBisa. Isinya tentang pengalamannya mengikuti kursus online gratis cara meningkatkan personal branding.

Wah menarik sekali, kan. 

Akhirnya saya pun jadi penasaran dong dengan aplikasi belajar online gratis di QuBisa itu. Banyak tips praktis yang disampaikan oleh narasumber cara meningkatkan personal branding itu. Yang menurut saya, ada kaitannya juga sih dengan apa yang sedang saya usahakan. Menumpas insecure yang mengganggu aktivitas saya ini.

Jadi, saya putuskan mengklik aplikasi belajar online QuBisa untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai kursus online gratis lainnya yang ada di aplikasi itu.

Apa Sih QuBisa itu?

Mungkin Moms juga jadi penasaran, kan? Apa sih QuBisa itu?

QuBisa adalah platform belajar online terbesar di Indonesia. Saya mengetahui platform aplikasi siap kerja QuBisa ini memang agak terlambat dibandingkan dengan teman-teman saya. Tapi saya tetap bersyukur, tidak ada kata terlambat, kan, untuk belajar. Iya, gak!

Saya merasa QuBisa kursus online gratis ini berkah bagi saya. 

Di tengah kekalutan saya menghadapi challenge menjadi moderator. Saya pun belajar pada coach yang mumpuni pada bidang public speaking di aplikasi siap kerja QuBisa ini. Salah satunya adalah belajar pada coach  Abdul Latief. Seorang professional trainer dan coach.

Apa Saja yang Bisa Dipelajari di Aplikasi Belajar Online QuBisa?

Nah, QuBisa ini juga merupakan aplikasi belajar online gratis. Banyak yang bisa kita pelajari selain public speaking yang saya ikuti. Buat yang sedang mencari kerja, ada kursus siap kerja, webinar, kursus, pengembangan diri dan belajar menambah cuan bareng. 

Nah, semua dalam pelaksanaanya, kursus-kursus dan belajar online ini, ada yang gratis ada juga yang berbayar. Menarik banget, kan?! 

Kalau menurut saya, baik kelas berbayar maupun kelas gratis, kualitasnya sama bagusnya. Jika kita masih mencari kerja dan keuangan masih tipis. aplikasi belajar online QuBisa ini amat sangat saya rekomendasikan untuk meningkatkan upskilling dan reskilling.

Pengalaman Mengikuti Kursus Online Gratis di QuBisa

QuBisa ini motonya: Aku Bisa, Kamu Bisa. Keren, yaa! Makanya saya sangat tertarik belajar di aplikasi belajar online gratis ini. 

Beberapa alasan saya tertarik belajar di aplikasi belajar online gratis ini adalah:

  1. Cara belajarnya efektif
  2.  Belajar gak pakai ribet 
  3. Bisa meningkatkan kemampuan
  4. Bisa reskilling dan upskilling kemampuan yang dimiliki 

Saya sangat senang mengikuti kursus online di aplikasi siap kerja QuBisa ini karena selain bisa dilakukan melalui HP android maupun di laptop. Saya lebih suka belajar di laptop karena wide screen dan lebih nyaman di mata saya yang sudah mulai menua. Lebih rileks dan lebih enak aja dibandingkan menggunakan HP. 

Tapi memang sih, tidak bisa dipungkiri. Mungkin generasi milenial yang memiliki era saat ini akan terbantu sekali dengan aplikasi kursus  online gratis yang bisa diakses di HP ini. Karena kebanyakan anak-anak generasi milenial dan generasi Z lebih simple. Belajar di mana saja dan kapan saja.

Belajar Cara Membuka Presentasi Efektif dan Memikat Bersama Coach Abdul Latief di QuBisa

Nah, saya akan share apa saja sih yang saya dapatkan dari mengikuti kursus online gratis di QuBisa. Saya mengikuti kelas kursus online gratis cara membuka presentasi efektif dan memikat bersama coach Abdul Latief seorang praktisi, akademisi, penulis dan pembicara public.

