aXo1ROaM90rrPonD2hJx7xmRHgpeNsWcuj6lcvtc

Menghilangkan Bau Badan pada Remaja dengan Tawas Home Made

Menghilangkan bau badan pada remaja dengan tawas home made. Hai, Moms! Punya masalah dengan bau badan? Sama dong! Ini terutama pada anak-anakku yang baru baligh. Duh rumah rasanya harumnya semerbak. Apalagi jika mereka keluar dari kamar mandi. Rasanya ingin menyimpan pewangi ruangan yang bisa menyemprot sendiri itu di dalam kamar mandi.

Menghilangkan Bau Badan pada Remaja

 

Bau Badan pada Remaja

Bau badan atau bromhidrosis biasa terjadi pada anak usia remaja. Hal ini terjadi akibat meningkatnya hormon androgen pada remaja. Jadi ini adalah kejadian normal saja yang terjadi pada remaja karena tubuh memiliki jutaan kelenjar keringat.

Meskipun ini hal biasa, namun bau badan kerap membuat remaja menjadi kurang percaya diri dan menarik diri dari pergaulan. Sama seperti anak-anak saya. Terkadang mereka juga bingung, sudah mandi dengan benar, tetap saja bau badan datang menyerang. Jadi mereka harus apa?

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Tawas

Dulu, ketika saya remaja, nenek saya menyuruh saya menggunakan apu atau tawas yang didiamkan semalam. Setelah keesokan harinya, di pagi hari air tawas yang bening itu dioleskan ke ketiak. Alhamdulillah, memang ampuh. Sampai sekarang saya tidak memiliki bulu ketiak. Sama dengan nenek dan ibu saya. Kakak saya juga demikian. Karena kami mengamalkan menggunakan air tawas itu dan terkadang kita mencabuti bulu ketiak yang masih kecil dengan bantuan apu atau tawas yang berbongkah. Sekarang tawas bentuknya sudah bubuk ya. Jadi lebih mudah lagi pemakaiannya. Lebih higienis juga karena bisa dipergunakan untuk bahan makanan untuk kue dan ketupat.

Nah, beberapa waktu lalu, anak saya yang nomor 5 ada aktivitas sekolah yang mengulik tentang bau badan pada remaja. Menurut saya ini bagus banget pelajarannya. Karena setelah mencari info tentang bau badan, anak anak diminta untuk membuat rangkumannya. Sejenis jurnal begitu.

Lalu ada percobaan cara membuat larutan tawas yang dibuat lebih modern. Anak saya membuat larutan tawas lalu dimasukan ke dalam botol sprayer yang bisa langsung dipergunakan. Alhamdulillah, dia bisa membuat dua botol larutan tawas untuk dipergunakan bersama-sama. Dan hasilnya, luar biasa sekali. Setelah anak-anak menyemprotkan larutan tawas ke ketiak mereka setiap habis mandi, bau badan pun bisa dikendalikan. Dan alhamdulillah semakin ke sini, semakin tidak ada bau badan lagi di rumah kami. Alhamdulillah.

Cara Membuat Larutan Tawas Home Made

Alat dan bahan yang dipergunakan:

Alat dan bahan membuat larutan tawas

  • 1 wadah mangkuk kecil
  • 120 ml air
  •  1/2 sdt bubuk tawas
  • 2 botol sprayer
  • Corong kecil

Cara Membuat Larutan Tawas Home Made

  1. Masukan bubuk tawas ke dalam mangkuk yang berisi air.
  2.  
    Masukan tawas ke dalam wadah berisi air

  3. Aduk hingga rata 
  4. Masukan larutan tawas ke dalam botol sprayer menggunakan corong

  5. Masukan ke dalam botol sprayer larutan tawas

  6. Siap digunakan
  7. Larutan tawas siap dipergunakan

     

Nah, Moms, cara membuat larutan tawas ini mudah sekali, kan? Harga tawas juga murah meriah. Saya waktu itu beli di Shopee 200 gr harga Rp16 ribu kayaknya. Jadi tidak bingung lagi menghilangkan bau badan dengan tawas home made. Karena cara membuatnya sudah saya sampaikan di artikel ini.

Selamat mencoba di rumah!

Salam sehat selalu,

Sri Widiyastuti

Related Posts
Sri Widiyastuti
Saya ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah tinggal di Jepang dan Malaysia sebagai diaspora.Isi blog ini sebagian besar bercerita tentang lifestyle, parenting (pengasuhan anak) dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keluarga dan perempuan. Untuk kerjasama silakan hubungi saya melalui email: sri.widiyastuti@gmail.com

Related Posts

42 comments

  1. Wah boleh juga dicoba nih, saya sebenanrnya suka pake tawas, tp di sini gak ad yg bubuk. Trrnyata ad yang bubuk. Otw cek shopee nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bisa beli di shoppe juga mbak, sekarang mah semua ada ya di marketplace hehe

      Delete
  2. Dulu inget banget aku, temenku bikin ginian tapi buat di sepatu. Disemprotkan di sepatu, biar sepatunya gak bau. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya mbak, bisa juga dipakai untuk membasmi bau kaki juga