Cara membuka presentasi efektif dan mengesankan
Coach Abdul Latief: Cara membuka pembicaraan efektif dan mengesankan

Coach Abdul Latief membuka kelasnya dengan mengatakan bahwa: orang hanya perlu 7 detik untuk menilai kita, apakah layak atau tidak berbincang dengannya. Di situ kita akan diketahui, kredibel atau tidak kredibel.

Malah hasil riset yang dirilis oleh Psychology Today mengatakan bahwa orang hanya perlu 100 milidetik untuk menilai seorang pembicara.   

Oleh karena itu, kesan pertama sungguh menggoda atau malah sebaliknya, kesan pertama malah menyeramkan, atau yang paling parah adalah kesan pertama sungguh membahayakan.

Menurutnya ada 3 hal yang harus diperhatikan oleh seorang yang sedang berbicara yaitu 3 C, yaitu context, content dan conclusion. Ketiga hal ini harus diperhatkan agar pembicara lebih siap. Selain itu ada 21 tips yang disampaikan oleh coach Abdul Latief untuk membuka presentasi agar efektif dan berkesan kepada audiens.

Dua puluh satu tips dari coach Abdul Latief bagi pembicara dalam membuka sesi dalam sebuah seminar atau webinar adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan data statistik/survey sebagai pembuka sesi. 
  2. Gunakan kutipan/kata bijak/quotes dari tokoh terkenal
  3. Gunakan aksi fisik
  4. Gunakan analogi
  5. Gunakan alat peraga/alat bantu
  6. Gunakan anekdot/humor
  7. Gunakan pertanyaan
  8. Gunakan sikap berdiam diri
  9. Gunakan ekstraksi/intisari berita aktual
  10. Gunakan contoh
  11. Gunakan kisah pribadi/storytelling
  12. Gunakan kesaksian dari para ahli
  13. Gunakan sulap
  14. Gunakan Lagu
  15. Gunakan video
  16. Gunakan slide presentasi yang menarik
  17. Gunakan puisi, sajak atau pantun
  18. Gunakan janji atau jaminan
  19. Ajak audiens melakukan sesuatu
  20. Gunakan shocking activity/statement
  21. Gunakan kreativitas yang kita miliki

Nah, salah satu yang telah saya terapkan dalam membuka pembicaraan saat menjadi moderator adalah berpantun. Alhamdulillah dengan berpantun saya menjadi lebih rileks dan lebih menguasai audiens. 

Abdul Latief coach kursus online gratis qubisa
Tips 17: Sajak, Pantun, Puisi

 Tak lupa saya pun mempersiapkan skrip pembicaraan apa saja yang akan saya sampaikan saat menjadi moderator. Dari mulai awal membuka dengan basmallah dan mengucapkan salam, isi pembicaraan saya sebagai moderator hingga menutup acara sebagai moderator dengan salam. Di antara itu saya sematkan pantun di awal maupun di akhir.

Alhamdulillah dengan persiapan dengan kursus online gratis cara efektif membuka presentasi yang mengesankan, saya menjadi percaya diri menjadi moderator. Saya pun jadi lebih santai dan rileks. Setelah acara berakhir, saya malah jadi ketagihan pengen jadi moderator lagi, nih, hehhe

Ada nasehat penting dari coach Abdul Latief nih kepada kita semua, bahwa KUNCI dari presentasi yang efektif adalah kreativitas, konsistensi untuk melakukan dan disesuaikan dengan audiens.

Menurutnya manfaatkan pembukaan yang efeketif dan menarik disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Jadilah diri sendiri.Otentik dengan segala kekurangan dan kelebihan, menjadi pribadi terbaik dan open minded. Sehingga akan terbangun rasa percaya diri karena kita percaya pada kemampuan diri sendiri.

Itulah ya, hikmah dari belajar itu. Kita jadi semakin tahu dan percaya diri, karena kita memiliki ilmu yang menjadi panduan langkah gerak kita. Hingga insecure juga bisa dikalahkan dan semoga sa

ja tidak akan datang lagi. Insecure, go away! Hempaskan dengan belajar di aplikasi kursus online QuBisa. Aku Bisa, Kamu Bisa. Belajarnya gak pakai ribet, cara belajarnya efektif, bisa meningkatkan kemampuan dan juga bisa reskilling dan upskilling kemampuan yang kita miliki juga.

Jadi, gimana, Moms, tertarik belajar di aplikasi kursus online gratis di QuBisa. Agar percaya diri seperti saya sebagai moderator webinar atau acara lainnya. 

Oiya Moms, mom QuBisa juga sedang mengadakan lomba blog nih. Yuk, ikutan! Siapa tahu, Moms beruntung. Untuk memiliki pengalaman yang sama dengan saya memgikuti kursus online gratis bisa mengunduh aplikasi QuBisa di sini ya Moms  

App Store: https://apps.apple.com/id/app/qubisa/id1538376387?l=id 

Play Store: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.qubisa

Sementara untuk informasi lebih lengkap tentang QuBisa Moms bisa mengikuti sosial medianya

Tetap, semangat, ya, Moms!

Salam bahagia selalu,

Sri Widiyastuti

Related Posts
Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia sebagai diaspora.Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

51 comments

  1. Mbakkk keren banget.. Bener lho, kadang ketika kita belum coba sesuatu yang baru takut duluan. Penting banget ikut ikut kelas upgrade skill di QuBisa, materinya juga beragam ya mbak. Jadi pingin ikutan kelasnya juga

    ReplyDelete
  2. 4 alasan ini:
    Cara belajarnya efektif
    Belajar gak pakai ribet
    Bisa meningkatkan kemampuan
    Bisa reskilling dan upskilling kemampuan yang dimiliki

    cukup untuk membuat mba nyaman kursus online di qubisa

    ReplyDelete
  3. Sama mbak, saya juga ikut kursusnya Abdul latief ini. Bahasanya ngalir, penyampaiannya mudah dipahami.

    Penggunaan video singkat dan langsung ke topik masalah juga efektif banget. Beruntung kenal QuBisa dan bisa ikut kursus gratisnya

    ReplyDelete
  4. Maksud gunakan aksi diam diri saat memulai acara seperti pada seminar/webinar itu bagaimana ya? Diam saja gitu?
    Ikut menyimak semua ilmunya nih
    Alhamdulillah tinggal mempraktikkan hehehe

    ReplyDelete
  5. Wah, semakin banyak aja teman2ku yang kursus online melalui aplikasi Qubisa ini :) Seperti mbak Sri yang belajar personal branding, sehingga memiliki rasa percara diri yang tinggi menjadi narasumber di sebuah event. Ada belajar edit video jugakah mbak? Mau ceki2 lebih lanjut nih kepengen keren juga hihihi... Gratis pula ya wah mesti dimanfaatkan nih.

    ReplyDelete
  6. Cocok banget nih buat melatih skill juga ya mba di Qubisa. Aku pernah ikutan webinarnya mengenai dunia kerja jadi nambah wawasan dan jadi bikin pede.

    ReplyDelete
  7. Jaman sekarang kursus online udah banyak banget. Kita ga perlu keluar rumah datang ke tempat kursus kalo mau belajar sesuatu. Tinggal duduk manis di rumah, jadwal belajar fleksibel sesuai kondisi kita, bisa deh belajar. Jadi ga ada lagi deh alasan buat ga upgrade skill. Apalagi kalo kursus onlinenya menawarkan banyak kemudahan dan kelebihan seperti Qubisa.

    ReplyDelete
  8. Wah, Alhamdulillah yah mbak bermanfaat banget ternyata belajar via aplikasi Qubisa.
    Aku juga kayaknya harus belajar lagi tentang public speaking nih, kadang suka nervous dan terbata2 kalo harus ngomong di depan umum deh.