      Delete
  3. Mau coba juga ahh, mbaaa
    Anakku juga masuk usia remaja nih.
    kalo habis dari luar, aromanyaaa semerbak banget.
    ada baiknya aku jajal ini ke dia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi bener mbak, semakin berkeringat semakin semerbak wanginya hihihi

      Delete
  4. bau badan memang mengganggu banget yaaa mba.. kasihan kalau anak - anak jadi ngga PD karena isu ini. Untung ada tawas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, memang harus didampingi para remaja ini agar mereka tebangun percaya dirinya, dimulai dari membasmi bau badan yang bikin kesel ini heheh

      Delete
  5. wah saya baru tahu nih tawas sekarang dijual dalam bentuk bubuk dalam kemasan. terima kasih info DIY nya mba..bisa dipraktekkan nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, sekarang semua serba dibuat mudah dan lebih bersih higinies. dikemas dalam alumunium foil jadinya gak mudah terkontaminasi

      Delete
  6. Hihi... jadi inget dulu aku remaja pake bedak yang sachetan itu, jauh lebih ampuh timbang segala macam deodorant ya Arien

    Anak-anak sekarang pakenya bedak Pricly heat - bedak jaman lawas buat bau badannya... thanks nanti tak coba (kalo mereka mau pakenya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya, dulu itu kita gak pake deodorant karena mahal, jadinya temenku pakai bedak sachetan itu.

      Delete
  7. Bagus sekali aktivitas sekolah yang mengulik tentang bau badan pada remaja itu, Mbak. Anak-anak jadi mengeksplorasi tubuh mereka dan jadi lebih care dengan kebersihan serta kesehatan area ketiak ini. Kreatif ya gurunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, ini disesuaikan dengan kurikulum dan KD dan indikator keberhasilan siswa belajar, jadi beneran dicari yang sesuai juga dengan usia anak-anak dan pemenuhan pengetahuan tentang syariat, anak jelang baligh kan harus tahu tentang mandi janabat dan kebersihan diri secara syar'i ini pelajarannya dikaitkan dengan hal-hal demikian jadi beneran ilmu yang bermanfaat dunia akhirat.

      Delete
  8. Aku jadi ingat masa kecil..dulu waktu aku kecil sering lihat ibuku pakai air tawas ini. Belum pernah coba sih karena aku tidak ada masalah dengan bau badan, tapi ada anakku yang aktif kayaknya perlu pakai ini...nanti cobain ah....

    ReplyDelete
  9. Terima kasih tipsnya, kak.
    Ini kepake banget mengingat anakku kini jelang remaja, usia 10 tahun. Sudah mulai badannya mmebutuhkan perhatian, seperti bau badan ini.
    Takutnya gak sadar kalau badannya mengeluarkan sesuatu yang gak sedap sehingga dijauhi teman-temannya.

    ReplyDelete
  10. Aku jadi pengen nyobain. Mba ini ada butuh penyimpanan khusus kah ? Dan tahan berapa lama ya mba dan juga apa ada perubahan warna kalau kelamaan. Makasih idenya ummi saki kesayangan :*

    ReplyDelete
  11. wah sangat bermanfaat, terima kasih sudah berbagi resep ya kak :D

    ReplyDelete
  12. Anakku masuk usia remaja. memang tambah besar khas aroma badan anak berubah banget ya Mba, apalagi anak laki-laki aktivitasnya lebih intens. Makasih tipsnya ya ka.

    ReplyDelete
  13. Kirain susah bikinnya, ternyata malah bisa home made ya.
    Bakalan nyontek cara bikin sesuai ulasan di atas dah.
    Kan lumayan hematnya dan makainya juga tenang karena buatan sendiri

    ReplyDelete
  14. Gampang ya bikinnya, jadi pengen nyoba juga. Akhir-akhir ini suami sering mengeluh kalau masuk kamar si bujang, baunya nggak enak. Sprei, sarung bantal, selimut udah di cuci. Kasur bantal guling udah di jemur, tapi keesokan harinya kok ada bau nggak enak lagi. Bisa jadi ini karena bau badan si bujang remaja ya mbak.

    ReplyDelete
  15. wah ini tawas home made ternyata cara bikinnya gak sesulitt yang aku pikirkan lho mak, makasi lho udah bagi-bagi ilmu

    ReplyDelete
  16. Saya belum pernah ngilangin bau badan pakai tawas. Anakku pas SMA bau badannya lumayan ganggu, tapi pas lulus SMA udah normal alias ga bau lagi. Info cara bikin semprotan tawasnya aku share ke temen² aku ya mbak. Thanks.

    ReplyDelete
  17. Anak cowok memang baunya khas ya hahaha, aku aja paling segan kalau beres-beres kamar mereka, bau khasnya itu lho yang bikin ngak tahan padahal udah berbagai cara dan parfum aku beliin buat mereka. Harus cobain juga nih pakai Tawas siapa tahu manjur.