    Jadi pengen belajar juga nih di aplikasi Qubisa

    ReplyDelete
  9. Dari dulu pengen banget bisa public speaking biar nggak grogi kalau lagi ngomong di depan umum.

    ReplyDelete
  10. Ah jd pengen belajar juga nih soalnya belakangan bbrp kali ikutan jd pembicara di sesi parenting walau masih blm mandiri krn biasanya collabs. Seru kyknya belajar di QuBisa ini ya mbak.
    Jd pengen cek aplikasinya mau lihat ada kelas2 apa aja di sana.

    ReplyDelete
  11. asik ih, belajar di sini apalagi kalo tanpa ribet, meski MC itu terlihat hanya orang ngomong aja, perlu juga dipelajari dengan baik supaya hasilnya juga makismal, bisa belajar di sini juga kan

    ReplyDelete
  12. Ilmu yang didapat dari Qubisa bermanfaat banget ya mbak. Semoga makin sukses mbak..Aku juga ngerasa insecure sih kalau urusan public speaking. Kayaknya harus nyoba kelas qubisa ya

    ReplyDelete
  13. Keren sudah jadi moderator, aku masih grogi di depan kamera. Jadi dengan pelatihan Qubisa ini bisa membuat kita membuat presentasi efektif ya. Jadi kepo gimana caranya bikin kreativitas, konsistensi yang disesuaikan dengan audiens. Memang harus dipelajari dulu.

    ReplyDelete
  14. Saya jadi ingat beberapa tahun lalu diminta untuk jadi moderator acara parenting akbar di sekolahnya anak-anak. Saya ngga pernah punya pengalaman sebelumnya. Saya udah menolak karena takut nanti malah malu-maluin, tapi ustadzah mensupport saya terus. Dulu saya belajarnya via YouTube. Sekarang ada QuBisa, seneng banget sih, karena untuk upgrade skill apapun, semua bisa dilakukan di sini, yaa... :)

    ReplyDelete
  15. Hal yang sama juga kualami mbak, merasa insecure saat berhadapan dengan orang banyak. Meskipun sudah pernah menjadi narasumber, online maupun offline, tetap merasa cemas dan takut, entah kenapa. Kata teman, memang perlu latihan, dan mempelajari ilmu yang berhubungan dengan hal itu.

    QuBisa ini bermanfaat sekali ya, banyak orang sudah kursus di sana, meningkatkan suatu skill, dan berhasil menjadi lebih baik dari sebelumnya. Mesti banyak yang coba.

    ReplyDelete
  16. Aku juga gugup dan tidak percaya diri kalau harus ngomong di depan banyak orang. Seru juga ya ikut kursus online QuBisa ini. Jadi pengen daftar dan ikut kursus online QuBisa ini.

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah ya mbak, jadi makin percaya diri untuk tampil di depan umum setelah ikutan kursus online di QuBisa ini
    Emang QuBisa juaranya kursus online gratis

    ReplyDelete
  18. Pandemi gini emang harus dimanfaatkan sebaik mungkin ya mbak, mumpung banyak waktu di rumah bisa ikutan course di Qubisa. Mengingat sekarang persaingan dunia kerja semakin ketat, udah paling bener upgrade skill biar nggak ketinggalan.

    ReplyDelete
  19. Wah bisa meningkatkan skill nih ya mak di Qubisa ini. Ada banyak pilihan juga untuk kita. Tertarik ikutan kelasnya nih mak. Kayaknya bagus untuk nambah skill dan portofolio

    ReplyDelete
  20. Senang ya bisa nambah skill di Qubisa, dan ada kelas yang gratis juga ternyata. Aku rekomendasikan ke anaknya tetanggaku yang nggak mampu. Semoga dia bisa upskill nya

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah baca artikel ini. Aku juga insyaAllah bakal jadi moderator. Online sih tapi tetep gemeteran. Hahaha.

    Btw, ide bagus ya dibuka dengan pantun jadi suasana lebih segar. Mikir dulu nih, sekalian kursus di Qubisa supaya aku bisa.

    ReplyDelete
  22. Keren ya, jadi percaya diri dan merasa lebih berguna setelah dapat ilmu dari course di QuBisa. Alhamdulillah banget sekarang bisa menuntut ilmu dari rumah aja...saving time, saving energy.

    ReplyDelete
  23. di rumah aja tetep bahagia bisa upgrade diri di qubisa ya mak. ada banyak piilihan menarik di qubisa yang bisa kita ikuti. aku baru lihat2 apa saja pengen nyoba maju mundur

    ReplyDelete
  24. Keren kak Sri..
    Aku salut sama kak Sri yang gak pernah berhenti belajar. Biasanya mencoba hal baru itu membutuhkan sebuah keyakinan terhadap diri sendiri. Dan VOILAA~

    Solusinya adalah bergabung di kelas online Qubisa.
    Semoga dengan jam terbang yang lebih panjang lagi, skill yang diperoleh semakin berkembang dan tajam yaa..

    Sukses terus, kak Sri.

    ReplyDelete
  25. Semakin percaya diri dengan QuBisa ya Mba. Untunglah ada kelas gratis online seperti ini. Bisa untuk meningkatkan kemampuan lewat upskilling dan reskilling

    ReplyDelete
  26. Platform baru lagi ya qubisa, buat skill up kemampuan yang udah ada. seru banget jadinya. BTW mas Latief emang sejago itu sih untuk urusan tulis menulis, aku pernah dimentorin waktu masih kuliah dan jadi penulis di astra

    ReplyDelete
  27. Salut sama mba nih yang udah bisa jadi moderator. Jujur kalau saya masih insecure apalagi klu harus bicara dan tampil didepan banyak orang. Tapi ternyata bisa dilatih dengan belajar melalui QuBusa ya kak. Sip deh kalau gitu aku mau belajar juga.

    ReplyDelete
  28. Kereeenn, jadi gak gerogi ya berkat kurusu di qubisa.
    Seru banget ya ada qubisa ini. Jadi pengen ikutan kursus digital marketing deh.. ada kan ya?

    ReplyDelete
  29. gitu ya mbak hilangin nervous dengan berpantun, boleh juga nih haha. Oh ya Qubisa layak jd alternatif belajar di Indonesia, karena Qubisa merupakan platform belajar online terbesar di Indonesia, keren deh

    ReplyDelete
  30. mbaa makasi banyak udah mau berbagi tips nya kadang kadang emang bingung yaa jadi moderator harus gimana terutama bagian openingnya ga boleh banget krik krik atau garing.

    ReplyDelete
  31. Tips dari coach Abdul Latif ada saran yaitu gunakan sikap diam. Wah bisa juga ya gitu, jadi ada waktu menenangkan diri sambil merencanakan mau apa gitu, hihiii. Tapi bisa juga tuh meniru mba Tuti dengan berpantun, cuma ya kudu pinter menyesuaikan dengan siapa kita berbicara

    ReplyDelete
  32. Wah mbak, banyak sekali tipsnya dari Bapak Abdul Latief ini ya. Memang menjadi moderator perlu triks khusus supaya acara bisa berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Aku juga mau coba ah kursus di QuBisa, selama ini gak pernah percaya diri jika diminta menjadi moderator

    ReplyDelete
  33. Alhamdulillah ya ada aplikasi yang banyak membantu seperti ini...senang sekali sekarang berkat kemajuan teknologi bisa belajar dari rumah dan bisa gratis pula..