    ReplyDelete
  18. Waaah, kog samaaa, kami juga menggunakan tawas utk menghilangkan bau badan. Tapi kami menggunakan versi batu, jadi masih berupa bongkahan2 besar,

    ReplyDelete
  19. Mba, ini jadinya nggak perlu disaring lagi ya mba karena sudah menggunakan bubuk tawas ya mba ? Makasih informasinya

    ReplyDelete
  20. Molly belom nyoba nih pake tawas. Pake deodoran gak mempan, pake perspirant juga nggak. Next bakal nyobain ini aja.

    ReplyDelete
  21. Belum pernah coba nih..Apakah tawas larut sempurna dalam air Mbak? Soalnya kalau tidak larut sempurna (masih ada sisa2 bubuk) bisa menganggu saluran sprayernya kan?

    ReplyDelete
  22. Anak remaja lagi banyak aktivitas, kalau ga jaga badan bisa bau ya mbak. Aku suka ingatkan tuh anakku juga supaya selalu pakai roll on habis mandi menjaga takut bau asem :-D
    Jadi ingat cerita orang2 jaman dulu ya untuk menghilangkabn bau badan pakai tawas. Ternyata mudah juga membuatnya ya setelah baca tutorialnya di postingan ini

    ReplyDelete
  23. Dulu semasa aku SMP ibu rajin banget buatin tapi akunya nggak telatrn pakai apalagi sejak hadir deodorant. Tapi memang ampuh banget loh itu Tawas menghilangkan bau keti.

    ReplyDelete
  24. Anakku juga nih Teh aku coba pakai sabun antiseptik lumayan sih sudah nggak bau badan tapi aku pengen coba tawas ini bikinnya mudah ya..

    ReplyDelete
  25. bau badan memang mengganggu ya mbak
    Harus segera diatasi, biar nggak merusak kepercayaan diri remaja
    Keren ih, bikin larutan tawas sendiri
    Cara alami menghilangkan bau badan ya ini mbak

    ReplyDelete
  26. Kak Sri...
    Aku jadi inget masa mudaku dulu sering kena kutu air. Sedih banget, karena sembuhnya lama efek sering ketutup kaoskaki pas sekolah kan..

    Diobati tawas ini, alhamdulillah..
    Dalam hitungan jam langsung kering dan mengelupas.


    Manjur banget.
    Tapi belum penah coba untuk menghilangkan BB. Kalau menyemprotkan, langsung kena kulit ketiak kah?

    ReplyDelete
  27. Baru mau nanya di mana beli tawas, eh terjawab di akhir bisa beli online ya mbak. Iya ya org jaman dulu tu pakai tawas supaya gak BB, ternyata sekarang sudah ada yang share resep bikin cairan tawas buat disemprot2 ngilangin BB :D
    Bisa nih dicoba, terima kasih resepnya.

    ReplyDelete
  28. Terima kasih Mak, cuma belum disampaikan cara penggunaannya bagaimana ini, saya belum paham mak , hehehe. BTW tawas ini kan andalan nenek myang buat hilangkan BB kan yah

    ReplyDelete
  29. Anak kalo udah mulai baligh memang aromanya ampuh deh mengusir kita dari kamarnya, hihiii.

    Kalo tawas bubuk gini tempatku ada yang jual meski nggak semua warung sih. Aku dulu juga menghaluskan sendiri kalo mau pakai tawas. Tapi sejak kenal yang bentuk powder lebih enak sih. Ternyata bisa dikasih air ya, aku belum pernah nyobain

    ReplyDelete
  30. Aku beliin anak-anak remaja yang versi udah jadi mbak kebetulan ada temen punya usaha deo spray khusus dari tawas ini. Tapi sudah diberi semacam parfum khusus

    ReplyDelete
  31. Anak-anak ku juga kubelikan spray tawas kayak gini mak. Kebetulan ada temen yg buat khusus deo spray berbahan tawas dan parfum khusus

    ReplyDelete
  32. Mba, klo larutan air tawas yang dimasukkan ke botol termasuk endapannya, ntar klo pas disemprotkan malah ikut naik kah? Soalnya kan ujung saluran sprayernya ada di bawah.

    Samaan ya kita sejak remaja diajari ibu untuk pake air bening dari endapan apu. Memang manjur deh.

    ReplyDelete
  33. Ternyata gak susah ya buat tawas sendiri gini. Selain lebih hemat, pastinya lebih terjamin pula kebersihannya. Gak punya masalah bau badan, tapi boleh nih..saya rekomendasikan yaa ke teman-teman, kali aja jadi solusi buat mereka.

    ReplyDelete
  34. Terima kasih, Mbak. Pas banget saya punya anak yang sudah remaja. Bisa dicoba untuk bikin sendiri body spray alami dari tawas ini.

    ReplyDelete
  35. Aq pertama kali denger pakai tawas buat BB itu pas SMA. Lupa guru apa gitu bahas di depan kelas. Wkkka. Tapi bukan bentuk spray. Ternyata mudah ya bkinnya. Berarti habis dispray ga perlu dibilas lagi ya

    ReplyDelete
Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Mohon maaf komentarnya dimoderasi ya. Meski demikian komentarnya yang bukan spam pasti muncul. sri.widiyastuti@gmail.com | IG: @tutiarien | twitter: @tutiarien