    ReplyDelete
  34. wah keren mba, aku juga belum selancar itu kalau jadi moderator masih kagok2 apalagi sejak pandemi aku udag ga pernah adain training lg di kantor jadi pengen ikut belajar nih sama Pak Abdul Latief

    ReplyDelete
  35. saya tuh paling gak bisa tuk ngomong di depan orang banyak, meski virtual sebenarnya malu gitu tapi kalau gak berani tuk keluar dari zonaa nyaman dan mencari hal baru repot yee, gak akan maju pula.
    harus banget nih belajar Speaking juga di kursus online gratis di QuBisa.

    ReplyDelete
  36. wah banyak pilihan kursus online gratis yaa di Qubisa, ini lagi nice sharingnya mba tips-tips menjadi moderator biar bisa tetap diperhatika oleh peserta dan gak boring yaaa

    ReplyDelete
  37. kesan pertamanya hanya perlu 7 detik ya, Mbak. Aku kira QuBisa ini cuma buat kursus online anak2. Ternyata enggak.

    ReplyDelete
  38. Aku tuh termasuk pengen belajar online gitu. Karena bisa terbantu belajar darimana saja dan terutama dari rumah. Nambah ilmu tanpa ribet berkat Qubisa. Makasih rekomendasinya Ummi Saki :*

    ReplyDelete
  39. Keren ya mba aplikasi QuBisa ini, kita bisa belajar materi yang ingin dikuasai dari rumah, seperti jadi moderator yg hasilnya mendapatkan pujian ya mba.
    Pasti sebelumnya nggak kepikiran utk membukanya dengan berpantun. Inspiratif.

    ReplyDelete
  40. Wah menarik banget Mba! Saya juga suka mengambil kursus atau kelas online tapi dari Coursera atau Edx. Insya Allah, mau coba juga deh

    ReplyDelete
  41. Mbaa... aku mau juga ah belajar untuk menyampaikan presentasi yg oke dari QuBisa ini. Aku tuh kalo ditodong jadi narsum enggak grogi, tapi klo jadi moderator mungkin malah ga bisa loh. Moderator itu kan nyawanya suatu acara yaa.. harus banyak trik yang disiapkan agar acaranya lebih hidup.

    Boleh juga nih triknya dengan berpantun. Menampilkan sesuatu yang unik gitu ya mba biar peserta acaranya enggak ngantuk dan tetap fokus.

    ReplyDelete
  42. Sering aku membayangkan kecerdasan seperti apa yang dimiliki seorang MC, moderator, dan orang-orang di depan layar ini.
    Alhamdulillah, perjalanan bersama Qubisa membuat jam terbang semakin tinggi dengan belajar dan langsung dipraktekkan.

    ReplyDelete
  43. Bagus juga Qubisa ya memotivasi kita buat percaya diri.

    ReplyDelete
  44. Aku pengen banget belajar online di Qubisa. Pengen juga belajar publik speaking. dengar pematerinya asyik jadi tertarik ikut pelatihannya.

    ReplyDelete
  45. Wah. Bener-bener luar biasa ya Mbak, Qubisa ini. Banyak ilmunya plus bikin orang percaya diri.

    ReplyDelete
  46. Gratis ya teh, aku jadi pengen belajar di Qubisa karena mayan loh bayar pelatihan PS, dan perlu banget buat modal kita tampil jadi narsum kan

    ReplyDelete
  47. aku juga pernah mengalami kurang PD jadi moderator tapi setelah berkali2 akhirnya merasakan seru-nya jadi moderator, kalau tidak berani mencoba jadi belum tahu kemampuan kita ya, Mbk. Barokallah Mbk.

    ReplyDelete
  48. Selamat dan semangat jadi Moderator. Kalau aku kayanya belum bisa. Ngomong masih belepotan gini

    Kita emang gak boleh berhenti belajar ya apalagi sekarang banyak kursus online juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama Ji, saya pun juga kalau ngomong suka belepotan terus keder duluan gegara panik sendiri, takut, cemas, hihih
      tapi jadi pengen nih belajar public speaking juga di QuBisa :)

      Delete
Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien